Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Gelar Promo Diskon 17 Agustus Tanpa Boncos? Bisa!

    Pastikan menggelar promo diskon tanpa rugi!

    Apa yang tebersit di pikiranmu saat mendengar kata 17 Agustus? Hari proklamasi kemerdekaan Indonesia? Lagu Indonesia Raya? Atau malah gebyar promo diskon di beberapa tempat belanja?

    Tidak ada yang salah. Kenapa? Karena semua hal tersebut memang lumrah terjadi di bulan Agustus. Tanpa kita sadari, perayaan Agustusan menjadi salah satu momen musiman yang dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk meningkatkan angka penjualan. 

    Untuk meningkatkan angka penjualan tentunya diperlukan cara untuk menarik minat konsumen terlebih dulu. Nah, salah satu cara kreatif dan efektif yang dapat digunakan untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan memberikan promosi potongan harga atau promo diskon

    Kenapa disebut efektif? Karena cara ini merupakan strategi yang ampuh untuk menarik pelanggan dengan menawarkan harga yang lebih rendah dari harga normal. 

    Namun, menggelar promo diskon pun tidak bisa dilakukan asal-asalan. Jika kamu terapkan tanpa strategi dan perhitungan yang tepat, promo tersebut malah bisa mendatangkan kerugian pada pedagang. Bukannya mendapat untung, eh malah boncos.

    Merayakan momen 17 Agustus dengan menggelar promo diskon boleh saja, asalkan kamu sudah merencanakannya dengan lebih matang. Diskon yang terencana dengan baik bukan hanya bisa menghindarkan pebisnis dari kerugian, tapi juga mampu memberikan keuntungan yang besar. 

    Baca Juga: Trik Memberikan Diskon untuk Menarik Minat Beli Pelanggan

    Pastikan Hal-hal Berikut Sebelum Gelar Promo Diskon!

    Jadi begini, sebelum kamu optimis untuk pasang promo diskon menjelang perayaan 17 Agustus, sebaiknya optimis dulu bahwa segala persiapannya sudah diperhitungkan dengan cermat. Tujuannya ya agar tidak sampai mengalami kerugian.

    Apa saja sih yang perlu diperhitungkan? 

    Promo Diskon itu Butuh Alasan

    Hah? Promo diskon butuh alasan? Iyalah. 

    Sebisa mungkin, kamu harus selalu menyertakan alasan saat memberikan promo diskon pada pelanggan. Alasan yang seperti apa? 

    Contoh, jika saat ini kamu sedang menjalankan online shop, jangan langsung tiba-tiba memberikan diskon pada para pelanggan yang baru berkunjung. Ingat, seringnya, pengunjung baru hanya datang untuk melihat-lihat, jadi coba tunggu mereka mengambil suatu tindakan tertentu dahulu.

    Misalnya, kamu bisa memberikan kode diskon bagi pelanggan yang ingin mengikuti akun online shop kamu di marketplace atau platform media sosial. Kalau mereka sudah terbukti follow, diskon bisa didapatkan.

    Promo diskon 17 Agustus adalah momen musiman.

    Buat Harga Paket atau Bundling

    Membuat harga paket atau bundling produk merupakan cara yang sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis. Biasanya, paket ini menawarkan dua atau lebih produk dengan harga jual lebih rendah dibanding dengan harga total semua produk yang dipaketkan tersebut. 

    Misalnya, kamu menjual dua kemeja warna merah yang harga masing-masingnya adalah Rp150 ribu menjadi Rp250 ribu (padahal harga total aslinya adalah Rp300 ribu). 

    Konon, cara ini cukup efektif untuk meningkatkan angka penjualan bisnismu karena akan lebih banyak produk yang terjual. Namun, pastikan dulu harga yang kamu pasang tidak lebih rendah dari harga produksi atau harga saat kamu membeli produk tersebut (harga kulak), ya! 

    Sesuaikan Produk yang Dijual dengan Momen 

    Kedengarannya simpel ya cara ini? Padahal tidak juga. Momen 17 Agustus biasanya identik dengan warna merah dan putih sesuai warna bendera Indonesia.

    Apa harus jualan bendera? Tentu saja tidak. Kamu hanya perlu menyesuaikan. Misalnya, kamu punya bisnis fashion, coba pilih beberapa produk yang mengandung unsur warna merah dan putih. 

    Pasangkan harga diskon untuk beberapa item tersebut sesuai dengan promo diskon yang akan kamu terapkan. Dengan begitu, produk yang kamu jual di momen promo akan lebih terarah dan fokus, untuk menghindarkan produk lain jadi tidak laku.

    Pembelian Minimal

    Strategi berikutnya untuk menghindari kerugian adalah dengan menetapkan jumlah minimal pembelian tertentu untuk mendapatkan diskon. 

    Misalnya, pasang promo diskon beli 1 gratis 1 atau beli 5 dapat diskon 50%, dsb. Cara ini juga cukup bagus untuk menarik pelanggan dan melariskan daganganmu karena akan lebih banyak produk yang dibeli konsumen. 

    Baca Juga: Berbagai Cara Menghitung Diskon yang Menarik Diterapkan!

    Maksimalkan Promo Diskon di Media Sosial 

    Strategi lain yang juga efektif adalah dengan memanfaatkan teknologi digital yaitu promosi di berbagai platform media sosial. Kamu bisa membuat pengumuman promo diskon di akun media sosial bisnismu, dengan syarat konsumen harus membagikan konten tersebut di akun media sosial mereka. 

    Dengan begitu, akun media sosial bisnismu akan banyak dilihat bahkan oleh para calon konsumen yang selama ini belum mengenal produkmu dan tidak mengikuti akun media sosial tersebut. 

    Cara ini akan memberi dua keuntungan sekaligus, yakni menarik perhatian pelanggan untuk membeli dan meningkatkan promosi akun media sosial bisnismu melalui para pelanggan.

    Baca Juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Menghabiskan Stok Barang

    Promo diskon 17 Agustus ternyata juga bisa digunakan sebagai media menghabiskan stok barang di gudang. Tidak dimungkiri bahwa memang tidak semua produk yang kamu jual akan bisa terjual dengan mudah sampai habis. Terkadang, produk tersebut berakhir menumpuk di rak atau gudang stok barang.

    Untuk membuatnya cepat laku dan habis, kamu bisa menggunakan strategi promo diskon ini agar pelanggan tertarik membelinya.

    Kamu bisa menata barang diskon tersebut pada bagian depan toko atau di depan pintu masuk untuk memudahkan pelanggan melihat dan membelinya. Selain menghasilkan uang, produk diskon tersebut juga bisa membantu kamu untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

    Baca Juga: Window Display Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

    Dari seluruh strategi mengenai promo diskon tadi, sebenarnya yang paling utama adalah kembali lagi ke strategi pemasaran yang tepat. Jika target pasar bisnismu sudah sesuai, umumnya promo apa pun yang kamu gelar akan menarik minat lebih dari para konsumen. 

    Agar tidak bingung mengenai promo terbaik untuk bisnismu, kamu bisa coba memanfaatkan fitur aplikasi CRM dari majoo yang akan membantu mendatangkan kembali para pelanggan maupun mempromosikan produk baru yang ada di bisnismu. Masa sih enggak tertarik untuk coba pakai majoo? 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!