Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Raup Cuan Lewat Usaha Makanan Rumahan? Bisa!

    Rice box, salah satu peluang usaha kuliner potensial.

    Bisnis kuliner banyak diminati oleh para pebisnis sebab permintaan pasar untuk bisnis ini akan selalu ada. Tentu penentuan produk yang kira-kira akan diminati pasar menjadi pekerjaan rumah para pebisnis.

    Jika kamu tertarik menjalankan bisnis kuliner dan masih kesulitan memilih produk yang tepat, bisnis makanan rumahan bisa menjadi pertimbangan. Meskipun terlihat sederhana, makanan homemade hampir selalu diminati.

    Sebuah riset menunjukkan bahwa konsumsi makanan homemade cenderung membuat seseorang lebih bahagia. Mungkin alasan inilah yang membuat bisnis makanan homemade menjadi peluang usaha menjanjikan.

    Ide Peluang Usaha Makanan Rumahan

    Didukung oleh jasa layanan pesan antar yang makin berkembang, berbisnis makanan homemade pun jadi lebih mudah. Kamu bisa menjual makanan rumahan di gerai khusus bila modal usaha memadai. Namun, bila modalnya terbatas, kamu dapat memulai usaha ini benar-benar dari rumah.

    Baca juga: Bisnis Menguntungkan dengan Modal Usaha Kecil? Ini Contohnya!

    Beberapa ide makanan di bawah ini termasuk jenis sajian kuliner yang cukup diminati dan berpeluang mendatangkan cuan. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

    Rice box atau rice bowl

    Pada prinsipnya, aneka menu masakan rumahan bisa dijadikan menu rice box atau rice bowl. Ciri khas jenis makanan ini terletak pada pengemasan dan komponen utamanya, yaitu nasi.

    Jadi, kamu bisa memadukan nasi dengan aneka menu lalu mengemasnya dalam kotak kertas atau paper bag bila ingin menjual rice box. Sementara itu, kamu memerlukan kemasan mangkuk kertas serta tutup transparan untuk rice bowl.

    Karakternya yang praktis sesuai sekali bagi konsumen yang merupakan pekerja kantoran. Di tengah jam makan siang yang singkat, mereka bisa menikmati menu nasi yang tidak hanya lezat, tetapi juga ringkas. 

    Maka dari itu, produk yang satu ini bisa kamu pertimbangkan jika lokasimu dekat area perkantoran. 

    Katering Makanan Sehat

    Makanan sehat terbilang niche market sebab target pasarnya ialah orang-orang yang benar-benar berkomitmen untuk menerapkan pola hidup sehat.

    Nah, makin spesifik konsumen yang kamu targetkan, jumlahnya mungkin akan makin kecil, tetapi potensi konsumen menjadi pelanggan loyal jauh lebih besar. 

    Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Kenali Indikator dan Cara Membangunnya

    Dengan demikian, usaha makanan homemade yang satu ini layak sekali kamu pertimbangkan. Selain itu, usaha ini sebetulnya tidak membutuhkan gerai khusus, kamu dapat menjalankannya di rumah karena konsumen berlangganan katering dan makanan di antar ke tempat konsumen.

     Makanan rumahan yang berpotensi mendatangkan cuan, salah satunya sambal.

    Sambal Kemasan

    Produk makanan rumahan yang terkesan simpel, tetapi ternyata merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan ialah sambal.

    Di Indonesia, tidak terhitung orang yang sangat menggemari sambal. Akan tetapi, berapa banyak orang yang malas membuat dan mengulek sambal sendiri? 

    Apalagi di kota-kota besar yang masyarakatnya sangat sibuk, kehadiran sambal kemasan bisa menjadi solusi yang konsumen cari. Kamu bisa memproduksi aneka sambal, mulai dari sambal bawang, sambal terasi, hingga sambal kemiri.

    Untuk meningkatkan nilai jual sambal, kamu juga dapat membuat varian yang ditambah dengan cumi, udang, atau teri.

    Frozen Food Makanan Rumahan

    Gaya hidup masyarakat yang serba cepat dan ingin serba praktis juga menghadirkan peluang usaha lain, yaitu bisnis makanan homemade dalam bentuk frozen.

    Seperti yang sudah diketahui, masakan ala rumah selalu bikin kangen. Sayangnya, kesibukan sehari-hari kadang membuat sebagian besar orang tidak sempat memasak sendiri.

    Inilah kesempatanmu menyelesaikan persoalan tersebut melalui produk-produk frozen food yang tinggal dipanaskan. Menu-menu seperti ayam bumbu rempah, paru bacem, atau ikan bumbu kuning bisa menjadi andalan.

    Keripik atau Camilan Rumahan

    Keripik atau snack tradisional lain merupakan kudapan yang diminati banyak orang, baik karena rasanya yang nagih maupun efek nostalgia di baliknya. Nah, jangan lewatkan peluang ini! 

    Kamu bisa menawarkan camilan rumah dengan pendekatan yang lebih modern agar makin menarik. Sebagian dari kamu mungkin sudah familier dengan keberhasilan Maicih, siapa sangka brand keripik ternyata mempunyai potensi demikian besar?

    Baca juga: Reza Nurhaliman dan Kesuksesan Media Sosial Maicih

    Sekarang kamu sudah mengantongi berbagai ide bisnis makanan homemade yang berpotensi mendatangkan keuntungan. Apakah kamu sudah memutuskan ide mana yang akan segera kamu eksekusi?

    Jika kamu sudah mantap dengan ide bisnisnya, pastikan kamu juga menyiapkan alat bantu untuk mengelola operasional supaya berjalan mulus. Tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan memperoleh alat bantu tersebut sebab ada aplikasi majoo yang siap mendampingi bisnismu sampai maju!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Migrasi Bisnis Menjadi Usaha Online saat Ramadan? Why not?!
    Migrasi bisnis menjadi usaha online tergolong praktik baru yang mulai dilirik. Apa alasan untuk melakukannya, terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang?
    Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!
    Ada banyak ide hampers lebaran yang unik dan menarik untuk dicoba guna meningkatkan pendapatan bisnis. Tertarik memanfaatkan salah satu ide berikut?
    Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM
    Dengan situasi pandemi yang saat ini tengah dihadapi, menarget pasar digital menjadi salah satu tren bisnis baru yang sebaiknya tak dilewatkan oleh UMKM.
    Tren Bisnis yang Diprediksi Akan Mendominasi Pada 2022
    Perubahan dan tantangan global akan membentuk tren bisnis baru pada 2022. Jika kamu ingin usaha sukses, tentunya bisnis milikmu perlu beradaptasi.