Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Tips Jitu Cara Memulai Bisnis di Usia Muda

    Jangan takut untuk melakukan cara memulai bisnis di usia muda.

    Memulai bisnis di usia muda bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi jika ternyata kamu belum memiliki pengalaman sama sekali di bidang tersebut. Tidak tahu harus mulai dari mana, apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, merupakan kebingungan-kebingungan yang memang wajar. 

    Lalu, kalau belum punya pengalaman dan tidak tahu cara memulai bisnis, apakah tidak bisa menjadi pebisnis? Bukan begitu konsepnya, ya. Jika kamu memang belum tahu cara memulainya, yang perlu dilakukan adalah cari tahu. Carilah sumber referensi sebanyak mungkin, bisa dari buku, media sosial, pebisnis senior, atau dari artikel ini.

    Tips Cara Memulai Bisnis di Usia Muda

    Nah, beberapa hal berikut adalah segala sesuatu yang perlu kamu persiapkan jika ingin memulai suatu bisnis di usia muda

    Bangun Rasa Percaya Diri

    Ini nih satu hal yang paling dasar harus kamu miliki. Terjun ke dunia bisnis di usia muda pastinya membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Pertama, kamu harus percaya kalau kamu mampu memulai bisnis dengan baik dan menjalankannya dengan lancar. 

    Kedua, kamu harus percaya kalau produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa diminati dan berkualitas baik, sehingga bisa dibandingkan dengan para kompetitor. 

    Ketiga, harus percaya bahwa kamu bisa meningkatkan penjualan setiap harinya. Rasa percaya diri bisa dibangun dengan menumbuhkan energi positif di dalam dirimu. Ingat, buang jauh-jauh segala pikiran negatif, karena pada dasarnya pemikiran tersebut tidak benar dan hanya akan menakutimu.

    Keberanian Diri 

    Bisnis anak muda memang terkadang masih dipandang sebelah mata. Sebagian orang menilai bahwa anak muda yang belum berpengalaman hanya akan menghasilkan produk atau jasa yang kurang layak. Pandangan ini yang perlu ditepis dengan keberanian. 

    Masalah nyali atau keberanian memang juga menjadi salah satu dilema yang menjadikan anak muda maju mundur mau memulai bisnis. Padahal, keberanian akan muncul seiring dengan rasa percaya diri yang baik. Lakukanlah apa yang bisa dilakukan hari ini dan segeralah mulai. 

    Memulai Suatu Bisnis dari Hal yang Disukai

    Pada dasarnya, cara memulai bisnis di usia muda bisa dilakukan siapa saja, asalkan ada niat dan passion. Kamu perlu tahu bahwa bisnis yang dijalankan sesuai dengan hal yang kamu sukai akan lebih mudah untuk dimulai. 

    Misalnya, kamu suka masak, cobalah menjual makanan ringan yang sering dicari orang. Kalau kamu suka dengan pernak-pernik, tidak ada salahnya mencoba membuat dan menjual sendiri berbagai macam aksesoris dari bahan yang mudah didapat. 

    Baca juga: Memulai Bisnis dari Hobi yang Menguntungkan Ternyata Seru!

    Bisnis anak muda sering dipandang sebelah mata. 

    Biasakan Berpikir dan Berkata Positif 

    Sama seperti yang sudah disebutkan pada poin kedua tadi, selalu berpikir dan berkata positif merupakan langkah awal untuk menjadi orang sukses. Dengan membiasakan bersikap seperti itu, kamu akan bisa menghadapi semua masalah dalam bisnis dengan sikap yang lebih positif.

    Jadilah Radikal 

    Pada usia muda, pastinya pikiran masih segar, asli dan penuh energi. Jadi jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang orang lain belum pernah lakukan sebelumnya. Kamu bisa mencoba menciptakan produk baru atau memberikan pelayanan baru yang tidak disangka-sangka oleh perusahaan yang sudah berjalan lebih dulu.

    Ambil Peluang Bisnis di Depan Mata 

    Setelah memastikan diri kamu siap, sekarang saatnya untuk jeli melihat peluang bisnis yang ada. Untuk tahap awal, sebaiknya jangan mencari peluang terlalu jauh dari jangkauan kamu. Kerjakan yang dekat dan terjangkau dulu sembari menambah pengalaman. 

    Jangan Kerjakan Sendiri, Carilah Partner Bisnis yang Sesuai

    Pada tahap cara memulai bisnis, partnership merupakan salah satu pilihan yang sangat baik untuk dilakukan. Kenapa? Karena semakin banyak yang berpikir di dalam bisnis, semakin cepat pula roda bisnis akan bergulir hingga menjadi bisnis yang besar. 

    Dengan adanya partner, kamu bisa bertukar pikiran satu sama lain, sehingga tidak perlu pusing sendiri memikirkan segala sesuatu dalam operasional bisnis. Kalian juga bisa kerjasama dalam memperoleh modalnya 

    Baca juga: Ingin Memulai Usaha Bersama? Kenali Dulu Partner Bisnismu!

    Tentukan Jenis Bisnis

    Sebelum kamu memulai dan menjalankan bisnis di usia muda, sebaiknya kenali jenisnya terlebih dahulu karena memang pilihannya cukup beragam. Ada bisnis makanan, pakaian, online shop, furniture, hingga logistik. Pilihlah bidang yang kamu senangi untuk menghindari sikap malas-malasan saat menjalankan bisnis.

    Setelah menentukan, sekarang waktunya untuk fokus menjalankannya. Kerahkan seluruh tenaga dan waktu secara maksimal, sehingga bisnis berjalan sesuai yang direncanakan. 

    Baca juga: 5 Trik Membangun Bisnis dari Nol!

    Tetapkan Visi dan Misi

    Tips cara memulai bisnis selanjutnya adalah membuat visi dan misi. Visi adalah tujuan dalam jangka panjang, sedangkan misi berupa langkah atau cara untuk mewujudkan tujuan tersebut. 

    Visi dan misi akan membantu menjaga konsistensi dalam berbisnis karena pastinya akan ada berbagai godaan di sepanjang jalan yang bisa membuat motivasi menurun. Setidaknya, visi dan misi bisa mengingatkanmu akan tujuan utama yang ingin dicapai saat pertama kali membuka bisnis. 

    Bagaimana, ternyata memulai bisnis di usia muda tidak mengerikan kan? Cobalah mulai dan jalani bisnismu dengan baik, sehingga bisa mematahkan asumsi orang yang memandang rendah bisnis anak muda. 

    Jika nantinya bisnismu sudah mulai berjalan, persiapkan pula aplikasi keuangan yang akan membantumu dalam hal operasional bisnis. Aplikasi kasir online dari majoo adalah aplikasi yang bisa memberi kamu layanan kemudahan dalam berbisnis. Mulai dari pencatatan order masuk yang rapi, alur pemesanan barang sampai order selesai, menerima semua jenis pembayaran, dan tentu saja menyimpan seluruh data transaksi dengan aman. Tidak ada alasan untuk tidak berlangganan majoo, kan? Selamat mencoba!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Temukan Kebutuhan Konsumen Dengan 5 Cara Ini
    Memahami kebutuhan konsumen merupakan bagian penting dari strategi pemasaran. Baca langkah-langkah agar kamu dapat mengidentifikasi kebutuhan tersebut.
    Inilah 4 Tips Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia
    Mengenal perilaku konsumen dapat membantumu membangun basis pelanggan setia.
    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!