Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Upgrade Level Bisnis ala Xelma Laundry

    Bisnis laundry merupakan bisnis yang sangat membantu banyak orang untuk membersihkan baju dan barang lainnya bila mereka tidak bisa mencucinya sendiri. Pasalnya tidak semua orang memiliki waktu untuk berurusan dengan pakaian kotornya sendiri. Tak heran bisnis laundry belakangan ini berkembang dengan pesat di berbagai kota. Dengan menawarkan jasa cuci, cuci setrika, koin laundry, dan sejenisnya, para pelaku bisnis dapat membantu pelanggannya untuk menghemat waktu, sekaligus bisa meraup untung dari peluang tersebut.

    Nah, Xelma Laundry termasuk yang tidak ingin melewatkan peluang ini. Apa saja langkah yang diambil oleh Xelma sang owner dalam mengembangkan bisnis laundry ini? Yuk, simak kisah sukses lengkapnya di bawah ini!

    Awal Mula Xelma Laundry Berdiri

    Xelma Laundry berdiri sejak tahun 2019. Ibu dari Xelma adalah wanita karier yang mempunyai pekerjaan. Berawal dari Xelma yang tidak ingin kuliah dulu setelah merampungkan pendidikan SMA nya, maka ibu Xelma mempunyai ide untuk membuka bisnis laundry. Ide bisnis ini terpikirkan ibu Xelma karena risiko yang ditanggung lumayan kecil sehingga cocok jika dikelola dengan anaknya. Selain mencari untung, dengan membuka bisnis laundry juga dapat membantu orang untuk bisa bekerja.

     

    Tanggung Jawab dan Jujur, Kunci Bisnis Bertahan

    Biasanya di bisnis laundry lain karyawannya hanya memegang satu job desk, misalnya cuci ya cuci saja atau setrika ya setrika saja. Namun, ketika mendapati barang customer yang hilang, baju luntur, atau baju rusak, mereka hanya saling menyalahkan karena merasa job desk-nya mereka.

    Beda halnya di Xelma Laundry, di bisnis ini setiap karyawan memegang satu pelanggan, misalnya pelanggan A dan B di pegang sama karyawan A. Dengan begitu karyawan pun juga mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaannya.

    Selain itu, yang membuat Xelma Laundry berbeda dari bisnis laundry lainnya yaitu menerapkan kejujuran. Misalnya, di kantong baju atau celana pelanggan terdapat uang atau barang lain, barang tersebut harus dikembalikan ke pelanggan. Dengan pelayanan yang maksimal diharapkan membuat pelanggan lebih percaya dan bisnis laundry tepa bisa bertahan.

    Baca juga: Trik Atasi Tantangan Bisnis yang Dihadapi Usaha Kecil 

    Resolusi Bisnis di Tahun 2023

    Bagi kamu seorang pelaku bisnis, pasti setiap tahunnya memiliki resolusi bisnis yang harus diwujudkan, bukan? Demikian juga dengan Xelma Laundry yang mempunyai resolusi agar bisnisnya tetap terus beroperasi.

    Walaupun Xelma Laundry baru memiliki untung yang kecil, tapi bisnis ini mengutamakan orang-orang yang bekerja dengannya, lho! Para pekerjanya berasal dari orang-orang yang kurang beruntung pendidikannya, misalnya tidak lulus SD, single parent, hingga anak yatim. Dengan mempekerjakan mereka, tentunya bisnis Xelma Laundry bisa membantu kehidupan pada karyawannya.

    Selain itu, resolusi bisnis Xelma Laundry di tahun 2023 ini ingin lebih fokus untuk pindah ke lokasi bisnis yang nyaman dan strategis. Untuk ekspansi bisnis di tahun 2023 belum ada rencana buka cabang baru.

    Baca juga: Kesuksesan UMKM sebagai Bidang Usaha Pembuka Lapangan Kerja

    Kemudahan Operasional Bisnis dengan Aplikasi majoo

    Awal mula bisnis laundry ini berdiri masih menggunakan sistem konvensional dan manual yang prosesnya sangatlah ribet. Kerepotan yang dialami Xelma waktu itu, antara lain memantau bisnis harus datang ke outlet, memantau karyawan harus secara langsung, menghitung pemasukan masih menggunakan cara manual dengan cara dicatat di buku, dan lain sebagainya.

    Karena merasa semua operasional bisnisnya menjadi terhambat sehingga membuat Xelma ingin beralih ke sistem digital. Awal mulanya, saat ia sedang jalan-jalan di mall, ia melihat resto menggunakan aplikasi kasir all in one. Setelah itu, ia mulai compare beberapa aplikasi kasir dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan aplikasi majoo karena di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa digunakan, misalnya fitur akuntansi, POS (Point of Sales), CRM (Customer Relationship Management), owner, dan lain sebagainya.

    Dengan menggunakan aplikasi majoo, semua operasional bisnis menjadi lebih mudah. Aplikasi majoo memang sangat cocok untuk bisnis laundry, karena ada beberapa alasan seperti berikut ini.

    • Dapat mencatat alur proses laundry termasuk tanggal terima, tanggal selesai, tanggal pengambilan serta status laundry.
    • Mengingatkan bila waktu penyelesaian terlampaui serta terdapat catatan bagi pelanggan.
    • Mengirimkan pemberitahuan email ke pelanggan saat barang telah siap diambil.
    • Untuk memonitoring semua order dengan sangat mudah.
    • Terdapat sistem membership dan loyalti pelanggan untuk semua bisnis laundry yang menggunakan aplikasi majoo.
    • Upgrade level bisnis untuk memajukan dan mengembangkan bisnis yang sedang dijalani.

    Nah, tentu sangat mudah sekali jika bisnismu menggunakan aplikasi majoo, kan? Lalu, apa resolusi bisnismu untuk tahun 2023? Supaya kamu bisa upgrade level bisnis, yuk segera pakai aplikasi majoo!

    Baca juga: Tips Jalanin Bisnis UMKM dengan Cara Kekinian yang Seru

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
    Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.
    Kisah Sukses Pasar Kopi Meraup Untung Bersama majoo
    Pasar Kopi Pekanbaru adalah salah satu bisnis yang terdampak oleh pandemi. Namun, bersama aplikasi majoo, Pasar Kopi tetap dapat mencatatkan kisah sukses!
    Kopi Gincu dan Kisah Sukses Memanfaatkan Nilai Unik
    Keunikan nama bukan satu-satunya hal yang menarik dari Kopi Gincu. Keunikan apa lagi yang disajikan kedai kopi dengan catatan kisah sukses yang satu ini?
    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!