Table of Content

    #langkahmajoo SE.MA.RAI Pastry and Cake Shop Raih Sukses

    SE.MA.RAI Pastry and Cake Shop memulai #langkahmajoo dengan menjadi pionir pastry di Pekanbaru.

    Ketika menggelar soft opening pada bulan Juli 2021, SE.MA.RAI Pastry and Cake Shop pun menjadi pionir untuk toko pastry yang menyediakan layanan dine in di Pekanbaru. Menariknya, keputusan untuk menekuni bisnis yang sama sekali belum pernah dicoba di Pekanbaru ini tidak muncul begitu saja, ada cerita yang cukup panjang di baliknya.

    Untungnya, dengan mengambil #langkahmajoo yang unik, SE.MA.RAI berhasil mencatatkan kisah sukses sekalipun baru beroperasi kurang lebih setahun saja. Seperti apa, sih, kisahnya? Mari kita simak bersama-sama!

    Awal yang Rumit, Berujung dengan Kisah Sukses

    Kisah sukses SE.MA.RAI sebagai pionir toko pastry di Pekanbaru sebenarnya diawali dengan kerumitan yang dihadapi oleh Wendi. Sebagai seorang fresh graduate, Wendi mengaku kesulitan untuk mencari pekerjaan di tengah situasi pandemi; tidak bisa tidak, berwirausaha pun menjadi satu-satunya pilihan yang paling memungkinkan untuk memperoleh penghasilan, terlebih lagi Wendi memang memiliki latar belakang keilmuan di bidang bisnis.

    Pun demikian, Wendi tak langsung terpikir untuk membuka toko pastry. Awalnya, coffee shop menjadi pilihan pertama yang ingin dicobanya. Akan tetapi, Wendi menyadari bahwa sudah banyak kedai kopi yang beroperasi di Pekanbaru. Terjun ke bisnis yang sudah penuh dengan kompetitor di tengah situasi pandemi Covid-19 tentu bukan pilihan terbaik. Mau tak mau, peluang usaha lain pun harus segera ditemukan.

    Dari pemikiran tersebutlah Wendi kemudian memutuskan untuk membuka SE.MA.RAI. Baginya, membuka toko pastry dengan layanan dine in yang saat itu masih jarang dirasa memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan menjalankan kedai kopi.

    Baca juga: 3 Kisah UMKM yang Berhasil Bertahan di Era New Normal

    Kolaborasi Menjadi Kunci

    Di tengah persaingan, memberikan nilai tambah pada bisnis menjadi salah satu upaya untuk tampil unik dan menarik minat pelanggan. Apabila tokonya hanya menyediakan makanan saja, tentu akan tetap kalah jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

    Oleh karenanya, Wendi pun mengajak salah satu coffee shop untuk berkolaborasi dalam menyediakan minuman. Dengan demikian, pelanggan pun dapat lebih tertarik untuk menikmati croissant serta cream cheese garlic yang disajikannya dengan minuman dari kedai kopi yang diajaknya berkolaborasi sebagai teman.

    Melalui kerja sama yang unik ini, SE.MA.RAI pun memiliki pasar yang lebih luas. Wendi menjelaskan, segmen pelanggan yang datang pun memiliki karakter yang berbeda. Pelanggan di bawah usia 30 tahun, misalnya saja, lebih mencari tempat yang nyaman untuk bekerja, mengerjakan tugas, atau sekadar quality time, sementara pelanggan di atas usia 30 tahun lebih mementingkan kualitas produk.

    Baca juga: Jenis-Jenis Kolaborasi yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis

    #langkahmajoo untuk Sukses di Platform Digital

    Wendi menyadari bahwa di masa sekarang, pemanfaatan platform digital merupakan sesuatu yang penting bagi keberlanjutan bisnis. Oleh karena itu, Wendi pun mulai mendalami digital marketing untuk membantunya mengembangkan SE.MA.RAI.

    Selain memastikan gerainya tersedia di platform pesan antar seperti GrabFood dan GoFood, Wendi juga menyediakan layanan pemesanan melalui fitur direct message di Instagram. Tak berhenti sampai di sana, Wendi juga mulai merapikan situs web serta katalog cake yang dijualnya agar dapat menyediakan pemesanan dengan metode pre-order.

    Baginya, di tengah persaingan bisnis dan juga situasi pandemi, setiap saluran penjualan dan pemasaran harus dimaksimalkan agar bisnis dapat terus bertahan, termasuk melalui platform-platform digital. Harapannya, semakin mudah pelanggan mengetahui informasi produknya, semakin mudah pula Wendi menjual choux au craquelin dan juga cheesecake yang menjadi andalan SE.MA.RAI; baik secara langsung maupun sebagai hampers natal dan lebaran atau pesanan khusus untuk kue ulang tahun.

    Baca juga: Mengintip Survei Pengguna dari Laporan Bisnis Pesan Antar

    Mencatatkan Kisah Sukses dengan Aplikasi majoo

    Untuk menyediakan kualitas produk yang baik, menyediakan kebutuhan pelanggan, serta mengetahui apa saja yang disukai oleh konsumen, Wendi memanfaatkan layanan aplikasi majoo dalam pengelolaan SE.MA.RAI.

    Fitur analisis keuangan dari aplikasi majoo, misalnya saja, dipergunakannya untuk mengetahui transparansi margin keuntungan bisnisnya. Selain itu, Wendi juga memanfaatkan layanan promo atau CRM yang ditawarkan oleh Wendi.

    Menurutnya, data yang disajikan oleh aplikasi majoo secara mendetail membantunya dalam mengumpulkan berbagai pertimbangan yang sangat berguna dalam mengembangkan menu dan juga saat merancang strategi promo yang akan diluncurkan berikutnya. Dengan demikian SE.MA.RAI pun tidak hanya bisa bertahan di tengah situasi bisnis yang kian memanas, tetapi juga mampu menghadirkan yang terbaik bagi pelanggan setianya.

    Yap, benar sekali! Dengan kelengkapan fitur yang dimilikinya, penggunaan aplikasi majoo memang tidak terbatas pada pengelolaan bisnis yang lebih mudah dalam satu dasbor saja, tetapi juga sangat membantu dalam mengumpulkan insight bisnis untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi. Tertarik untuk meniru kisah sukses Wendi dalam mengelola SE.MA.RAI Pastry and Cake Shop? Yuk, segera berlangganan layanan aplikasi majoo!

    Baca juga: Menyesuaikan Stategi Bisnis Paksa Pandemi, Kenapa Harus?

     

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.
    #langkahmajoo SE.MA.RAI Pastry and Cake Shop Raih Sukses
    SE.MA.RAI Pastry and Cake Shop tidak hanya menjadi pelopor toko pastry dine in di Pekanbaru, tapi sukses bertahan selama pandemi. Bagaimana kisahnya?