Strategi Jitu: Bisnis Tidak Drop dan #LebihMaju Pasca Lebaran

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail




Selama ini mungkin kamu mengetahui bahwa momen Ramadan dan menjelang Lebaran adalah waktu yang tepat untuk menggenjot penjualan. Namun, kamu tahu tidak bahwa momen pasca Lebaran ternyata adalah waktu yang sangat krusial karena bisa berpengaruh pada keberlangsungan bisnis? Itulah sebabnya, diperlukan strategi jitu yang harus kamu tetapkan sejak awal.


Momen pasca Lebaran ternyata sering dijalani dengan penuh kekacauan oleh para pebisnis. Diskon yang digeber gila-gilaan di bulan Ramadan, kontrol stok barang yang kurang baik, dan beberapa hal lainnya saling terkait dan berpengaruh. Pada akhirnya, bisnis menjadi tidak lancar dan bisa menyebabkan kolaps.


Baca juga: Cara Praktis Gelar Diskon Ramadan Anti Rugi

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bisnis Drop Pasca Lebaran

Ada beberapa faktor yang menyebabkan banyak bisnis mengalami penurunan atau drop pasca Lebaran, di antaranya:

Penurunan Daya Beli Konsumen

Setelah Lebaran, banyak konsumen yang mengalami penurunan daya beli karena telah menghabiskan uang untuk membeli kebutuhan selama Lebaran seperti makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya.

Penurunan Minat Konsumen

Minat konsumen untuk berbelanja pun ternyata bisa menurun, karena keinginan untuk menghemat uang setelah pengeluaran selama Lebaran.

Persaingan Bisnis yang Ketat

Menjelang Lebaran, biasanya banyak bisnis yang melakukan promo dan diskon besar-besaran untuk menarik minat konsumen. Setelah Lebaran, persaingan akan menjadi semakin ketat karena banyak bisnis yang tetap menawarkan diskon dan promo yang sama.

Stok Barang yang Berlebihan

Banyak bisnis yang membeli dan menambah stok barang mereka dalam jumlah besar menjelang Lebaran, namun ternyata setelah Lebaran permintaan bisa saja menurun, sehingga stok barang yang berlebihan menjadi masalah.


Baca juga: Tips Agar Tidak Kehabisan Stok Barang Jelang Lebaran

Kurangnya Persiapan

Beberapa bisnis mungkin tidak melakukan persiapan yang cukup sebelum dan setelah Lebaran, sehingga sulit untuk bersaing dengan bisnis lain yang melakukan persiapan dengan lebih baik. 


Dengan mengenali faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan bisnis setelah Lebaran, kamu sebagai pebisnis dapat mengambil strategi jitu untuk meminimalkan dampak yang terjadi  dan mengetahui cara mempertahankan bisnis yang paling tepat untuk dijalankan. 


Strategi Jitu sebagai Cara Mempertahankan Bisnis agar Tidak Drop 

Berikut beberapa tips cara mempertahankan bisnis agar tidak drop dan membuatnya #LebihMaju pasca momen Lebaran:

Buatlah Perencanaan yang Baik

Sebelum memasuki momen Lebaran, pastikan untuk merencanakan strategi bisnis yang baik untuk mengantisipasi penurunan penjualan selama libur. Kamu bisa mengadakan promo atau diskon khusus untuk menarik minat pelanggan.

Tahan Pengeluaran yang Tidak Diperlukan

Setelah momen Lebaran, pastikan untuk menahan pengeluaran yang tidak diperlukan, seperti membeli persediaan yang berlebihan atau memperbarui peralatan kantor yang tidak perlu. Pastikan kamu paham mana yang harus lebih diprioritaskan dalam keuangan bisnis.

Analisis Ulang Data Penjualan

Ada baiknya kamu melakukan analisis ulang terhadap data penjualan setelah Lebaran untuk mengetahui produk atau layanan yang paling diminati oleh pelanggan dan fokus pada produk atau layanan tersebut.

Berikan Nilai tambah pada Produk atau Layanan

Selain menawarkan diskon atau promo, strategi jitu lain yang bisa kamu coba adalah dengan memberikan atau menambahkan nilai tambah pada produk atau layanan yang kamu tawarkan, seperti memberikan layanan purna jual yang baik atau menawarkan produk yang unik dan berkualitas tinggi.

Tingkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Usahakan untuk selalu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada pelanggan. Jangan ragu untuk memperbaiki kualitas layanan pelanggan jika memang dirasa ada yang kurang baik.

Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis dan berinteraksi dengan pelanggan merupakan cara mempertahankan bisnis yang tidak akan pernah salah d dalam era digitalisasi seperti saat ini. Dengan menggunakan media sosial, kamu juga bisa memperluas jangkauan bisnis. 

Tambahkan Produk atau Layanan Baru

Jika memang memadai dan sesuai dengan budget yang ada, tidak ada salahnya untuk mencoba menambahkan produk atau layanan baru yang dapat menarik minat pelanggan dan meningkatkan penjualan.


Baca juga: Stok Barang Aman di High Season: Kelola dengan Cerdas!


Dengan menerapkan beberapa strategi jitu di atas, kamu dapat mempertahankan bisnis dan membuatnya lebih maju pasca momen Lebaran. Dalam menghadapi tantangan pasca Lebaran, sebagai pebisnis kamu perlu untuk terus beradaptasi dengan kondisi pasar yang dinamis dan mengambil langkah-langkah strategis untuk mempertahankan bisnis agar tidak drop dan bahkan #LebihMaju.


Bisnis juga harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar untuk tetap relevan dan bersaing di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Dengan mengambil langkah-langkah strategi jitu yang tepat, kamu dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan performanya setelah Lebaran.


Jangan lupa juga untuk terus menggunakan majoo sebagai mitra pengelola bisnismu. Dengan begitu, tidak ada lagi yang namanya mengelola dan mengatur operasional secara manual dan konvensional yang memakan waktu dan energi. Pastikan bisnismu tetap menggunakan majoo, ya!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo