Ternyata mempromosikan bisnis tidak harus selalu mengandalkan media sosial. Memang exposure dari media sosial sangatlah besar, tapi media sosial memiliki kekurangan yang terletak pada perubahan perilaku yang sangat cepat dari para user-nya.
Belum lagi algoritma media sosial yang seringkali berubah-ubah. Oleh karena itu, di samping menggunakan media sosial, para pebisnis bisa menggunakan pilihan lain dalam mempromosikan produknya seperti menggunakan email marketing.
Email marketing merupakan salah satu strategi marketing ini untuk menaikkan sales serta meningkatkan brand awareness. Untuk lebih mengetahui lebih lengkap terkait pengertian, jenis, manfaat, dan contoh email marketing, simak di sini, ya!
Apa Itu Email Marketing?
Pengertian email marketing adalah email yang dikirimkan kepada customer dan calon customer yang isinya berupa pesan atau konten komersial, misalnya informasi produk, event, maupun promo yang saat ini tengah berlangsung.
Pengiriman email tersebut dilakukan oleh para pebisnis agar mereka bisa terhubung dengan calon customer dan customer secara lebih personal. Selain itu, tujuan dari email marketing ini untuk meningkatkan konversi penjualan.
Apakah kamu tahu bahwa strategi marketing melalui email ini pertama kali diciptakan pada 1978? Di masa awal, strategi marketing ini mampu meningkatkan penjualan dan juga keuntungan. Sejak saat itulah, email marketing terus dilakukan oleh para pebisnis karena memang menjanjikan dan relevan.
Email marketing kerap disebut media campaign yang sangat efektif. Berikut ini terdapat tiga faktor utama yang sangat berpengaruh, antara lain:
1. Personalisasi dan pencitraan
Email marketing harus dibuat personal dan diisi dengan grafik yang menarik.
2. Desain responsive
Email marketing campaign dirancang untuk berbagai perangkat, mulai dari desktop, tablet, hingga smartphone. Faktanya, sebanyak 67% email marketing saat ini dibaca di smartphone atau tablet oleh audiens.
3. CTA yang tepat
Email marketing harus berisi Call to Action (CTA) yang jelas dan tepat sasaran.
Jenis Email Marketing
Email marketing adalah salah satu strategi marketing yang banyak dilakukan perusahaan. Bisa dikatakan bahwa email marketing menjadi media penghubung antara brand dan audiensnya. Melalui strategi marketing tersebut, kegiatan promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Berikut terdapat beberapa jenis dari email marketing, yaitu:
1. Email Newsletter
Email Newsletter cukup populer dan sering digunakan oleh para pebisnis skala kecil hingga besar untuk media promosi.
Email newsletter berisi berbagai konten menarik termasuk informasi layanan maupun produk terbaru. Perlu kamu ingat bahwa membuat email marketing harus bisa menjaga hubunganmu dengan pelanggan serta memperkuat loyalitas pelanggan tersebut.
2. Acquisition Email
Email akuisisi berfungsi untuk menargetkan calon customer yang belum melakukan transaksi. Kamu bisa membuat penawaran menarik terkait produk dan layanan bisnismu menggunakan konten yang informatif. Strategi marketing untuk membujuk para calon pelanggan untuk membeli produkmu secara terukur dan berulang.
3. Retention Email
Retention email akan meminta feedback serta jawaban dari penawaran yang sudah kamu berikan kepada pelanggan yang belum melakukan transaksi. Bentuk dari email marketing ini bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan sambil terus mempromosikan bisnis yang sedang kamu jalani.
4. Promotional Email
Email promosi bertujuan untuk meningkatkan sales serta membantu pelayanan dan promosi produkmu lebih efektif. Kamu pun bisa menggunakan jenis email ini untuk melakukan penawaran kepada para pelangganmu sehingga mereka mengetahui keuntungan yang akan mereka peroleh ketika mereka membeli produkmu.
Baca Juga: Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Online
Adanya email marketing membuat bisnis yang kamu jalani dapat maju dan berkembang. Berikut ini beberapa manfaat penggunaan email marketing untuk bisnis online milikmu, antara lain:
1. Efektif untuk Menarik Pelanggan
Media sosial memang efektif untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan customer. Apabila kamu ingin menarik mereka menjadi pelanggan, penggunakan email marketing merupakan pilihan yang tepat.
Hal ini karena email marketing tidak ditentukan berdasarkan algoritma seperti Instagram sehingga jangkauan konsumenmu pun bisa lebih luas.
2. Informasi Terkirim Lebih Cepat dan Hemat Biaya
Dibandingkan beriklan lewat media cetak, radio, atau televisi yang membutuhkan dana yang besar, email marketing jauh lebih hemat baik biaya maupun waktu, lho!
Hanya dengan beberapa klik, kamu bisa mengirim pesan ke ratusan hingga ribuan target audiensmu. Oleh karena itu, saat ini email marketing menjadi metode promosi yang paling banyak dilakukan oleh para pebisnis.
3. Meningkatkan Traffic Website Toko Online
Email marketing merupakan cara yang efektif untuk mengarahkan target audiensmu ke website toko online yang kamu miliki — baik ke halaman produk ataupun halaman konten blog.
Dengan menggunakan email marketing, kamu bisa menginformasikan kepada mereka terkait produk baru sehingga pada akhirnya sales bisnismu meningkat.
4. Mendorong Konsumen untuk Mengambil Tindakan
Kamu pun bisa mendorong konsumen untuk melakukan suatu tindakan spesifik lewat email marketing hanya dengan menambahkan tombol Call to Action (CTA).
Tombol ini bisa kamu arahkan ke banyak hal, seperti mengarahkan para audiensmu ke website toko online-mu, menawarkan diskon, mengajak mereka untuk berbelanja produkmu, atau membagikan konten yang sudah kamu buat ke media sosial yang mereka miliki.
5. Monitoring Campaign Secara Akurat
Dengan menggunakan email marketing, kamu dapat dengan mudah memonitor informasi detail terkait jumlah email yang sukses terkirim, audiens yang sudah membacanya, audiens yang sudah mengunjungi tautan yang kamu kirim, dan audiens yang merespons email-mu.
Setelah itu, analisis semua data yang ada sehingga kamu dapat mengevaluasi perkembangan bisnis online-mu.
Apabila kamu membuat suatu campaign produk dan kamu mengirimkan email campaign ini ek audiensmu, kamu pun dapat membuat analisis secara akurat terhadap campaign yang sudah kamu buat.
6. Kerjasama dengan Customer
Adanya email marketing, membuatmu dapat berinteraksi lebih dalam kepada pelanggan atau audiens. Kamu bisa menjalin hubungan yang baik serta saling memberikan saran untuk membangun bisnis online-mu.
7. Mudah Dibagikan
Email marketing yang kamu buat dapat dibagikan secara mudah kepada relasi audiensmu. Audiens yang membagikan email akan bertindak sebagai pendukung dari bisnismu sehingga nantinya banyak orang yang akan lebih mengenal bisnismu.
8. Bisa Diotomatisasi
Mengotomasi email bisa membantumu dalam meningkatkan relevansi dan ketepatan waktu dari penyampaian isi email yang kamu kirim. Kamu pun dapat menghemat waktu dengan automation tools sehingga kamu tidak perlu membuat pesan yang sama secara berulang.
9. Bisa Terintegrasi dengan Channel Marketing Lainnya
Karena isi konten dari email marketing ini lebih bebas, kamu bisa mengintegrasikan channel marketing lainnya di dalam badan email seperti menambahkan video.
Dengan demikian, email yang kamu kirimkan ke target konsumen pun lebih interaktif dan bisa mendukung channel marketing lain dari bisnis online-mu. Misalnya saja kamu sedang mengadakan giveaway, kamu bisa membagikannya kepada target konsumenmu lewat email untuk meningkatkan engagement.
Baca Juga: Mari Berkenalan dengan Strategi Email Marketing!
Contoh Email Marketing untuk Menarik Minat Customer
Agar dapat berjalan secara efektif, email marketing memang harus dipersiapkan secara matang sebelum akhirnya dikirimkan kepada para pelanggan. Berikut ini contoh email marketing yang menarik dan bisa diterapkan pada bisnismu.
1. REI
Untuk kamu yang suka aktivitas outdoor dan travelling, pastinya kamu tidak asing dengan brand REI. REI adalah perusahaan perlengkapan outdoor yang cukup populer. REI memiliki contoh email marketing yang menarik.
Di dalam email yang REI kirimkan ke pelanggannya, mereka tidak hanya menawarkan berbagai jenis produk, tapi juga menampilkan foto produk dengan menarik. Di dalam isi email, REI pun menyematkan beberapa tombol CTA pada setiap jenis produk sehingga memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian.
2. Austin Kleon
Salah satu ciri email marketing yang sukses selain membuat pelanggan melakukan pembelian yaitu memberikan edukasi kepada para pelangganya dan Austin Kleon menerapkan strategi marketing ini.
Email marketing yang dikirimkannya memiliki tampilan sederhana, tidak mencolok, dan tidak hard selling. Teknik copywriting yang digunakan pun tidak terlalu formal.
Bila kamu ingin memunculkan rasa kedekatan dengan para pelangganmu, gunakanlah bahasa yang lugas dan tidak terlalu formal, ya.
3. FandangoNOW
Bagi kamu para pecinta film pasti tidak asing lagi dengan FandangoNow. Email marketing yang mereka kirim berisi rekomendasi film yang cocok ditonton di akhir pekan dengan tampilan yang penuh gambar. Pada bagian tepi deskripsi film terdapat tombol CTA yang akan memudahkan audiensnya untuk berlangganan atau menyewa film. Selain itu, email marketing yang dikirimkan memiliki jadwal rutin setiap Jumat sore, tepat di saat weekend baru dimulai.
4. InVision
InVision adalah perusahaan yang konsisten mengirimkan email berisi ringkasan konten blog terbaik mereka selama satu minggu terakhir. Menariknya, ketika para audiensnya berlangganan, mereka berpeluang memenangkan kaos gratis. Sangat seru, bukan? Penggabungan antara konten gambar dan teks yang mereka buat pun seimbang sehingga email marketing nyaman untuk dilihat.
5. TheSkimm
TheSkimm akan mengirimkan email kepada para pelangganya setiap pagi yang berisi tentang rangkuman berita di seluruh dunia dan disajikan secara menarik. Adanya layanan ini menjadi pilihan banyak orang untuk mengetahui informasi terbaru yang terjadi di dunia tanpa perlu mengunjungi berbagai alamat website.
Baca Juga: Marketing Plan: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya
Penyebab Email Terdeteksi Spam
Email marketing tentu berkaitan erat dengan spam. Berikut ini terdapat beberapa penyebab email ditandai sebagai spam, antara lain:
- Tidak memiliki izin dari penerima email.
- Konten email terjaring filter spam.
- Tidak ada link untuk berhenti berlangganan.
- Penerima belum mengatur autentikasi email
- Penerima menandai email sebagai email spam.
Kesimpulan
Email marketing adalah salah satu strategi marketing yang efektif dalam menawarkan produk atau jasa kepada audiens atau calon konsumen.
Meskipun bisnis yang kamu miliki saat ini masih tergolong baru dan berskala kecil tapi kamu tetap dapat menggunakan email marketing untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.
Dengan menggunakan aplikasi majoo, kamu bisa mengelola email marketing untuk bisnismu. Di dalam aplikasi majoo terdapat fitur CRM (Customer Relationship Management) yang dapat mengatur promo, voucher, dan sistem poin yang membuat loyalitas pelanggan. Fitur ini dilengkapi dengan marketing campaign berupa sms dan email marketing untuk membuat pelanggan datang kembali.
Kamu bisa mempelajari beragam strategi marketing melalui artikel yang tersedia di sini, ya. Temukan berbagai informasi seputar bisnis dan dunia kerja melalui majoo yang setia menemani langkah bisnismu. Fitur majoo sangat praktis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Belum berlangganan? Yuk, sekarang!