Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • 15 Cara Jualan di TikTok Shop Anti Gagal, Bikin Cuan Meroket

    15 Cara Jualan di TikTok Shop Anti Gagal, Bikin Cuan Meroket


    Siapa, sih, yang tidak kenal aplikasi TikTok? Meskipun belum semua orang terbiasa menggunakan aplikasi ini, tidak bisa dimungkiri bahwa TikTok sudah menjadi salah satu platform yang memiliki jumlah pengguna sangat tinggi, terutama di Indonesia.

    TikTok yang dulunya mungkin hanya dikenal sebagai aplikasi untuk orang-orang yang suka bergoyang, bahkan sampai sempat dicekal di Indonesia, saat ini sudah bertransformasi mengikuti permintaan pasar dengan menyediakan fitur belanja online yang diberi nama TikTok Shop.

    Hadirnya fitur ini disambut dengan baik oleh para penggunanya. Bukan hanya oleh orang-orang yang gemar berbelanja online, TikTok menjadi ajang mencari cuan baru bagi para pelaku bisnis online. Melalui laman TikTok Shop, dijelaskan bahwa para seller bisa meningkatkan brand awareness sekaligus penjualan dengan memanfaatkan beberapa fitur yang ada di TikTok.

    Selain itu, proses berbelanja di TikTok Shop tergolong mudah. Sebelum mulai belanja, pastikan aplikasi TikTok yang sudah ter-download di smartphone kesayanganmu merupakan versi terbaru dan sudah mempunyai akun terdaftar.

    Saat berbelanja, kamu tidak perlu beralih ke aplikasi lain untuk melanjutkan transaksi. Ya, seluruh proses transaksi dapat dilakukan langsung di TikTok Shop. Tidak hanya produk dari luar negeri, di TikTok Shop kamu juga bisa menemukan berbagai produk lokal dari teman-teman UMKM.

    Dengan hadirnya fitur TikTok Shop, rasanya tidak heran jika saat ini TikTok makin digandrungi banyak orang. Hmm, jadi penasaran dan ingin mencari tau lebih lanjut mengenai TikTok Shop? Atau, kamu sudah siap mengetahui cara jualan di TikTok Shop serta cara daftar TikTok Shop?

    Langsung saja, yuk, temukan jawaban dari berbagai pertanyaan mengenai TikTok Shop melalui artikel ini!

    Apa Itu TikTok Shop?

    TikTok Shop merupakan fitur social commerce yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk mempromosikan serta menjual produknya melalui TikTok. Bukan untuk akun personal, fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis. Sejak bulan September tahun lalu, fitur ini tersedia untuk pengguna akun bisnis di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Indonesia.

    Fitur belanja ini hadir di TikTok sebagai respon terhadap meningkatnya penjualan berbagai produk setelah brand melakukan promosi melalui platform media sosial tersebut.

    Berdasarkan survei Adweek-Morning Consult yang dirangkum Deseret News, 49% pengguna akan membeli produk atau layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di TikTok. Dikutip dari situsnya, TikTok Shop menjadi platform e-niaga sosial yang bertujuan untuk memfasilitasi pedagang menawarkan produk kepada pengguna TikTok.

    Secara khusus, TikTok Shop memberikan kemudahan penjual untuk mendapatkan akses ke pusat penjual dan memanfaatkan layanan atau fitur TikTok Shop. Selain itu, penjual juga dapat mengunggah dan mengelola informasi beserta daftar produk untuk ditampilkan kepada pengguna TikTok.

    Sistem yang dilakukan TikTok Shop berbasis pada penerimaan pesanan dan penyelesaian penjualan dengan pembeli, serta melacak pengelolaan pengiriman. Tak hanya itu, TikTok Shop juga turut berperan dalam penyusunan rencana promosi seperti fitur afiliasi dan penggunaan fungsi dan fitur seperti etalase.

    TikTok Shop merupakan social commerce bagi pengguna atau kreator TikTok untuk mempromosikan dan menjual produk. 

    Cara Daftar Jualan di TikTok Shop

    TikTok Shop adalah fitur baru yang disediakan oleh TikTok untuk membantu penggunanya melakukan transaksi jual beli produk langsung dari aplikasi TikTok.

    Jadi, pelanggan tak perlu repot-repot membuka aplikasi marketplace atau online shop lain untuk melakukan proses pembelian produk secara online.

    Jika kamu ingin berjualan di TikTok Shop, berikut ini syarat yang harus kamu ketahui, antara lain:

    • KTP atau paspor.
    • Pemilik akun TikTok berumur minimal 18 tahun.
    • Akun TikTok aktif mengunggah video 28 hari terakhir.
    • Akun TikTok telah memiliki minimal 50 video view dalam 28 hari terakhir.
    • Pemilik akun mempunyai rekening bank.
    • Toko dan produk yang dijual sesuai dengan syarat dan ketentuan TikTok.

    Apabila beberapa persyaratan di atas sudah terpenuhi, pilihan menu akun TikTok Shop akan muncul.

    Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula ini pada dasarnya tidak dibutuhkan langkah yang rumit saat ingin mendaftarkan toko kamu di TikTok Shop. Berikut langkah-langkahnya.

    1. Buka Situs TikTok Shop

    Kamu bisa langsung mengakses TikTok Shop di laman resminya, https://seller-id.TikTok.com/account/welcome

    2. Sign Up

    Jika belum memiliki akun, kamu bisa klik "Sign Up" dengan nomor handphone atau alamat email. Namun, bila ternyata kamu sudah memiliki akun TikTok, silakan langsung Sign In.

    3. Lengkapi Data

    Lengkapi data-data yang dibutuhkan mengenai seller secara tepat. Isi jenis bisnis, apakah termasuk korporat atau perorangan. Jika perorangan, kamu perlu memverifikasi data pribadi seperti KTP atau passport. Kamu juga harus mengunggah foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Pastikan ukuran file yang kamu unggah tidak melebihi 10 MB.

    4. Masukkan Informasi Toko

    Selanjutnya, kamu bisa mulai memasukkan informasi mengenai toko yang akan kamu jalankan, seperti nama toko, alamat toko, jenis bisnis, keterangan produk, dan lain sebagainya.

    Baca juga:Dropship Tokopedia: Cara Daftar Hingga Strategi Bisnisnya

    5. Pilih Otorisasi

    Setelah selesai mengisi data toko, kamu akan masuk ke laman otorisasi. Bila sudah setuju dengan syarat dan ketentuan TikTok Shop, lanjutkan dengan memilih "Otorisasikan."

    6. Menambahkan Produk

    Saat akun TikTok Shop seller sudah berhasil dibuat, kamu bisa langsung mulai menambahkan produk yang dijual dan sebagainya. Tambahkan produk pertama yang akan kamu jual. Untuk mengunggah foto produk, lengkapi dulu deskripsi produk yang akan kamu jual. Isi nama produk, kategori, dan pilih brand atau tambahkan brand baru ke TikTok Shop.

    Apabila kamu ingin menambahkan brand baru, kamu harus mengunggah dokumen kepemilikan atau hak penjualan (kalau kamu sebagai reseller). Jika tidak punya, pilih saja “No Brand”. Kamu bisa mengunggah hingga maksimal 9 foto. TikTok juga menyarankan untuk upload foto dengan rasio 1:1 agar gambar bisa terlihat dengan lebih jelas.

    7. Hubungkan ke Rekening Bank

    Satu hal penting yang jangan sampai kamu lupakan adalah menghubungkan rekening bank dengan TikTok Shop. Caranya yaitu dengan kembali ke homepage, pilih opsi Link Bank Account lalu klik Link Account. Lanjutkan ke proses selanjutnya hingga selesai untuk menautkan rekening ke TikTok Shop.

    Dengan begitu, proses pendaftaran sebagai TikTok Shop seller sudah selesai dan kamu bisa langsung mulai berjualan.

    Baca juga: Menjadi Bukalapak Seller dan Cara Jualan di Bukalapak

    Cara Jualan di TikTok Shop yang Bikin Bisnismu Sukses

    Setelah mengenal TikTok Shop dan cara daftar jualan di TikTok Shop, berikut ini kita akan beralih untuk membahas mengenai cara jualan di TikTok Shop agar produk kamu laris manis.

    1. Buat Akun Bisnis

    Sebelum memulai jualan di TikTok Shop, kamu perlu merubah akun TikTok pribadi menjadi akun bisnis. Cara daftarnya sudah dijelaskan di atas, ya. 

    2. Perdalam Informasi tentang TikTok

    Cara jualan laris di TikTok Shop selanjutnya adalah memperdalam pengetahuan kamu tentang platform TikTok. Hal ini sangat penting dan wajib untuk kamu ketahui karena TikTok memiliki sistem dan algoritma yang berbeda dengan media sosial pada umumnya.

    Video yang kamu buat tidak seluruhnya dapat muncul di For Your Page (FYP) banyak orang. Maka dari itu, kamu harus benar–benar mengetahui cara TikTok bekerja, ya.

    3. Buatlah Konten TikTok yang Menarik

    Apabila sudah memiliki akun TikTok Shop, kamu perlu membuat konten yang menarik. Dengan mengunggah konten yang menarik, kamu dapat menarik minat TikTok user untuk melihat bisnis dan juga produk yang kamu jual. Jadi, usahakan untuk meluangkan waktu membuat konten yang menarik.

    Misalnya saja, kamu bisa membuat konten awal untuk memperkenalkan bisnis yang kamu miliki. Lalu, selanjutnya membuat konten yang berisi tentang perkenalan produk yang kamu tawarkan kepada audiens, sistem penjualan, pengemasan, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memilih lagu-lagu ataupun filter yang sedang trend di kalangan TikTok user agar konten promosi bisnismu bisa viral.

    4. Buatlah Katalog Produk yang Eye-Catching

    Katalog produk akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon customer. Karena itu, kamu harus memastikan katalog produkmu eye-catching dan menarik perhatian, sehingga followers dan penontonmu tergugah untuk melihat, bahkan membeli produk yang kamu tawarkan.

    Baca juga: Cara Daftar Shopee Food Untuk Merchant 2022!

    5. Tulislah Judul Produk Maksimal 34 Karakter

    Supaya nama produkmu dapat ditampilkan tanpa terpotong, pastikan judul produkmu ditulis maksimal 34 karakter. Selain itu, buatlah copywriting yang dapat menarik calon pembeli, seperti “Casing Silicone iPhone 12 Original” atau “Kaos Oversize Polos”. Selanjutnya, informasi detail produk yang kamu jual bisa dimasukkan ke deskripsi produk.

    6. Tulislah Caption yang Unik

    Menulis caption itu cukup penting untuk kamu perhatikan bila kamu ingin memperkenalkan bisnis dan produk secara menarik. Pastikan kamu memperhatikan nama produk, informasi mengenai produk yang kamu jual, harga produk, dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan produkmu. Semakin unik caption yang kamu tulis, akan semakin besar kemungkinan TikTok user akan tertarik melihat produk jualanmu.

    7. Jangan Lupakan Hashtag

    Hashtag akan menciptakan visibilitas yang luar biasa dan bisa membantumu untuk menjangkau target audiens. Dengan menggunakan hashtag yang masih relevan dengan produk yang kamu jual dan akunmu sudah diikuti oleh banyak audiens, besar kemungkinan TikTok user bisa menonton konten video promosi yang kamu buat.

    Pengaruh hashtag ini sangat besar karena membuat konten promosi bisnis dan produk menjadi lebih cepat dikenal oleh banyak orang. Jangan ragu untuk menambahkan beberapa hashtag yang sekarang sedang viral yang agar konten video jualanmu semakin banyak yang melihat.

    8. Pasanglah Link di Bio TikTok

    Deskripsi di bio TikTok dapat diisi dengan 80 karakter. Kamu bisa memaksimalkannya untuk menggambarkan bisnis dan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada target audiensmu.

    Kamu juga dapat menambahkan emoticon, Call to Action (CTA) dan tautan yang mengarahkan ke halaman tertentu. Hal yang perlu kamu ingat yaitu bio TikTok hanya dapat menambahkan satu tautan yang dapat diklik, jadi pertimbangkan dengan baik link yang akan kamu cantumkan, ya.

    Baca juga: Review 5 Toko Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

    9. Manfaatkan Fitur TikTok

    Supaya produk yang kamu jual laris manis dan auto cuan di TikTok Shop, kamu perlu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi TikTok. Fitur TikTok dapat membuat video konten menjadi lebih menarik perhatian target konsumen.

    Berikut fitur-fitur TikTok yang bisa Kamu coba dalam membuat konten promosi yang bagus, antara lain:

    • Tambahkan musik;
    • Voice changer function;
    • Pakai sticker dan effect;
    • Filter;
    • Timer;
    • Beautify.

    Fitur tersebut memungkinkanmu untuk berkomunikasi dengan konsumen dengan cara yang lebih unik. Selain membalas komentar ataupun mengirim pesan singkat,

    kamu juga bisa merespons komentar ataupun pertanyaan dengan video melalui fitur tersebut. Jadi, fitur Unique Engagement Solution ini dapat menjadi solusi yang unik supaya bisnis yang Kamu jalankan menjadi lebih dekat dengan target audiens bisnismu.

    10. Post Konten di Waktu yang Tepat

    Kamu ingin video promosi jualanmu banyak dilihat dan viral? Sangat penting untuk mencari waktu yang tepat untuk mengunggah video konten, lho! Sebaiknya kamu mengunggah konten TikTok antara jam 10.00–13.00 atau ketika malam hari sekitar jam 19.00–21.00 karena merupakan waktu prime time dan banyak dari TikTok user mengisi waktu luang mereka untuk menonton video TikTok.

    11. Konsisten Posting Konten

    Untuk meningkatkan brand awareness, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan konsisten mengunggah konten. Sebab, dengan konsisten mengunggah konten, kesempatan video jualanmu bisa menjangkau lebih banyak audiens.

    Selain itu, ada kemungkinan juga mereka akan menyukai dan memberikan komentar terhadap konten yang kamu buat dan semakin banyak orang yang menyukainya. Dengan begitu, kemungkinan besar video yang kamu buat bisa tampil di For Your Page (FYP), sehingga menambah brand awareness pengguna TikTok.

    12. Pasang Ads (Iklan)

    Jika kamu memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk pasang iklan di TikTok Shop, lho! TikTok Ads dapat membuat bisnismu lebih dikenal secara luas. Berikut ini beberapa jenis iklan yang tersedia di TikTok Ads, antara lain:

    • Pre-roll ads, jenis iklan video yang muncul sesaat setelah pengguna membuka aplikasi TikTok.
    • In-feeds ads, jenis iklan yang umumnya muncul saat pengguna scroll feed.
    • Promoted hashtag challenges, jenis iklan dengan menggunakan hashtag khusus.
    • Branded effects, jenis iklan yang menggunakan filter efek khusus pada konten video yang kamu buat. Filternya hampir mirip dengan yang tersedia di Instagram dan Snapchat, tapi menampilkan informasi khusus tentang brand bisnis.

    Baca juga: Inspirasi Usaha Online Shop Terlaris yang Menarik Dicoba

    13. Bekerja Sama dengan Influencer atau Content Creator TikTok

    Untuk menarik lebih banyak konsumen, salah satu caranya yaitu menjalin kerja sama dengan influencer ataupun content creator TikTok. Tanpa kamu sadari bahwa sudah ada banyak brand yang menggunakan influencer sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan penjualan dan juga brand awareness.

    Akan tetapi jangan sampai salah pilih, ya. Kamu juga perlu memperhatikan persona target konsumen dan tujuan dari promosi yang kamu lakukan.

    Misalnya saja, kamu berjualan produk make up dan skincare, kamu bisa memilih influencer yang kontennya membahas tentang make up dan skincare. Bentuknya bisa berupa video testimoni hingga tutorial make up menggunakan produk yang kamu jual.

    14. Pakailah Sistem Jualan Online

    Umumnya, jualan online seperti di website, marketplace, ataupun e-commerce termasuk juga TikTok Shop tentu mempunyai berbagai kendala. Contohnya saja, upload produk, sinkronisasi stok produk, hingga proses orderan yang hampir ratusan pesanan. Terlebih lagi jika kamu jualannya tidak hanya di TikTok Shop dan memiliki berbagai macam toko online di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, atau marketplace.

    Nah, untuk itu, solusinya adalah kamu perlu menggunakan sistem jualan online omnichannel. 

    15. Lakukan Promosi dengan Live TikTok

    Tak hanya menyediakan platform untuk berjualan dengan membuat konten video saja, tapi TikTok Shop juga mempunyai fitur live shopping. Dengan menggunakan live TikTok Shop, para pengguna TikTok dapat langsung berinteraksi dengan kamu dan dapat langsung membeli produk yang saat itu kamu tawarkan. Biasanya para TikTok seller akan memberikan diskon khusus kepada TikTok user jika membeli produknya saat sedang live.

    Penutup

    Sekian pembahasan mengenai TikTok Shop, mulai dari cara daftar TikTok Shop hingga cara jualan di TikTok Shop. Dengan hadirnya fitur TikTok Shop, TikTok seller diharapkan bisa membangun bisnis dan memberi kemudahan berbelanja bagi para TikTok user yang menginginkan produk yang kamu jual.

    Selain memasarkan produk melalui TikTok, kamu juga memerlukan berbagai strategi marketing untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan penjualan, ya.

    Kamu bisa mempelajari beragam strategi marketing melalui artikel yang tersedia di sini. Temukan berbagai informasi seputar bisnis dan dunia kerja melalui majoo yang setia menemani langkahmu.

    Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu, misalnya kamu memiliki banyak channel jualan diberbagai marketplace dan juga website, maka dari itu kamu bisa menggunakan fitur omnichannel.

    Belum berlangganan aplikasi majoo? Yuk, daftar sekarang juga!

    Pertanyaan Terkait

    • Syarat jualan di TikTok Shop, yaitu: (1) KTP atau paspor, (2) Pemilik akun TikTok berumur minimal 18 tahun, (3) Akun TikTok aktif mengunggah video 28 hari terakhir, (4) Akun TikTok telah memiliki minimal 50 video view dalam 28 hari terakhir, (5) Pemilik akun mempunyai rekening bank. (6) Toko dan produk yang dijual sesuai dengan syarat dan ketentuan TikTok.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.