• majoo blog
  • Tips
  • Tips Bisnis yang Efektif untuk Membuka Cabang Bisnis Baru

Tips Bisnis yang Efektif untuk Membuka Cabang Bisnis Baru


Ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru membutuhkan tips bisnis yang tepat.


Ketika bisnis yang kamu jalani memperoleh kesuksesan, kamu sebagai pengusaha pasti ingin ekspansi bisnis menjadi lebih luas lagi. Salah satu caranya dengan membuka cabang bisnis baru. Satu bulan lagi sudah pergantian tahun, apakah kamu ingin melakukan ekspansi bisnis? 


Kamu pastinya sudah mengetahui, membuka cabang bisnis baru tidaklah semudah yang dibayangkan. Agar pembukaan cabang bisnismu berjalan dengan lancar, kamu mungkin akan memerlukan tips bisnis untuk membantumu menyusun strategi yang tepat.


Ada dua alasan para pengusaha membuka cabang bisnis baru. Alasan yang pertama adalah meningkatnya jumlah konsumen yang menyebabkan menumpuknya permintaan di satu cabang. Maka dari itu, salah satu solusinya perlu membuka cabang bisnis baru untuk memecah penumpukan tersebut dan mampu menjangkau lebih banyak konsumen.


Untuk alasan yang kedua adalah untuk meningkatkan omzet penjualan. Cara ini bisa kamu lakukan bila bisnis yang kamu jalani mendapatkan respons yang baik dan ingin membuka cabang bisnis baru dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih. 


Baca Juga: Faktor yang Perlu Kamu Pertimbangkan Saat Akan Ekspansi


Untuk kamu yang ingin melakukan ekspansi bisnis, Berikut ini 10 tips bisnis dalam membuka cabang baru yang akan bermanfaat untuk kemajuan bisnismu.

1. Membuat rencana bisnis

Segala hal tentunya membutuhkan rencana yang matang dan bisnis pun juga begitu. Kamu dapat merencanakan keuangan dan mendiversifikasikan bisnismu untuk ke depannya. Misalkan saja cabang bisnismu yang utama tidak bisa berjalan dengan lancar, kamu harus memikirkan kemungkinan apa saja yang akan terjadi dalam bisnis yang kamu jalani.


Baca Juga: Mengenal Business Plan dan Manfaat Urgensinya

2. Bisnis utama berjalan stabil

Sebaiknya kamu memikirkan matang-matang sebelum membuka cabang bisnis baru. Banyak pebisnis yang sukses karena fokus mengelola satu cabang usahanya saja.


Jika kamu sudah yakin akan membuka cabang bisnis baru, maka tips bisnis yang perlu kamu lakukan adalah memastikan terlebih dahulu bisnis utamamu berjalan dengan lancar dan stabil. Tolok ukur kelancaran suatu bisnis bukan hanya bisa berjalan dengan baik, namun bisnis tersebut bisa berjalan dengan stabil.


Jika bisnis utama sudah lancar dan stabil, kamu dapat fokus ke pembukaan cabang bisnis yang lain dan bisnis utamamu bisa terus berjalan walaupun tanpa kamu pantau setiap harinya.


Salah satu tujuan ekspansi bisnis untuk memperoleh keuntungan.

3. Menyiapkan modal

Tips bisnis membuka cabang baru selanjutnya adalah menyiapkan modal. Membuka cabang bisnis baru bisa dikatakan hampir sama seperti membuka bisnis untuk pertama kalinya.


Modal yang kamu siapkan ini untuk keperluan sewa tempat, inventaris, promosi, menggaji karyawan dan lain-lain.


Pastikanlah  sumber modal yang akan kamu pakai untuk ekspansi bisnis. Apakah berasal dari dana sendiri, pinjaman, atau investor? Jangan sampai pembukaan cabang baru mengganggu bisnis utama.


Baca Juga: 5 Modal Bisnis Penting untuk Memulai Usaha

4. Melakukan riset pasar

Melakukan riset pasar sangat diperlukan agar modal yang kamu keluarkan tidak sia-sia dan kamu memperoleh keuntungan dari pembukaan cabang bisnismu yang baru.


Riset pasar ini bisa mencakup lokasi, akses yang mudah dijangkau konsumen, dan target pasar yang sesuai. Ketiga hal ini tentunya saling berhubungan satu sama lain. Maka sebaiknya kamu memilih lokasi yang mempunyai prospek yang bagus untuk bisnismu di masa depan.


Baca Juga: Riset Pasar Secara Online: Cara Mudah Tahu Selera Konsumen

5. Melihat pesaing dan melakukan strategi yang tepat

Sebaiknya kamu melihat kompetitor di sekitar lokasi cabang bisnis baru, sehingga kamu mengetahui siapa saja pesaing bisnismu di sekitar sana dan apakah berpengaruh ke penjualan produk atau jasa bisnis yang kamu akan kamu jalani. 

6. Menyiapkan SDM yang kompeten

Membuka cabang bisnis baru, berarti kamu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) baru yang tentunya dapat mendukung bisnis yang kamu jalani.


Kamu juga dapat mempercayakan SDM cabang bisnis  baru kepada karyawan yang ada di bisnis utama. Cara ini dapat kamu lakukan agar kamu tidak perlu repot mengajarkan mengenai bisnismu kepada orang baru. Para karyawan yang sudah bekerja di bisnis utamamu juga lebih bisa dipercaya dibandingkan dengan karyawan yang baru.


Bila kamu ingin merekrut SDM baru, sebaiknya kamu membuka perekrutan dan pelatihan karyawan, supaya  kegiatan operasional di cabang bisnis baru dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure).

7. Perhatikan tentang sumber bahan baku bisnismu

Keuntungan bisnismu juga akan dipengaruhi oleh pasokan bahan baku. Kemungkinan kenaikan harga bahan baku bisa saja terjadi. 

 

Sebaiknya carilah distributor bahan baku yang dekat dengan bisnis barumu. Hal ini untuk mempermudah distribusi dan menekan cost. Kamu juga bisa kalkulasikan ulang harga produk yang akan dijual di cabang bisnis barumu, sehingga kamu bisa menemukan harga yang pas jika terdapat kemungkinan terburuk harga bahan baku naik.

8. Melakukan strategi promosi yang tepat

Tips bisnis jitu dalam membuka bisnis baru lainnya adalah menerapkan strategi marketing yang tepat supaya bisnismu tidak tertinggal dengan bisnis orang lain.


Misalnya saja kamu bisa menawarkan promo Buy 1 Get 1 dalam jangka waktu tertentu, ketika grand opening berlangsung.


Cara ini bisa dikatakan cukup potensial untuk menarik banyak pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual. Hal ini karena cabang bisnis baru harus menjadi pusat perhatian masyarakat di sekitar lokasi tersebut.


Baca Juga: Ide Promosi yang Mudah untuk Dijalankan oleh Bisnis Kecil

9. Menyiapkan ekspansi bisnis lainnya sebagai alternatif

Membuka cabang bisnis baru tidak selalu dengan membuka toko fisik. Kamu pun juga dapat membuka cabang bisnis baru meskipun secara online. Caranya dengan mengajak beberapa investor untuk menerapkan sistem waralaba atau franchise. Ekspansi bisnis ke arah online memiliki beberapa keuntungan, seperti tidak memerlukan modal banyak, tidak memerlukan sewa tempat, jangkauan pasarnya lebih luas, dan lain-lain.

 

Kamu bisa memanfaatkan media sosial bisnismu untuk memasarkan produk yang kamu jual dan membuat promosi yang menarik minat pelanggan untuk membeli. Kini tersedia beragam marketplace yang menyediakan tempat untuk berjualan produk yang kamu jual, sehingga berpotensi meraih pelanggan membeli produk yang kamu jual lebih luas. 

10. Kelola keuangan dengan baik

Dalam sebuah bisnis, keuangan merupakan hal yang krusial. Bila kamu tidak dapat mengelola keuangan bisnismu dengan baik, maka semua operasional bisnis tidak bisa berjalan dengan lancar. 


Maka dari itu, di tiap cabang diperlukan pos-pos laporan keuangan yang terpisah, supaya tidak terjadi kesulitan dalam membuat laporan bisnis secara keseluruhan.


Baca Juga: Laporan Posisi Keuangan Untuk Bisnis Lebih Berkembang


Itulah 10 tips bisnis untuk membuka cabang bisnis baru. Apakah kamu sudah bertekad bulat membuka cabang bisnis baru di tahun baru nanti? Sebaiknya poin-poin di atas kamu pahami dengan saksama, ya.


Untuk mengelola cabang bisnis barumu nanti, kamu juga bisa memakai aplikasi majoo. Di dalam aplikasi terdapat beragam fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengatur operasional bisnis, seperti fitur akuntansi, CRM, inventory, dan lain-lain. Aplikasi majoo is one solution for your business.




Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Tips Memastikan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Bisnis
Pinjaman modal untuk pengembangan bisnis akan dilakukan para pebisnis supaya bisnisnya maju dan mendapatkan keuntungan.
Menyusun Strategi Pemasaran 2022 dalam 5 Langkah Mudah
Strategi pemasaran idealnya menjadi blue print bagi keputusan bisnis pada tahun mendatang. Hal ini perlu menjadi perhatian setiap bisnis, terlebih UMKM.
Beberapa Langkah Penting Menjaga Retensi Pelanggan
Menjaga retensi dan kepuasan pelanggan bisa menjadi kunci utama dalam memastikan bisnis tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.
Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram
Saat ini Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing. Ini tipsnya agar strategi tersebut bisa lebih optimal.