Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Ingin Memaksimalkan Layanan Food Order Online? Coba Trik Ini!
    solusi

    Ingin Memaksimalkan Layanan Food Order Online? Coba Trik Ini!

    Menerima food order secara online bisa meningkatkan keuntungan pebisnis kuliner.

    Berani membuka dan memulai sebuah usaha di bidang kuliner dan menerima food order secara online sekaligus dengan offline artinya menyadari bahwa kerepotan yang akan dihadapi menjadi dua kali lipat. 

    Namun, hal ini tentunya tidak bisa dihindari begitu saja. Bagaimanapun, order online adalah sebuah cara untuk meningkatkan angka penjualan dan keuntungan yang benar-benar sudah dirasakan manfaatnya oleh para pemilik bisnis kuliner. 

    Untuk memaksimalkan food order online tersebut sebenarnya ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba terapkan, lho

    Baca Juga: 14 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan Besar

    Maksimalkan Food Order Online dengan Tips ini!

    Berikan Pelayanan yang Terbaik

    Kalau kamu anggap bahwa menerima food order secara online itu artinya tidak bertemu atau bertatap muka langsung dengan konsumen lalu kamu mengabaikan pelayanan, hal itu salah dan benar-benar fatal.

    Saat menerima order online memang benar kamu tidak akan bertemu langsung konsumen, namun pelayanan yang kamu berikan akan tetap bisa mereka rasakan. 

    Kamu bisa memulainya dengan beberapa hal sederhana, seperti memberikan ucapan terima kasih atau membubuhkan nama konsumen di kemasan. Hal sederhana seperti itu ternyata justru mampu memberikan dampak yang luar biasa. 

    Konsumen pastinya akan merasa senang bahkan mereka bisa melakukan repeat order. Kamu juga bisa memberikan bonus dalam bentuk kupon. 

    Inovasi Menu

    Perkembangan teknologi di era digitalisasi memang menuntut para pebisnis untuk terus up to date mengikutinya, termasuk pebisnis di bidang kuliner. Kamu dituntut terus melakukan inovasi dan variasi menu. 

    Menu yang itu-itu saja, meskipun memiliki cita rasa yang nikmat, pada suatu waktu akan menjadi cukup membosankan bagi konsumen. Mereka tentu ingin ada tambahan menu atau inovasi baru pada menu yang selama ini sudah mereka kenal. 

    Tidak usah muluk-muluk melakukan hal ini, cukup hal sederhana yang bisa menimbulkan efek luar biasa. Misalnya, selama ini kamu berjualan ayam geprek dengan sambal bawang yang disukai oleh konsumen, tidak ada salahnya menambahkan varian sambal, seperti sambal mangga, sambal terasi, atau sambal tomat pada menu. 

    Dengan begitu, konsumen akan menemukan inovasi baru pada menu yang selama ini memang mereka sukai. Rasa penasaran mereka akan cita rasa varian sambal yang baru pun bisa membantu kamu meningkatkan angka penjualan. 

     Kemasan yang baik dan apik juga berpengaruh pada food order online.

    Gunakan Kemasan yang Sesuai Standar

    Pernahkah kamu melakukan food order secara online lalu mendapatkan minuman yang tinggal separuh airnya atau makanan yang kamu pesan menjadi berantakan dan menumpuk tidak karuan di dalam kemasan?

    Hmmm, kalau ini memang terjadi, jangan terburu-buru menyalahkan pihak kurir, ya! Bisa jadi memang kemasan yang digunakan oleh pemilik bisnisnya tidak sesuai standar yang mengakibatkan hal tersebut terjadi pada pesanan. 

    Lantaran itulah, kemasan yang digunakan untuk mengirimkan food order harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Pilihkan kemasan yang kedap udara atau kedap air, hal ini untuk mencegah makanan atau minuman menjadi tumpah terkontaminasi oleh virus. 

    Selain itu, kemasan yang baik dan rapi akan memudahkan konsumen untuk mengonsumsi pesanan mereka. Jangan lupa untuk memberikan tampilan desain kemasan yang menarik agar konsumen tertarik untuk melakukan repeat order.

    Baca Juga: Fungsi, Tujuan, dan Jenis Kemasan Produk yang Baik

    Persiapkan Karyawan dengan Baik

    Saat kamu mulai menerapkan order online pada bisnis kuliner milikmu, jangan abai untuk memperhatikan perilaku karyawan. Meskipun tidak melayani tatap muka, karyawan tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

    Sebelum memulai aktivitas, pastikan karyawan berada dalam keadaan sehat dan siap bekerja. Dengan mengandalkan pelayanan food order online, karyawan harus bisa fast response dalam menanggapi pesanan, membalas chat, atau menerima keluhan. 

    Sudah banyak kasus yang terjadi tentang sebuah bisnis kuliner yang mengalami kerugian karena konsumennya beralih ke kompetitor disebabkan oleh pelayanan yang kurang menyenangkan. 

    Baca Juga: Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis

    Integrasikan Bisnis Makanan ke Aplikasi Pemesanan Online

    Tanamkan dalam pikiranmu bahwa konsumen yang melakukan order online adalah mereka yang menginginkan segala hal yang berbau praktis dan efisien. Mulai dari proses food order yang mudah, toko online yang mudah diakses, proses pembayarannya yang tidak rumit, dan tentunya waktu pengiriman order yang singkat dan tidak bertele-tele. 

    Jika kamu bingung mengelola hal-hal tersebut, tidak tahu harus memulai dari mana, maka mengintegrasikan bisnis kuliner milikmu dengan aplikasi adalah sebuah solusi yang cukup tepat. 

    Hal tersebut akan memudahkan konsumen ketika tidak ingin melakukan pembayaran tunai. Bahkan, pelanggan tidak perlu bersusah payah untuk menelepon agar menghemat tarif pulsa. Cukup chat, order, dan menunggu pesanan makanan tiba.

    Di dunia internet, ada banyak pilihan aplikasi yang seperti ini. Bingung memilihnya? Pilihlah aplikasi yang bukan hanya memberikan fitur order online melainkan juga fitur tambahan lainnya yang penting bagi pengelolaan bisnis, seperti yang diberikan oleh majoo

    Dengan berlangganan majoo, bukan hanya layanan integrasi marketplace yang bisa kamu dapatkan, melainkan juga layanan pengelolaan karyawan, laporan keuangan, sampai dengan perhitungan stok dan inventory. Menarik kan? Ayo langganan majoo sekarang! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!
    5 Cara Mudah Dapatkan Modal untuk Pengembangan Bisnis
    Dibandingkan dengan pengajuan modal konvensional melalui bank, pendanaan online lebih unggul dari segi kepraktisan.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!