Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Digital Tools Tepat, Bisnis Lebih Maju. Kok Bisa?

    Penggunaan digital tools dapat membantu usaha kecil makin berkembang.

    Banyak pemilik bisnis mungkin merasa tidak nyaman untuk berinvestasi dalam digital tools. Terlebih, ketika kamu baru saja memulai bisnis dan merasa perlu untuk menekan pengeluaran. 

    Namun, jika kamu hanya fokus pada hal tersebut, kemungkinan kamu akan melewatkan berbagai teknologi digital yang dapat membantu usaha kecil berkembang.

    Sekarang, tools hampir tersedia untuk semua kegiatan bisnis, mulai dari berinteraksi dengan konsumen, melakukan koordinasi internal, hingga melaksanakan riset pasar. 

    Dengan kata lain, adopsi teknologi akan membuka lebih banyak peluang untuk kemajuan bisnis. Bagaimana digital tools atau alat digital yang tepat membantu bisnis? Mari simak penjelasan di bawah ini!

    Biaya Operasional Lebih Rendah

    Dalam menghadirkan bisnis yang ideal, pemilik usaha tak bisa jauh-jauh dari anggaran. Berbagai upaya akan dilakukan oleh seorang pelaku bisnis untuk menekan pengeluaran.

    Nah, kadang kamu perlu lebih cermat dalam mempertimbangkan cara mengurangi pengeluaran bisnis. Menekan pengeluaran ada yang hanya memberikan dampak singkat, ada pula yang memberikan efek jangka panjang.

    Penggunaan alat digital bisa membantu bisnismu menghemat biaya jangka panjang, terutama di tengah budaya kerja jarak jauh dan perubahan perilaku konsumen yang makin serba digital.

    Sebut aja, penyimpanan data di cloud memungkinkan kamu mengawasi bisnis dari mana saja.

    Baca juga: 5 Perubahan Perilaku Konsumen yang Membentuk Tren Bisnis

    Komunikasi Instan dengan Pelanggan dan Staf

    Pandemi COVID-19 telah mendesak banyak bisnis untuk mempertimbangkan penyesuaian besar-besaran dalam hal komunikasi dengan staf dan keterlibatan pelanggan. 

    Karena itu, platform komunikasi digital menjadi salah satu alat bantu esensial bagi bisnis. Email, aplikasi messenger, dan media sosial merupakan beberapa platform yang bisa dimanfaatkan untuk membangun komunikasi.

    Untuk berkomunikasi dengan konsumen ketiga platform tersebut dapat menjadi pilihan efektif.

    Sementara itu, dalam komunikasi dengan staf, makin efisien bila kamu bisa menggunakan alat digital yang membantu seluruh operasional bisnis sekaligus bisa menjadi platform komunikasi, misalnya aplikasi POS dengan fitur announcement

    Jadi, kamu bisa langsung menyampaikan pesan penting kepada seluruh staf melalui sistem tersebut.

     Tak hanya pengelolaan bisnis, komunikasi dengan konsumen pun makin efektif dengan alat bantu digital.

    Meningkatkan Eksposur Brand

    Jumlah pengakuan yang dimiliki pasar untuk bisnis dan produkmu didefinisikan sebagai brand awareness. Parameternya mulai dari banyaknya konsumen yang mengingat nama brand-mu hingga konsumen yang benar-benar memahami unique selling point yang kamu tawarkan.

    Jika ingin maju, suatu bisnis memang perlu memiliki brand yang kuat. Dengan begitu, kamu bisa terus meningkatkan basis pelanggan sekaligus pendapatan bisnis. Untuk terus mendorong perkembangan tersebut, kamu perlu mengadopsi penggunaan alat digital seperti media sosial dan berbagai aplikasi desain.

    Di era media sosial seperti saat ini, pemasaran visual sangat penting untuk pengembangan brand. Kamu juga mungkin perlu memanfaatkan alat manajemen medial sosial agar akun bisnismu terkelola dengan baik dan eksposur brand meningkat.

    Baca juga: Trik Tentukan Target Media Sosial Terbaik untuk Go Digital!

    Membantu Ekspansi Pasar

    Sebelumnya kita telah membahas peran email dan media sosial yang bisa membantu inisiatif pemasaran. Namun, bila kebutuhanmu ialah melakukan ekspansi, kamu perlu berbagai alat bantu lain.

    Kamu akan perlu menggunakan aplikasi analitik untuk mengetahui website traffice, tautan ke website bisnismu, dan daerah tempat audiens meangkses website. Jadi, kamu akan memperoleh banyak insight sebagai bekal untuk melakukan perluasan pasar.

    Tak hanya itu, kamu juga mungkin perlu menyentuh aspek search engine optimization (SEO). Sistem analitik SEO akan membantumu menganalisis pencarian kata kunci yang relevan dengan bisnismu serta melihat posisi kompetitor.

    Masih dalam rangka ekspansi pasar, ada juga perangkat lunak yang dibuat khusus untuk mengelola hubungan dengan pelanggan, yaitu Customer Relation Management atau CRM. Perangkat lunak tersebut perlu kamu manfaatkan untuk memperluas basis pelanggan.

    Mempermudah Operasional Bisnis secara Keseluruhan

    Di luar hal-hal di atas, masih ada aspek lain dalam bisnis, seperti penjualan, pengelolaan inventory, pembuatan laporan keuangan, hingga manajemen karyawan.

    Melihat banyaknya alat bantu digital yang dibutuhkan untuk mendukung bisnis, mungkin tak sedikit pemilik usaha yang merasa bingung. Pasti akan terasa lebih praktis untuk pemilik usaha kecil bila ada satu digital tools yang bisa mempermudah hampir seluruh aspek operasional bisnis.

    Kabar baiknya, sekarang sudah ada aplikasi point of sale atau POS yang bisa menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan bisnismu, yaitu majoo.

    Transaksi penjualan lebih cepat dan terdokumentasi, inventory dikelola dengan baik, laporan keuangan otomatis, serta manajemen karyawan bisa diselesaikan oleh aplikasi majoo.

    Bahkan, majoo juga menyediakan fitur CRM esensial untuk mengelola relasi dengan konsumen. Menariknya lagi, semua data tersimpan di cloud sehingga kamu dapat memantau bisnis kapan saja dan di mana saja.

    Terakhir, tetapi tidak kalah penting, penggunaannya pun sangat simpel, lho. Enggak percaya? Yuk, coba demonya sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.