Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Inilah Tantangan Bisnis yang Mungkin Kamu Hadapi pada 2023!

    Bisnis akan selalu berhadapan dengan tantangan, baik internal maupun eksternal.

    Menjalankan usaha kecil tidaklah mudah. Setiap tahun, bisnis mungkin akan menghadapi tantangan berbeda. Kali ini, kita akan membahas tantangan bisnis yang mungkin kamu hadapi pada 2023. 

    Tak hanya, menyiapkan bahasan tentang tantangan yang berpotensi dihadapi bisnis, kita juga akan mengulas alternatif solusinya. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya!

    Menentukan Visi

    Kadang, pemilik bisnis kecil sibuk menyelesaikan dan mengelola aktivitas harian bisnis sehingga lupa untuk memikirkan rencana jangka panjang. Padahal, tanpa visi jangka panjang, sebuah bisnis sering kali tidak memiliki panduan tentang cara menjalankan operasional bisnis harian.

    Cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi situasi ini ialah mendelegasikan pekerjaan. Delegasi pekerjaan dapat dilakukan kepada tim bisnis atau memanfaatkan teknologi sehingga ada automasi dalam pengerjaan aktivitas bisnis.

    Dengan begitu, sebagai pemilik, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan arah atau visi bisnis ke depannya.

    Merekrut Top Talent

    Akhir tahun kerap dijadikan momen oleh karyawan untuk melanjutkan atau keluar dari pekerjaannya. Karena itu, awal tahun bisa menjadi saat krusial bagi beberapa bisnis sebab harus menemukan tim baru yang terampil dan memenuhi kebutuhan bisnis.

    Tidak sedikit bisnis kecil yang berhadapan dengan kegagalan karena tim yang kurang berkualitas. Sayangnya, merekrut top talent menjadi tantangan tersendiri untuk bisnis kecil brand yang belum terlalu populer dan kemampuan membayar gaji yang masih sangat terbatas.

    Namun tenang saja, kamu masih memiliki kesempatan bekerja sama dengan karyawan yang mempunyai kapabilitas optimal jika bisa menunjukkan bisnismu menawarkan lingkungan kerja yang baik dan menyenangkan. Tak lupa, kamu juga perlu memahami esensi dari rekrutmen sebelum melakukannya.

    Baca juga: Proses Rekrutmen untuk Menjaring Calon Karyawan Potensial?!

    Mengenali potensi tantangan akan memudahkanmu menavigasi arah bisnis dan memperbesar peluang bagi bisnismu untuk bertahan.

    Cara Memanfaatkan Data

    Dengan ragam teknologi yang ada saat ini, bisnis dihadapkan dengan banyak sekali data. Di samping kemudahan yang ditawarkan, data yang melimpah juga menjadi tantangan bisnis tersendiri.

    Pasalnya, tidak semua bisnis kecil memahami cara membaca atau memanfaatkan data-data tersebut secara optimal. 

    Untuk menghadapi tantangan ini, bisnis perlu memiliki sistem untuk mengatur dan menganalisis semua data yang tersedia. Dengan demikian, kamu jadi paham cara memanfaatkan atau mengaplikasikannya di dalam strategi bisnis. 

    Kamu bisa mulai dengan menganalisis data online terkait bisnismu menggunakan software analisis.

    Baca juga: Belajar Analisis Data dari Aplikasi Digital ala Garis Tepi

    Menjaga Reputasi atau Citra Bisnis

    Di tengah makin mudahnya penyebaran informasi, salah satu tantangan yang dihadapi bisnis ialah menjaga citra baik di mata publik atau konsumen. Era media sosial membuat kesalahan sedikit saja bisa memberikan konsekuensi signifikan terhadap reputasi bisnis

    Maka dari itu, seluruh kegiatan dan interaksi perlu dipantau untuk memastikan tak ada hal yang mengancam citra bisnis. Untuk bisa menghadapi tantangan yang satu ini, kamu perlu mempelajari manajemen relasi konsumen.

    Manajemen Keuangan

    Pengelolaan keuangan merupakan salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh usaha kecil. Pasalnya, kebanyakan pebisnis kecil sangat ahli soal produk atau jasanya, tetapi tidak demikian saat berhadapan dengan urusan finansial bisnis.

    Hal tersebut sebetulnya tidak aneh sama sekali sebab tidak semua orang bisa menjadi ahli dalam perhitungan margin profit atau pengelolaan cash flow. Kemampuan mengelola keuangan memang merupakan keterampilan tersendiri yang perlu dipelajari secara khusus.

    Meskipun tergolong tantangan yang tidak sederhana, pengelolaan keuangan tetap bisa diselesaikan oleh bisnis kecil sekalipun. Jika kamu belum bisa merekrut akuntan, kamu dapat mengelola keuangan bisnis dengan memanfaatkan software keuangan atau aplikasi point of sale (POS) yang dilengkapi fitur laporan keuangan.

    Baca juga: Cara Memilih Aplikasi POS Terbaik untuk Usaha Kecil

    Seperti yang sudah diketahui, aplikasi POS banyak digunakan untuk mengelola transaksi. Tak sedikit pemilik usaha yang menganggap aplikasi ini sebatas kasir online.

    Padahal, jika kamu memilih aplikasi POS yang lengkap seperti majoo, fitur yang ditawarkan lebih dari sekadar kasir. Salah satunya seperti yang disebutkan di atas, tersedia fitur laporan keuangan.

    Jadi, kamu yang masih awam atau kesulitan dalam pengelolaan keuangan bisnis bisa terbantu dengan fitur tersebut. Kalau kamu mau mempelajari fitur laporan keuangan lebih lanjut, silakan klik tautan ini.

    Bagi kamu yang bisnisnya belum menggunakan aplikasi POS dan tertarik mencoba, langsung meluncur ke laman ini, ya!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Adopsi Strategi Omnichannel untuk Pertumbuhan Bisnis Kuliner
    Strategi omnichannel bisa diadopsi dan diterapkan dalam bisnis kuliner. Ini untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis itu sendiri.
    Tampilan Baru Dashboard majoo, Kelola Bisnis Lebih Mudah
    Pembaruan tampilan aplikasi kasir wirausaha majoo yang membuatnya makin terlihat menarik dan mudah digunakan. Sudah lengkap, praktis pula!
    Migrasi Bisnis Menjadi Usaha Online saat Ramadan? Why not?!
    Migrasi bisnis menjadi usaha online tergolong praktik baru yang mulai dilirik. Apa alasan untuk melakukannya, terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang?
    Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!
    Ada banyak ide hampers lebaran yang unik dan menarik untuk dicoba guna meningkatkan pendapatan bisnis. Tertarik memanfaatkan salah satu ide berikut?