Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Bermain Aplikasi Kreatif Nonbisnis untuk Inovasi Bisnis

    Ada banyak aplikasi kreatif yang bisa dimaksimalkan untuk melahirkan inovasi bisnis.

    Dengan majunya perkembangan zaman dan produk teknologi, ada banyak sekali aplikasi kreatif yang sebenarnya menarik untuk dieksplorasi. Siapa tahu dari hasil eksplorasi tersebut bisa muncul inovasi bisnis yang menguntungkan, kan?

    Nah, sebagai seorang pelaku usaha,jeli dalam melihat peluang bisnis merupakan salah satu kualitas yang harus terus diasah. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan eksplorasi-eksplorasi unik untuk menemukan ide pengembangan bisnis yang menarik, misalnya saja dengan kreatif mengeksplorasi produk-produk teknologi dan juga aplikasi digital!

    Aplikasi apa saja, sih, yang bisa dicoba?

    Baca juga: Produk Bisnis dan Teknologi Informasi? Apa Hubungannya?!

    Beragam Aplikasi Nonbisnis Menarik untuk Diulik

    Cuan bisa datang dari mana saja, bahkan dari aplikasi-aplikasi yang awalnya tidak dirancang untuk berbisnis. Namun, berkat kejelian dalam melihat peluang, beberapa aplikasi yang saat ini kita nikmati sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, lho!

    Ketiga aplikasi berikut ini, contohnya saja, awalnya tidak banyak dipakai untuk berbisnis. Akan tetapi, karena keunggulan fitur yang dimilikinya, lambat laun banyak pula yang mengandalkan aplikasi-aplikasi ini untuk membuat pengelolaan bisnisnya terasa lebih optimal.

    Aplikasi apa saja, sih, yang dimaksud? Langsung saja kita ulas satu per satu!

    • Canva

    Sejak beberapa tahun terakhir, ketertarikan seseorang terhadap sesuatu yang dapat dinikmati secara visual memang meningkat. Jika kita pinjam bahasa yang kerap digunakan anak-anak zaman sekarang, sesuatu yang ‘aesthetically pleasing’ memang sedang sangat digandrungi.

    Akan tetapi, seni desain grafis membutuhkan kemampuan dan keterampilan khusus yang tidak dikuasai oleh semua orang, terlebih bagi mereka yang belum pernah berkenalan dengan Canva!

    Tidak untuk bisnis, aplikasi yang satu ini awalnya lebih sering digunakan oleh mahasiswa untuk mempercantik tugas-tugas kuliahnya dengan beragam templat yang disediakan. Namun, tak hanya untuk tugas kuliah saja, Canva juga bisa dimaksimalkan untuk membuat posting Instagram, bahkan brosur dan pamflet yang menarik.

    Tanpa perlu mumpuni mengoperasikan aplikasi-aplikasi desain grafis yang rumit, siapa saja kini bisa dengan mudah mempromosikan bisnisnya dengan bantuan Canva. Terlebih lagi, seperti yang sempat disinggung di awal, hasil desain Canva yang ‘aesthetically pleasing’ ini juga dapat dioptimalkan untuk menggaet pangsa pasar anak muda, lho!

     Canva termasuk salah satu aplikasi kreatif yang dimanfaatkan para pelaku usaha sebagai inovasi bisnis.

    • Notion

    Kerap dimanfaatkan untuk sekadar mencatat, penggunaan Notion memang kurang begitu banyak didengar dari sisi pelaku usaha. Pun demikian, bukan berarti aplikasi yang satu ini tidak bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis, ya!

    Sebaliknya, Notion dengan beragam fitur serta templat yang disediakannya sebenarnya bisa dipakai untuk membuat konsep inovasi bisnis yang benar-benar matang. Jika diulik secara mendalam, aplikasi yang satu ini tidak hanya berguna untuk membuat catatan-catatan semata, tetapi juga sebagai tempat brainstorming dengan konsep yang terstruktur.

    Salah satu kelebihan Notion adalah platformnya yang memungkinkan beberapa orang berkolaborasi di satu dokumen yang sama, kemudian hasilnya dapat diunduh agar lebih mudah dibagikan.

    Tidak perlu merasa takut atau merasa terbebani untuk selalu menghasilkan ide bisnis baru saat menggunakan Notion, ya! Jika memang belum ada inspirasi baru, Notion toh tetap dapat digunakan sesuai dengan fungsi awalnya: mencatat!

    Baca juga: Pemula Juga Bisa: Cara Membuat Iklan Sendiri di Media Sosial

    • Webflow

    Webflow, sesuai dengan namanya, digunakan untuk membantu memahami peta situs web, atau dengan bahasa yang sederhana mengetahui halaman apa yang terbuka jika kita mengeklik sesuatu di halaman sebelumnya.

    Melalui Webflow, kita bisa dengan mudah membayangkan atau melihat langsung bagaimana bentuk bangun situs web yang ingin kita buat. Tanpa perlu pengetahuan IT tingkat tinggi, kita pun bisa memiliki situs web sendiri dengan memanfaatkan sejumlah templat yang disediakan di platform Webflow. Mudah sekali, kan?

    Yap, benar sekali! Jelas Webflow bisa menjadi inovasi bisnis menarik bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya untuk merengkuh pasar digital. Dengan build yang disediakan oleh Webflow, setiap pelaku usaha dapat memiliki dan mengelola sendiri online shop miliknya.

    Baca juga: 5 Cara Gampang Bikin Toko Online, Pemula Pun Bisa!

    Memaksimalkan Inovasi Bisnis dengan Cara Kreatif

    Tak semua pelaku usaha beruntung menemukan peluang-peluang bisnis yang dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan keuntungan, karena toh peluang tersebut tak muncul sepanjang waktu. Meski demikian, bukan berarti pelaku usaha tidak boleh berkreasi untuk menciptakan peluangnya sendiri, kan?

    Bagaimanapun juga, setiap pelaku usaha jelas ingin bisnisnya terus maju dan berkembang, sehingga keuntungan yang bisa diperoleh juga lebih besar. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk kreatif memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada saat ini, dan mencari celah yang bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan bisnis.

    Media sosial, contohnya saja, awalnya dirancang sebagai aplikasi kreatif untuk bersosialisasi dengan satu atau banyak orang sekaligus tanpa harus mengkhawatirkan batasan jarak. Namun, karena peluangnya memang ada, banyak pula yang memanfaatkan media sosial untuk berbisnis. Bahkan sampai platform media sosial itu sendiri yang menyediakan fitur untuk berjualan, kan?

    Dengan kata lain, tak ada salahnya untuk mengoperasikan sebuah aplikasi di luar dari fungsinya semula. Bukan tidak mungkin kreativitas kita dalam memanfaatkan produk-produk teknologi ini justru berbuah manis dan menguntungkan bisnis!

    Ingin coba kreatif mengoperasikan aplikasi majoo? Langsung saja ulik semua fitur andalan dengan berlangganan layanan aplikasi majoo!

    Baca juga: 5 Competitive Advantage Bisnis Berkat Revolusi Informasi

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?
    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?