Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Rekomendasi 17 Contoh Bisnis Ramah Lingkungan

    Beberapa rekomendasi bisnis ramah lingkungan.

    Tujuan utama dari membuka dan menjalankan bisnis pastinya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Namun, ada beberapa orang yang memilih untuk menjalankan bisnisnya dengan konsep sociopreneur, ada juga yang memilih untuk membuka contoh bisnis ramah lingkungan

    Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan bisnis ramah lingkungan? Bisnis ramah lingkungan atau yang disebut juga dengan bisnis industri hijau, dapat diartikan sebagai salah satu jenis bisnis yang menggunakan bahan berkelanjutan. Bisnis ini menggunakan bahan baku dan energi sehemat mungkin dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbon. Produk yang dihasilkan industri hijau juga dapat memanfaatkan bahan-bahan dengan cara terbarukan dan ramah lingkungan.

    Akhir-akhir ini semakin banyak konsumen yang aware dengan isu lingkungan hidup, jadi sebaiknya para pemilik bisnis pun peka dengan hal tersebut agar produk yang ditawarkan bisa diterima dengan baik karena dianggap sesuai dengan prinsip ramah lingkungan yang mereka pegang.

    Baca juga: 6 Tokoh Socialpreneur yang Sukses di Indonesia

    17 Contoh Bisnis Ramah Lingkungan

    Kali ini akan ada 17 contoh bisnis ramah lingkungan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi jika ingin memulai suatu bisnis. Kamu bisa memilih bisnis yang sesuai dengan passion dan minatmu tapi tetap tidak membahayakan lingkungan, baik untuk jangka waktu pendek maupun panjang. 

    1. Bisnis Aksesoris dari Barang Bekas

    Contoh bisnis ramah lingkungan yang pertama adalah bisnis pembuatan aksesoris atau barang-barang dengan memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai. Sebenarnya, konsep ini sudah cukup lama ada, namun memang belum banyak pebisnis yang menjalaninya dengan serius. 

    Bisnis ini memang mengandalkan kreativitas dan daya imajinasi yang cukup luas. Ada banyak sekali benda bekas yang bisa dimanfaatkan, seperti botol plastik, sisa kain perca, sisa potongan kayu, kain flanel, batok kelapa, sampai dengan bekas bungkus sachet berbagai produk. 

    Baca juga: 8 Kerajinan Dari Botol Bekas: Cara Membuat dan Contohnya

    2. Bisnis Peralatan Makan Ramah Lingkungan

    Kalau kamu cukup cermat, beberapa waktu belakangan sedang ada tren menggunakan alat makan yang diklaim ramah lingkungan. Demand untuk barang-barang seperti ini memang sedang sangat tinggi. 

    Kenapa diklaim sebagai contoh bisnis ramah lingkungan? Karena bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya memang bukan logam seperti yang biasa digunakan pada alat makan konvensional, melainkan menggunakan serat bambu. 

    Selain sebagai peralatan makan, banyak juga konsumen yang menjadikan alat makan ramah lingkungan ini sebagai souvenir untuk berbagai acara. Tentunya ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan, ya. 

    3. Bisnis Perkebunan Sayur dan Buah Organik

    Seperti tadi sudah sempat disinggung, saat ini makin banyak masyarakat selaku konsumen yang sadar akan kesehatan sekaligus kelestarian lingkungan. Jika memang kamu bisa menjadikannya sebagai combo peluang bisnis yang menarik, kenapa tidak?

    Bisnis sayur dan buah organik terdengar cukup menjanjikan. Disebut organik karena proses penanamannya yang tidak melibatkan pupuk dan komponen berbahan kimia sama sekali. Selain sehat, juga ramah lingkungan kan? 

    Baca juga: Pahami Strategi Bisnis Sayuran Online Sebelum Memulai, Yuk!

    4. Bisnis Katering Sehat

    Contoh bisnis ramah lingkungan selanjutnya adalah katering sehat. Tren gaya hidup sehat memang cukup populer di kalangan masyarakat perkotaan dengan kesibukan super tinggi. Dengan terbatasnya waktu luang yang mereka miliki, memasak sendiri makanan sehat ternyata seringkali sulit untuk dilakukan.

    Mayoritas pebisnis yang menjalankan usaha ini memang menggunakan berbagai bahan baku organik dalam pembuatan makanan. Bukan hanya berasal dari bahan baku tanpa bahan kimia, proses memasaknya pun biasanya tanpa menggunakan MSG dan pengawet. 

    Sayur dan buah organik adalah salah satu contoh bisnis ramah lingkungan. 

    5. Bisnis Reparasi dan Refurbishing Sepeda

    Bersepeda menjadi sebuah kegiatan yang juga sedang tren. Mengusung konsep ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan energi bahan bakar berbasis fosil, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis ramah lingkungan.

    Kamu bisa membuka bisnis penyewaan sepeda atau reparasi dan refurbishing jika memang menguasai dan paham bidang tersebut. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar dan membantu orang-orang berhemat ketika mengalami kerusakan pada sepeda mereka. Dampak lingkungan dapat dikurangi, dan penghematan pun bisa dilakukan. Secara tidak langsung, kamu juga sudah berperan dalam mengurangi polusi udara. 

    6. Bisnis Furniture Secondhand

    Ada berapa banyak furnitur atau barang mebel yang diganti oleh pemiliknya dalam satu tahun? Bisakah kamu bayangkan? 

    Prinsip pemikiran konsumtif memang berpengaruh besar pada masalah ini. Munculnya tren dan model baru dalam desain atau bahan furnitur, membuat konsumen menjadi kalap dan langsung merasa layak mengganti furnitur lama mereka dengan yang baru.

    Inilah yang bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha dari contoh bisnis ramah lingkungan. Kamu bisa membuka usaha jual beli furniture bekas, barang yang memang sudah mengalami kerusakan mungkin bisa kamu perbaiki lebih dulu dan didesain ulang. 

    7. Bisnis Pengolahan Sampah dan Limbah Elektronik

    Di antara berbagai jenis sampah, sampah dan limbah elektronik menjadi salah satu hal yang dirasa paling sulit untuk diatasi. Kenapa begitu? Karena jenis sampah ini memang merupakan material yang sulit untuk terurai kembali oleh alam. 

    Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis dengan cara mengolah sampah dan limbah elektronik yang jumlahnya semakin lama memang semakin banyak tersebut. Target penjualannya tentu saja pada beberapa pihak yang sering mengolah sampah ini menjadi berbagai hiasan atau produk inovatif yang baru. 

    8. Bisnis Thrift Shop

    Bisnis thrift shop atau pakaian bekas sedang naik daun. Dulu, bisnis baju bekas memang sudah ada, namun akhir-akhir ini keberadaannya semakin diburu oleh para konsumen pecinta fashion. Alasannya jelas, sebagai salah satu solusi mendapatkan produk bagus namun dengan harga miring dan terjangkau.

    Thrift shop termasuk dalam 17 contoh bisnis ramah lingkungan karena bisa mengurangi limbah atau sampah tekstil.

    Baca juga: Mengenal Thrift Shop dan Peluang Bisnisnya

    9. Bisnis Produksi Kompos

    Pernah melihat ada orang yang mengunggah kegiatan produksi kompos? Ya, semakin ke sini, memang semakin banyak orang sadar pentingnya penggunaan kompos dan kenyataan bahwa ternyata kompos bisa dibuat dengan cukup mudah. 

    10. Bisnis Produk Organik

    Ide bisnis go green yang juga bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis menguntungkan adalah dengan menghasilkan atau menjual produk-produk organik ramah lingkungan. Bukan hanya sayur dan buah, ada banyak barang lain yang bisa kamu hasilkan. 

    Umumnya, produk-produk ini dibuat handmade atau rumahan dengan tangan. Meskipun harganya berada di atas produk serupa non-organik, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak konsumen yang cukup memiliki minat akan barang-barang tersebut. 

    11. Bisnis Jual Beli Barang Konsumsi Curah atau Refill Tanpa Kemasan

    Kebutuhan sehari-hari, seperti sabun, shampoo, minyak goreng, dan sebagainya, memang biasa dikemas dengan plastik yang secara otomatis akan menimbulkan tumpukan sampah yang baru. 

    Permasalahan ini bisa kamu atasi dengan memulai bisnis berjualan kebutuhan konsumsi dengan mekanisme isi ulang atau curah. Jadi, konsumen yang datang untuk membeli, harus membawa tempat atau wadah sendiri. Tentunya harga akan menyesuaikan dengan berat atau volume yang diinginkan konsumen. 

    Kamu bisa mendapatkan berbagai produk ini dalam jumlah besar dengan bekerja sama langsung dengan pihak produsennya. 

    12. Bisnis Produksi Tote Bag

    Peraturan pemerintah yang melarang penggunaan tas plastik di beberapa pusat perbelanjaan, mau tidak mau menjadikan para konsumen beralih menggunakan tote bag atau tas belanja dari berbagai bahan.

    Berbisnis tote bag dipercaya memiliki prospek bagus karena semakin banyak orang yang membawa tote bag untuk berbelanja. 

    13. Bisnis Produk Hasil Limbah Kaca

    Salah satu limbah yang tanpa kita sadari, cukup banyak ditemukan sehari-hari adalah kaca. Sebenarnya, kaca merupakan materi yang bisa diolah kembali untuk menghasilkan produk baru. 

    Produksi barang-barang kerajinan dengan berbahan dasar kaca bisa menjadi salah satu peluang contoh bisnis ramah lingkungan yang cukup menguntungkan. 

    14. Bisnis Pembuatan Kebun Mini

    Banyak orang yang sadar akan pelestarian lingkungan tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan atau mungkin tidak ada waktu untuk melakukannya. Padahal, konsep ramah lingkungan ini bisa dimulai dengan membuat taman kecil di rumah. 

    Alasan inilah yang akhirnya memunculkan ide contoh bisnis ramah lingkungan jasa pembuatan kebun mini. Jadi, kamu bukan hanya menjual tanaman atau media tanamnya, melainkan juga membuatkan desain dan penataan tanaman-tanaman dalam ukuran yang tidak terlalu besar. Bisnis ini lumayan digemari oleh masyarakat yang tinggal di apartemen atau tidak memiliki halaman luas di rumah. 

    15. Bisnis Konsultan Green Lifestyle

    Kalau selama ini kamu mengenal yang namanya konsultan keuangan, konsultan bisnis, atau konsultan pajak, ternyata ada juga lho konsultan green lifestyle. Konsultan ini tugasnya adalah untuk memastikan klien untuk bertindak lebih ramah lingkungan setiap harinya dan bisa menerapkan konsep hijau dalam semua aspek kehidupannya. 

    16. Bisnis Bank Sampah

    Apa yang dimaksud dengan bank sampah? Bank sampah adalah konsep pengumpulan sampah kering maupun basah dari limbah rumah tangga. Sampah rumah tangga tersebut akan dipilah mulai dari rumah masing-masing, lalu disetor, ditimbang, dan dicatat dalam buku tabungan.

    Nantinya, sampah kering yang sudah disetorkan akan didaur ulang dan diolah kembali menjadi berbagai produk baru yang siap pakai, seperti dompet, tas, dan sebagainya. Sementara, sampah organik dapat diolah menjadi kompos atau pupuk yang bisa disalurkan kepada para petani.

    17. Bisnis Produksi Sabun atau Shampo Non-Detergen

    Contoh bisnis ramah lingkungan yang terakhir adalah produksi sabun atau shampoo non-detergen. Jika kamu tidak terlalu menguasai bidang ini, kamu bisa bekerjasama dengan ahlinya. 

    Produk yang dihasilkan adalah sabun atau shampo yang ramah lingkungan. Maksudnya, bahan baku pembuatan produk tersebut berasal dari bahan alami, seperti rempah, minyak kelapa, susu kambing, dan sebagainya. Untuk aromanya, kamu bisa menambahkan berbagai jenis bunga ke dalamnya. 

    Sabun atau shampo non-detergen sedang sangat digemari dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran. Kamu juga bisa menggunakan produk kertas daur ulang sebagai kemasannya. 

    Baca juga: Daftar Produk Jualan Online Paling Laris Pembawa Cuan

    Kesimpulan

    Bisnis ramah lingkungan atau yang disebut juga dengan bisnis industri hijau, didefinisikan sebagai salah satu jenis bisnis yang menggunakan bahan berkelanjutan. Bisnis ini menggunakan bahan baku dan energi sehemat mungkin dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbon. Produk yang dihasilkan industri hijau juga dapat memanfaatkan bahan-bahan dengan cara terbarukan dan ramah lingkungan.

    Berbagai contoh bisnis ramah lingkungan yang tadi sudah diulas ternyata bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi para pebisnis bila dijalani dengan serius. Kamu bisa memilih bisnis yang sesuai dengan prinsip dan modal yang kamu miliki, sisanya akan menyesuaikan. Apapun jenis bisnis yang kamu pilih, perlu adanya persiapan yang matang, strategi yang tepat, dan tentunya modal yang memadai. Seluruh hal ini tentunya nanti berpengaruh pada operasional bisnis. 

    Jangan lupa untuk tetap menggunakan aplikasi keuangan seperti majoo dalam operasional bisnismu. Meskipun, bisnisnya berkonsep ramah lingkungan, tetap tidak boleh ketinggalan zaman. Digitalisasi itu penting bagi perkembangan bisnismu. Jadi, pastikan tidak salah memilih aplikasi ya! Pilih majoo yang menawarkan banyak fitur anti ribet. Kamu bisa mencoba berlangganan aplikasi Point of Sales majoo yang menawarkan berbagai fitur pengelolaan bisnis. Cek fitur-fitur menariknya dan segera berlangganan, ya! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!