Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Meniru Kisah Sukses Toko Store Menyiasati Situasi Pandemi

    Kisah Sukses Toko Store dimulai dari tahun 2014 di bidang apparel dan merchandising

    Kalau hanya dilihat dari namanya saja, Toko Store mungkin terdengar seperti sebuah brand yang aneh karena dapat diartikan menjadi Toko Toko dalam Bahasa Indonesia, atau Store Store dalam bahasa Inggris. Namun, bicara tentang kiprahnya di dunia bisnis, ada banyak sekali siasat yang bisa ditiru dari jenama yang satu ini dalam menyiasati situasi pandemi, lho!

    Kisah Sukses Menghadapi Pukulan Pandemi Covid-19

    Sebagai bisnis yang berfokus pada bidang apparel dan merchandising, gerai yang dimiliki oleh Andang Kelana ini merupakan salah satu sektor usaha yang cukup telak mendapatkan pukulan dari situasi pandemi Covid-19.

    Bagaimana tidak? Pandemi yang pertama kali muncul di akhir tahun 2019 lalu tersebut tidak hanya membawa masalah kesehatan saja, tetapi banyak aspek kehidupan yang lain. Upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran pandemi dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, misalnya saja, membuat orang tidak dapat dengan mudah mengunjungi gerai-gerai offline seperti biasa.

    Jelas, keadaan ini membuat Andang harus memutar otak lebih keras untuk memastikan bisnis yang telah dibangunnya sejak tahun 2014 tidak lantas gulung tikar dengan mudah. Terlebih, tahun 2019 juga menjadi tahun ketika Andang Kelana memutuskan untuk memindahkan gerainya ke Pejaten Huis di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

    Baca juga: Dampak Pandemi yang Positif bagi Bisnis Berkelanjutan

    Strategi Promosi dan Kolaborasi saat Pandemi

    Berawal dari platform visual jalanan, kisah sukses gerai milik Andang ini dimulai dengan menyediakan berbagai jenis pakaian seperti kaus, T-Shirt, long sleeves, celana pendek, buku, masker, hingga koleksi Hot Wheels. Tentu dengan ragam komoditas bisnis tersebut, efek dari pandemi akan terasa demikian besar, kan?

    Karenanya, Andang kemudian aktif melakukan berbagai macam promosi, acara, serta kolaborasi dengan pihak-pihak lain untuk memberikan nilai tambah bagi bisnisnya. Misalnya saja, kerja sama yang dijalinnya dengan komunitas street art serta komunitas sepeda membantu Andang untuk menjual beragam aksesori yang mungkin terasa aneh ditemukan dalam sebuah gerai yang menjual pakaian. Pun demikian, siasat ini dirasa tepat karena tidak hanya nilai tambah bagi bisnis saja yang dihasilkan, tetapi juga meluasnya pasar yang dapat ditargetkan.

    Selain itu, Andang pun mulai menjamah platform online untuk meningkatkan penjualan bisnisnya, sebuah strategi yang memang cukup menjanjikan di tengah situasi pandemi. Apa lagi, sih, kiat kisah sukses lainnya yang dilakukan Andang Kelana untuk menjaga bisnisnya tetap beroperasi?

    Baca juga: Tips Memanfaatkan Info Promo sebagai Benefit Anggota

    Kontrol dan Monitor Bisnis Sepanjang Waktu

    Salah satu langkah yang diambil oleh Andang Kelana untuk mempertahankan serta meningkatkan penjualan bisnisnya adalah berlangganan layanan yang disediakan oleh aplikasi majoo.

    Dengan aplikasi majoo, Andang masih tetap dapat mengontrol bisnisnya melalui laptop dan juga komputer tanpa perlu mendatangi tempat usaha yang dikelolanya secara langsung. Kapan pun dibutuhkan dan dari mana pun Andang berada, situasi tempat usaha dapat diikuti dengan mudah cukup dengan membuka dasbor majoo.

    Selain itu, Andang juga memanfaatkan layanan aplikasi kasir yang ditawarkan oleh majoo, tidak hanya untuk karyawan yang bertugas menangani meja kasir saja, tetapi juga untuk manajer. Dengan aplikasi majoo, hal ini memang mudah untuk dilakukan karena akses aplikasi kasir dapat dibedakan sesuai perannya, misalnya saja karyawan, manajer, maupun pemilik.

    Setiap data kasir yang ditampilkan untuk peran masing-masing pun berbeda. Oleh karena itu, Andang Kelana dapat memastikan bisnisnya dapat dikelola dengan baik oleh peran yang tepat. Menarik sekali, kan?

    Baca juga: Pentingnya Memantau Bisnis dan Tempat Usaha secara Langsung

    Platform Online dapat Menjadi Jawaban

    Menurut Andang, pelaku usaha sebaiknya tidak membatasi diri dan bisnisnya dengan tempat usaha fisik saja. Dengan banyaknya platform online yang bermunculan, semestinya setiap pelaku usaha dapat melakukan optimalisasi operasional bisnis sehingga angka penjualan pun dapat ditingkatkan.

    Karenanya, Andang pun berpesan pada setiap pelaku usaha untuk tidak berputus asa terhadap bisnisnya dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada, termasuk platform-platform online yang saat ini memang sudah mulai banyak digunakan.

    Tidak perlu takut, dengan berlangganan layanan aplikasi majoo, pengelolaan bisnis di platform-platform online sudah bukan lagi menjadi sesuatu yang merepotkan berkat integrasi sistem yang dimilikinya dengan berbagai marketplace. Selain itu, aplikasi majoo juga menyediakan beragam jenis laporan yang dapat membantu pemilik usaha menyusun strategi terbaik bagi bisnisnya, misalnya saja laporan penggunaan e-wallet dan juga mesin EDC.

    Tunggu apa lagi? Ayo tiru kisah sukses Andang Kelana bersama Toko Store dengan aplikasi majoo!

    Baca juga: Inventory Management yang Inovatif untuk Toko Online

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Warkop Naik Kelas Hagios: Tantangan Jadi Semangat untuk Maju
    Warkop Naik Kelas Hagios lahir dari upaya mengubah tantangan sebagai bahan bakar untuk maju. Mau tahu kisah sukses coffee shop ini? Yuk, baca di sini!
    Bagi Ngopisore, Manajemen Bisnis Lebih Mudah dengan majoo
    Aplikasi majoo membuat manajemen bisnis Ngopisore jadi lebih mudah, tapi tetap hemat.
    Majoo Bikin Laporan Bisnis Tikum Bike Jadi Praktis
    Cerita dari Tikum Bike, spesialis service dan penjualan sepeda Brompton. Setelah mengambil #langkahmajoo, laporan bisnis jadi lebih praktis.
    Enzo Pet Shop: Fitur majoo, Memudahkan Operasional Bisnis
    Enzo Petshop and Clinic adalah bisnis jasa kesehatan hewan yang operasional bisnisnya terbantu dengan menggunakan fitur majoo.