Table of Content

    Menilik 3 Aplikasi e-Wallet Besar di Indonesia

    Aplikasi e-Wallet menawarkan kemudahan pembayaran bagi pelanggan

    Dengan maraknya seruan cashless society, aplikasi e-Wallet pun mulai menjadi andalan pelanggan untuk menyelesaikan setiap transaksinya. Penetrasi teknologi digital memang tak usah diragukan lagi. Jangkauannya tidak hanya sebatas kota-kota besar saja, tetapi merata hampir ke seluruh daerah. Penyedia layanannya juga beragam, mulai dari badan-badan usaha milik perorangan hingga bank pun rerata juga turut meluncurkan layanan dompet digital ini. Namun, di antara banyak layanan serupa, mari kita intip 3 e-Wallet yang paling banyak digunakan di Indonesia.

    1. Gopay

    Gopay merupakan layanan e-Wallet yang diluncurkan oleh Gojek, perusahaan transportasi berbasis daring, pada tahun 2016. Awalnya diluncurkan dalam ekosistem Gojek sendiri sebagai e-money untuk membayar jasa angkutan yang menjadi layanan primernya, di tahun 2017 Gojek melakukan ekspansi layanan Gopay hingga ke luar ekosistem Gojek. Alhasil, Gopay kini tak hanya dapat digunakan untuk membayar berbagai layanan yang ditawarkan oleh Gojek saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menyelesaikan transaksi di berbagai merchant yang menjadi mitranya.

    Luasnya cakupan Gopay serta kemudahan pembayaran yang ditawarkannya membuat Gopay menjadi layanan e-Wallet dengan tingkat pendapatan yang stabil. Di tahun 2019, 30% dari total transaksi uang elektronik di Indonesia diperkirakan dilakukan menggunakan Gopay.

    2. OVO

    Dimulai sejak tahun 2016 pula, OVO sempat mengalami penurunan pengguna di tahun 2018 hingga pertengahan 2019. Namun, di akhir tahun 2019, OVO muncul sebagai layanan dompet digital yang paling banyak digunakan kedua setelah Gopay di Indonesia. Kepopuleran OVO sebagai sebuah layanan uang elektronik sebagian disumbangkan oleh kepiawaiannya dalam menggandeng e-commerce unicorn di Indonesia seperti Tokopedia, selain sebagai metode pembayaran luring di sejumlah department store besar. Sama seperti Gopay, OVO juga menjadi metode pembayaran jasa transportasi berbasis luring, Grab. Kini, kamu bisa memilih untuk membayar dengan OVO di hampir seluruh merchant yang sudah menerapkan model pembayaran nontunai.

    3. Dana

    Dalam bisnis dompet digital, Dana bisa dibilang sebagai pemain baru. Penyedia layanan e-Wallet yang satu ini baru masuk ke kancah bisnis di tahun 2018, sedikit lebih lambat dibanding Gopay ataupun OVO. Meski demikian, strategi bisnis yang dilakukannya berhasil mengantarkan Dana menjadi aplikasi uang elektronik ketiga yang paling banyak digunakan di akhir tahun 2019. Tak berbeda dengan OVO, Dana juga menggandeng salah satu startup unicorn, yakni Bukalapak. Selain itu, Dana juga mudah ditemukan sebagai salah satu pilihan pembayaran di berbagai merchant yang ada di Indonesia.

     

    Dompet digital, sebuah terobosan kemudahan bertransaksi

    Menyediakan pilihan pembayaran dengan beragam aplikasi e-Wallet dapat membantu menjaga loyalitas pelanggan

    Tingginya penetrasi uang elektronik bukan tanpa sebab. Selain minat masyarakat yang cukup tinggi dalam mengikuti perkembangan teknologi, pada nyatanya melakukan transaksi dengan uang digital memang memberikan banyak kemudahan jika dibanding dengan transaksi konvensional. Diintegrasikan ke dalam bentuk aplikasi, uang elektronik tidak hanya membantu mereka yang enggan membawa uang tunai terlalu banyak saat bepergian, tetapi juga mencatat riwayat transaksi secara otomatis yang mudah dilacak. Dengan adanya kemudahan-kemudahan ini, tak heran jika banyak orang yang mulai beralih memilih aplikasi e-Wallet sebagai metode transaksinya.

    Bagi pelaku bisnis, menyediakan berbagai ragam layanan e-Wallet sebagai pilihan pembayaran pun menjadi sesuatu yang penting pula. Mengingat banyaknya orang yang sudah mulai beralih menuju cashless society, dengan menyediakan lebih dari satu pilihan pembayaran, pelaku bisnis juga dapat menjaga loyalitas pelanggan yang merasa mendapatkan kemudahan transaksi. Gunakan aplikasi majoo yang mampu melayani pembayaran melalui berbagai e-Wallet yang banyak digunakan dan tingkatkan level bisnismu!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
    Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.
    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater
    Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan, apakah metode ini juga menguntungkan pihak pebisnis?
    5 Strategi Pemasaran Online untuk Bulan Ramadan
    Bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online dan optimalkan omnichannel bila mau meningkatkan penjualan selama Ramadan. Bagaimana caranya?
    Kapan Waktu Terbaik Mengatur Stok Bahan Baku di Bulan Puasa?
    Meningkatnya harga stok bahan baku untuk proses produksi merupakan kepusingan baru yang harus dihadapi pelaku usaha di bulan puasa. Bagaimana mengakalinya?