Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Apa Manfaat Produk-Produk Teknologi Informasi dalam Bisnis?!

    Nikmati hasil produk teknologi informasi untuk mempermudah pengelolaan operasional bisnis.

    Dengan semakin majunya zaman, perkembangan produk teknologi informasi pun semakin menjanjikan. Manfaatnya pun harus diakui tak hanya dinikmati oleh para pekerja TI saja, tetapi mencakup hampir setiap lapisan masyarakat. Baik tua maupun muda, menengah ke atas atau ke bawah, kota maupun desa, hampir semuanya sudah terbiasa dengan teknologi.

    Tentunya, di antara sekian banyak orang yang sudah mulai terpapar dengan teknologi, mereka yang menjalankan bisnis atau menjadi pelaku usaha pun ikut merasakan manfaatnya. Dalam cara yang seperti apa kira-kira? Kita simak jawabannya bersama-sama, yuk!

    Produk Teknologi Terbaru untuk Kembangkan Bisnis

    Pada dasarnya, teknologi memang diciptakan untuk mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Jadi, sebenarnya tidak mengherankan bila teknologi pun ikut berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

    Makin kompleks aktivitas yang dilakukan oleh manusia, otomatis harus makin mumpuni pula teknologi yang bertugas untuk mempermudahnya, kan? Situasi yang sama pun terjadi dalam dunia bisnis. Mengingat bisnis merupakan bagian dari kegiatan yang sehari-hari kita lakukan, perkembangan teknologi pun terus dilakukan untuk menawarkan kemudahan berbisnis.

    Tak hanya bagi konsumen akhir saja yang semakin mudah berbelanja dan bertransaksi, mereka yang berperan sebagai pelaku usaha pun juga dapat menikmati kemudahan dalam mengelola bisnis, dari hulu ke hilir, sejak proses produksi hingga akhirnya produk dan layanan dinikmati oleh pelanggan.

    Apa saja, sih, produk teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pengembangan bisnis?

    Baca juga: Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater

    QRIS, Solusi Pembayaran Digital

    Diluncurkan pada tahun 2019 lalu, QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan produk dari Bank Indonesia yang memungkinkan pelaku usaha mana pun menerima transaksi digital cukup dengan meminta pelanggan memindai kode QRIS unik yang dimiliki.

    Mengingat penetrasi digital yang terus meningkat, produk yang satu ini jelas sangat membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan. Tanpa perlu meminta pelanggan membawa uang tunai ke mana pun, pelanggan masih dapat tetap berbelanja dengan pembayaran nontunai.

    Di tahun 2023 ini, memiliki kode QRIS seolah menjadi sebuah keharusan bagi pelaku usaha. Pasalnya, dengan satu kode pindai saja pelaku usaha dapat menerima pembayaran nontunai dari mana pun, baik pembayaran antarbank atau bahkan melalui e-wallet.

    Bagi pelaku usaha yang belum memiliki kode QRIS, ayo segera buat! Caranya cukup mudah dan sama sekali tidak merepotkan, kok!

     QRIS merupakan contoh produk teknologi informasi yang sangat bermanfaat bagi bisnis.

    Canva dan Pemasaran Berbasis Visual

    Penetrasi digital tak hanya mencakup kegiatan bertransaksi saja, tetapi juga mencapai media sosial. Kini, hampir semua orang tampaknya memiliki satu atau dua akun media sosial. Artinya, kegiatan pemasaran digital pun bisa lebih efektif untuk dilakukan dibandingkan dulu.

    Masalahnya, kegiatan pemasaran di media sosial cenderung berbasis visual, sehingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah mungkin akan kesulitan untuk mengakses saluran pemasaran ini. Namun, tenang, karena sudah ada produk teknologi baru bernama Canva yang memungkinkan setiap pelaku usaha untuk mendesain sendiri visual posting pemasarannya.

    Dengan beragam templat yang disediakan dan juga kemudahan penggunaannya, Canva bisa menjadi solusi yang baik untuk menjawab kebutuhan pemasaran digital, khususnya bagi pelaku usaha yang memiliki keterbatasan anggaran untuk mempekerjakan desainer grafis.

    Baca juga: Bermain Aplikasi Kreatif Nonbisnis untuk Inovasi Bisnis

    ChatGPT untuk Pengalaman Mencicip Teknologi Masa Depan

    Perkembangan teknologi masa kini agaknya memang tak memiliki batas. Apabila dulu kita masih memimpikan robot seperti doraemon yang bisa melakukan sesuatu, kini kita memiliki ChatGPT, bot dengan kemampuan artificial intelligence yang dapat membereskan beberapa masalah kegiatan pemasaran berbasis teks.

    Bingung membuat caption Instagram yang menjual? Coba minta pada ChatGPT! Ingin membuat tagline produk yang klik di telinga? Mungkin ChatGPT bisa membantu! Hanya saja, karena sepenuhnya dikerjakan oleh teknologi machine learning, hasil kreasi ChatGPT mungkin masih membutuhkan supervisi yang superketat.

    Wajar saja, dong, jangan sampai pesan pemasaran yang seharusnya menjual justru terasa kurang manusiawi karena dikerjakan sepenuhnya oleh bot tanpa ada supervisi dari manusia sungguhan, kan? 

    Baca juga: Pentingnya Belajar Trik Copywriting Berikut untuk Bisnismu!

    majoo Pay, Layanan untuk Permudah Transaksi Bisnis

    Selain sejumlah produk teknologi informatika di atas, pelaku usaha juga dapat memanfaatkan layanan majoo Pay, layanan teknologi yang memang dirancang untuk mempermudah pembayaran di tempat usaha.

    Dengan sistem pembayaran yang terintegrasi, majoo Pay dapat menerima dana dari banyak sekali penyedia jasa dompet digital maupun bank; mulai dari Ovo, GoPay, Dana, ShopeePay, LinkAja, dan bahkan layanan paylater yang mulai digrandrungi pelanggan. Tak hanya itu, integrasi sistem ini memungkinkan setiap transaksi langsung tercatat secara tepat, akurat, dan otomatis. Menyusun laporan keuangan tak akan lagi menjadi pekerjaan yang membuat kepala berasap.

    Bagi pelaku usaha yang sudah berlangganan layanan aplikasi majoo, langsung saja nikmati majoo Pay tanpa tambahan biaya. Pengelolaan operasional bisnis pun akan menjadi jauh lebih mudah dengan seluruh fitur unggulan dalam aplikasi majoo ditambah dengan kapabilitas majoo Pay yang aman dan bisa diandalkan.

    Belum berlangganan layanan aplikasi majoo? Yuk, langsung saja mendaftar segera dan nikmati hasil teknologi yang mempermudah pengelolaan bisnis ini!

    Baca juga: Ketahui Tren Social Media Marketing di Tahun 2023!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menilik Kaitan Barista Cakep dengan Penjualan Coffee Shop
    Barista yang cakep mungkin jadi salah satu alasan konsumen datang ke coffee shop. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara meningkatkan penjualan.
    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program
    Memberikan promosi tahun baru adalah hal yang sudah biasa dilakukan pebisnis. Bagaimana bila ide tersebut digabungkan dengan customer loyalty program?
    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care
    Tahukah kamu, dr. Tirta mengawali bisnis Shoes and Care dari sepetak kamar kos? Kini usaha tersebut sudah meraup omzet miliaran rupiah.
    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?