Mengenalkan Promo Membership sebagai Promo Lebaran? Yuk!

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Promo membership bisa jadi alternatif untuk menjaga tali silaturahmi sekaligus kepuasan pelanggan.

Sejak beberapa waktu terakhir, promo membership memang bisa jadi alternatif andalan untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, tetapi tujuannya tetap sama, memastikan pelanggan setia merasa puas dan diperhatikan ketika berbelanja, sehingga tak mudah untuk berpindah melirik bisnis serupa yang ditawarkan oleh kompetitor.

Pun demikian, sebenarnya masih banyak juga pelaku usaha yang masih belum menerapkan cara ini untuk menjaga tingkat retensi pelangganya, lho! Sayang sekali, kan? Nah, karena kebetulan sebentar lagi ada momen lebaran, akan menarik sekali, lho, jika para pelaku usaha yang belum mulai menerapkan sistem keanggotaan mulai memperkenalkan sistem ini kepada pelanggan.

Tertarik untuk mencobanya juga? Langsung saja simak beberapa inspirasi berikut!

Baca juga: Mau Mudik Lebaran? Inilah Tips Pantau Bisnis Kecil dari Jauh!

Menghadirkan Promo Lebaran dalam Sistem Keanggotaan

Dengan datangnya hari idulfitri di akhir bulan Ramadan, yang sekaligus menandai dimulainya bulan Syawal, sudah sangat umum sekali bagi para pelaku usaha untuk meluncurkan berbagai ragam promo lebaran untuk menarik perhatian pelanggan.

Mulai dari memberikan potongan harga istimewa, meluncurkan bundle produk hampers, hingga menawarkan program undian THR lebaran, ada banyak sekali yang bisa dilakukan.

Agar promo-promo tersebut memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, penerapan sistem keanggotaan untuk pelanggan-pelanggan setia sebenarnya bisa dijadikan pendorong, lho! Namun, sebenarnya apa, sih, keuntungan yang ditawarkan oleh program-program semacam ini?

Daripada bingung, langsung saja kita simak satu per satu, yuk, siapa tahu di antara beberapa benefit ini ada inspirasi yang bisa diterapkan di bisnismu juga. Let’s go!

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Disiapkan Bisnis Ritel saat Idulfitri

  • Memastikan Pelanggan Selalu Mendapatkan Update

Sudah ada banyak promo yang dilakukan, tetapi pelanggan yang melakukan pembelian dan memanfaatkan promo-promo tersebut tidak kunjung bertambah? Hmm, bisa jadi bukan promonya yang kurang tepat, tetapi justru pelanggannya yang memang kurang ter-update sehingga tidak mengetahui keberadaan promo-promo tersebut.

Tenang, masalah ini bisa dihindari apabila kita memberlakukan sistem keanggotaan dalam bisnis yang kita jalankan, lho! Pasalnya, dengan adanya sistem keanggotaan, mudah bagi pelaku usaha untuk menyampaikan informasi terbaru terkait bisnisnya secara spesifik untuk pelanggan yang tergabung sebagai anggota.

Dengan SMS blast atau WhatsApp blast, misalnya saja, pelaku usaha dapat memberi tahu pelanggan setia promo apa saja yang tengah berjalan dan bisa mereka nikmati. Bahkan, pengumuman semacam ini juga bisa dilengkapi dengan syarat dan ketentuan untuk promo-promo yang mungkin lebih kompleks.

Nah, dengan memastikan pelanggan setia kita mengetahui informasi terbaru ini, harapannya tentu saja akan lebih banyak pelanggan yang tertarik untuk mencoba penawaran yang diberikan, kan? Dengan demikian, tujuan peluncuran program promo untuk mendorong angka penjualan pun bisa lebih mudah pula untuk dicapai.

Selain untuk kebutuhan promo, sistem keanggotaan juga dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi lainnya. Kapan operasional bisnis diliburkan selama periode lebaran, contohnya saja.

 Ada banyak sekali promo membership yang bisa dijadikan sebagai promo lebaran.

  • Memberikan Bingkisan Lebaran untuk Pelanggan VIP

Di musim lebaran, berkirim bingkisan atau hampers merupakan praktik yang sudah sangat umum sekali. Biasanya, bingkisan ini dimaksudkan untuk berterima kasih sekaligus menjaga tali silaturahmi.

Nah, bagaimana jika bisnis juga diterapkan dengan budaya ini? Misalnya saja dengan mengirimkan bingkisan kepada pelanggan yang dianggap penting sebagai rasa terima kasih atas kontribusinya terhadap pengembangan bisnis.

Program ini bisa dengan mudah dilakukan melalui sistem keanggotaan. Sederhana saja, untuk menjadi anggota, umumnya pelanggan akan mencatatkan informasi pribadinya seperti alamat atau penunjuk identitas lain. Di samping itu, sistem keanggotaan juga bisa digunakan untuk melacak berapa banyak pembelian yang dilakukan oleh seorang pelanggan.

Dengan sistem yang demikian, tidak sulit untuk menentukan skala prioritas yang dimiliki oleh pelanggan. Mereka yang lebih banyak melakukan pembelian tentu bisa lebih diprioritaskan untuk mendapatkan bingkisan lebaran, kan? Ke mana bingkisan tersebut akan dikirimkan juga tak akan menjadi masalah apabila kita bisa mencatat di mana pelanggan tersebut tinggal.

Cara ini jelas dapat membuat pelanggan merasa lebih puas dan diperhatikan, kan?

Baca juga: Jangan Bingung Atur Jam Operasional Bisnis di Bulan Puasa!

  • Promo Benefit Pelanggan Baru

Salah satu promo lebaran yang menarik dilakukan dengan sistem keanggotaan adalah dengan meluncurkan program promo bagi pelanggan setia untuk mengajak pelanggan baru agar masuk ke dalam sistem keanggotaan juga.

Sistem ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru dan mungkin sudah sering pula dijalankan oleh banyak pelaku usaha lainnya. Namun, tak ada salahnya, kan, memanfaatkan momen lebaran untuk memastikan jenis promo ini bisa lebih berhasil lagi dalam menjaring pelanggan setia?

Mudah saja, kok, kita cukup memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan setia dan juga pelanggan baru yang dibawa oleh pelanggan setia tersebut. Bagaimanapun juga, momen lebaran, kan, memang sering dimanfaatkan sebagai ajang untuk bersilaturahmi. Nah, menarik pula, kan, apabila kita menjadikan bisnis kita sebagai media untuk bersilaturahmi tersebut?

Dalam bisnis apa pun, memperhatikan momen merupakan salah satu kunci keberhasilan. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan momen yang hanya datang setahun sekali ini untuk memperkenalkan promo membership yang dapat membantu kita menjaga tingkat kepuasan pelanggan. Agar lebih mudah, gunakan aplikasi majoo dengan fitur keanggotaannya yang andal dalam memperhatikan pelanggan.

Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

Baca juga: Cari Strategi Pemasaran di Ramadan? Kampanye Sedekah Saja!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo