Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Begini Cara Membuat Instagram Shopping, Ternyata Mudah, Lho!

    Begini Cara Membuat Instagram Shopping, Ternyata Mudah, Lho!

    Manfaat menggunakan Instagram Shopping yaitu konsumen lebih mudah menemukan produk dari bisnismu.

    Sebagai pebisnis sebaiknya harus benar-benar menyadari bahwa go online membutuhkan berbagai macam platform yang mendukung bisnisnya. Tidak hanya melalui marketplace saja, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram. Pasalnya, kini Instagram memiliki fitur bisnis yang bernama Instagram Shopping.

    Dengan menggunakan Instagram Shopping, kamu akan lebih mudah menjangkau para pengguna Instagram. Selain itu, Instagram Shopping bisa dihubungkan dengan website maupun marketplace, lho!

    Ingin tahu bagaimana cara membuat Instagram Shopping? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

    Apa Itu Instagram Shopping?

    Instagram Shopping adalah fitur dari Instagram yang khusus untuk membantu penjual atau seller memasarkan produknya melalui media sosial Instagram. Instagram Shopping ini dapat diperoleh secara gratis oleh semua pelaku bisnis, ya.

    Instagram Shopping tidak hanya memudahkan penjual, tapi juga memberi kemudahan pelanggan dalam berbelanja tanpa harus pindah aplikasi. Kamu bisa membuat katalog produk atau menambahkan tag produk di postingan feeds dan Instagram Story.

    Manfaat Instagram Shopping bagi seller yaitu bisa membuat etalase toko online seperti di e-commerce. Tentu ini jauh lebih praktis, khususnya bagi kamu yang terbiasa berjualan di media sosial.

    Mengapa kamu sebagai pebisnis perlu menggunakan Instagram Shopping? Salah satu alasannya karena Instagram merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk memasarkan produk target pelanggan yang lebih luas dan banyak. Semakin mudah pelanggan melakukan transaksi, makin besar pula tingkat penjualan yang bisa kamu dapatkan.

    Manfaat Instagram Shopping

    Adapun beberapa manfaat Instagram Shopping, antara lain:

    1. Produk Lebih Mudah Ditemukan oleh Konsumen

    Sebagai pebisnis, kamu tidak hanya mengunggah konten mengenai produk yang kamu jual saja, tapi kamu harus mengunggah konten yang bermanfaat untuk para konsumen. Cara tersebut dilakukan agar ER (engagement rate) akun bisnismu dapat meningkat.

    Lewat penggunaan Instagram Shopping, bisnis yang kamu miliki akan menggunakan etalase produk sehingga konsumen dapat mengaksesnya dengan mudah lewat profil bisnismu.

    2. Mudahnya Penyampaian Informasi Produk ke Konsumen

    Saat produk telah dilihat oleh calon konsumen atau pelanggan tetapmu dan mereka tertarik, mereka akan mencari tahu lebih lanjut terkait detail lengkap produk tersebut, misalnya harga, kualitas, ataupun bahan pembuatan produk.

    Apabila tidak menggunakan Instagram Shopping, kamu harus menjelaskan detail produk secara lengkap di dalam caption. Namun, terdapat juga beberapa pemilik akun bisnis yang lebih memilih untuk meletakkan semua informasi produk di website atau situs toko yang mereka miliki.

    Dengan cara seperti ini mengakibatkan banyak calon konsumen akan keluar dari aplikasi karena ingin mengetahui informasi detail produk yang belum tentu mereka beli. Bagi calon konsumen yang tidak ingin ribet, mereka merasa proses tersebut panjang dan dapat mengurungkan niat untuk membeli produk.

    Lewat Instagram Shopping, kamu dapat menyebarkan semua informasi detail produk kepada calon konsumen dengan jelas sehingga calon konsumen pun tidak harus meninggalkan platform Instagram.

    Dalam Instagram Shopping terdapat fitur katalog yang memungkinkan kamu untuk dapat memberikan rincian terkait deskripsi produk beserta dengan tag harga produk secara lengkap.

    Salah satu fitur Instagram Shopping yaitu terdapat fitur tag.

    3. Menjangkau Konsumen Lebih Banyak

    Dengan menggunakan Instagram Shopping, kamu juga dapat memperoleh kesempatan agar bisa yang kamu jalani dapat menjangkau calon konsumen lebih banyak.

    Instagram tidak memberitahukan algoritma Instagram Shopping ini bekerja, tapi kamu bisa mengecek di bagian Shop bahwa produk yang biasanya muncul adalah produk yang kamu sukai ataupun kamu ikuti dari aktivitas di Instagram.

    4. Closing Rate akan Meningkat Apabila Kerja Sama dengan Influencer

    Bekerja sama dengan influencer atau selebgram adalah salah satu cara efektif untuk mempromosikan produk yang bisnismu miliki. Bagaimana caranya? Tentunya dengan memanfaatkan fitur Instagram Shopping for Creators. Fitur tersebut berisi tag yang secara langsung dapat mengarahkan konsumen ke produk milikmu.

    Calon konsumen yang tertarik akan mendapatkan informasi dari influencer hanya dengan mengklik tombol tag dan konsumen pun langsung mendapatkan informasi lengkap terkait produk.

    Tentunya, hal tersebut dapat meningkatkan jumlah closing rate karena adanya kemudahan yang diberikan bagi calon konsumen untuk dapat berbelanja melalui Instagram Shopping.

    Selain itu, kamu juga bisa memperoleh insight dari konten yang berisi iklan tersebut sehingga kamu dapat menganalisis apakah iklan yang kamu unggah melalui influencer tersebut berhasil atau tidak.

    Fitur tersebut hanya dapat digunakan oleh para influencer yang memiliki akun khusus bisnis ataupun creator.

    5. Memperluas dan Meningkatkan Produk Baru yang Ingin Dijual

    Apabila kamu menggunakan fitur Instagram Shopping, kamu bisa memberitahukan kepada konsumen atau followers apabila ada produk baru yang akan launching.

    Setiap followers dari Instagram bisnis yang mereka ikuti bisa memasang dan menggunakan pengingat agar mendapatkan notifikasi bila waktu dari peluncuran produk semakin dekat.

    Manfaat Instagram Shopping lewat fitur ini adalah untuk meningkatkan jumlah sales lewat launching produk baru.

    6. Terdapat Fitur Saved Produk bagi Calon Konsumen

    Beberapa orang tidak memiliki banyak waktu untuk melihat dan mencari produk incaran mereka sehingga mereka tidak bisa melanjutkan proses transaksi. Beruntungnya, salah satu manfaat Instagram Shopping adalah terdapat fitur saved  sehingga para followers atau calon konsumenmu bisa dapat menyimpan konten produk yang kamu unggah. Diharapkan dengan fitur ini, mereka bisa melakukan proses transaksi produk bisnismu.

    7. Kemudahan dalam Promosi Produk

    Selaku pemilik akun bisnis, kamu dapat menggunakan semua fitur yang ada di Instagram untuk membuat dan menyebarkan promosi yang cukup menarik melalui banyak cara dengan format foto, teks, maupun video. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat iklan dari produk bisnis kamu lewat fitur Shopping Ads.

    Baca juga: 15 Cara Jualan di TikTok Shop Anti Gagal, Bikin Cuan Meroket

    Fitur Instagram Shopping

    Fitur Instagram Shopping ini sangat memanjakan para pebisnis, karena memang diorientasikan secara khusus untuk hal tersebut. Berikut ini beberapa fitur dari Instagram Shopping yang perlu kamu ketahui, antara lain:

    1. Instagram Shopping Tag

    Instagram Shopping Tag berfungsi untuk memberikan label produk yang terdapat pada postingan dan juga tersedia di dalam katalog produk.

    Dengan adanya fitur tag ini, pelanggan bisa melihat harga dan detail produk. Kamu bisa memilih produk mana saja yang ingin kamu berikan tag harga di dalam suatu postingan sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

    2. Katalog Produk

    Sama seperti namanya, produk milikmu nantinya akan muncul pada katalog produk dan bisa dilihat oleh audiens. Selain itu, kamu juga bisa bebas menambahkan produk yang ingin kamu jual ke audiens.

    Pada tampilan katalog ini, pelanggan hanya akan ditampilkan gambar foto, nama, dan juga tag harga. Supaya bisa menambahkan foto ke katalog produk ini, pilihlah foto dengan kualitas yang terbaik. Pada produk tertentu, pilihlah background foto yang senada, ya.

    3. Halaman Detail Produk

    Jika ada audiens yang melakukan klik pada salah satu produk di katalog, mereka akan bisa melihat halaman detail produk. Detail informasi yang ditampilkan pada audiens ini mencakup gambar, harga, nama, deskripsi produk secara lengkap, ukuran, dan link untuk menuju website toko online-mu. Karena itu, buatlah deskripsi produk yang lengkap dan singkat.

    4. Instagram Shopping Ads

    Fitur satu ini berguna untuk mengiklankan postingan yang ada di Instagram Shopping bisnismu. Dengan adanya Instagram shopping Ads, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

    Sama halnya dengan fitur Instagram Ads, kamu juga bisa menentukan audiens yang sesuai dengan target market bisnis milikmu.

    5. Shopping Tag di Akun Tertentu

    Apabila kamu ingin melakukan kolaborasi dengan influencer, Instagram Shopping Tag bisa kamu gunakan agar produkmu bisa lebih dikenal oleh banyak audiens.

    Dengan adanya fitur ini, akan memudahkan produkmu di-tag oleh para influencer di dalam postingan mereka. Ini membuat banyak followers influencer yang berkolaborasi dengan bisnismu akan mengetahui produk dan juga bisnismu.

    6. Product Launches

    Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membantu kamu untuk membuat suatu pengumuman pada produk yang akan kamu launching. Kamu bisa menggunakan fitur countdown, sehingga para audiens bisa lebih bersiap untuk berbelanja online.

    Mereka juga bisa mengatur pengingat agar bisa memberikan notifikasi penting pada saat produkmu memang sudah dipublikasikan ke mereka.

    Baca juga: Cari Cuan dengan Cara Monetize di Media Sosial!

    Syarat Instagram Shopping

    Sebelum memulai cara membuat Instagram Shopping, kamu harus terlebih dulu memenuhi persyaratan yang ada. Sebab, tidak sembarang akun bisnis Instagram dapat membuat Instagram Shopping, lho! Karena itu, perhatikan beberapa syarat berikut ini agar permintaanmu diterima oleh Instagram.

    • Akun Instagram terdaftar sebagai akun bisnis.
    • Bisnis berlokasi di area yang didukung oleh fitur Instagram Shopping.
    • Pastikan produk yang dijual memenuhi syarat Instagram.
    • Terhubung dengan Facebook Page bisnis.
    • Memenuhi standar kebijakan perdagangan yang ditetapkan Instagram maupun Facebook.
    • Terhubung dengan katalog produk yang ada pada Facebook.
    • Bisnis memiliki website yang akan digunakan untuk berjualan.

    Baca juga: Begini Cara Menambah Viewer Media Sosial!

    Cara Membuat Instagram Shopping

    Sebelum menggunakan fitur-fitur di dalamnya, ada beberapa cara membuat Instagram Shopping dan kamu harus mengetahuinya. Cara membuat Instagram Shopping adalah sebagai berikut.

    1. Aktifkan Akun Bisnis di Instagram

    Apabila kamu ingin mengubah akun Instagram menjadi akun Instagram Bisnis maupun creator, coba lakukan angkah-langkah berikut ini.

    • Melakukan “Login” ke dalam akun Instagram
    • Membuka “Setting’
    • Memilih “Account”
    • Memilih “Switch to a Professional Account”
    • Menekan “Continue”
    • Mengatur kategori bisnis
    • Memilih “Done”

    2. Membuat Website

    Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah website. Selain untuk meningkatkan dan memperluas kredibilitas brand atau toko, dengan membuat sebuah website juga akan memudahkanmu dalam membuat Instagram Shopping.

    3. Membuat Halaman Facebook dan Menambahkan Katalog Produk

    Pada tahap ini, kamu perlu membuat halaman di Facebook untuk menempatkan beberapa katalog produk bisnismu. 

    • Membuat akun dari pengelola halaman yang ada di Facebook seperti Pengelola Bisnis Facebook lalu login dan masuk menggunakan akun Facebook yang kamu miliki.
    • Mengisi informasi atau data yang diminta dalam pembuatan akun bisnis yang baru.
    • Memilih pengaturan bisnis.
    • Memilih sumber data kemudian mengklik “Catalog Menu” dan menambahkan katalog baru.
    • Membuat nama beserta jenis produk ke dalam katalog, lalu memilih buat katalog baru.
    • Menentukan siapa saja yang bisa mengakses; baik secara standar ataupun mengakses sebagai admin terhadap katalog produk ini. Jika memang belum ada, kamu dapat memilih diri sendiri. Pastikan bahwa orang yang akan mengelola bisnis setidaknya harus memiliki akun Facebook. Apabila sudah memiliki akun, pilih “Tetapkan”.
    • Pada tahapan ini, katalog produk milikmu masih kosong. Apabila ingin menautkan ke akun Instagram bisnis dan ingin mengaktifkan fitur Instagram Shopping, isilah katalog produk dengan memilih “Buka di Pengelola Katalog”.
    • Memilih “Saluran” yang ada dalam menu di sebelah kiri, lalu memilih “Tambahkan Produk”.
    • Memilih “Tambahkan Secara Manual”. Kecuali jika kamu sudah menambahkan akun Facebook Pixel ke dalam website milikmu, pilihlah “Gunakan Pixel”, kemudian klik “Selanjutnya”.
    • Mengisi informasi yang diperlukan untuk produk yang ingin dijual. Apabila belum memiliki tautan untuk dimasukkan ke dalam kolom “Tautan Situs Web”. Di sinilah fungsi dari website itu bekerja, sehingga lebih mudah jika ingin menambahkan produk ke dalam katalog melalui Facebook Pixel atau membuat secara manual. Apabila sudah, pilih “Tambahkan Produk”.
    • Sukses! Katalog produk milikmu sudah selesai dan bisa langsung dihubungkan ke dalam akun bisnis Instagram.

    4. Menghubungkan ke Katalog yang Ada di Facebook

    Apabila katalog produk milikmu sudah selesai masuk ke halaman yang ada di Facebook dan website, selanjutnya aktifkan Instagram Shopping lewat aplikasi Instagram.

    • Pilih “Business” di pengaturan Instagram.
    • Klik “Sign Up for Shopping”
    • Mengikuti tahapan yang diperintahkan, semisal menautkan akun bisnis ke Facebook hingga menyambungkan akun Instagram dengan katalog produk yang ada di Facebook yang telah dibuat sebelumnya.
    • Selanjutnya, klik “Facebook Catalog Manager”, lalu pilih “Check for Catalog”.

    5. Menunggu Akun Ditinjau

    Apabila tahapan pendaftaran telah selesai, kamu hanya perlu menunggu akun ditinjau oleh pihak Instagram. Biasanya peninjauan Instagram Shopping ini selama 3 – 7 hari.

    Jika tidak terdapat masalah, seharusnya Instagram bisnis milikmu sudah berada dalam jangkauan pihak Instagram.

    6. Mengaktifkan Fitur Shopping

    Apabila akun Instagram Shopping sudah disetujui oleh pihak Instagram, kini kamu bisa mengaktifkan fitur Instagram Shopping. Apabila fitur tersebut belum muncul di menu pengaturan, berarti akun milikmu masih diproses dan ditinjau oleh pihak Instagram, ya.

    Nah, jika akun milikmu sudah disetujui oleh Instagram, cara mengaktifkan fitur belanja adalah sebagai berikut:

    • Buka profil Instagram bisnis
    • Lalu ketuk “garis tiga” pilih “Pengaturan”
    • Ketuk “Bisnis” lalu ketuk “Belanja”
    • Pilih “Katalog Produk” yang ingin kamu hubungkan ke akun.
    • Pilih “Selesai”

    7. Menambahkan Label di Produk

    Apabila akun milikmu telah disetujui oleh pihak Instagram, tahapan selanjutnya yakni kamu bisa menambahkan konten dengan cara tap pada konten produk agar konsumen bisa melihat-lihat katalog produk milikmu. Yuk, ikuti langkah-langkah cara menambahkan label produk berikut ini!

    Sesudah klik foto yang hendak diunggah, pilih “Tag Products”.

    Klik sekali katalog produk yang hendak kamu tandai, kemudian klik produk dari katalog milikmu. Perlu kamu ingat bahwa saat ini pihak Instagram memberi batasan tag hingga lima produk agar kontenmu tidak dianggap spam.

    Apabila kamu hendak mengunggah konten sekaligus di dua platform, aktifkan juga akun Facebook bisnismu. Selanjutnya, pilih “Share”.

    Jangan lupa untuk terus melakukan promosi, ya. 

    Penutup

    Meski cukup memakan waktu untuk mempelajari cara membuat Instagram Shopping, tapi semuanya itu sebanding dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Selain menggunakan Instagram Shopping, kamu juga bisa mempromosikan produk dengan menggunakan Instagram Ads.

    Bisnis yang dapat dipercaya alias kredibel adalah bisnis yang mempunyai identitas yang jelas. Tak hanya untuk memperkuat nama brand, kamu juga bisa mendapatkan pelanggan yang loyal.

    Nah, untuk membantu kamu dalam operasional bisnis hingga menghitung profit, kamu bisa menggunakan aplikasi majoo.

    Aplikasi kasir online all in one yang memiliki banyak fitur laporan keuangan tersebut adalah majoo. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat berbagai laporan keuangan, seperti laporan perubahan modal, secara lebih mudah dan cepat.

    Hal ini dibuktikan melalui ribuan pebisnis di Indonesia yang telah menggunakan aplikasi majoo untuk membantunya mencapai tujuan finansial.

    Aplikasi majoo memiliki fitur akuntansi yang menyediakan lebih dari 30 jenis laporan keuangan. Selain itu, aplikasi majoo juga mempunyai berbagai fitur menarik yang mudah untuk digunakan, dapat membantu segala operasional bisnis, dan dapat diakses secara fleksibel.

    Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga! Upgrade level bisnismu seperti #majoopreneurs lainnya!

     

    Pertanyaan Terkait

    • Instagram Shopping ini dapat diperoleh secara gratis oleh semua pelaku bisnis.
    • Biasanya peninjauan Instagram Shopping ini selama 3 – 7 hari.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mudah dan Praktis, Ketahui Cara Cek Nama PT Berikut Ini
    Penting untuk mengecek nama dan legalitas PT, sebab tidak sedikit PT yang menggunakan izin palsu untuk beroperasi.
    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Ketahui Definisi Spanduk, Contoh serta Manfaatnya
    Spanduk adalah salah satu metode promosi yang efektif dan terjangkau untuk menyampaikan informasi produk atau jasa yang kamu miliki.
    Pemasaran Internasional: Manajemen, Strategi, dan Fungsinya
    Pemasaran internasional mampu menciptakan banyak kesempatan dan tantangan bagi perusahaan untuk mengembangkan diri baik skala domestik atau internasional.