Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Tips dan Trik Cara Menjadi Youtuber Indonesia

    Tips dan Trik Cara Menjadi Youtuber Indonesia

    Cara menjadi Youtuber tidak bisa dilakukan dengan instan.

    Bagaimana cara menjadi Youtuber mungkin adalah pertanyaan yang sering kamu temukan akhir-akhir ini. Pertanyaan ini muncul seiring dengan pemahaman banyak orang bahwa menjadi Youtuber bisa mendapatkan penghasilan dengan nominal yang sangat tinggi.

    Ada banyak Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia yang sudah membuktikan bahwa mereka bisa menghasilkan pemasukan dengan angka yang luar biasa, bisa membeli rumah, mobil, barang-barang mewah lainnya, hanya dari uang yang mereka dapatkan dari aktivitas channel Youtube. 

    Menjadi seorang Youtuber bisa berawal dari banyak hal. Ada orang yang mulanya iseng membuat channel di Youtube, mengunggah beberapa video yang kemudian viral dan ditonton banyak orang, lalu merasakan banyak keuntungan dari hal tersebut. 

    Ada juga yang memang sejak awal sudah berniat untuk menjadi seorang Youtuber dengan melakukan berbagai persiapan jadi Youtuber dengan optimal dan sebaik-baiknya. Memikirkan konsep konten, membeli atau mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, merekam video dengan kualitas yang baik, dan sebagainya. 

    Namun, ternyata tidak sedikit juga orang yang memanfaatkan status sosial mereka untuk kemudian menjadi Youtuber dengan membuat channel khusus. Ada artis, public figure, politikus, penyanyi, musisi, sampai dengan orang-orang yang bertugas di pemerintahan, akhirnya memilih untuk menjadi Youtuber dengan berbagai alasan.

    Alasannya memang macam-macam, ada politikus atau orang pemerintahan yang bilang bahwa dengan channel Youtube maka akan bisa meningkatkan interaksi dengan warga masyarakat, ada juga artis atau public figure yang ingin lebih merasa dekat dengan penggemarnya melalui beberapa video kehidupan sehari-hari mereka. 

    Setuju atau tidak, mendapatkan keuntungan dari penayangan video di Youtube bisa jadi salah satu alasan mereka menjadi seorang Youtuber. 

    Definisi Youtuber

    Sebenarnya, Youtuber adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang sering menggunakan platform Youtube dalam kesehariannya walau hanya sebagai penonton. Namun, seiring berjalannya waktu, Youtuber dimaknai sebagai seseorang yang membuat konten berupa video, mengunggahnya di platform Youtube, dan mendapatkan banyak views. Jadi bukan hanya sebagai penonton. 

    Youtube sendiri merupakan salah satu platform media sosial yang khusus memberikan tayangan berbagai macam video dari para penggunanya di seluruh dunia untuk bisa kamu nikmati hanya bermodalkan jaringan internet. 

    Channel yang ada di Youtube sangat beragam, secara otomatis jika kamu ingin menjadi seorang Youtuber Indonesia, ada banyak bidang yang bisa kamu explore lebih jauh lagi untuk digunakan sebagai topik konten. Kemudahan untuk mengunggah konten ini bisa dinikmati oleh para penggunanya, karena Youtube memang memberikan fitur user generated content (UGC) yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat konten dan video sendiri. 

    Youtuber sudah bisa disebut sebagai sebuah profesi karena memang ada banyak pekerjaan atau sesuatu yang harus dilakukan sebelum menghasilkan sebuah video yang menarik. Dari video-video tersebut, ada bayaran dalam jumlah fantastis yang bisa kamu dapatkan. 

    Selain dari total views video, penghasilan seorang Youtuber bisa didapatkan dari hal lain. Pertama, dari iklan yang tayang di awal, sela-sela, dan akhir video. Kedua, dari endorsement produk yang ditawarkan oleh pihak lain kepada para Youtuber untuk dipromosikan. 

    Lantaran itulah, Youtuber juga bisa bisa diartikan sebagai seorang atau sekelompok orang yang membuat, memproduksi, menayangkan konten dalam bentuk video, dan mencari subscribers untuk mendapatkan banyak keuntungan.

    Jika diartikan dari segi bahasa, subscriber adalah pelanggan. Pada Youtube, subscriber adalah pengguna Youtube yang memilih untuk berlangganan pada channel yang kamu buat dengan harapan dapat terus melihat berbagai konten yang kamu unggah. Saat kamu mengunggah video baru, para subscriber ini akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan melalui akun Youtube mereka dan juga melalui email. 

    Kategori Youtuber

    Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak hal yang bisa menjadi referensi kamu dalam membuat sebuah konten video di Youtube. Bisa dibilang bahwa hal ini tidak terbatas. Namun, jika dilihat dari perkembangannya, ada beberapa kategori Youtuber yang akhir-akhir ini semakin digemari dan mendapatkan banyak views serta subscribers

    Jika disimpulkan, berikut beberapa kategori Youtuber tersebut.

    1. Way dan Style

    Kategori Youtuber pertama adalah yang membuat konten video berisikan way (cara) dan juga style (gaya). Cara bisa dicontohkan dalam cara berdandan, cara memperbaiki sesuatu, cara merawat sesuatu (tanaman atau hewan), cara membuat atau memproduksi sesuatu (berhubungan dengan kreativitas, sampai dengan cara memasak. 

    Sementara gaya bisa dicontohkan pada video yang berisikan konten gaya busana, gaya hijab, gaya desain rumah, gaya mendidik anak (parenting), dan sebagainya. 

    2. Pendidikan (Education) 

    Untuk membuat video yang mengkhususkan pada pendidikan memang tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan latar belakang dalam pendidikan akademis dalam hal ini. 

    Jika kamu tertarik untuk membuat konten dengan jenis ini namun tidak memiliki latar belakang di bidang pendidikan, sebaiknya kamu harus belajar lagi mengenai segala sesuatunya.

    3. Musik

    Ada banyak musisi atau penyanyi yang membuat konten video berisikan tayangan mereka sedang melakukan cover lagu atau jamming session bersama musisi lainnya. 

    Channel seperti ini biasanya memang banyak digemari, dan bukan hanya penyanyi atau musisi profesional yang melakukan hal ini, ada banyak juga musisi dan penyanyi amatir yang juga ikut berkreasi. 

    4. Komedi

    Banyak komedian muda hadir dari channel Youtube. Mulai dari yang biasa tampil sendiri, sampai performa grup. Kalau kamu merasa berbakat dalam melucu, kategori Youtuber ini bisa kamu coba. 

    5. Gaming

    Kategori Youtuber gaming sedang sangat digemari oleh anak muda yang memang suka bermain game. Bukan hanya game online, channel-channel seperti ini juga membahas game yang dimainkan secara offline.

    Bahkan ada beberapa Youtuber yang melangsungkan livestream agar bisa bermain bersama dengan para subscriber-nya. 

    6. Pets and Animals

    Ada banyak juga Youtuber yang memfokuskan channelnya pada hewan peliharaan. Mulai dari cara merawat, memberi makan stray animals, sampai dengan video-video edukatif mengenai segala hal yang berhubungan dengan hewan. Jenis video ini juga memiliki banyak peminat.

    7. Otomotif

    Bagi pecinta otomotif, kategori Youtuber yang menghadirkan konten berisi hak yang berhubungan dengan otomotif pastinya akan sangat menarik perhatian. Ulasan kendaraan keluaran terbaru, cara merawat mesin kendaraan, dan sebagainya merupakan tontonan yang memiliki jutaan pengunjung.

    Ada banyak kategori Youtuber yang bisa kamu coba.

    Persiapan Jadi Youtuber

    Selain sudah memikirkan ide konten, ada beberapa hal lain yang perlu kamu lakukan dalam tahap persiapan jadi Youtuber, yaitu:

    Pergunakan bahan dan alat seadanya

    Jangan memaksakan diri untuk membeli peralatan dan bahan yang mahal jika kamu memang belum mampu untuk menyediakannya. Menggunakan bahan dan alat sederhana yang ada di sekitar, bisa lebih memancing daya kreativitas kamu dalam membuat sebuah video.

    Manfaatkan Fitur di Handphone

    Jika memang kamu belum bisa membeli kamera yang memiliki kualitas canggih, manfaatkan saja fitur yang ada di handphone pribadimu. Mulai dari penggunaan kamera, sound, sampai dengan proses editing video sebenarnya bisa kamu lakukan dengan handphone. 

    Cari Pencahayaan yang Bagus

    Lighting atau pencahayaan yang bagus bukan hanya berasal dari set lampu yang mahal, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari di daerah dan waktu-waktu tertentu. 

    Kuasai Video Editing

    Video editing adalah unsur penting yang perlu kamu kuasai dalam persiapan jadi Youtuber. Apalagi jika kamu belum bisa membayar jasa video editor atau memiliki tim yang bisa melakukan hal ini untuk mendukung kontenmu. 

    Jangan Berhenti Kreatif

    Terdengar klise ya? Namun hal ini memang merupakan kunci utama para Youtuber untuk terus menghasilkan konten kreatif yang menarik untuk ditonton. 

    Baca Juga: Kreativitas dan Inovasi dalam Memenuhi Kebutuhan Pasar

    Sumber Penghasilan Youtuber

    Selain untuk menyalurkan ide-ide kreatif dan belajar membuat konten video yang menarik, mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang pun bisa didapatkan dengan cara menjadi Youtuber yang banyak digemari dan memiliki banyak subscriber.

    Namun, sebenarnya dari mana sih sumber penghasilan seorang Youtuber itu?

    Youtube Ads

    Pemilik channel Youtube mendapatkan penghasilan utamanya dari Adsense. Meskipun bukan sumber yang paling besar pendapatannya, namun Youtube Ads sangat berpengaruh pada jumlah pemasukan seorang Youtuber. Cara kerjanya adalah Youtube memberikan komisi dari iklan-iklan yang tayang di channel seorang Youtuber. 

    Sponsorship

    Ada beberapa perusahaan yang biasanya menawarkan kerjasama dengan para Youtuber untuk membantu promosi atau memasarkan produk mereka. Rate masing-masing Youtuber tentu tidak sama. Umumnya mereka menawarkan tarif per 1000 penonton. 

    Bisa dibilang Youtube sponsorship ini adalah sumber penghasilan yang paling diharapkan oleh para Youtuber karena jumlah angkanya memang sangat menggiurkan. 

    Endorsement

    Tadi sudah sempat dibahas secara sekilas mengenai endorsement ini. Intinya, ada pihak yang butuh bantuan dari para Youtuber untuk memasarkan dan meningkatkan jumlah penjualan produk mereka, 

    Berbeda dengan sponsorship, kebijakan dalam kerjasama endorsement biasanya lebih lunak. Pihak pemilik produk bisa menawarkan bayaran berupa uang atau produk untuk Youtuber yang mau di-endorse oleh mereka. 

    Baca Juga: Endorse: Pengertian, Manfaat, dan Kerugiannya

    Affiliate Marketing

    Jika suatu saat kamu melihat seorang Youtuber sedang melakukan ulasan terhadap suatu produk di video mereka, bisa jadi itu adalah bentuk Youtube affiliate marketing. Sebelum menyetujui kesepakatan affiliate marketing, Youtuber perlu memastikan beberapa hal terkait dengan penayangan iklannya bersama dengan pihak Youtube. 

    Saat kesepakatan sudah tercapai, maka Youtuber sudah bisa mulai membuat video promosi melalui iklan di channel milik mereka. 

    Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Untuk Menjangkau Anak Muda

    Mengenal Para Youtuber

    Ada banyak Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia, namun tidak sedikit pula Youtuber Indonesia yang sudah meraih kesuksesan dari proses pembuatan konten ini. Siapa saja mereka?

    1. 1. PewDiePie

      PewDiePie yang mempunyai nama asli Felix Kjellberg hadir dari kategori Youtuber gaming yang saat ini menjadi Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia. Jumlah subscribernya sudah mencapai di angka 110 juta.

    2. 2. JuegaGerman

      JuegaGerman yang dikenal dengan nama HolaSoyGerman adalah Youtuber berikutnya dengan angka subscriber tertinggi di dunia. Jerman memiliki channel yang berisi konten komedi. Jerman berasal dari Chilli dan memiliki subscriber sebanyak 44,1 juta.

    3. Whindersson Nunes

      Whindersson Nunes adalah seorang Youtuber dengan konten-konten komedi dan musik yang berasal dari Brazil. Jumlah subscribernya menyentuh angka 43 juta.

    4. Fernanfloo

      Luis Fernando Flores Alvarado, yang dikenal sebagai Fernanfloo, adalah seorang Youtuber dan Twitcher Salvador. Fernan berbahasa Spanyol dalam setiap konten videonya, namun subscribernya yang berjumlah 43,2 juta itu bisa dipastikan berasal dari hampir seluruh bagian dunia.

    5. Felipe Nato

      Felipe Nato berada di posisi kelima sebagai Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia. Konten yang diunggah oleh Felipe berisi tentang selebritis, film, dan juga gameplay.

    Bila itu tadi adalah 5 besar Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia, apakah ada Youtuber Indonesia yang juga meraih angka besar dalam jumlah subscriber atau bahkan menyandang gelar sebagai Youtuber terkaya di Indonesia?

    1. Deddy Corbuzier

      Dilansir dari data Social Blade dan jedadulu.com, pada bulan September 2021, Deddy Corbuzier, menjadi Youtuber Indonesia dengan perkiraan penghasilan tertinggi, yakni berkisar antara 28.200 dolar AS hingga 451.100 dolar AS atau setara Rp 408,9 juta sampai Rp 6,54 miliar per bulan.

      Secara otomatis menempatkan dirinya sebagai Youtuber terkaya di Indonesia saat ini, dengan jumlah subscriber mencapai 15,3 juta.

    2. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Rans Entertainment)

      Di posisi kedua, ada pasangan suami istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang pendapatannya per bulan dari channel Youtube diperkirakan mencapai angka 23.400 dolar AS-374.600 dolar AS (setara Rp 339,3 juta-Rp 5,43 miliar). Sebuah angka yang luar biasa, ya.

      Dengan konten daily life yang sering mereka unggah, Raffi dan Nagita bisa mendapatkan subscriber sampai 21,2 juta.

    3. Baim Wong dan Paula Verhoeven

      Jumlah subscriber dari channel Youtube Baim Paula hampir menyentuh angka 20 juta, dengan proyeksi pendapatan sekitar 24.400 dolar AS-230.700 dolar AS (setara Rp 208,8 juta-Rp 3,35 miliar) per bulan.

    4. Atta Halilintar

      Penggambaran pendapatan Atta Halilintar per bulannya kurang lebih sebesar 9.700 dolar AS-154.700 dolar AS (setara Rp 140,65 juta-Rp 2,24 miliar). Dengan subscriber berjumlah 27,8 juta.

      Atta juga memanfaatkan statusnya sebagai salah satu Youtuber terkaya di Indonesia untuk mengeluarkan produk dengan brand miliknya sendiri yang juga disambut baik oleh masyarakat.

    5. Ria Ricis

      Memulai channel Youtube-nya sejak nol, Ria Ricis kini masuk dalam jajaran 5 besar Youtuber terkaya di Indonesia, dengan penghasilan per bulan sekitar 8.300 dolar AS-133.400 dolar AS (setara Rp 120,35 juta-Rp 1,93 miliar). Saat ini, Ria Ricis memiliki subscriber sebanyak 26, 2 juta.

    Baca Juga: Inilah Inspirasi Konten Marketing Campaign yang Berhasil!

    Cara Menaikkan Intensitas Viewers dan Subscriber

    Kenali Pasar dan Audiens

    Sama seperti bisnis, hal pertama yang harus kamu pahami saat memutuskan untuk menjadi Youtuber adalah mampu mengenali pasar dan audiens. Coba perhatikan data analytics video yang sudah kamu unggah untuk mengetahui data audiens, mulai dari gender, umur, hingga negara asalnya.

    Pastikan Konsep yang Menarik dan Bermanfaat

    Cara menjadi Youtuber yang sukses juga bisa dengan memastikan bahwa konsep konten yang kamu miliki mampu menarik lebih banyak viewers dan pastinya bermanfaat. Kalau bisa lakukan riset sebelum membuat konten tersebut, agar nantinya audiens bisa merasakan manfaat dari video kamu. Dengan begitu, mereka akan dengan senang hati membagikan video kamu ke platform lainnya, yang secara otomatis berpengaruh pada engagement. 

    Membuat Judul yang Menarik

    Selain konten yang menarik, hal pertama yang biasanya dilihat oleh para audiens adalah judul video. Karena itulah, usahakan untuk terus membuat judul yang menarik dan memuat kesimpulan dari konten video tersebut.

    Jangan sampai clickbait, atau judul yang kamu buat ternyata tidak sesuai dengan isi video. Hal ini akan membuat audiens kecewa dan akan berpikir ulang untuk kembali menonton video yang kamu unggah.

    Atur Jadwal Mengunggah Video

    Menurut beberapa sumber, hari Senin sampai Rabu mulai pukul dua hingga empat sore adalah waktu yang baik untuk mengunggah video di Youtube. Selain itu, pada hari Kamis dan Jumat sekitar jam dua belas siang sampai tiga sore juga merupakan momen yang cocok untuk mendapatkan engagement yang tinggi.

    Satu hal yang perlu diingat bahwa video yang diunggah secara rutin dan konsisten akan lebih disukai oleh para audiens. Mereka tidak suka jika harus lama menunggu konten berikutnya, namun juga kurang suka dan gampang bosan kalau kamu mengunggah videomu setiap hari secara terus menerus. 

    Jadi, aturlah waktu mengunggah dengan sebaik mungkin. Utamakan konsistensi dan kualitas konten video, karena jika sering mengunggah video tapi ternyata kontennya tidak berkualitas, jangan heran bila engagement akan menurun. 

    Baca Juga: Perlukah Memasang Iklan Digital di Tahun 2020?

    Penutup

    Jika dulu julukan Youtuber digunakan untuk menyebut semua pengguna platform Youtube, sekarang istilah ini lebih dikhususkan kepada individu atau sekelompok orang yang membuat dan menayangkan video di Youtube dengan tujuan mendapatkan penghasilan dan juga mencari banyak subscriber.

    Subscriber yang dimaksud di sini adalah orang-orang yang dengan sukarela berlangganan channel Youtube seorang Youtuber karena menyukai kontennya, dengan harapan dapat menyaksikan lebih banyak lagi konten serupa. Saat video terbaru hadiri, biasanya mereka akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan melalui akun Youtube atau email.

    Ada banyak cara menjadi Youtuber yang bisa kamu lakukan. Namun, yang pertama dan paling utama tentu saja adalah dengan memastikan dan menentukan konten yang sesuai dengan minat dan bidang yang kamu kuasai. Usahakan untuk tidak membuat konten di bidang yang sama sekali belum kamu kenal.

    Selain itu, ada berbagai persiapan jadi Youtuber yang juga mesti dilakukan. Mulai dari menyiapkan alat dan bahan sampai mengatur dan mengelola proses editing video. Jika kamu belum memiliki tim khusus untuk hal ini, kamu perlu melakukannya seorang diri. 

    Menjadi seorang Youtuber sama dengan menjadi seorang pebisnis. Paling tidak, ada beberapa hal yang mirip dan penting untuk dikelola dalam dua hal ini. Apalagi jika kamu sudah mendapatkan banyak subscriber dan tawaran kerjasama baik dari sponsorship atau endorsement. 

    Atur dan kelola jam kerja dengan baik, terus gali ide-ide kreatif, pahami kapan waktu terbaik untuk mengunggah video, dan sebagainya. Tidak ada yang instan dalam hidup ini, termasuk dalam mencari penghasilan dari channel Youtube. 

    Para Youtuber terkaya di Indonesia sudah membuktikan bahwa dengan pengelolaan keuangan yang baik, untuk menjadi kaya dari profesi Youtuber itu bukanlah hal yang mustahil. Ditambah lagi, kamu juga bisa ikut mempromosikan produk hasil buatanmu sendiri di channel milik kamu. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. 

    Untuk hal ini, berlangganan aplikasi keuangan seperti majoo adalah solusi terbaik untuk membantu kamu dalam pengelolaan keuangan bisnis. Kamu tidak pernah tahu kan bahwa suatu hari bisa saja produk yang kamu tawarkan melalui channel Youtube akan menjadi produk besar yang banyak digemari dan dicari oleh para konsumen. Karena itu, lebih baik persiapkan segalanya sejak awal agar tidak kewalahan nantinya. 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.