Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Kesuksesan UMKM sebagai Bidang Usaha Pembuka Lapangan Kerja

    UMKM bukan hanya sebagai penggerak ekonomi, tapi juga pembuka lapangan kerja.

    Beberapa tahun terakhir, pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia cukup signifikan. Alasannya cukup beragam, mulai dari kebutuhan untuk berekspresi dalam karya, kebutuhan ekonomi, sampai dengan menjadi peralihan dari kerja kantoran. Namun, pertumbuhan tersebut dinilai membawa dampak positif, karena mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat.

    Di sisi lain, adanya pandemi di Indonesia membuat aspek perekonomian sangat terpengaruh. Bukan hanya perekonomian skala kecil, pada skala besar pun, banyak perusahaan dan bisnis yang kolaps. Dibatasinya berbagai macam kegiatan yang melibatkan social dan physical distancing, mengakibatkan beberapa bidang usaha tidak mampu bertahan.

    Dampak selanjutnya dari ketidakmampuan untuk mempertahankan bisnis tersebut adalah banyak orang yang terpaksa kehilangan pekerjaan. Perusahaan atau sebuah usaha yang tutup akan menyebabkan banyak pekerja yang berubah status menjadi pengangguran. Hal tersebut menjadikan perkembangan ekonomi di Indonesia pun semakin mengalami penurunan. 

    Baca juga: UMKM adalah: Pengertian hingga Contohnya di Indonesia

    Faktor Pendorong UMKM Sebagai Pembuka Lapangan Kerja

    Beberapa faktor yang menjadi pendorong suksesnya UMKM dalam membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat, antara lain adalah:

    Banyak Orang Butuh Pekerjaan

    Ini merupakan alasan klasik yang memang menjadi never-ending topic dalam hal pekerjaan. Ada banyak orang yang butuh pekerjaan, tapi tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. 

    Pemutusan hubungan kerja (PHK) dan susahnya mencari kerja membuat sebagian orang mulai berpikir kreatif dan mencoba menjadi pegiat bisnis dengan mendirikan UMKM. UMKM yang baru lahir ini pun menimbulkan efek domino, yaitu membutuhkan pekerja baru untuk membantu proses produksi maupun pemasaran. 

    UMKM memang bukanlah bidang usaha yang bisa dikelola seorang diri, bagaimanapun pemiliknya tetap membutuhkan beberapa orang untuk membantu menjalankan usaha. Kebutuhan akan tenaga bantuan inilah yang pada akhirnya membuka peluang kerja baru untuk para pengangguran. 

    Butuh Penyaluran Ide Kreatif dan Inovatif 

    Orang-orang dengan ide kreatif dan inovatif akan selalu ada dalam hidup ini. Mereka butuh menyalurkan ide untuk menghasilkan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk barang atau jasa. Inovasi dalam bisnis UMKM atau bahkan beberapa ide kreatif baru akan membawa pada munculnya usaha-usaha yang juga baru dan membutuhkan karyawan. 

    Baca juga: Rekomendasi Nama Toko yang Bagus: Online dan Offline

    UMKM Baru Membutuhkan Pemasaran yang Lebih Luas

    UMKM yang dulunya hanya mengandalkan kegiatan pemasaran dan operasional secara konvensional, mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi dengan mengubah konsepnya menjadi digitalisasi bisnis. Digitalisasi ini berlaku bagi hampir seluruh bentuk UMKM, mulai dari yang memasarkan produk handicraft, pertanian, sampai food and beverages

    Konsep bisnis baru juga memerlukan sumber daya manusia yang jauh lebih mumpuni, baik dalam penguasaan teknologi, dan juga pemasaran digital dengan memanfaatkan internet dan media sosial.

    UMKM Bukan Hanya Penggerak Ekonomi

    Dengan adanya beberapa faktor yang sudah disebutkan tadi, UMKM yang dulunya mendapat predikat sebagai bidang usaha yang menjadi penggerak ekonomi nasional, mendapatkan penilaian baru sebagai pembuka lapangan kerja di masyarakat. 

    Layaknya sebuah lingkaran, saat UMKM menciptakan peluang kerja baru, mampu mempertahankan usaha, dan mampu mengembangkan usaha, maka peluang kerja baru akan semakin bermunculan tidak ada habisnya. 

    UMKM mampu membuka peluang kerja yang lebih besar.

    Pemerintah pun mengakui bahwa saat ini UMKM ternyata mampu menciptakan banyak peluang kerja baru dan menyerap hampir setengah dari jumlah keseluruhan penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

    Keberhasilan UMKM dalam menciptakan dan membuka peluang kerja dibantu dengan dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat akan berkontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi sehingga dapat mempercepat Indonesia keluar dari resesi. 

    Penyerapan tenaga kerja yang tinggi dari UMKM berarti berkurangnya jumlah pengangguran yang ada di Indonesia, yang pada akhirnya juga berpengaruh besar pada perekonomian. Namun, hal ini tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Seluruh kegiatan UMKM perlu mendapatkan bantuan untuk terus ditingkatkan. 

    Nantinya, diharapkan UMKM bukan hanya bisa menciptakan peluang kerja baru bagi para pengangguran, tapi juga bisa berperan sebagai sarana pemerataan ekonomi, menurunkan tingkat kemiskinan di masyarakat, dan juga menjadi salah satu sumber devisa negara. 

    Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa dengan adanya bukti keberhasilan dalam membuka lapangan kerja ini, UMKM tak sepatutnya merasa besar kepala terlebih dahulu. Banyak hal yang harus tetap dilakukan dan diperjuangkan agar usaha yang sudah dirintis semakin berkembang dan tidak mandek di situ saja. 

    Kamu sebagai pegiat UMKM pun masih tetap perlu menciptakan inovasi dalam bisnis, ide kreatif harus tetap ada supaya produk yang ditawarkan tidak membuat masyarakat jenuh dan beralih ke produk kompetitor. 

    Keberanian untuk melakukan digitalisasi bisnis juga dibutuhkan untuk mengembangkan usaha dan memperkenalkan produk ke pasar yang jangkauannya lebih luas. 

    Hadirnya majoo sebagai aplikasi keuangan bisa membantu UMKM untuk terus bertumbuh dan berkembang, khususnya dalam pengelolaan keuangan. Keuangan yang baik akan menghasilkan kondisi finansial seimbang, yang pastinya bisa dimanfaatkan untuk membuka cabang baru atau memberikan apresiasi lebih pada para pekerjanya. Coba pakai majoo sekarang! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.
    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.