Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis

    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis

    Bagi bisnis, cloud computing adalah contoh transformasi bisnis ke arah digital.

    Hadirnya cloud computing adalah suatu hal yang dinilai mampu mendatangkan banyak manfaat, bukan hanya bagi kepentingan pribadi, namun juga bagi perkembangan bisnis. Teknologi yang dihadirkan dalam cloud computing dipercayakan akan mampu mengubah cara kerja sistem teknologi informasi dalam operasional perusahaan. 

    Kenapa bisa begitu? Karena dengan adanya cloud computing, proses pengaksesan data dan aplikasi bisa dilakukan kapan dan di mana saja, bahkan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat mobile.

    Baca juga: Big Data adalah: Definisi, Konsep, dan Manfaat

    Cloud Computing adalah … 

    Cloud Computing adalah pengembangan teknologi komputer yang memanfaatkan layanan internet. Arti cloud adalah suatu pengelompokan banyak server di internet yang ada pada banyak tempat, sehingga bisa diakses di mana dan kapan saja. 

    Secara sederhana definisi cloud computing adalah metode penyampaian berbagai data yang efisien karena selalu bisa diakses selama perangkat yang terdaftar tersambung ke internet. Keberadaan cloud computing digunakan sebagai sebuah sarana dalam menjalankan sebuah aplikasi tambahan. 

    Disebut dengan istilah Cloud Computing karena data yang diolah bisa diakses secara remote di awan atau yang biasa disebut dengan ruang virtual. Komputasi Awan dinilai akan mampu mempermudah pengguna karena tidak harus mengunduh aplikasi pendukung untuk mengaksesnya. 

    Dalam buku Teknologi Cloud Computing, disebutkan bahwa sebenarnya gagasan cloud computing sudah ada sejak tahun 1960-an. Dimulai dengan kemunculan ARPANET yang merupakan pendahulu internet yang didirikan oleh Joseph Carl Robnett Licklider.

    Pada tahun 1995, Larry Ellison pendiri Oracle, melakukan kampanye Network Computing dengan mengusulkan gagasan mengenai berbagai perangkat lunak yang saling terhubung. Komputer personal akan diganti dengan terminal yang terhubung ke server yang diperkirakan akan mampu memudahkan perangkat lunak untuk diakses oleh para penggunanya. 

    Tidak lama setelahnya, cloud computing muncul sebagai suatu terobosan baru. Aplikasi ini tidak tergantung sistem operasi seperti Windows, Linux, atau Mac OS. Pengguna dapat mengakses internet dan menjalankan program secara online. Contohnya saja email, kalender, dan pengelola data dari Google. 

    Jadi, bisa dibilang bahwa cloud computing adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk login ke internet yang tersambung ke program, lalu menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa perlu melakukan instalasi. Seluruh informasi data dari pengguna akan disimpan secara virtual melalui jaringan internet, kemudian perintah-perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima server aplikasi, kemudian data diproses dan akan disajikan kepada penggunanya. 

    Baca juga: 8 Jenis Digital Skill yang Dibutuhkan dalam Bisnis

    Cara Kerja Cloud Computing

    Cloud computing merupakan suatu kegiatan yang bekerja dengan cara menjadikan internet sebagai media atau jalur komunikasi utama dalam mengelola data atau menjalankan aplikasi tertentu. 

    • Hal pertama yang perlu dipastikan untuk memulai cloud computing adalah ketersediaan jaringan internet yang memadai, sehingga bisa meminimalisir risiko terputusnya jaringan.
    • Berikutnya, mulailah mengakses mengakses aplikasi atau website tempat data disimpan. Pengelolaan data, seperti menambah, mengurangi, atau mengubah data pada file akan dikerjakan secara otomatis oleh web server atau database server. 
    • Nantinya, setelah pengolahan data selesai, data akan tersimpan secara virtual, dan web server akan menampilkan data terbaru sesuai dengan perubahan yang sudah dilakukan. 
    • Proses pengolahan data, mulai dari login, membuka dan membuat dokumen baru, sampai dengan tersimpannya file di dalam database akun secara online inilah yang disebut dengan sistem cloud computing.

     

    Seperti apa penerapan cloud computing bagi bisnis?

    Contoh Layanan Cloud Computing 

    Beberapa contoh penerapan cloud computing yang cukup populer penggunaannya, yaitu:

    • Hybrid Cloud, merupakan teknologi yang memungkinkan terhubungnya aplikasi antar cloud. Selain itu hybrid cloud memungkinkan portabilitas data. 
    • Public Cloud, merupakan salah satu bentuk layanan umum yang bisa diakses secara bebas oleh publik. 
    • Private Cloud, merupakan layanan yang menyediakan proses pengelolaan dan operasi infrastruktur. Penggunaannya dikhususkan pada beberapa klien tertentu dengan dana dan skala besar. 
    • Community Cloud, merupakan layanan khusus untuk digunakan khusus untuk kepentingan dan kebutuhan tingkat keamanan kelompok atau organisasi. 

    Baca juga: 4 Platform Omnichannel Terbaik dalam Pengelolaan Bisnis

    Manfaat Cloud Computing

    Dari penjelasan mengenai pengertian dan cara kerja cloud computing tadi, bisa disimpulkan beberapa manfaat cloud computing adalah:

    Memberikan Penawaran Kemudahan Skalabilitas

    Cloud computing mampu memberikan penawaran peningkatan skalabilitas penyimpanan data yang lebih baik dan terorganisir dengan mudah. Jadi, saat kamu menggunakannya, hanya perlu memilih paket layanan dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan layanan yang selama ini sudah digunakan.

    Memberikan Kemudahan Akses Data

    Layanan cloud computing akan memungkinkan kamu untuk bisa menyimpan dan mengakses file secara online dengan mudah, tanpa perlu menggunakan tambahan perangkat lainnya. Jadi, file-file yang kamu butuhkan akan selalu tersedia asal terhubung dengan internet.

    Memudahkan Kolaborasi

    Layanan cloud computing adalah layanan yang memastikan adanya kemudahan kemudahan akses data dan kolaborasi para penggunanya dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

    Contohnya, saat kamu sedang mengerjakan data transaksi penjualan di Google Sheets, beberapa rekan atau partner bisnismu juga bisa membuat dan mengedit dokumen yang sama dari lokasi yang berbeda. 

    Kelebihan Cloud Computing 

    Kelebihan penggunaan cloud computing yang bisa dirasakan oleh para penggunanya, antara lain adalah:

    • Manajemen bisnis menjadi lebih mudah 
    • Biaya yang lebih murah 
    • Fitur pemulihan data (back up) yang sangat bermanfaat
    • Kemudahan akses di berbagai perangkat 
    • Ada fitur update kapasitas penyimpanan yang lebih besar 
    • Bisa digunakan untuk kolaborasi dan saling berbagi informasi 
    • Menyimpan dokumen atau mengetes aplikasi bisa dilakukan hanya dengan browser dan koneksi internet. 

    Kekurangan Cloud Computing 

    Sementara, beberapa kekurangan yang ternyata juga ditemukan pada metode cloud computing adalah:

    • Risiko adanya kebocoran data bagi perusahaan 
    • Untuk lebih menjamin keamanan penggunaan, penggunanya perlu menyewa jasa penyewaan cloud yang sudah bersertifikat resmi 
    • Kerja cloud computing sangat bergantung pada koneksi internet 

    Cloud Computing bagi Bisnis

    Semakin lama, semakin banyak perusahaan yang membangun model bisnis dengan menerapkan cloud computing. Salah satu alasannya adalah karena cloud computing dinilai sebagai sebuah solusi yang cukup inovatif di tengah maraknya persaingan bisnis. 

    Berbagai kemudahan yang didapatkan pengguna dari cloud computing, seperti meningkatnya produktivitas kerja, kemudahan akses tanpa perlu install beberapa aplikasi lain, menjadikan cloud computing semakin banyak memiliki penggemar.

    Sebagai pembanding, sebelum muncul cloud computing, kebanyakan pemilik bisnis menjalankan aplikasi atau program dari pemrograman yang sudah diunduh pada komputer atau server di perusahaan. Saat akhirnya cloud computing bagi bisnis mulai diterapkan, para pemilik bisnis atau perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan banyak dana untuk membangun Data Center sendiri.

    Baca juga: Konsep Bisnis yang Perlu Dipahami Pebisnis

    Beberapa manfaat cloud computing bagi bisnis, antara lain:

    Penggunaannya yang Fleksibel

    Cloud menawarkan fleksibilitas yang lebih besar bagi karyawan tau pemilik bisnis dalam menerapkan pekerjaan mereka sehari-hari. 

    Biaya yang Lebih Hemat

    Cloud computing adalah layanan yang akan sangat menghemat biaya IT perusahaan. Anda tidak pelu mengeluarkan biaya untuk membeli inventaris seperti infrastruktur atau hard disk dalam jumlah banyak. 

    Efisiensi Kolaborasi 

    Cloud computing bagi bisnis memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dan berbagi pekerjaan dengan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Dengan begitu, kolaborasi yang lebih baik antara karyawan bisa terjalin dan memungkinkan banyak pengguna untuk berbagi serta bekerja pada data serta dokumen yang sama di saat yang sama sekaligus.

    Kontrol Dokumen

    Sebelum ada layanan cloud computing, karyawan harus mengirimkan dokumen bolak-balik ke antar divisi sebagai lampiran email untuk diproses oleh klien dalam waktu bersamaan. Padahal, konsep seperti ini cukup memiliki risiko terjadinya kekacauan dokumen, format, atau hal lainnya. Cloud computing dapat meminimalisir terjadinya kekacauan tersebut.

    Menambah Daya Saing dalam Persaingan Bisnis

    Persaingan dalam bisnis yang semakin hari semakin ketat, mau tidak mau mendorong pemilik bisnis atau perusahaan untuk dapat lebih cepat menanggapi perubahan yang terjadi di pasar. Cloud computing menawarkan solusi yang dapat disesuaikan dan dapat memberikan banyak manfaat, dan tentunya bisa dimanfaatkan perusahaan untuk menjadi lebih gesit dalam menjalankan bisnis.

    Memastikan Keamanan

    Cloud computing adalah layanan yang bekerja dengan cara menyimpan informasi di server dan hardware yang tidak dikendalikan perusahaan secara langsung. Inilah yang bisa menjamin keamanan dari seluruh data informasi yang ada. 

    Cloud computing biasanya memerlukan firewall paling kuat, kredensial akses, dan protokol keamanan untuk memastikan klien atau penggunanya menjadi lebih nyaman dalam menyimpan informasi penting di server mereka. Datanya pun bisa disimpan di dalam repository pusat yang dikelola 24/7 oleh pakar keamanan.

    Sebagai Bentuk Inovasi Bisnis

    Cloud computing dapat menciptakan nilai yang sangat besar bagi bisnis. Dengan melakukan pengimplementasian cloud computing, artinya kamu juga harus mau dan berkomitmen untuk mengubah cara dalam bekerja. 

    Kenapa begitu? Karena adanya pergeseran dari aplikasi lokal ke aplikasi cloud pastinya membutuhkan beberapa perubahan, bukan hanya dalam kinerja tim bisnis, melainkan juga pada orientasi dan cara berpikir tentang pekerjaan mereka.

    Kesimpulan

    Komputasi awan atau yang sering disebut dengan cloud computing adalah pengembangan teknologi komputer yang memanfaatkan layanan internet. Arti cloud adalah suatu pengelompokan banyak server di internet yang ada pada banyak tempat, sehingga bisa diakses di mana dan kapan saja. 

    Bisa pula didefinisikan bahwa cloud computing adalah metode penyampaian berbagai data yang efisien karena selalu bisa diakses selama perangkat yang terdaftar tersambung ke internet. 

    Dalam dunia bisnis, cloud computing pun bisa dimanfaatkan dengan baik, karena memang ada cukup banyak kelebihan yang ada di dalamnya. Mulai dari meningkatkan kemampuan suatu bisnis dalam menghadapi perubahan di ruang lingkup pasar, memberikan penawaran pengawasan yang lebih baik, meningkatkan keamanan serta manajemen data, sampai dengan memungkinkan para pemilik bisnis dan karyawannya menyelesaikan kendala dengan baik.

    Cloud computing bagi bisnis bisa menjadi pilihan solutif bagi bisnis yang sedang kamu jalankan, karena juga termasuk sebagai salah satu bentuk dari transformasi bisnis menjadi serba digital. 

    Hadirnya teknologi digital dinilai dapat memberikan peluang terbangunnya wirausaha pada generasi muda. Sebagai generasi muda yang tanggap akan perkembangan teknologi, apakah kamu sudah menerapkan digitalisasi pada bisnis yang kamu jalankan? Apakah bisnismu sudah kamu pasangkan dengan aplikasi yang berbasis digital seperti majoo? Tertarik untuk mencoba karena memang manfaatnya cukup banyak? Yuk, coba sekarang!

    Referensi:

    1. https://katadata.co.id/intan/berita/63331bf5c39d2/cloud-computing-adalah-komputasi-awan-ini-contohnya

    2. https://blog.lintasarta.net/article/cloud-services/cloud-101-mengapa-cloud-computing-penting-bagi-bisnis

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!