Table of Content

    Bisnis Online Tanpa Modal? Pahami Caranya di Sini

    Salah satu sumber pendapatan yang menjanjikan adalah dengan bisnis online

    Memiliki sebuah bisnis adalah salah satu hal yang banyak diimpikan oleh seseorang. Baik bisnis konvensional maupun bisnis online sama-sama menjadi dambaan setiap pelaku usaha. Namun, untuk dapat mewujudkannya kamu pasti akan menemui banyak tantangan, salah satunya dengan modal usaha.

    Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir, karena banyak peluang bisnis online tanpa modal yang bisa kamu jalankan untuk memenuhi impianmu sebagai pemilik usaha.

    Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Simak ya!

    Definisi Bisnis Online

    Sebelum kita melangkah pada cara melakukan bisnis online tanpa modal, mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan bisnis online. Banyak orang yang menganggap bisnis online hanya terbatas dengan transaksi yang dilakukan di internet. 

    Secara umum, memang bisnis online memiliki pengertian sebagai suatu aktivitas bisnis baik berupa barang atau jasa, yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet.

    Tapi, jika ditelaah lebih dalam, bisnis online ini tidak bisa dilihat dari bentuk transaksinya saja, melainkan juga dengan seluruh aspek kegiatan yang terlibat di dalam proses bisnis online tersebut.

    Modal utama yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan bisnis online adalah perangkat yang bisa mendukung usahamu dan juga jaringan internet yang memadai. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga perlu mempersiapkan fisik dan mental yang baik untuk terus mewujudkannya.

    Memiliki bisnis online tanpa modal bukan hal yang mudah, kamu perlu memperhatikan banyak aspek sebelum benar-benar memulainya. Supaya kamu memiliki gambaran hal apa saja yang harus dilakukan, simak penjelasannya di bawah ini, ya!

    Cara Bisnis Online Tanpa Modal

    Perkembangan teknologi yang sangat cepat mengubah pandangan seseorang mengenai peluang suatu usaha. Jika sebelumnya memulai sebuah bisnis identik dengan modal yang besar, kini tidak lagi. Kamu bisa memulai suatu bisnis tanpa modal, bahkan bisa lebih menghasilkan, lho!

    Untuk bisa memiliki bisnis online tanpa modal yang didambakan, kamu bisa memulainya dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

    1. Menentukan Pasar

    Menentukan pasar merupakan langkah awal memulai sebuah usaha. Kamu bisa melakukan riset dari berbagai aspek, membaca dan mencari informasi ter-update, serta menganalisa kebutuhan konsumen.

    Dengan melakukan riset seperti ini, usaha yang dirintis bisa lebih efektif dan efisien karena sudah disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan konsumen.

    2. Tentukan Produk yang Akan Dijual

    Sebelum kamu bisa mulai memasarkan produk, tentunya kamu harus lebih dulu menentukan produk apa yang akan kamu jual. Pilih produk yang menarik dan sedang banyak diminati, sehingga nilai jual dari produk tersebut bisa lebih tinggi.

    Setelah memiliki produk yang akan dipasarkan, pastikan kamu benar-benar memahami produk yang kamu jual. Tujuannya, agar ketika ada konsumen yang bertanya terkait produk tersebut, kamu bisa menjelaskan secara rinci apa saja hal yang konsumen tanyakan.

    Pengalaman tersebut bisa menjadi nilai lebih untuk brand yang sedang kamu bangun. Konsumen pun merasa lebih yakin untuk berbelanja dari tokomu.

    3. Cari Partner Tepercaya

    Agar bisnis yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, kamu perlu memiliki distributor yang tepercaya. Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan saat akan memilih distributor tepercaya, yakni:

    • Produk memiliki kualitas yang baik
    • Keaslian dan kelengkapan produk yang ditawarkan
    • Kemasan produk yang dikirim, waktu pengiriman dan keamanan barang
    • Pilih distributor yang jujur dan dapat diandalkan, agar ketika ada kebutuhan yang mendesak bisa merespon dengan cepat
    • Sistem penjualan dan pemasaran dari distributor jelas dan lengkap. Diskusikan secara lebih detail mengenai sistem kerjasama yang akan dibangun
    • Pastikan stok dari distributor bisa diandalkan untuk keberlangsungan penjualan

    4. Melakukan Promosi Penjualan

    Promosi penjualan merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usahamu. Dengan promosi, kamu bisa memperkenalkan produk yang kamu jual kepada lebih banyak orang.

    Agar kamu lebih memahami pentingnya promosi penjualan, berikut ini adalah beberapa fungsi promosi penjualan yang bisa kamu ketahui.

    Informasi Produk dan Jasa

    Fungsi utama promosi adalah untuk memperkenalkan informasi produk kepada calon konsumen. Mestinya perusahaan yang menyediakan produk atau jasa tersebut, harus bisa menyampaikan setiap detail dari produk atau jasa yang ditawarkannya.

    Fungsi promosi seperti ini sangat tepat dilakukan untuk menawarkan produk-produk baru yang akan ditawarkan kepada konsumen.  

    Menarik Perhatian Calon Pembeli

    Fungsi selanjutnya adalah untuk dapat menarik perhatian calon pembeli potensial. 

    Biasanya, bentuk promosi yang dilakukan akan melibatkan program harga khusus dan dibatasi hanya dalam waktu tertentu, ini dilakukan agar konsumen semakin tertarik dengan produk dan jasa yang akan dipasarkan.

    Menjaga Identitas Bisnis

    Fungsi promosi jenis ini dilakukan untuk menghadirkan jenis konsumen baru yang harapannya bisa menjadi pelanggan loyal selanjutnya. Biasanya, promosi yang bertujuan untuk menjaga identitas perusahaan seperti ini dilakukan secara berkala.

    Salah satu cara yang bisa digunakan perusahaan adalah dengan memasarkan kembali produk yang sudah ada dengan kemasan yang telah diperbaharui sepenuhnya.

    Hal seperti ini bertujuan untuk menjaga identitas perusahaan agar tidak mudah tergantikan oleh perusahaan lainnya.

    Baca juga: 7+ Ide Bisnis Online Rumahan

    Membenahi Kesalahan Perusahaan

    Apabila produk yang pernah dikeluarkan memiliki kekurangan dan mempengaruhi pengalaman yang didapatkan oleh konsumen, kamu bisa menyempurnakan produk tersebut dan memasarkannya kembali melalui media promosi.

    Dengan produk yang diterima baik oleh konsumen, maka nama perusahaan pun akan terangkat dan semakin dikenal baik oleh masyarakat. Tentu saja hal ini akan bermanfaat bagi perkembangan perusahaan tersebut.

    Meningkatkan Penjualan Produk

    Kegiatan promosi menjadi media yang paling efektif untuk dapat meningkatkan penjualan produk. 

    Dengan semakin banyaknya orang yang mengetahui produk ini, semakin tinggi pula peluang konsumen membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Tentunya, ini akan berdampak positif pada pendapatan perusahaan.

    Brand Awareness

    Brand awareness merupakan tahapan utama yang mampu mempengaruhi proses pengambilan keputusan seorang konsumen. 

    Dengan kesadaran akan merek seperti ini akan mampu meningkatkan kepercayaan dan persepsi konsumen terhadap perusahaan.

    Semakin banyak orang menyadari suatu merek, semakin bernilai merek tersebut di mata konsumennya. Pastinya, ini menjadi suatu hal yang positif bagi perusahaan. 

    Nantinya, apapun produk yang perusahaan tawarkan, akan mudah diterima oleh konsumen karena keyakinan mereka terhadap merek yang perusahaan miliki.

    5. Memperhatikan Pelayanan

    Memberikan pelayanan yang maksimal juga akan membuat bisnis semakin lancar. Baik distributor maupun konsumen yang merasakan pelayanan tersebut tidak akan merasa kecewa dengan bisnis kamu. 

    Dengan memperhatikan pelayanan kepada semua aspek dalam bisnismu, tentu saja hal ini bisa menjaga dan memperpanjang hubungan bisnis yang kamu kelola dengan orang-orang yang memiliki peran di dalamnya.

    6. Meningkatkan Strategi

    Bisnis yang sudah berhasil kamu jalankan, tidak serta merta membuat kamu berhenti mengeksplorasi. Penting bagi sebuah perusahaan untuk selalu meningkatkan strategi penjualannya.

    Hal ini perlu terus dilakukan, supaya perusahaan bisa terus bersaing dengan perusahaan lain yang serupa. 

    7. Lakukan Evaluasi

    Cara bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk menilai sejauh mana perkembangan, hambatan, dan efektivitas penjualan terjadi di perusahaan.

    Dengan rutin melakukan evaluasi juga bisa membantu perusahaan semakin berkembang. Tandanya, perusahaan tidak berhenti untuk selalu memuaskan konsumen dengan produk yang ditawarkan, tapi juga menjaga hubungan yang telah terjalin itu untuk terus dipupuk dan dikembangkan menjadi hubungan yang lebih besar nantinya.

    Baca juga: Mau Usaha Sampingan Tanpa Modal? Simak Tips Lengkapnya!

     Bisnis online disesuaikan dengan kriteria dan kemampuan yang kamu miliki

    Contoh Bisnis Online Tanpa Modal

    Berbekal cara yang sudah dijelaskan tadi, kini saatnya untuk mencoba peruntunganmu di dunia bisnis online. Beberapa contoh di bawah ini bisa menjadi pilihan untuk kamu memulai bisnis online yang sesuai dengan kemampuan.

    1. Dropshipper

    Dropshipper merupakan bentuk usaha menjual barang kepada konsumen. Di sini, kamu tidak membutuhkan toko fisik atau kerepotan menyediakan ruangan untuk tempat penyimpanan barang. Nantinya, barang yang kamu jual akan langsung dikirimkan oleh supplier yang bekerja sama dengan kamu.

    Usaha bisnis online tanpa modal ini akan memberikanmu keuntungan dari harga yang kamu tentukan sendiri. Tentunya harga yang ditetapkan sudah dipertimbangkan dengan harga aslinya.

    2. Web Developer

    Pekerjaan sebagai web developer ini hanya membutuhkan koneksi internet, laptop dan kemampuan membuat situs sebagai modal utamanya.

    Melihat banyaknya orang yang tidak memiliki banyak waktu serta keahlian untuk membuatnya, membuka peluang yang besar untuk kamu menyediakan jasa layanan tersebut.

    Semakin rumit situs yang bisa dibuat, semakin mahal harga yang bisa kamu tawarkan untuk jasa ini.

    3. Influencer

    Influencer adalah orang yang memiliki pengaruh yang kuat terhadap para pengikutnya. Influencer, seperti Blogger, Youtuber, atau Selebgram bisa bisa menjadi sebuah profesi yang menghasilkan jika kamu mau menekuninya.

    Menjadi seorang influencer memang tidak bisa langsung menghasilkan uang. Perlu kesabaran, konsistensi, dan kreativitas yang tinggi untuk bisa menuai hasilnya.

    4. Jasa Konsultasi

    Contoh bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah membuka jasa konsultasi online. Dengan bermodal website, sosial media, aplikasi smartphone, dan koneksi internet, seseorang bisa membuka jasa konsultasi online.

    Jika kamu memiliki lisensi dan kemampuan spesialis di satu bidang tertentu, ini bisa menjadi nilai tambah dan tentu saja meningkatkan kepercayaan bagi orang-orang yang membutuhkan jasa konsultasi.

    5. Admin Media Sosial

    Pengembangan bisnis melalui media sosial kini kian marak. Penggunaan media sosial sebagai media promosi menjadi daya tarik yang menjanjikan penggunanya.

    Meskipun terlihat sederhana, pada kenyataannya menjadi seorang admin media sosial tidaklah mudah. Seringkali kamu dituntut untuk bisa merespon konsumen dengan sangat baik, meskipun konsumen tersebut menjengkelkan.

    Ada juga yang menuntut kamu untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung situs melalui media sosial.

    Dengan tuntutan-tuntutan itu, tidak heran jika menjadi admin media sosial bisa mendapatkan bayaran yang cukup tinggi.

    Baca juga: Memahami Pengertian dan Cara Memulai Bisnis Online

    6. Jasa Desain Grafis

    Membuka jasa desain grafis bisa menjadi peluang yang baik untuk kamu yang memiliki kemampuan desain. Dengan banyaknya platform yang menyediakan ruang untuk penyedia jasa dan konsumen, tentunya lebih memudahkan untuk mengubah kemampuanmu ini menjadi ladang uang.

    7. Jasa Penulis Lepas

    Jika kamu senang menulis, mengapa tidak menjadikan kemampuan penulisanmu menjadi ladang bisnis?

    Saat ini banyak pemilik usaha yang menyadari pentingnya pemasaran melalui content marketing, dan salah satu medianya adalah blog. Ternyata, kebutuhan akan penulis artikel yang bisa menarik perhatian pembaca ini, masih cukup besar.

    8. Jasa Penerjemah

    Kamu memiliki kemampuan berbahasa asing? Jika iya, mungkin kamu bisa mengembangkan kemampuan ini menjadi sumber pendapatan.

    Perkembangan pemasaran yang terjadi di dunia global, meningkatkan kebutuhan akan penggunaan bahasa asing bagi perusahaan. Tentu ini menjadi peluang yang baik untuk kamu yang menguasai lebih dari satu bahasa asing.

    9. Fotografer dan Videografer

    Profesi sebagai fotografer juga semakin banyak diminati. Lingkup usaha yang bisa dicapai dari kemampuan fotografi ini cukup beragam, mulai dari jasa foto pernikahan, foto produk, video perjalanan, hingga video untuk company profile.

    Bagi kamu yang mempunyai kemampuan foto dan videografi, profesi ini cocok untuk kamu tekuni.

    10. Pelatihan Online

    Apabila kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman pada suatu bidang, membuka pelatihan online mungkin bisa menjadikan bisnis online yang menguntungkan.

    Dengan membagikan pengetahuan dan keterampilan tersebut, kamu bisa membuka pelatihan online berbayar yang bisa menambah pundi-pundi saldo rekeningmu.

    Kamu bisa memasarkan jasa pelatihan melalui sosial media atau media lain seperti LinkedIn.

    Penutup

    Itulah beberapa peluang bisnis beserta contoh bisnis online tanpa modal yang mungkin bisa membantu kamu melangkah untuk memulai bisnismu sendiri. 

    Meskipun terlihat mudah, tapi menjalankan bisnis online seperti ini tidak bisa diremehkan, lho. Pasti banyak tantangan yang harus kamu selesaikan sebelum akhirnya bisa menikmati kesuksesannya.

    Jika kamu sudah memulai bisnis online tanpa modal, jangan lupa akan pengelolaan keuangannya ya. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, perkembangan kinerja bisnismu akan lebih terkontrol.

    Karena sekarang sudah serba online, mengontrol transaksi dan keuangan pun mestinya berkembang, kan. Kamu bisa menggunakan aplikasi majoo untuk segala macam kebutuhan. Fitur yang lengkap, aplikasinya juga user friendly. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

    Layanan yang disediakan akan memudahkan untuk mengelola dan menjalankan usahamu. Mulai dari laporan keuangan, inventory, analisa bisnis, bahkan di sini menyediakan toko online yang sudah terintegrasi dengan marketplace lainnya.

    Selain itu, dengan sistem akuntansi yang disediakan, kamu jadi tidak perlu repot-repot untuk menghitung semua transaksinya secara manual.

    Jadi, tunggu apalagi? Kelola bisnis online kamu bersama dengan aplikasi majoo, dan mari kita kembangkan bersama. Segera daftarkan toko online-mu sekarang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    9 Cara Memulai Bisnis dari Nol, Perhatikan Di Sini!
    Diperlukan langkah dan strategi yang matang untuk memulai sebuah bisnis. Pertimbangan ini dapat membantumu melewati setiap hambatan yang mungkin terjadi.
    Tokopedia Paylater adalah Bentuk Kenikmatan Belanja Online
    Tokopedia Paylater membantu lebih dari 100 juta pelanggan aktif Tokopedia untuk beli sekarang bayar nanti. Mau mencoba? Baca dulu tipsnya!
    RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, Bagaimana Cara Buatnya?
    RAB adalah singkatan dari rencana anggaran dan biaya, lalu mengapa dokumen yang satu ini sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha dalam operasional bisnis?
    Stakeholder adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis
    Operasional sebuah bisnis mustahil dijalankan tanpa adanya peran stakeholder. Namun, seberapa penting sebenarnya keberadaan peran ini dalam bisnis?