Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Proses Mencari dan Menemukan Lokasi Bisnis itu Seru, Lho!

    Pemilihan lokasi bisnis yang tepat akan berpengaruh pada kesuksesan.

    Lokasi bisnis yang tepat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada kesuksesan bisnis yang dijalankan. Eits, ini bukan hoax! Sudah terbukti bahwa pemilihan lokasi yang strategis mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. 

    Sebaliknya, kalau kamu salah pilih lokasi bisnis, otomatis akan menghambat kinerja. Tidak hanya itu, kinerja bisnis yang terhambat artinya keuntungan yang terhambat pula. 

    Menurut Kotler (2009), place merupakan segala sesuatu yang menunjukkan berbagai kegiatan bisnis untuk membuat produk agar mudah diperoleh oleh pelanggan dan selalu tersedia bagi pelanggan. 

    Para pemilik bisnis biasanya selalu memiliki pertimbangan yang matang mengenai pemilihan lokasi sebelum membuka usahanya. Lantaran itulah, sebagian orang menganggap proses ini adalah hal yang terlalu serius, bikin tegang, jangan sampai melakukan kesalahan, dan lain-lain. 

    Anggapan itu tidak salah, namun sebenarnya proses mencari lokasi bisnis itu bisa lho kamu jadikan sebagai ajang belajar yang seru. Lho, kok belajar? Seru dari mananya? Kan bukan jalan-jalan? Bukan healing

    Baca Juga: Daftarkan Lokasi Bisnis di Maps Google, Tren atau Kebutuhan?

    Serunya Belajar tentang Demografi Konsumen

    Keseruan pertama yang bisa kamu dapatkan dari proses mencari lokasi bisnis adalah kamu bisa belajar lebih dalam tentang demografi konsumen. Kenapa? Karena menentukan lokasi yang strategis perlu diiringi pengetahuan demografi konsumen yang menjadi target pasar.

    Terdapat beberapa faktor penting dalam menentukan demografi konsumen meliputi gender, usia, dan tingkat pendapatan. Semakin kamu mengetahui target bisnis yang dituju, semakin baik pula kamu bisa menentukan lokasi yang strategis.

    Pengetahuan tentang demografi ini juga tidak berhenti sampai di tahap pemilihan lokas, lho. Demografi akan selalu berhubungan dengan layanan yang kamu berikan untuk konsumen, yang artinya perlu kamu terapkan selama bisnismu masih berdiri. 

    Serunya Belajar Strategi Bisnis

    Satu hal yang juga mutlak adalah pemilihan lokasi bisnis yang dekat dengan target pasar merupakan sebuah strategi yang juga dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk/jasa yang diinginkannya.

    Berbeda jenis perusahaannya, maka akan berbeda pula faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan lokasi. Contohnya, sebuah usaha kuliner selayaknya memilih lokasi bisnis yang berdekatan dengan pasar serta akses jalan yang mudah sehingga konsumen tidak kesulitan untuk menjangkau tempat tersebut. 

    Lokasi strategis bisnis kuliner tentunya berbeda dengan lokasi yang strategis bagi bisnis produksi obat-obatan, misalnya. Di sinilah, kamu akan mengerti pembelajaran mengenai salah satu strategi bisnis.

    Baca Juga: 3 Tips Memilih Lokasi Coffee Shop yang Perlu Kamu Ketahui

    Beda jenis bisnisnya, beda pula lokasi bisnis strategisnya.

    Serunya Belajar Mengenal Customer Relationship

    Pemilihan lokasi usaha yang tepat sasaran merupakan poin penting yang berhubungan langsung dengan konsumen. Masing-masing jenis usaha akan memiliki keterlibatan yang erat antara lingkungan masyarakat dengan jenis produk yang ditawarkan.

    Contohnya, kamu akan membuka sebuah usaha yang bergerak dalam bidang pertanian, yang melayani atau menyediakan kebutuhan pupuk atau bibit tanaman. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendekati konsumen dengan cara sosialisasi yang baik dan akrab untuk memperoleh informasi akurat mengenai segala keluhan dan kebutuhan mereka.

    Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menentukan produk atau jasa yang berpotensi laku di lokasi tersebut.

    Serunya Belajar Menghitung Biaya Sewa 

    Jika ternyata kamu memiliki budget untuk membangun sendiri tempat usaha di lokasi yang strategis, pastinya akan lebih mudah, menguntungkan dan menjadi value tersendiri karena bisa menjadi investasi. 

    Namun, bukan merupakan hal yang buruk juga bila ternyata budget yang kamu punya cukup untuk menyewa bangunan atau lahan saja. Perlu kamu pahami bahwa biasanya lokasi bisnis yang strategis akan dibanderol dengan harga sewa yang cukup tinggi oleh pemiliknya. Di sinilah nantinya kamu akan belajar untuk menghitung biaya sewa. 

    Perhitungan yang cermat harus kamu lakukan dengan mempertimbangkan banyak faktor lainnya, salah satunya apakah keuntungan setiap bulan akan mampu untuk memenuhi kebutuhan sewa lahan dan operasional bisnis atau tidak. 

    Serunya Belajar Memahami Kontrak Usaha/Bisnis

    Satu hal penting namun kadang masih dianggap remeh adalah perihal legalitas dan kontrak usaha. Sebaiknya kamu jangan pernah menganggap remeh masalah legalitas. Legalitas yang dimaksud bukan hanya terbatas pada izin usaha, melainkan harus meliputi segala aspek yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan termasuk legalitas dan kejelasan kontrak lokasi bisnis. .

    Kalau kamu mengabaikan poin ini, nantinya akan menjadi risiko besar yang bisa saja membawa dampak buruk bagi bisnismu di kemudian hari. Apalagi bila saat bisnismu sudah mulai menampakkan perkembangan, ternyata harus tersandung masalah legalitas perizinan lokasi bisnis, akan menjadi hal yang rumit nantinya.

    Setelah kamu memahami hal-hal yang berkaitan dengan legalitas lokasi bisnis, seperti sertifikat kepemilikan lahan, yakinlah ke depannya kamu akan lebih jago dalam menentukan pemilihan lokasi bisnis berikutnya. 

    Baca Juga: Contoh Surat Bisnis dan Fungsinya

    Nah, bagaimana? Ternyata yang namanya proses mencari lokasi bisnis itu bukan cuma urusan keliling ke sana-sini atau menghabiskan waktu memandangi Google Maps saja, kan? Ada banyak hal seru yang bisa kamu pelajari. 

    Ingat, lokasi bisnis itu penting adanya. Jadi, jangan asal pilih! Persiapkan dengan baik agar hasilnya baik juga. Selain itu, persiapkan juga bisnismu dengan berlangganan aplikasi majoo yang dilengkapi dengan beragam fitur unggulan untuk menyajikan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan. Berbisnis diiringi majoo itu seru dan menyenangkan, lho

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    4 Alasan Membagikan Data KTP Penting untuk Keamanan Akun majoo Kamu
    Majoo berkomitmen memberi pelayanan terbaik dan jaminan keamanan kepada setiap pengguna, dan memastikan kamu bisa mengelola bisnis dengan aman dan nyaman.
    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.