Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Membangun Bisnis dengan Lebih Fun, Apakah Perlu Passion?

    Merasa passionate terhadap bisnis yang kamu bangun akan membuatmu lebih bersemangat mengelolanya.

    Di mana-mana kita bisa dengan mudah menemukan orang yang merasa terjebak dalam melakukan pekerjaannya dan susah payah menyelesaikan hari mereka. Sebaliknya, seseorang yang membangun bisnis dan merasa passionate terhadap bisnis tersebut, kemungkinan besar ia akan bersemangat.

    Perjalanan membawa sebuah bisnis maju tak hanya sulit, tetapi juga crowded dengan pesaing. Karena itu, banyak pakar menyebutkan seorang pemilik bisnis perlu benar-benar peduli dengan apa yang dikerjakannya. 

    Jadi, mengapa passion penting dalam menjalankan sebuah bisnis? Yuk, cari tahu alasannya melalui paparan di bawah ini!

    Pentingnya Passion dalam Membangun Bisnis

    Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan: Love what you do and you’ll never work a day in your life. Ungkapan tersebut menggarisbawahi pentingnya passion dalam bekerja atau menjalankan bisnis.

    Akan tetapi, penafsiran atas ungkapan tersebut sangat mungkin keliru. Mencintai pekerjaan atau bisnismu tak berarti kamu akan bekerja lebih sedikit. Justru sebaliknya, secara alami kamu akan bersedia bekerja lebih banyak karena mencintai bisnismu.

    Perbedaan dengan orang lain yang sama-sama bekerja banyak dan tidak mencintai bisnis atau pekerjaannya ialah kamu bisa menghindari rasa monoton.

    Mungkin kamu bisa membayangkan hari tiba-tiba sudah larut saat kamu asyik menonton TV series kesayangan. Sering kali passion juga membuat pemilik usaha lupa waktu saat bekerja sebab bisnis yang ia jalankan terasa menyenangkan.

    Baca juga: Mau Lebih Fun Kelola Operasional Bisnis? Begini Caranya!

    Passion bisa membuatmu berusaha lebih unggul dan lebih resilien. 

    Bagaimana Passion Membantumu Memajukan Bisnis?

    Bukan rahasia lagi bahwa kompetisi bisnis kian hari kian ketat saja. Sedikit lengah saja berisiko membuat bisnismu tertinggal. 

    Nah, menjadi passionate dalam menjalankan bisnis bisa membuatmu unggul karena akan cenderung berupaya selalu selangkah lebih maju daripada para pesaing. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa efek dari passionate terhadap bisnis.

    Memiliki Dorongan Menjadi Unggul

    Menjadi passionate berarti kamu berkomitmen mendedikasikan lebih banyak waktu dan energi dibandingkan dengan kompetitor. Passion juga mendorongmu selalu belajar serta melakukan setiap hal lebih baik daripada para pesaing yang mungkin tak cukup passionate dengan bisnis mereka.

    Dengan kata lain, mencintai bisnis yang kamu bangun akan secara alami mendorongmu untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik di sektor industri tersebut.

    Menumbuhkan Resiliensi

    Telah disebutkan sebelumnya, kamu akan rela bekerja lebih banyak untuk membangun bisnis karena passionate. Namun, passionate terkait bisnis tak sekadar mengorbankan waktu lebih banyak.

    Ada banyak orang yang bersedia bekerja keras dan dalam waktu panjang, tetapi jika ia terburu-buru menyerah pada tantangan yang menghadangnya, kemungkinan bisnis untuk sukses pun kecil.

    Menariknya, peduli dan passionate terhadap bisnis yang kamu bangun akan menumbuhkan resiliensi. Di tengah situasi sulit, mungkin tak sedikit kompetitor bisnismu yang menyerah.

    Akan tetapi, passion akan memberi pemilik bisnis energi untuk bertahan lebih lama di tengah keadaan sulit.

    Mengelola Bisnis Jadi Lebih Menyenangkan

    Terakhir dan sangat penting, passionate akan pekerjaan atau bisnis yang kamu bangun membuatmu lebih senang dalam mengerjakannya. Kecintaan pada bisnis atau pekerjaan tersebut bisa menjadi sumber inspirasi dalam mengelola aktivitas harian bisnis.

    Selain itu, gairah tersebut juga bisa membangkitkan kreativitas di dalam dirimu. Dengan begitu, bisnis yang kamu bangun tak terasa seperti setumpuk kesulitan yang harus kamu pecahkan karena ada sensasi tertarik serta bersemangat dalam mengerjakannya.

    Kombinasikan Passion dengan Tools yang Tepat

    Kembali pada pertanyaan awal, apakah kamu perlu memiliki passion agar menjalankan bisnis lebih menyenangkan? Jawabannya, tentu saja. Meskipun perlu diingat, passionate terhadap pekerjaan tidak membuat pekerjaan tersebut jadi lebih mudah.

    Kalau kamu ingin pelaksanaan pengelolaan bisnis lebih mudah, gairah dan kecintaan terhadap pekerjaan perlu dikombinasikan dengan faktor-faktor teknis. Sebagai contoh, tim yang tepat sehingga dapat mendorong terciptanya suasana kerja yang produktif dan suportif.

    Baca juga: Pentingnya Lingkungan yang Fun dalam Menjalankan Bisnis

    Di samping itu, kamu juga perlu memastikan bisnismu menggunakan tools atau alat bantu yang dapat mempermudah operasional bisnis. 

    Sampai kapan pun, mengelola bisnis tetap akan menantang. Namun, kini kamu sudah bisa mengelola dan memantau bisnis secara lebih efektif berkat bantuan aplikasi POS yang lengkap.

    Di pasaran ada aplikasi POS majoo yang akan memudahkanmu mengelola aktivitas harian bisnis mulai dari transaksi penjualan hingga manajemen karyawan. Sudah membangun bisnis sesuai passion, operasionalnya pun lebih mudah berkat aplikasi POS lengkap. Sungguh sebuah impian, bukan?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?