Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Backlink Adalah: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

    Backlink Adalah: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

    Backlink menjadi salah satu faktor penting dalam SEO.

    Tidak dapat dimungkiri, backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya, backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain. Jika dilihat dari kacamata search engine seperti Google, backlink dianggap sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web milikmu. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa backlink menjadi “tanda kepercayaan” situs lain atas situs milikmu. Sebab, biasanya backlink hanya akan diberikan kepada situs yang mempunyai otoritas dan konten terpercaya.

    Lantas, apa saja manfaat backlink yang penting untuk diketahui? Bagaimana cara membuat backlink dengan tepat? Adakah contoh backlink yang bisa diimplementasikan di situs web milikmu? Tidak perlu menunggu lama, segera temukan jawaban dari berbagai pertanyaan seputar backlink melalui artikel ini.

    Apa Itu Backlink?

    Dikutip dari niagahoster, backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/web yang mengarah ke halaman blog/web milikmu. Kegiatan membangun backlink disebut juga sebagai link building. Selain backlink, ada juga istilah external link dan inbound link yang tidak kalah penting untuk diketahui. Dalam serba-serbi backlink juga dikenal istilah pemberi backlink dan penerima backlink.

    Kamu dapat disebut sebagai pemberi backlink ketika mencantumkan link web atau blog orang lain di web milikmu. Sebaliknya, kamu akan disebut sebagai penerima backlink saat web milikmu mendapatkan link dari pemberi backlink. Walau terkesan sederhana, nyatanya backlink berperan penting dalam kesuksesan web atau blog milikmu.

    Ya, backlink dapat membantu pengunjung web menemukan informasi tambahan yang tidak disediakan oleh situs web asli. Dengan menambahkan backlink ke situs web lain, kamu bisa membuat konten berkualitas tinggi dengan informasi lengkap tanpa menyimpang dari ide utama. Dengan demikian, jumlah backlink berkualitas yang kamu dapatkan dari situs web lain dapat menentukan posisi web milikmu di search engine result pages (SERPs). Semakin tinggi peringkat web milikmu di SERPs, semakin bagus juga SEO web tersebut.

    Sebagai salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi web di penelusuran mesin pencari, mempelajari dan memahami konsep backlink menjadi tidak mudah. Pasalnya, selalu ada aturan dari Google yang membatasi ruang gerak yang dinilai bisa merugikan banyak orang. Salah satunya, dengan adanya algoritma Google Penguin yang diatur untuk menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan.

    Baca juga: Mengenal YouTube Advertising dan Cara Memanfaatkannya

    Meningkatkan exposure menjadi salah satu manfaat backlink.

    Manfaat Backlink

    Selain dari segi SEO, backlink juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Manfaat backlink untuk situs milikmu adalah sebagai berikut:

    Meningkatkan exposure web

    Manfaat backlink yang pertama adalah meningkatkan exposure web. Semakin banyak backlink yang kamu dapatkan dari situs web lain, semakin banyak exposure yang akan kamu terima dari traffic web tersebut.

    Meningkatkan kredibilitas web

    Manfaat backlink selanjutnya adalah meningkatkan kredibilitas web. Sebab, mendapatkan backlink berarti web milikmu terpercaya dalam menghasilkan konten berkualitas tinggi yang layak dibaca.

    Meningkatkan peringkat pada SERPs

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, backlink dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

    Mempermudah web ter-index di search engine

    Semakin cepat proses index di Google, kamu akan mendapatkan tingkat visibilitas dan organic traffic yang lebih baik.

    Membangun hubungan dengan situs lain

    Manfaat backlink yang terakhir adalah memungkinkan kamu membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan situs web lain yang memiliki kesamaan niche.

    Baca juga: 9 Manfaat dan 5 Contoh Email Marketing untuk Bisnis Online

    Contoh Backlink

    Harap diingat bahwa sebuah link dapat dikatakan sebagai backlink jika memenuhi kedua syarat berikut ini:

    • Link tersebut mengarah pada web lain
    • Link tersebut merupakan link hidup atau bisa diklik.

    Jika dua syarat tersebut tidak terpenuhi, link yang dimaksud itu tidak bisa dikatakan sebagai backlink, misalnya untuk keywordTips Memaksimalkan Keuntungan Investasi Emas”. Link pada keyword tersebut mengarah pada halaman lain di web ini. Dengan demikian, link tersebut tidak bisa dikatakan sebagai backlink, melainkan  internal link. Akan tetapi, jika link tersebut mengarah ke web lain tentu dapat disebut sebagai backlink.

    Baca juga: SEO Adalah: Pengertian, Jenis, Trik, dan Manfaat

    Cara Membuat Backlink

    Backlink yang dicantumkan pada web yang memiliki kredibilitas tinggi di mata mesin pencari akan memiliki kekuatan yang besar. Tidak asal dibuat, cara membuat backlink adalah dengan memperhatikan kredibilitas yang diukur dengan beberapa aspek, yaitu sebagai berikut:

    1. Memperhatikan domain authority

    Domain authority (DA) adalah ukuran kekuatan dari sebuah domain website secara menyeluruh. Intinya, DA adalah peringkat nama domain yang bernilai 0 hingga 100. Semakin tinggi nilai DA yang dimiliki, semakin terpercaya dan kredibel sebuah web. Oleh sebab itu, cara membuat backlink dengan menempatkan backlink pada web yang memiliki DA tinggi adalah salah satu cara yang tepat. Akan tetapi, tidak mudah mendapatkan izin untuk melakukan hal tersebut.

    2. Memperhatikan page authority

    Page authority (PA) adalah peringkat pada satu halaman. Mendapatkan nilai tinggi pada PA hanya bisa dilakukan dengan memaksimalkan konten yang ada pada halaman tersebut. Sama seperti DA, besar nilai PA suatu halaman adalah 0 hingga 100.

    3. Menempatkan backlink dengan benar

    Penempatan backlink juga berpengaruh terhadap kekuatan backlink. Tidak ada salahnya menempatkan backlink pada posisi yang peluang diklik-nya lebih banyak, seperti pada isi artikel. Posisi tersebut tentu lebih baik jika dibandingkan dengan footer atau attribution yang jarang diperhatikan oleh pembaca. Di sisi lain, menempatkan backlink yang relevan pada konten artikel juga akan membuat artikel lebih mudah terindeks oleh mesin pencari.

    4. Memperhatikan jenis tautan backlink

    Dalam dunia SEO, khususnya backlink, dikenal dua macam tautan, yaitu tautan nofollow dan tautan dofollow. Tautan dofollow adalah tautan yang ketika diklik akan menuju ke web atau halaman yang diinginkan oleh pembuat tautan backlink dan bernilai di mata mesin pencari. Sementara itu, tautan nofollow adalah tautan yang ketika diklik akan menuju ke situs web atau halaman yang diinginkan oleh pembuat tautan backlink, tetapi tidak bernilai di mata mesin pencari. Perlu diketahui bahwa tautan nofollow tidak diakui oleh mesin pencari sebagai backlink karena link tersebut memiliki nilai nol. Akan tetapi, tidak sedikit ahli SEO yang tetap membuat tautan nofollow dengan alasan agar konten terlihat lebih natural di mata mesin pencari.

    5. Memberikan tautan backlink yang relevan dengan konten

    Cara membuat backlink dengan tautan yang relevan juga sangat mempengaruhi kekuatan backlink. Relevan yang dimaksud adalah ketika isi artikel yang akan disisipi backlink relevan dengan isi tautan backlink yang disisipkan. Dengan demikian, penyisipan backlink tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Sebab, hal tersebut akan menjadi kesia-siaan belaka.

    6. Menggunakan anchor text yang tepat

    Biasanya, pada suatu posting-an pada web, backlink yang akan disisipkan berada dalam suatu teks sehingga pembaca tidak mengetahui nama situs web atau URL yang disisipkan di artikel tersebut. Teks yang terlihat dan di dalamnya memuat tautan link itulah yang disebut sebagai anchor text. Dengan demikian, saat membuat artikel pada web dengan tema tertentu akan menggunakan anchor text yang sesuai (tidak keluar dari tema). Perlu diketahui bahwa penggunaan anchor text berkaitan dengan kredibilitas konten web karena nilainya terletak pada relevansi kata yang digunakan.

    Penutup

    Menjadi salah satu bagian off-page SEO, backlink adalah salah satu faktor terpenting dalam perkembangan situs web. Untuk mencapai hasil optimal, sebuah web perlu mendapatkan backlink berkualitas dari situs terpercaya dan membuat konten yang layak untuk dipublikasikan.

    Sekian pembahasan mengenai backlink, mulai dari apa itu helper backlink, manfaat backlink, contoh backlink, serta cara membuat backlink yang perlu kamu ketahui. Selain topik mengenai backlink, SEO, dan berbagai hal seputar digital marketing, kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca artikel mengenai pekerjaan, ekonomi, strategi pasar, dan lain sebagainya di sini.

    Saatnya pilih majoo yang setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis. Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu. Belum berlangganan? Yuk, sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Pada dasarnya, backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain. Jika dilihat dari kacamata search engine seperti Google, backlink dianggap sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web milikmu. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa backlink menjadi “tanda kepercayaan” situs lain atas situs milikmu. Sebab, biasanya backlink hanya akan diberikan kepada situs yang mempunyai otoritas dan konten terpercaya.
    • Tidak asal dibuat, cara membuat backlink adalah dengan memperhatikan kredibilitas yang diukur dengan beberapa aspek, yaitu sebagai berikut: (1) Memperhatikan domain authority, (2) Memperhatikan page authority, (3) Menempatkan backlink dengan benar, (4) Memperhatikan jenis tautan backlink, (5) Memberikan tautan backlink yang relevan dengan konten, (6) Menggunakan anchor text yang tepat.
    • Manfaat backlink untuk situs milikmu adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan exposure web, (2) Meningkatkan kredibilitas web, (3) Meningkatkan peringkat pada SERPs, (4) Mempermudah web ter-index di search engine, (5) Membangun hubungan dengan situs lain

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.