Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Inspirasi Usaha Online Shop Terlaris yang Menarik Dicoba

    Inspirasi Usaha Online Shop Terlaris yang Menarik Dicoba

    Tertarik menggeluti usaha online shop terlaris? Temukan lebih dahulu inspirasinya!

    Sebenarnya, ada banyak sekali inspirasi usaha online shop terlaris yang bisa dicoba. Hanya saja, kepercayaan publik yang cenderung rendah terhadap transaksi online mungkin menjadi salah satu penyebab belum banyaknya pemilik usaha yang tertarik untuk menggeluti sektor industri yang satu ini.

    Untungnya, sejak tahun 2010, sentimen terhadap transaksi online mulai membaik, dan kondisi ini pun dipercepat dengan adanya pandemi Covid-19 yang muncul di akhir tahun 2019. Salah satu pertanda meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online bisa dilihat dari banyaknya platform digital yang sangat mendukung keberadaan online shop.

    Apa saja, sih, platform usaha online shop terbaik yang dapat dimanfaatkan?

    Baca Juga: Review 5 Toko Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

    Mengenal Platform Online Shop Indonesia

    Penetrasi platform online shop di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak lama. Mulai dengan pembuatan situs resmi yang mampu meyakinkan pelanggan akan keaslian dari produk yang ingin dibelinya hingga beragam marketplace yang memungkinkan lebih dari satu pelaku usaha online shop untuk berkumpul menjajakan dagangannya.

    Di antara beberapa platform marketplace tersebut, ada dua platform online shop Indonesia yang dapat digolongkan sebagai platform tepercaya untuk melakukan pembelian secara online:

    Baca juga: Pahami! Cara Jualan Online Termudah untuk Pemula agar Laris!

    1. Tokopedia

    Didirikan pada pertengahan tahun 2009, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2009, oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha  Edison, Tokopedia bisa dibilang sebagai platform usaha online shop terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

    Dengan jumlah pengguna yang cukup besar, Tokopedia dapat menjadi platform pilihan bagi pemilik usaha yang ingin meraup untung dengan online shop yang dimilikinya. Sederhana saja, banyaknya pengguna yang bergabung dalam platform Tokopedia dapat menjadi pasar yang empuk untuk ditargetkan, kan?

    Hanya saja, jika dibandingkan dengan mengelola online shop sendiri, misalnya saja membuat situs web resmi atau memanfaatkan media sosial sebagai kanal kegiatan penjualan, mengelola online shop di platform marketplace seperti Tokopedia mengharuskan pemilik usaha menyisihkan sekian persen dari harga jual produknya untuk komisi platform.

    2. Bukalapak

    Selain Tokopedia, Bukalapak juga dapat menjadi pilihan platform usaha online shop terbaik untuk memasarkan setiap produk yang dimiliki. Meski mungkin kepopulerannya belum bisa dibilang sudah berada di puncak, di antara banyak platform marketplace lainnya, Bukalapak termasuk salah satu yang memiliki pengguna terbanyak.

    Di samping itu, platform marketplace yang didirikan pada tahun 2010 ini terkenal memiliki banyak inovasi yang menarik dalam mendukung setiap penjual yang tergabung di dalamnya. Oleh karena itu, berjualan di Bukalapak sebenarnya bukan pilihan yang buruk untuk dilakoni para pemilik online shop.

    Satu hal yang menarik dari Bukalapak adalah statusnya yang sudah go public. Ini berarti masyarakat umum juga dapat membantu pendanaan operasional Bukalapak dengan membeli sahamnya di bursa efek. Kepercayaan diri yang dimiliki Bukalapak untuk go public dapat menjadi indikasi yang baik untuk pengembangannya ke depan, sehingga tak salah jika platform yang satu ini juga dimasukkan dalam pilihan saat ingin menekuni bisnis online shop.

    Baca juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Melirik Platform Online Shop Internasional

    Selain platform online shop Indonesia yang bergerak di bidang marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, sebenarnya pemilik usaha online shop juga dapat memanfaatkan platform-platform serupa yang berasal dari luar negeri. Dibandingkan dengan platform yang ada di Indonesia, sebagian besar marketplace luar negeri sudah hadir lebih dulu dalam industri ini.

    Ada beberapa platform online shop internasional yang bisa dimaksimalkan, yaitu:

    1. Shopee

    Kepopuleran Shopee sebagai platform online shop internasional memang sudah tidak perlu diragukan. Saking terkenalnya marketplace yang satu ini di pangsa pasar dalam negeri, banyak yang beranggapan bahwa Shopee merupakan platform dari Indonesia seperti Tokopedia atau Bukalapak.

    Pada kenyataannya, Shopee merupakan platform marketplace yang berasal dari Singapura dan baru didirikan pada tahun 2015 lalu. Meski agak lebih terlambat, pengguna yang berhasil dikumpulkan oleh Shopee dalam platformnya tak boleh dianggap remeh.

    Sama seperti Tokopedia, Shopee juga menetapkan komisi platform untuk setiap penjual yang memasarkan produknya di Shopee. Namun, jangan cemas, biaya yang dikeluarkan oleh penjual tersebut sejauh ini berhasil dikelola dengan baik oleh Shopee untuk pengembangan platformnya, khususnya terkait pengalaman berbelanja pelanggan.

    Bentuk pengembangan platform Shopee ini bahkan memungkinkan mereka yang bergerak di industri kuliner untuk mengelola online shop dengan layanan pesan antar yang ditawarkan. Menarik sekali, kan?

    Shopee merupakan salah satu platform usaha online shop terlaris.

    2. Etsy

    Bicara tentang pengalaman mengelola online shop, kemampuan Etsy jelas tak perlu diragukan lagi. Platform marketplace usaha online shop internasional yang satu ini pertama kali didirikan pada tahun 2005, dan terus membangun kepopulerannya hingga kini namanya pun mendunia.

    Mungkin masih banyak pemilik usaha yang masih asing dengan platform yang dimiliki oleh Etsy. Wajar saja, kelemahan ini sebenarnya justru menjadi keunggulan dari Etsy. Penggunanya yang sangat tersegmen bagi pecinta kerajinan memang membuat jangkauan namanya terbatas pada segmen-segmen yang khusus, tetapi di satu sisi juga memberikan kredibilitas untuk proses jual beli berbagai produk hasil kerajinan, baik hasil karya kerajinan tradisional hingga kerajinan digital.

    Bagi pemilik usaha online shop yang ingin mulai menyasar pasar internasional dengan produk yang dimilikinya, Etsy dapat menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja, karena dikelola di luar Indonesia, proses pembayaran yang dilakukan dalam platform ini tidak dapat diselesaikan dengan rupiah. Namun, jangan khawatir, PayPal, Western Union, serta beragam pilihan pembayaran internasional lainnya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin di dalam Etsy!

    3. Amazon

    Tanpa perlu ditanya, Amazon merupakan salah satu platform marketplace usaha online shop internasional dengan jumlah pengguna yang paling besar di seluruh dunia. Dengan pilihan pengiriman berjangkauan luas serta inovasinya yang menarik di bidang teknologi, Amazon memang kerap dijadikan platform utama untuk berjualan secara internasional.

    Hanya saja, penggunaannya di Indonesia memang masih sangat jarang dan terbatas. Permasalahan metode pembayaran yang jauh berbeda antara kebiasan di Indonesia dengan Amerika Serikat yang menjadi negara asal platform ini kerap dianggap sebagai salah satu penyebab sulitnya penetrasi Amazon di Indonesia.

    Pun demikian, bagi pemilik usaha yang memang ingin mulai menyasar pasar internasional dengan online shop yang dikelolanya, Amazon tetap bisa dimasukkan sebagai salah satu pilihan!

    Baca juga: Berapa Gaji Admin Online Shop di Setiap Daerah?

    Inspirasi Usaha Online Shop Terbaik

    Jika sebelumnya kita sudah membahas beragam platform marketplace yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong angka penjualan online shop, pertanyaan berikutnya sudah tentu, “Apa produk usaha online shop terbaik yang bisa ditekuni?”.

    Sesungguhnya, hampir setiap produk yang dapat dipasarkan secara konvensional dapat dipasarkan pula dalam online shop. Meski demikian, akan tetap ada sejumlah produk yang lebih dinikmati, baik oleh pelanggan serta penjual.

    Dilihat dari kemudahannya, produk-produk fesyen, termasuk berbagai jenis aksesori pendukungnya, merupakan komoditas online shop yang paling menjanjikan. Dari sisi produksi, adanya fast fashion membuat suplai item fesyen terus bertambah setiap harinya. Oleh karena itu, online shop pun dibutuhkan untuk memperluas jangkauan pasar yang dimiliki.

    Di sisi lain, industri fesyen tidak hanya sekadar melakukan proses produksi yang monoton saja, tetapi juga diikuti dengan variasi inovasi yang mengikuti tren, sehingga banyak orang merasa perlu memiliki item fesyen terbaru agar penampilannya sehari-hari tidak ketinggalan.

    Ditambah lagi, produk fesyen tidak hanya terbatas pada baju atasan dan bawahan saja, tetapi juga dapat dipercantik dengan berbagai aksesori dari kepala hingga kaki sehingga ada banyak varian produk yang bisa ditawarkan. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, tak heran jika banyak pemilik usaha yang memilih bidang fesyen sebagai jenis usaha online shop terbaik.

    Agar pengelolaan usaha online shop terlaris yang dilakoni dapat lebih maksimal, pemilik usaha juga dapat memanfaatkan aplikasi majoo yang tak hanya berfungsi sebagai aplikasi kasir semata, tetapi juga aplikasi point of sales yang menawarkan kemudahan di berbagai aspek proses bisnis. Mulai dari pendataan stok opname, pencatatan transaksi, hingga analisis hasil penjualan semuanya dapat dilakukan dengan satu aplikasi majoo.

    Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera berlangganan layanan aplikasi majoo!

    Baca juga: 7+ Ide Bisnis Online Rumahan

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.
    Notulen Rapat: Fungsi, Tujuan, dan Contohnya
    Notulen rapat adalah sebuah rekaman berupa catatan dari semua ide yang diusulkan dalam rapat serta hasil kesimpulan yang akan dibutuhkan oleh perusahaan.
    Debt to Equity Ratio (DER): Definisi dan Rumus Menghitungnya
    Debt to Equity Ratio adalah rasio utang terhadap ekuitas, yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan atas komposisi utang dan ekuitas perusahaannya.