Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Endorse: Pengertian, Manfaat, dan Kerugiannya

    Endorse: Pengertian, Manfaat, dan Kerugiannya

    Mempromosikan produk make up dengan endorsement melalui media sosial.

    Tidak hanya menjadi sarana komunikasi, perkembangan media sosial saat ini memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, salah satunya sebagai platform kampanye sosial. Di sisi lain, media sosial juga dapat menjadi wadah promosi bagi para entrepreneur untuk menawarkan berbagai macam barang atau jasa. Saat ini, rasanya tidak heran jika istilah endorsement menjadi begitu akrab di telinga.

    Biasanya, istilah endorsement digunakan ketika ada salah satu public figure yang menawarkan suatu barang atau jasa dengan menambahkan testimoni yang bersifat positif. Hal ini sengaja dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang barang atau jasa tersebut serta sebagai media promosi untuk menarik calon konsumen. Dalam hal ini, public figure tersebut tentu telah bekerja sama dengan produsen atau perusahaan yang memproduksi barang atau memberikan layanan jasa yang ditawarkan.

    Dengan demikian, barang atau jasa yang ditawarkan dapat diulas dengan baik untuk meningkatkan pembelian. Lantas, apa itu endorse? Apa saja yang diperlukan dalam persiapan endorsement? Bagaimana cara memilih endorsement? Apa saja keuntungan endorse yang bisa didapatkan? Jangan ke mana-mana, simak artikel ini selengkapnya untuk menjawab pertanyaan tersebut dan mendapatkan informasi seputar endorse adalah.

    Endorsement adalah…

    Endorse adalah istilah populer dalam pemasaran di media sosial yang praktiknya disebut dengan istilah endorsement. Dalam bahasa Inggris, endorse memiliki arti dukungan atau pengesahan. Lantas, apa itu endorse? Dikutip dari The Economic Times, endorsement atau arti endorse adalah bentuk iklan atau promosi yang dilakukan atau dipromosikan oleh public figure atau selebriti yang memiliki pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, dan sebagainya dari banyak orang.

    Di era media sosial seperti saat ini, makna public figure atau selebriti menjadi lebih luas, mencakup orang-orang yang populer di media sosial yang disebut dengan selebgram. Para selebgram tersebut dianggap terkenal karena memiliki pengikut atau follower yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan. Dalam dunia marketing, endorsement adalah bentuk promosi sebuah barang atau jasa melalui media sosial. Promosi dengan menggunakan endorsement ini dapat dilakukan dengan sistem berbayar maupun tidak berbayar sesuai dengan kesepakatan.

    Endorsement juga dapat diartikan sebagai pengakuan oleh seseorang yang mengiklankan produk tersebut. Jika seorang public figure atau selebriti menggunakan dan menyukai produk yang diiklankan, hal tersebut diharapkan dapat mempengaruhi orang lain (calon konsumen) untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Perlu diketahui, iklan endorse adalah strategi yang terbilang baru dalam beberapa tahun terakhir. Produk yang berhasil dipromosikan melalui strategi endorse biasanya adalah barang atau jasa yang berkaitan dengan gaya hidup.

    Hal ini disebabkan oleh pengikut (follower) dari selebgram yang cenderung mengikuti sikap dan perilaku dari sosok yang menjadi panutannya tersebut. Selain itu, produk yang diiklankan dengan menggunakan sistem endorsement selebgram juga lebih terukur. Sebagai contoh, untuk endorsement produk make up, selebgram wanita yang jumlah pengikutnya sebagian besar perempuan tentu akan menjadi pilihan.

    Dari pengertian endorsement tadi, bisa disimpulkan bahwa tujuan endorsement adalah untuk mentransfer nilai-nilai yang dimiliki oleh para selebriti kepada brand. Dengan dukungan tersebut, perusahaan berharap dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian.

    Jenis-jenis Endorsement

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, terdapat dua macam endorsement, yaitu endorsement berbayar dan endorsement tidak berbayar. Simak informasi selengkapnya di bawah ini:

    Endorsement berbayar

    Endorsement berbayar adalah jenis endorsement yang memerlukan uang dan kontrak eksklusif untuk melakukan perjanjian dengan public figure yang ditunjuk dalam rangka mengiklankan barang atau jasa tersebut. Kontrak eksklusif yang dimaksudkan berisi tentang hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh untuk public figure dan brand. Dalam prosesnya, public figure akan dibayar dengan sejumlah uang sesuai perjanjian, kemudian dikirimi produk barang dan jasa yang akan ditawarkan untuk dicoba terlebih dulu.

    Endorsement tidak berbayar

    Endorsement tidak berbayar adalah jenis endorsement yang dilakukan tanpa membayar jasa pengiklan. Dalam prosesnya, brand akan mengirimkan sample produk kepada public figure yang bersangkutan agar barang atau jasa yang ditawarkan dapat dicoba terlebih dulu. Endorsement tidak berbayar dapat disebut dengan iklan gratis, sehingga tidak ada hak dan kewajiban khusus yang harus dipenuhi. Public figure yang bersangkutan dapat melakukan endorsement jika menyukai produknya dan bebas memberikan ulasan tanpa terikat dengan batas waktu.

    Baca Juga: Influencer: Jenis, Tugas, dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis

    Manfaat endorsement bagi margin penjualan

    Manfaat Endorsement

    Membangun awareness

    Manfaat endorsement yang pertama adalah untuk membangun awareness. Dengan endorsement, barang atau jasa yang ditawarkan akan dilihat, dikenal, dan dicari banyak orang. Setelah mendapatkan awareness, kamu bisa menjalankan strategi marketing berikutnya!

    Membangun kredibilitas

    Manfaat endorsement yang kedua adalah untuk membangun kredibilitas. Dengan endorsement, semakin banyak orang yang akan mempercayai dan memandang public figure yang mengiklankan produk tersebut. Public figure yang bersangkutan dapat menunjukkan kelebihan barang atau jasa yang ditawarkan dan membangun kepercayaan dengan brand serta calon konsumen.

    Membuat brand lebih menonjol

    Manfaat endorsement yang ketiga adalah untuk membuat brand lebih menonjol. Dalam endorsement, biasanya public figure mengiklankan barang atau jasa yang ditawarkan dengan membandingkan produk dengan pesaingnya, sehingga calon konsumen lebih mudah mengingat kelebihan produk yang digunakan public figure panutan mereka.

    Menjangkau pasar yang lebih luas

    Manfaat endorsement yang keempat adalah untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui endorsement, kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas semakin terbuka. Brand dapat memilih public figure yang diinginkan, terutama yang memiliki banyak follower.

    Menjadi pilihan terjangkau untuk mengiklankan produk

    Manfaat endorsement yang kelima adalah menjadi pilihan terjangkau untuk mengiklankan produk. Sebab, siapa bilang endorsement memerlukan banyak? Tidak selalu demikian, ada kalanya endorsement dilakukan dengan biaya seadanya atau bahkan gratis. Beberapa orang yang baru merintis karier sebagai public figure biasanya membuka jasa endorsement dengan biaya yang lebih terjangkau atau cuma-cuma untuk mengiklankan produk yang mereka sukai.

    Baca Juga: Solusi Meningkatkan Brand Awareness melalui Konten Instagram

    Kerugian Endorsement

    Terlihat memiliki banyak manfaat, nyatanya endorsement juga memiliki beberapa kerugian yang terkadang tidak bisa dihindari seperti berikut ini:

    Rugi setelah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit

    Untuk melakukan endorsement, brand akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, khususnya jika menggunakan jasa public figure terkenal dengan jumlah follower yang mencengangkan. Akan tetapi, walau sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, hasil kerja sama tersebut bisa saja tidak berjalan sesuai dengan keinginan.

    Membayangi produk

    Seorang public figure tidak hanya mengiklankan satu produk, sehingga mungkin saja membayangi produk dari brand tersebut. Sebab, tidak sedikit orang yang beranggapan jika public figure tersebut mengaitkan satu produk dan membandingkannya dengan produk dari brand lain.

    Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Public Figure untuk Endorsement

    Agar biaya yang sudah dikeluarkan untuk endorsement tidak sia-sia, perhatikan beberapa hal dalam memilih public figure berikut ini:

    1. Jumlah follower

    Banyak follower belum tentu tepat sasaran, tetapi public figure yang follower-nya sedikit jelas juga bukan jawaban. Faktanya, kamu harus tepat dalam melihat jumlah follower dari public figure yang dipilih, sebab follower sedikit justru bisa saja memiliki harga yang lebih mahal karena menjanjikan penjualan yang lebih besar.

    2. Engagement rate

    Semakin besar engagement rate sebuah akun public figure, semakin tinggi pula nilai yang ditawarkannya. Angka ini juga dapat membuktikan bahwa follower yang dimiliki oleh akun tersebut asli atau palsu. Engagement rate juga dapat memberikan data berapa banyak sebuah post dilihat.

    Akan tetapi, dalam endorsement, besarnya jumlah follower tidak menjadi jaminan lebih efektif dibanding public figure dengan jumlah follower yang lebih sedikit. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan iklan endorsement, salah satunya adalah seberapa dekat public figure tersebut dengan follower-nya. Oleh sebab itu, tolak ukur keberhasilan dalam endorsement adalah engagement rate.

    Engagement rate adalah nilai persentase antara jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial. Semakin tinggi nilai engagement rate, semakin besar peluang keberhasilan endorsement yang dilakukan. Angka engagement juga dapat menyeleksi jumlah pengikut palsu (fake account).

    3. Persona

    Selain jumlah follower dan engagement rate, persona yang ditampilkan oleh public figure yang dipilih juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Akan lebih baik lagi, jika kamu juga memilih sosok yang identik dengan produk yang dipakai. Sebagai contoh, kamu memilih make up artist untuk mengiklankan produk kosmetik, koki terkenal untuk mengiklankan produk peralatan memasak, dsb. Dengan demikian, brand story yang ingin dibangun dapat sampai tepat sasaran.

    4. Budget

    Dalam menjalankan strategi pemasaran, budget juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Awali dengan memilih public figure sesuai dengan budget yang tersedia. Selanjutnya, tingkatkan budget dengan memilih public figure yang memiliki lebih banyak follower.

    Baca Juga: Menyesuaikan Konten Instagram Bisnis untuk Pelanggan

    Cara Mendapatkan Endorsement

    Mendapatkan endorsement memang bukan hal yang mudah, gaes! Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan secara konsisten agar pihak produk tertarik untuk meng-endorse kamu. 

    Beberapa hal yang perlu kamu lakukan, antara lain:

    • Membuat akun dengan konten menarik
    • Mengunggah konten secara konsisten
    • Membangun interaksi yang baik dengan follower
    • Memberikan unggahan bermanfaat
    • Optimalkan IG story
    • Gunakan fitur tags
    • Buat daftar endorse di Instagram

    Cara Endorsement ke Selebgram

    Setelah mengetahui hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan endorsement dengan pihak selebgram, jangan lupa untuk melakukan cara endorsement yang benar agar tidak sampai mengalami kerugian.  

    • Jangan sembarangan menentukan endorsement
    • Melihat profil selebgram
    • Sesuaikan budget yang kamu punya
    • Memastikan audiens selebgram tepat dengan produk kamu
    • Bandingkan dengan selebgram lain
    • Memperhatikan konsep dan hasil konten yang dibuat

    Rangkuman

    1. Gimana caranya biar dapet endorse?

    • Membuat akun dengan konten menarik
    • Mengunggah konten secara konsisten
    • Membangun interaksi yang baik dengan follower
    • Memberikan unggahan bermanfaat
    • Optimalkan IG story
    • Gunakan fitur tags
    • Buat daftar endorse di Instagram

    2. Bagaimana cara endorse ke selebgram?

    • Jangan sembarangan menentukan endorsement
    • Melihat profil selebgram
    • Sesuaikan budget yang kamu punya
    • Memastikan audiens selebgram tepat dengan produk kamu
    • Bandingkan dengan selebgram lain
    • Memperhatikan konsep dan hasil konten yang dibuat

    3. Apa tujuan endorse?

    Tujuan endorsement adalah untuk mentransfer nilai-nilai yang dimiliki oleh para selebriti kepada brand. Dengan dukungan tersebut, perusahaan berharap dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian.

    Penutup

    Dukungan endorsement sangat berpengaruh pada pengguna media sosial. Dengan melihat public figure yang kita sukai mendukung suatu produk, cenderung membuat kita membeli produk tersebut. Demikian pengertian mengenai endorse adalah, keuntungan endorse yang dirangkum dalam manfaat endorsement, cara memilih endorsement, persiapan endorsement, juga beberapa keyword yang berhubungan dengan endorsement, seperti apa itu endorse, endorse artinya, arti endorse adalah, dan endorsement adalah yang sudah dibahas di artikel ini.

    Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menjadi Youtuber Indonesia

    Jika kamu tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut informasi yang berkaitan dengan endorsement, bisnis, dan ekonomi secara umum, baca artikel lainnya di sini. Jangan ragu untuk memulai langkahmu sebagai pemilik bisnis dengan mengembangkan perusahaanmu. Manfaatkan berbagai fitur dari majoo yang selalu setia menemani. Yuk, berlangganan sekarang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.