Admin Kasir: Pengertian dan Perbedaan Dengan Kasir Yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Admin kasir adalah orang bertugas untuk mengelola semua administrasi kasir, seperti melakukan pencatatan dalam buku kas, mengecek saldo, mengajukan kas harian dan mingguan, hingga memeriksa saldo mingguan. Admin kasir tidaklah sama dengan petugas kasir. Lantas apa saja perbedaan antara admin kasir dan kasir?

Pengertian Admin Kasir dan Kasir

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan admin kasir dan kasir, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai pengertiannya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memahami perbedaan antara keduanya. Berikut pengertian admin kasir dan kasir:

  • Admin kasir

Admin kasir adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola semua administrasi terkait kasir. Misalnya, menyiapkan kebutuhan material, mengajukan kebutuhan kas harian dan mingguan, melakukan pencatatan di buku kas, hingga mengecek saldo. 


Bisa dikatakan jika admin kasir ini memiliki tugas yang lebih banyak dan rinci dibandingkan dengan kasir pada umumnya. Admin kasir memiliki tanggung jawab yang lebih mendalam serta bertugas membuat laporan terkait kasir secara lengkap.

  • Kasir

Kasir merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk melayani pembelian dari pelanggan atas produk atau jasa yang dibeli. Biasanya seorang kasir bertugas menggunakan mesin kasir guna menginput transaksi pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.


Pada umumnya, seorang kasir memiliki tugas dan bertanggung jawab untuk mengurus semua hal yang berkaitan dengan transaksi pembelian antara pihak penjual dan pembeli.


Oleh karena itu, kasir memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah bisnis. Kasir berhubungan secara langsung dengan pelanggan atau konsumen. Baik atau buruknya pelayanan yang diberikan kasir dapat berpengaruh pada pengalaman konsumen kedepannya. 

Untuk memudahkan dalam mengelola semua hal yang berhubungan dengan kasir, kamu dapat menggunakan aplikasi Kasir Online Majoo. Aplikasi kasir online merupakan aplikasi kasir terbaik bagi para wirausaha dan bisnis.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur lengkap yang dapat memudahkan dalam melakukan operasional bisnis, khususnya transaksi penjualan. Beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi ini yaitu POS, kas kecil dan buka tutup kasir, jenis order, metode pembayaran, struk kasir, hingga invoice.

Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Kasir Online Majoo. Mudahkan segala transaksi bisnis dan tingkatkan keuntungan.

Baca Juga: Yakin Sudah Tahu Cara Menggunakan Mesin Kasir dengan Benar?

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Kasir 

Admin kasir adalah salah satu seseorang yang memiliki peranan penting dalam mengurus semua administrasi kasir. Biasanya tanggung jawab admin kasir jauh lebih komplek dibandingkan dengan tugas kasir. Dengan adanya admin kasir, maka semua administrasi kasir pada suatu perusahaan atau bisnis akan dapat dikelola dengan baik. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab dari admin kasir:

  1. Mengecek saldo


Salah satu fungsi admin kasir adalah untuk mengecek saldo/ Foto: freepik.com

Seorang admin kasir memiliki tugas untuk mengecek jumlah saldo serta melakukan pencatatan pada buku kas. Hal ini bertujuan sebagai dasar dalam pembuatan laporan. 

  1. Mengambil dan menyetor uang ke bank

Admin kasir juga memiliki tugas untuk mengambil dan menyetor uang ke bank


Admin kasir adalah seseorang yang juga bertanggung jawab untuk mengambil dan menyetor uang ke bank. Tugas ini dilakukan atas perintah atasan. 


Kegiatan ini berguna jika suatu perusahaan memerlukan uang atau perlu untuk menyetor uang hasil dari transaksi penjualan ke bank.

Baca Juga: Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi

  1. Memeriksa saldo mingguan cabang

Memeriksa saldo mingguan pada beberapa cabang bisnis juga menjadi tanggung jawab admin kasir


Biasanya bisnis atau usaha memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai tempat. Tugas admin kasir disini yaitu untuk mengecek atau memeriksa saldo mingguan pada setiap cabang bisnis yang ada. Nantinya hal ini akan dicatat dalam buku atau sistem sebagai dasar laporan keuangan.

  1. Menyimpan list mitra yang memperoleh pembiayaan

Tugas dari admin kasir juga untuk menyimpan list mitra yang memperoleh pembiayaan


Admin kasir adalah orang yang juga bertugas untuk menyimpan list atau daftar dari mitra yang memperoleh pembiayaan. Pastinya dalam suatu bisnis akan ada kerjasama antara mitra. Untuk itu, admin kasir perlu untuk menyimpannya dengan baik serta informasi yang lengkap.

  1. Menyiapkan uang guna realisasi pencairan

Tugas dari admin kasir juga harus menyiapkan uang guna realisasi pencairan


Tugas dari admin kasir juga harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melakukan realisasi pencairan. Dengan begitu, pencairan akan dapat diproses dengan baik dan lancar.

  1. Mengajukan kas harian serta mingguan

Admin kasir juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengajukan kas harian dan mingguan


Admin kasir adalah orang yang juga memiliki tanggung jawab dalam mengajukan kas harian serta mingguan. Uang kas ini nantinya akan digunakan untuk jalannya operasional kasir.

  1.  Menyiapkan materai

Menyiapkan materai juga salah satu tugas dari admin kasir


Admin kasir juga harus menyiapkan materai yang akan digunakan dalam operasional bisnis nantinya. Beberapa transaksi atau dokumen memerlukan materai di dalamnya.

  1. Mencatat setoran dan simpanan harian

Admin kasir juga harus mencatat setoran dan simpanan harian


Admin kasir pada bisnis juga bertugas untuk mencatat setoran dan simpanan harian. Setoran ini berasal dari semua transaksi penjualan yang terjadi dan dilakukan oleh petugas kasir. 


Admin kasir adalah orang yang juga harus mencatat semua setoran secara lengkap dan akurat. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui berapa jumlah nominal transaksi pada hari itu.

  1. Menyiapkan kebutuhan operasional

Semua alat-alat untuk kebutuhan operasional bisnis juga disiapkan oleh admin kasir


Admin kasir juga harus dapat menyiapkan segala kebutuhan untuk operasional bisnis. Misalnya, seperti formulir, alat tulis kantor, dan lain-lain.

  1. Mengirim dan menerima dokumen

Petugas admin kasir juga harus mengirim dan menerima dokumen


Admin kasir juga orang yang mengirim dan menerima dokumen yang berasal dari kantor pusat. Dokumen ini dapat berupa memo atau surat yang berasal dari kantor pusat.

  1. Mengurus asuransi mitra

Tanggung jawab admin kasir salah satunya adalah mengurus asuransi mitra


Salah satu tanggung jawab admin kasir adalah untuk mengurus asuransi mitra. Mitra yang bergabung atau bekerja sama dengan perusahaan yang ingin klaim asuransi juga akan di urus oleh admin kasir.

  1. Menghadiri dan menyampaikan laporan

Admin kasir juga bertugas untuk menghadiri rapat serta menyampaikan laporan

A

Seorang kasir admin juga memiliki tanggung jawab untuk menghadiri rapat dan menyampaikan laporan. Hal ini supaya semua anggota dapat mengetahui laporan administrasi terkait kasir secara lengkap dan jelas.

Tugas dan Tanggung Jawab Kasir

Selain admin kasir, terdapat juga kasir yang memiliki tugas dan tanggung jawabnya tersendiri. Beberapa dari tugas kasir ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengelola transaksi para pelanggan atau customer

  2. Memindai barang

  3. Menerima kas serta mengembalikan kembalian uang

  4. Mengumpulkan berbagai macam pembayaran

  5. Mengeluarkan bukti transaksi pembelian

  6. Menyilang produk dan memperkenal produk baru

  7. Menyelesaikan keluhan para pelanggan

  8. Menyapa pelanggan ketika memasuki toko atau meninggalkan toko

  9. Menjaga kebersihan area checkout agar tetap bersih dan rapi

  10. Melacak transaksi

  11. Memberi perintah pada bagian pengiriman barang serta menyelesaikan retur barang

Baca Juga: Kasir Online yang Permudah Digitalisasi Bisnis? Apa, Tuh?!

Perbedaan Admin Kasir dan Kasir

Dari tugas dan tanggung jawab di atas kita jadi mengetahui apa saja perbedaan admin kasir dengan kasir. Perbedaannya adalah admin kasir adalah seseorang yang mengatur segala proses administrasi, sementara kasir memiliki tugas untuk memproses transaksi para pelanggan.

Tugas dari admin kasir juga jauh lebih rinci dan mendalam dibandingkan dengan tugas kasir pada umumnya. Kasir pada umumnya memiliki batas wewenang yang hanya boleh dilakukan oleh admin kasir.

Selain itu, admin kasir juga bertugas untuk melihat stok dari semua cabang bisnis, sementara kasir tidak. Admin kasir juga bertugas untuk membuat laporan terperinci bagi perusahaan.

Dengan begitu, dapat disimpulkan jika admin kasir adalah pekerjaan yang jauh lebih luas dan kompleks dibandingkan dengan kasir pada umumnya. 

Bagi pelaku bisnis, keberadaan admin kasir adalah salah satu hal penting dalam perusahaan. Dengan adanya admin kasir, perusahaan akan menjadi lebih mudah untuk mengetahui semua hal mengenai transaksi, kas, dan laporan pendapatan. Dengan begitu, perusahaan akan menjadi lebih terbantu dan dapat berjalan sebagaimana mestinya.   

Sumber:

  • https://panelhar.xyz/2021/02/tugas-dan-tanggung-jawab-admin-kasir.html

  • https://www.linovhr.com/apa-itu-kasir/

  • https://finance.detik.com/solusiukm/d-6316900/11-tugas-kasir-dan-tanggung-jawabnya-yang-wajib-dipenuhi

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo