Begini Cara Mengoptimalkan Analisis Penjualan

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan analisis penjualan


Salah satu cara untuk meningkatkan traffic penjualan adalah dengan melakukan analisis penjualan. Analisis penjualan sangat penting dalam sebuah bisnis untuk dapat mengetahui informasi penjualan dari berbagai perspektif. Melakukan analisa terhadap penjualan juga membantu kamu untuk dapat menemukan strategi dan rencana yang tepat untuk diterapkan dalam penjualan barang atau produk.

Pengertian Analisis Penjualan

Analisis penjualan merupakan laporan yang menunjukkan bagaimana kinerja penjualan secara lengkap serta pendapatan yang diperoleh oleh bisnis atau perusahaan. Laporan ini berisi kekuatan dan juga kelemahan tim penjualan dan produk yang mengacu pada metrik di waktu yang sebelumnya dan juga saat ini. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa saja trend yang muncul dan yang paling sesuai dengan bisnis yang kamu jalani.


Umumnya, analisis penjualan ini meliputi data-data kuantitatif, seperti KPI (Key Performance Indikator), dan grafik. Hal yang termasuk KPI ini adalah penjualan regional, nilai pembelian rata-rata, penjualan per perwakilan, conversion rate, sales opportunities, penjualan saat ini, pertumbuhan penjualan, sales pipeline, dan target penjualan.


Analisis penjualan akan memberikan nilai penting dan juga insight yang dapat ditindaklanjuti. Hal ini akan dapat membantu manajemen untuk membuat keputusan yang didasarkan pada data dibandingkan dengan mengandalkan tebakan atau perkiraan.


Baca Juga: Memahami Pentingnya Data Penjualan Bagi Kemajuan Bisnismu

Cara Melakukan Analisis Penjualan

Setiap bisnis mempunyai cara atau metode yang berbeda dalam melakukan analisa terhadap penjualan. Hal ini tergantung pada tujuan dari bisnis itu sendiri. Setiap metode yang digunakan akan diarahkan pada matriks tertentu supaya dapat menghasilkan insight tentang kinerja bisnis. Untuk itu, kamu harus dapat menentukan metode mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menganalisis penjualan:

  1. Analisis tren penjualan

Analisis tren penjualan berfokus untuk menemukan pola dari penjualan dalam jangka waktu tertentu. banyak supplier atau pemasok yang menggunakan metode ini guna menentukan trend mikro dan juga makro. Tren mikro meliputi bidang produk tertentu selama waktu 1 minggu atau lebih, sedangkan tren makro bisa melacak berbagai barang untuk beberapa bulan.


Langkah ini adalah salah satu metode analisis penjualan yang dapat membantu untuk dapat menentukan kemajuan bisnis. Hal ini juga untuk menuju tujuan dari bisnis serta untuk mengetahui peningkatan dan penurunan dari permintaan produk. 

  1. Analisis kinerja penjualan

Selain melakukan analisis terhadap tren penjualan, kamu juga dapat melakukan analisis terhadap kinerja penjualan. Analisis ini berguna untuk mengukur efektivitas strategi penjualan yang diterapkan dengan memantau kinerja tim penjualan. 


Selain untuk melacak penjualan per regional dan KPI yang lainnya, cara ini juga sering membutuhkan analisis keuangan yang didasarkan pada pendapatan yang diperoleh dari departemen atau periode tertentu.


Analisis ini juga bisa menyesuaikan laporan yang terdiri dari insight, margin keuntungan, pertumbuhan pendapatan, dan lain-lain. Metode ini juga menunjukkan kepada tim penjualan tentang level kinerja mereka saat ini serta bagaimana perbandingannya dengan rencana yang telah dibuat.

  1. Analisis prediksi penjualan prediktif

Metode analisis penjualan berikutnya yaitu analisis prediksi penjualan prediktif. Dalam melakukan analisis ini berpangku pada prediksi penjualan yang dihasilkan dari software forecasting. 


Langkah ini menggunakan trend di waktu sebelumnya untuk dapat mengantisipasi risiko serta peluang di masa yang akan datang. Hal ini akan membantu perusahaan untuk dapat mengurangi ancaman sehingga mempersiapkan tim untuk dapat memanfaatkan permintaan pelanggan.

  1. Analisis pipeline penjualan

Pada analisis pipeline penjualan yaitu memantau aktivitas atau kegiatan konsumen sebelum mereka menyelesaikan penjualan atau meninggalkan keranjang belanjanya.


Laporan ini biasanya terdiri dari beberapa channel penjualan atau rincian engagement yang berasal dari channel tertentu. Dengan adanya data ini, maka perusahaan dapat dengan mudah untuk mengetahui bagaimana perwakilan penjualan harus berinteraksi dengan para pelanggan guna meningkatkan tingkat konversi serta menyelesaikan transaksi.

  1. Analisis penjualan produk

Analisis penjualan produk perlu dilakukan oleh bisnis yang menawarkan berbagai lini dan jenis produk. Hal ini harus dilakukan secara rutin guna menentukan produk mana yang paling laris terjual dan mana yang tidak. 


Laporan penjualan produk mempertimbangkan rincian pendapatan dan KPI untuk dapat menemukan performa dari suatu produk dalam jangka waktu tertentu. 


Analisis penjualan produk ini tergantung pada KPI yang digunakan. Perusahaan bisa melihat penjualan produk dari perspektif wilayah atau permintaan pelanggan yang berbeda-beda. Dengan begitu, perusahaan dapat membantu manajemen untuk dapat memutuskan produk mana yang harus berhenti untuk dipromosikan. 

  1. Analisis efektivitas penjualan

Analisis efektivitas penjualan juga dikenal dengan manajemen penjualan. Pada analisis ini berguna untuk memantau kinerja dari tiap perwakilan untuk dapat mengajari mereka bagaimana cara menyelesaikan sebuah pembelian dengan baik.


Dalam analisa penjualan ini harus mempelajari metrik serta pola yang ada supaya dapat membuat insight yang dapat untuk ditindaklanjuti. Analisis efektivitas yang tepat dan akurat akan mampu meningkatkan interaksi pelanggan sehingga berdampak pada meningkatnya level penjualan. 

  1. Analisis diagnostik

Metode analisis diagnostik berguna untuk menemukan penyebab di balik tren penjualan dan KPI supaya dapat menentukan langkah untuk melakukan improvisasi. 


Misalnya, sebuah perusahaan menemukan alasan dari menurunkan tingkat penjualan barang yang populer bukanlah karena faktor interaksi dengan pelanggan yang buruk, melainkan disebabkan oleh pesaing yang juga meluncurkan produk yang sama.


Untuklah itulah, manajemen dapat melakukan identifikasi terhadap hambatan, lalu mengembangkan rencana tindakan untuk dapat meningkatkan kinerja tim serta membantu mengatasi hambatan tersebut. 


Dengan teratur melakukan analitik diagnostik maka perusahaan bisa menentukan hambatan baru serta mengembangkan pendekatan penjualan mereka supaya dapat tetap kompetitif.

  1. Analisis preskriptif

Metode analisis penjualan berikutnya yaitu analisis preskriptif. Analisis ini mirip seperti metode prediktif, namun dalam analisis in mempertimbangkan tren dan memperoleh insight mengenai langkah dalam menangani kondisi yang berbeda dengan berdasarkan data yang ada.


Misalnya, analisis prediktif akan menentukan jika permintaan produk tertentu untuk pelanggan akan mengalami peningkatan dalam waktu sebulan. Analisis preskriptif akan mengambil data ini, lalu menentukan channel penjualan apa yang akan dikunjungi oleh pelanggan serta bagaimana tim kamu dapat memaksimalkan penjualan. 


Hal ini akan membantu bisnis untuk dapat memanfaatkan kesempatan atau peluang di masa yang akan datang, daripada harus berinvestasi dalam pendekatan yang mungkin saja tidak akan membuahkan hasil.

  1. Riset marketing

Dalam menjalankan bisnis, kamu wajib untuk meneliti mengenai tren pasar supaya dapat mengetahui preferensi konsumen yang berkembang sehingga tetap dapat kompetitif. 


Manajemen dapat menghubungi pelanggan secara langsung melalui email, telepon, atau dalam toko untuk bisa mendapatkan insight tentang apa yang diminati oleh konsumen modern serta bagaimana persona pembeli dapat berubah.


Langkah ini berguna untuk dapat menemukan statistik serta metode kompetitor, seperti interaksi pelanggan, strategi penetapan harga, dan cara marketing.


Dengan adanya hal ini maka manajemen dapat melakukan evaluasi terhadap kekuatan dan kelemahan kompetitor secara akurat guna membantu mengembangkan strategi marketing yang lebih efektif.


Untuk mempermudah kamu dalam melakukan analisis penjualan pada bisnis, gunakanlah aplikasi analisis bisnis majoo. Ini merupakan aplikasi analisis bisnis terbaik bagi para wirausaha. Dengan adanya aplikasi ini kamu akan mudah untuk melakukan analisis penjualan guna mendapatkan keuntungan maksimal.



Aplikasi ini memiliki fitur laporan penjualan lengkap. Fitur ini akan memberikan informasi mengenai semua transaksi penjualan yang terjadi setiap harinya secara akurat dan efisien. Kamu juga dapat melakukan analisa bisnis dengan melihat waktu penjualan teramai, analisis stok, serta analisa kepuasan pelanggan.


Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Analisis Bisnis Majoo. Bantu tingkatkan penjualan dan keuntungan bisnis secara efektif.

Manfaat Analisis Penjualan

Melakukan analisis penjualan tentu saja mempunyai banyak manfaat, terutama untuk meningkatkan penjualan produk. Pada dasarnya analisis penjualan bertujuan supaya dapat memperoleh keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaat analisis penjualan yang harus kamu ketahui:

  1. Meningkatkan penjualan

Salah satu manfaat dari melakukan analisis penjualan adalah meningkatkan penjualan

Melakukan analisis penjualan memiliki manfaat untuk meningkatkan penjualan produk. Selain itu, analisis ini juga berguna untuk memberikan insight market kepada perusahaan dan klien yang bagus sebagai peluang untuk pertumbuhan. 


Dengan melakukan analisis penjualan, perusahaan juga dapat mengetahui mengenai produk yang laris manis dan yang tidak sehingga dapat menentukan strategi penjualan yang lebih baik kedepannya. 

  1. Meningkatkan kinerja

Dengan adanya analisis penjualan maka perusahaan dapat dengan mudah untuk melihat kinerja tim

Melakukan analisis terhadap data penjualan juga berguna untuk membantu mengurangi masalah dalam melakukan proses penjualan perusahaan. Kamu dapat melacak data seperti kemajuan training atau kegiatan penjualan sehingga dapat membantu untuk menentukan seberapa baik kinerja tim dalam proses penjualan.


Dengan melakukan analisis penjualan, kamu dapat melihat informasi data penjualan yang berguna untuk meningkatkan siklus penjualan perusahaan agar memperoleh keuntungan yang optimal. Hal ini juga dapat membantu untuk menentukan nilai perkiraan yang lebih akurat sehingga kuota dan target akan lebih sesuai dan relevan.

  1. Mempersiapkan skala penjualan

Dengan melakukan analisis penjualan maka kamu dapat mempersiapkan skala penjualan

Dengan terus memantau metrik penjualan, maka dapat membantu kamu saat tiba waktunya untuk menambah tim. Melakukan analisis terhadap data penjualan dapat memperkuat serta meningkatkan proses penjualan. Dengan demikian, kamu juga dapat meningkatkan skala tim penjualan dengan baik.


Selain itu, dengan melaporkan data penjualan dan mengkomunikasikan secara internal akan membantu pengambilan keputusan bisnis antar departemen. Hal ini akan membantu perusahaan untuk dapat membuat keputusan yang baik bagi perusahaan untuk kedepannya. 

  1. Memahami konsumen

Salah satu keuntungan dari analisis penjualan adalah dapat memahami konsumen dengan baik

Dengan melakukan analisis penjualan, perusahaan juga dapat memahami perilaku atau aktivitas konsumen. Perusahaan dapat melihat produk atau pelayanan apa yang banyak disukai oleh konsumen.


Kamu juga dapat melihat sales pipeline serta melakukan review terhadap berapa banyak konsumen yang bisa diraih dan konversi. Selain itu, kamu juga dapat menemukan konsumen yang paling profitable bagi bisnis kamu. Kamu dapat melayani konsumen lebih optimal sehingga dapat membangun hubungan yang baik dengan konsumen.

  1. Mengetahui trend pasar

Kamu juga akan mengetahui trend pasar terbaru dengan adanya analisis penjualan

Analisis penjualan juga berguna untuk mengetahui tren apa yang sedang ramai di pasaran sehingga dapat mudah untuk menerapkan strategi penjualan produk. 


Kamu akan mudah untuk memahami sekaligus melakukan identifikasi pada berbagai kesempatan yang dapat dilakukan terhadap tren tersebut. Terlebih, jika kamu perusahaan ingin meluncurkan produk baru sehingga kamu dapat mengetahui seberapa banyak konsumen yang akan menerima produk tersebut.


Dengan memanfaatkan tren yang berlaku, kamu dapat merancang marketing campaign sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan.

  1. Jangkauan pasar lebih luas

Untuk dapat memperluas jangkauan pasar, kamu dapat melakukan analisis penjualan

Analisis pasar juga berguna untuk memperluas jangkauan pasar. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas kamu dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan. Kamu juga lebih mudah untuk menerapkan strategi yang tepat kedepannya sehingga dapat menggaet banyak konsumen baru. 


Agar penjualan bisnis dapat meningkat kamu perlu untuk melakukan analisis penjualan secara rutin supaya produk kamu dapat terus bersaing dengan kompetitor di pasaran. Dengan melakukan analisis penjualan, kamu dapat dengan mudah untuk memahami keadaan pasar sehingga membantu dalam menerapkan strategi penjualan yang tepat untuk kedepannya. 

Sumber:

  • https://www.jurnal.id/id/blog/2017-5-cara-mudah-mengelola-persediaan-barang-dalam-bisnis/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo