Metode Pembayaran QRIS, Inilah Kelebihannya


Penggunaan QRIS menguntungkan baik bagi pemilik bisnis maupun konsumen.


Transaksi cashless bukanlah sesuatu yang asing. Kita telah terbiasa melakukannya dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Seiring pesatnya kemajuan teknologi, metode pembayaran kini bergeser lagi dari cashless menjadi contactless.


Proses transaksi minim kontak makin pesat pengaplikasiannya sejak terjadinya pandemi COVID-19. Sejak awal 2020, Bank Indonesia menginstruksikan penerapan Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS sebagai standar kode QR yang dapat menjadi opsi contactless transaction

Mengenal metode pembayaran QRIS

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kelebihan penggunaan kode QR, sebagian dari kamu mungkin ada yang bertanya, apa itu QRIS?


QRIS adalah gabungan beragam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan kode QR. Standar kode QR tersebut dikembangkan oleh PJSP bersama-sama dengan Bank Indonesia.


Dengan begitu, masyarakat memiliki alternatif cara pembayaran yang cepat, mudah, serta terjaga keamanannya. Di samping memudahkan masyarakat, standar kode ini juga memberi ruang bagi regulator untuk melakukan pemantauan satu pintu. 


Dalam penggunaannya, masyarakat dapat memanfaatkan kode QR untuk melakukan pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, dan mobile banking

Kelebihan transaksi dengan QRIS

Lalu, apa sebenarnya kelebihan bertransaksi menggunakan QRIS? Mengapa sebagai pebisnis kamu perlu menyediakan opsi metode pembayaran yang satu ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Mempercepat proses transaksi

Pembayaran dengan memanfaatkan kode QR berstandar nasional ini terbilang cepat dan praktis. Dari sisi konsumen, mereka tidak perlu repot lagi membawa uang tunai sebab transaksi dapat diselesaikan dengan memindai kode melalui layar smartphone


Sementara itu, cara ini juga praktis untuk pemilik bisnis. Tidak ada lagi kerepotan menyediakan atau mencari uang kembalian. Setelah konsumen memindai kode sejumlah nominal yang perlu dibayarkan dapat ditulis secara presisi kemudian disetujui dengan memasukkan PIN. Transaksi pun selesai. Praktis sekali, bukan?


2. Menyederhanakan proses transaksi

Saat ini pembayaran menggunakan dompet digital sudah lumrah dan kerap ditanyakan konsumen. Selain alasan kesehatan, transaksi contactless ini juga dicari konsumen sebab ada potongan harga khusus atau alasan kepraktisan. 


Karena itu, bisnis pun dituntut untuk menyediakan layanan pembayaran dengan dompet digital. Untuk dapat menghadirkan opsi cara pembayaran tersebut, bisnis tentunya perlu terdaftar sebagai merchant di penyedia layanan dompet digital. 


Nah, adanya kode QR terstandar makin memudahkan para pemilik bisnis karena tidak perlu mendaftar ke tiap layanan dompet digital satu per satu. Paling tidak ada 38 layanan dompet digital berizin resmi yang sudah terhubung dengan QRIS. 


Jadi, bisnis cukup mendaftar satu kali saja untuk dapat terhubung dengan berbagai bank atau dompet digital yang didukung. Di samping itu, setiap transaksi pun tercatat sehingga kamu lebih mudah mengelola keuangan bisnis.

3. Lebih ekonomis

Ketika bertransaksi dengan kartu debit atau kredit mungkin konsumen sering kali tidak mengeluarkan biaya tambahan. Namun, bukan berarti transaksi dengan mesin EDC tersebut bebas biaya. 


Terdapat transaction fee sebesar 1%-2,5% yang dibayarkan oleh gerai kepada bank penyelenggara. Memang angka tersebut tidak terlalu besar, tetapi bagi bisnis bisa mengurangi sekecil apa pun beban operasional tentu akan sangat berharga. 


Dengan menggunakan standar kode QR, fee transaksi yang harus dikeluarkan bisnis relatif lebih ekonomis yaitu 0,7%. Angka ini dapat turun apabila transaksi masuk ke dalam kategori tertentu. Misalnya, transaksi terkait dana pendidikan dikenakan fee 0,6%, sedangkan pembayaran dengan kode QR standar di SPBU hanya dikenakan biaya 0,4%.  


Karena beban biaya transaksi yang harus dikeluarkan oleh merchant atau bisnis lebih kecil, tentu saja hal ini lebih menguntungkan bagi bisnis.  

4. Terjamin keamanannya

Pembayaran dengan kode standar juga memberikan jaminan keamanan baik bagi konsumen maupun pemilik bisnis. 


Alasannya, prinsip transaksi dengan QRIS melalui pemindaian kode QR sebetulnya serupa dengan transfer saldo antar rekening. Biasanya, setiap transaksi memerlukan PIN atau kode persetujuan yang hanya diketahui oleh konsumen sendiri.


Di sisi lain, keamanan bagi bisnis meningkat karena uang hampir pasti masuk ke rekening bisnis. Sebagai contoh, tidak ada risiko kerugian akibat menerima uang palsu. Bila ditemukan transaksi yang tidak wajar, setiap pihak dapat melaporkannya kepada penyedia layanan sebab seluruh transaksi terdeteksi dan tercatat secara online.

5. Bisa diandalkan

Dengan menggunakan metode pembayaran yang satu ini, pemilik usaha bisa memeriksa riwayat transaksi secara berkala. Pasalnya, semua transaksi diproses dan dicatat secara otomatis. 


Dengan begitu, pemilik bisnis dapat memantau, menganalisis, dan menentukan strategi keuangan bisnis ke depan. Jadi, tidak berlebihan jika dikatakan, cara pembayaran dengan kode QR terstandar ini sangat reliable


Apakah bisnis milikmu sudah bertransisi ke contactless transaction dengan menggunakan kode QR? Bila masih belum, segeralah pertimbangkan cara pembayaran ini sebab ada banyak keuntungan yang dapat didapatkan oleh bisnis.


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.
Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
E-Menu: Digitalisasi Daftar Menu yang Hemat dan Efektif
E-menu hadir sebagai solusi bagi pengusaha kuliner untuk memudahkan ordering dan transaksi. E-menu merupakan daftar menu yang sudah hadir dari digitalisasi bisnis.
Hal Penting Dalam Menyiapkan Rencana Bisnis untuk New Normal
Agar bisnis tetap dapat berjalan dengan baik di masa new normal, rencana bisnis yang ada mungkin perlu disesuaikan kembali atau bahkan sepenuhnya diubah. Namun, perhatikan beberapa hal berikut sebelum menyusun strategi bisnismu untuk new normal, ya!
Whatsapp