Bisnis online merupakan area yang sangat kompetitif. Ada ratusan, bahkan ribuan, bisnis serupa seperti usahamu yang menyasar target konsumen yang sama. Belum lagi, setumpuk pilihan e-commerce yang jumlahnya terus bertambah.
Memang demikian, digitalisasi telah membuat konsumen memiliki pilihan yang tidak terbatas. Bagi konsumen, beralih ke kompetitor bisnismu semudah mengeklik link. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa memenangkan persaingan bisnis ini?
Simak trik yang sudah kami siapkan khusus untuk para majoopreneur ini, yuk!
Ketahui Unique Selling Point-mu
Seperti yang sudah diketahui, unique selling point (USP) adalah hal yang membedakan bisnismu dari bisnis lainnya. Nilai unik ini mungkin terletak pada kualitas produk, harga yang bersahabat, customer service unggulan, atau peduli dengan kelestarian lingkungan.
Baca juga: Menjadi Customer Service yang Baik? Ini Tipsnya!
Singkat kata, USP merupakan daya saing bisnismu. Sesuatu yang kamu miliki, tetapi tidak dimiliki oleh kompetitor. Karena itu, mengetahui USP-mu ialah langkah awal bila kamu ingin memenangi persaingan bisnis.
Untuk mengetahui USP-mu, kamu bisa coba tanyakan beberapa hal ini:
- Mengapa konsumen harus membeli dari bisnismu, bukan dari brand lain?
- Apa hal berbeda yang kamu tawarkan?
- Apa hal yang dianggap penting oleh konsumenmu?
Begitu kamu menemukan USP-mu, tunjukkan poin tersebut di website, konten media sosial, dan lain-lain. Pastikan audiens melihat keunggulan penawaranmu.
Kenali Konsumen dan Berinteraksi dengan Mereka
Salah satu faktor krusial dalam memenangi kompetisi bisnis online ialah mengenali konsumen dengan baik, terutama terkait kebutuhan dan pain point mereka.
Maka dari itu, kamu perlu mengumpulkan sebanyak mungkin data konsumen, khususnya yang berkaitan dengan perilaku berbelanja mereka. Dengan demikian, kamu bisa memahami konsumen dengan lebih baik.
Tidak berhenti di sana, kamu juga perlu menciptakan interaksi dua arah antara brand atau bisnis dan konsumen atau audiens. Aktif di media sosial serta terlibat dan percakapan yang penting bagi target konsumen merupakan langkah penting.
Kamu tidak harus aktif di semua platform media sosial, kok. Fokus saja di platform yang banyak digunakan oleh target pasarmu.
Baca juga: Catat! Ini Pentingnya Menentukan Target Pasar Bagi Bisnis
Bentuk Niche untuk Bisnismu
Membentuk niche market di tengah marketplace yang sangat padat dan mengomunikasikan dengan jelas penawaranmu dapat membuat bisnismu terlihat menonjol daripada kompetitor.
Baca juga: Niche Market adalah Peluang Bisnis dan Pemasaran, Maksudnya?
Salah satu caranya, kamu bisa memperhatikan hal-hal detail seperti website domain. Sebagai contoh, kamu membuat website dengan domain www.bettergarden.com atau www.bettergarden.store.
Sepintas saja, audiens akan langsung menangkap bahwa kamu menjual perlengkapan berkebun. Lebih dari itu, cara ini membantu membangun kredibilitas serta membuat bisnismu fokus pada segmen pasar tertentu.
Terus Amati Pesaing
Jika kamu ingin terus menjadi yang terdepan di tengah persaingan bisnis, kamu perlu memahami dan menganalisis kelebihan serta kekurangan kompetitormu. Karena itu, mengamati pesaing secara aktif dan terus-menerus merupakan strategi penting.
Inilah beberapa hal tentang kompetitor yang selalu perlu kamu ketahui!
- Website dan iklan
- Kebijakan pengiriman pesanan
- Harga produk
- Rentang harga dibandingkan dengan kualitas produk
- Kehadirannya di media sosial
- Ulasan online dari konsumen
Lebih Agresif dalam Penerapan Strategi Digital Marketing
Untuk tampil menonjol. kamu perlu strategi pemasaran yang menyeluruh, mulai dari penerapan strategi untuk menjangkau konsumen baru hingga untuk upsell kepada para pelanggan.
Sehubungan dengan hal itu, kamu perlu memanfaatkan berbagai strategi digital marketing, serperti content marketing, Search Engine Optimization (SEO), media sosial, email marketing, bahkan bila perlu gunakan pula affiliate marketing.
Baca juga: Menjalankan Affiliate Marketing: Perhatikan Hal Ini!
Strategi pemasaran digital di atas tidak harus kamu jalankan sepanjang waktu. Kamu bisa mencoba semua strategi tersebut dan menganalisis strategi yang memberikan hasil optimal. Selanjutnya, kamu dapat fokus pada strategi digital marketing yang hasilnya maksimal bagi bisnismu.
Kombinasi strategi pemasaran digital tersebut akan menciptakan brand awareness, membangun basis pelanggan setia, dan pada akhirnya tentu meningkatkan keuntungan.
Kamu juga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran digital dengan menambahkan mobile marketing, seperti mengirimkan penawaran melalui SMS ketika calon konsumen berada dalam radius jarak tertentu dari geraimu.
Tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan mengelola strategi yang satu ini sebab kini sudah tersedia aplikasi Point of Sale (POS) yang dilengkapi dengan fitur kampanye digital, yaitu majoo. Mau tahu lebih jauh tentang fitur majoo? Cek selengkapnya di sini!