Keuntungan Menerima Berbagai Online Payment bagi Usaha Kecil

Ditulis oleh Nisa Destiana

article thumbnail

Beragamnya metode pembayaran meningkatkan jumlah transaksi konsumen.

Seiring dengan perkembangan teknologi, metode pembayaran pun makin berkembang, salah satunya online payment. Ketika artikel ini dirilis, setidaknya ada beberapa opsi pembayaran yang tengah populer saat ini, antara lain eWallet dan QRIS.

Baca juga: Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya

Dahulu, pemilik usaha mungkin sudah merasa cukup dengan menerima satu atau dua cara pembayaran saja, misalnya tunai dan kartu debit. Namun, kini tampaknya para pemilik bisnis perlu mempertimbangkan kembali perspektif tersebut.

Berikut ini beberapa alasan dan keuntungan yang membuat bisnis perlu menerima berbagai metode pembayaran, terutama online payment.

Bagian dari Ekspektasi Konsumen

Menurut riset PPRO, 42% konsumen di Amerika Serikat batal bertransaksi jika metode pembayaran yang mereka inginkan tidak tersedia. Meskipun riset tersebut dilakukan di Amerika Serikat, kamu tetap bisa menjadikannya acuan terkait perilaku konsumen hari ini.

Kehilangan 42% calon konsumen bukanlah opportunity cost yang kecil. Berhubung setiap konsumen memiliki preferensi metode pembayaran yang berbeda, kamu perlu menyediakan aneka metode pembayaran.

Bagaimana kalau kamu tetap tidak mau menyediakan berbagai metode pembayaran? Jangan lupa, kompetitormu mungkin menyediakannya sehingga konsumen bisa dengan mudah beralih ke merek pesaing.

Tidak Bergantung pada Satu Payment Provider

Di samping pembayaran tunai, bayangkan bisnismu hanya menerima satu metode pembayaran, misalnya dengan kartu debit atau kredit melalui mesin EDC. Lalu, terjadi gangguan pada mesin EDC tersebut dan konsumen tidak membawa uang tunai. Kemungkinan besar, konsumen tersebut akan batal bertransaksi. 

Sebaliknya, bayangkan kendala di atas terjadi dalam posisi kamu menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran. Kamu dapat menawarkan pembayaran dengan berbagai eWallet, bahkan mungkin PayLater. 

Dengan menawarkan berbagai opsi metode pembayaran dari banyak provider, bisnis bisa menghindari risiko transaksi batal akibat gangguan teknis. 

Di sisi lain, kamu juga membuat konsumen lebih nyaman berkat keleluasaan tersebut sehingga pengalaman berbelanja mereka jadi menyenangkan.

Baca juga: Apa Itu Customer Experience? Simak Pengertian dan Contohnya!

Bisnis dianggap lebih reliable dengan menyediakan berbagai opsi pembayaran, terutama online payment.

Bisnismu Menjadi Lebih Reliable

Konsumen menganggap bisnis yang menerima berbagai metode pembayaran lebih dapat diandalkan. Apalagi bila untuk transaksi online, berbagai opsi metode pembayaran yang tersedia di situsmu membuat bisnismu lebih tepercaya.

Bukan rahasia lagi, opsi online payment memberikan perlindungan bagi konsumen. Dengan pembayaran online, uang konsumen tetap aman bila produk yang dibeli dari website tidak diterima oleh konsumen.

Makin Banyak Opsi Pembayaran, Makin Tinggi Potensi Transaksi

Dari paparan di atas terlihat jelas bahwa menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran, khususnya online payment, memberikan dampak positif baik bagi bisnis maupun konsumen.

Untuk konsumen, aneka opsi pembayaran memberikan beberapa keuntungan berikut ini:

  • Kenyamanan: Sekarang, setiap konsumen memiliki preferensi metode pembayaran saat berbelanja. Kehadiran berbagai pilihan metode pembayaran memungkinkan bisnis memenuhi ekspektasi konsumen.
  • Affordability: Beberapa metode pembayaran menetapkan biaya administrasi yang lebih mahal dan membuat konsumen keberatan. Dengan ragam pilihan yang ada, konsumen bisa memilih opsi yang menurut mereka lebih terjangkau.
  • Keamanan: Sebagian konsumen lebih merasa aman dengan cara pembayaran tertentu. Ketersediaan pilihan-pilihan metode pembayaran membuka kemungkinan bisnis memenuhi standar keamanan yang diharapkan konsumen.

Lalu, apa artinya bagi bisnis bila konsumen merasakan hal-hal di atas? Tentu saja keuntungan pun akan diraup oleh bisnis melalui poin-poin di bawah ini.

  • Meningkatnya transaksi: Potensi terjadinya transaksi berbanding lurus dengan adanya multiple payment method. Kemudahan menyelesaikan pembayaran membuat konsumen lebih cepat mengambil keputusan untuk membeli.
  • Menurunnya shopping cart yang ditinggalkan: Khusus untuk transaksi online, pilihan metode pembayaran juga menurunkan jumlah shopping cart yang ditinggalkan.
  • Loyalitas konsumen: Konsumen yang bisa bertransaksi dengan metode pembayaran sesuai preferensi mereka cenderung bertransaksi kembali. Ya, pembayaran yang mudah dapat mendorong terciptanya repeat order dan membangun loyalitas konsumen.

Apakah bisnismu sudah menyediakan berbagai opsi metode pembayaran? Tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan mengelola aneka metode pembayaran sebab kini ada aplikasi majoo yang dilengkapi layanan majoo Pay.

majoo adalah aplikasi point of sale (POS) yang ditujukan untuk membantu para pemilik UMKM mengelola bisnisnya dengan lebih mudah. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur aplikasi online, tetapi juga memudahkan operasional bisnis, salah satunya melalui majoo Pay, yaitu layanan pembayaran digital terintegrasi.

Dengan majoo Pay, bisnismu bisa menerima berbagai jenis pembayaran, mulai dari eWallet hingga PayLater. Selain itu, layanan ini juga terintegrasi dengan laporan keuangan. 

#BebaskanLangkahmu untuk maju dengan mulai menyediakan aneka pilihan metode pembayaran bagi konsumen!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo