Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • 10 Contoh Surat Resign yang Bisa Dijadikan Referensi

    10 Contoh Surat Resign yang Bisa Dijadikan Referensi

    Penting halnya membuat surat pengunduran diri ketika ingin resign dari tempat kerja.

    Bekerja pada sebuah instansi ataupun perusahaan menuntutmu untuk bekerja dengan profesional. Harapannya agar kamu dapat bekerja untuk waktu yang lama di perusahaan.

    Tak jarang ada orang yang merasa jenuh  atau terjadi suatu permasalahan di tempat kerja membuatnya ingin resign. Di saat seperti itulah akan membutuhkan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. 

    Kamu harus menyampaikan pengunduran dirimu dengan benar karena hal ini bisa menjadi hal yang sensitif. 

    Lalu, bagaimana contoh surat mengundurkan diri yang baik dan benar supaya kamu tetap menjaga kesan baik di tempatmu bekerja? Berikut ini contoh surat resign yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

    Pengertian Surat Pengunduran Diri ( Resign ) 

    Surat pengunduran diri merupakan sebuah surat yang menjadi syarat administratif, untuk memberitahukan kepada atasan maupun HRD (Human Resource Development) bahwa kamu ingin berhenti dari pekerjaan atau mengundurkan diri dari jabatan yang sedang dijabat.

    Surat pengunduran diri ini menjadi bentuk resmi ketika kamu ingin berhenti dari pekerjaan. Setiap perusahaan tentu memiliki ketentuan tersendiri terkait surat resign ini.

    Surat pengunduran ini menjadi bentuk resmi karena dibuat secara tertulis. Bila kamu mengundurkan diri hanya dengan lisan, kamu bisa dianggap tidak profesional dan terkesan tidak sopan.

    Maka dari itu, jika kamu ingin resign dari tempatmu bekerja, penting halnya untuk memberitahukan perihal ini ke bagian HRD (Human Resource Development) dengan surat resmi pengunduran yang ditulis secara baik dan sopan.

    Baca juga: Proses Rekrutmen Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi HR

    Penyebab Karyawan Resign Kerja

    Penyebab dari karyawan mengundurkan diri dari tempat ia bekerja memang beragam. Berikut ini beberapa penyebab karyawan resign dari tempatnya bekerja.

    1. Beban Kerja Terlalu Banyak

    Karyawan yang berkualitas dan profesional memang dapat menyelesaikan job desk nya dengan baik serta hasil yang baik pula. Dari sinilah banyak atasan yang memberikan pekerjaan di luar job desk secara berlebihan dan tanpa mengetahui karyawan tersebut mampu atau tidak menyelesaikannya.

    Besar harapan bagi atasan jika tugas tersebut dapat diselesaikan dengan hasil yang baik serta kualitas yang ia inginkan.

    Sebagai contoh, awalnya seorang karyawan memiliki job desk marketing communication dan bisa menyelesaikan targetnya sesuai yang diharapkan perusahaan. Namun, setelah ia menyelesaikannya, atasan memberikan job desk tambahan berupa riset produk agar bisa terjual banyak. Padahal job desk tersebut tidak masuk ke dalam ranah pekerjaan utamanya. Sehingga karyawan tersebut merasa terbebani dalam menjalankan pekerjaannya.

    2. Tidak Mendapatkan Reward

    Seorang atasan sudah seharusnya mengenal dan mengetahui kontribusi para karyawannya. Setiap kontribusi yang sudah diberikan karyawan ke perusahaan, seharusnya diberikan pujian dan ungkapan. Reward ini bisa diartikan dengan banyak hal, seperti bonus, kenaikan gaji, jalan-jalan, tempat kerja yang lebih nyaman, dan lain sebagainya.

    Reward ini juga bisa diberikan oleh seorang atasan dengan mengumumkan siapa karyawan terbaiknya dalam satu tahun periode tersebut seperti best employee of the year. Tentu hal ini dapat memacu hubungan atasan dan karyawan serta produktivitas karyawan.

    3. Tidak Adanya Kepedulian Atasan dengan Karyawan

    Seorang atasan sudah seharusnya peduli dengan setiap karyawannya. Peduli ini bisa beragam caranya, seperti bertanya kabar, menyapa, memberikan win-win solution ketika terjadi suatu masalah dalam pekerjaan, hingga memegang komitmen yang sudah dijanjikan dengan karyawan.

    Komitmen adalah suatu wujud dari tanggung jawab dan kepercayaan. Komitmen ini bisa menaikkan produktivitas dan kepercayaan karyawan.

    Bila seorang atasan sudah menjanjikan komitmen dan ternyata ia melanggar dengan tidak memperdulikan komitmen tersebut, karyawan akan melakukan hal yang sama seperti yang atasannya lakukan. Hal ini karena karyawan merasa diremehkan oleh atasan.

    4. Memiliki Partner Kerja yang Salah

    Setiap karyawan berkualitas akan menghargai sifat profesionalisme dan kerja keras, sehingga ketika disandingkan dengan partner kerja yang tidak bisa menghargai sifat profesionalisme, mereka akan kesulitan untuk produktif.

    Tidak jarang karyawan yang disandingkan dengan partner kerja yang tidak tepat membuat mereka akan lebih senang dan suka menyelesaikan pekerjaannya sendirian, walaupun pekerjaan yang akan dia selesaikan jumlahnya banyak.

    Solusi dari penyebab ini adalah membicarakan terlebih dahulu setiap visi misi dalam mengerjakan pekerjaan yang akan diselesaikan bersama, sehingga besar harapannya pekerjaan yang diselesaikan bersama tersebut mendapatkan hasil yang maksimal. 

    5. Atasan Tidak Memberikan Karyawan Ruang Passion

    Pada umumnya seorang karyawan yang berkualitas ingin mengejar passion, sehingga produktivitasnya dalam bekerja akan terus mengalami peningkatan.

    Passion di sini adalah suatu tantangan tersendiri yang harus dikejar dan karyawan menyukai hal itu. Berbeda halnya ketika karyawan tidak diberi ruang passion oleh atasan mereka, maka mereka tidak akan semangat dalam menjalankan pekerjaan yang diembankan kepadanya.

    6. Kreativitas Karyawan Tidak Dimanfaatkan

    Adanya peningkatan kualitas karyawan seperti meningkatnya kreativitas dalam segala hal yang akan membantu membuat perusahaan berkembang dengan baik. Berbeda halnya ketika kreativitas karyawan tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga mereka akan merasa lebih cepat jenuh dengan potensi yang ia miliki.

    7. Tidak Ada Tantangan

    Tantangan di sini bisa banyak arti seperti menyandingkan dengan partner kerja yang lebih bagus kualitasnya atau pencapaian omzet yang tinggi.

    Dengan adanya tantangan ini, karyawan akan merasa lebih tertantang dalam melakukan pekerjaannya sehingga skill yang ia miliki juga lebih maju dan bisa mendapatkan posisi jabatan yang baik di tempat ia bekerja.

    Baca Juga: Struktur Organisasi Perusahaan dan Tugasnya

    Membuat surat pengunduran ini membuat seorang karyawan terlihat profesional.

    Alasan Pentingnya Membuat Surat Pengunduran Diri (Resign)

    Membuat surat pengunduran diri ternyata ada pentingnya juga. Berikut ini alasan pentingnya membuat surat pengunduran diri dengan baik dan sopan. 

    1. Memiliki Profesionalisme Tinggi

    Surat pengunduran diri yang dibuat dengan baik dan sopan akan menunjukan bahwa kamu memiliki profesionalisme tinggi, sehingga kamu tetap memiliki image yang positif di tempat kerjamu tersebut. Etika yang baik ketika seseorang mengundurkan diri dari tempat bekerja memang membuat surat pengunduran diri, bukan malah tidak memberitahu ke atasan atau pihak HRD.

    2. Membantu Perusahaan untuk Mencari Karyawan Pengganti

    Ketika kamu membuat surat pengunduran diri dan kamu serahkan ke atasan atau HRD, secara langsung surat ini akan memberitahukan ke mereka untuk segera mencari penggantimu.

    Bila kamu resign begitu saja, tentu sangat membuat perusahaan kalang kabut untuk mencari penggantimu dan mem-back up pekerjaanmu. Terlebih lagi jika bagian pekerjaanmu tidak bisa ada kekosongan karyawan.

    Maka dari itu, surat pengunduran diri ini kamu buat agar hubunganmu dengan perusahaan tetap baik walaupun kamu ingin keluar dari tempat kerjamu.  Kamu harus menjaga hubungan baik dengan tempatmu bekerja karena siapa tahu di masa depan kamu membutuhkan bantuan dari dari perusahaan lama ataupun sebaliknya.

    3. Memberikan Informasi yang Jelas Mengenai Status Karyawan

    Dengan kamu membuat surat resign kerja, perusahaan akan memberikan kejelasan untuk dalam struktur karyawannya dan status pekerja dalam bagian tertentu di perusahaan tersebut. Bisa dikatakan bila surat resign tersebut menunjukkan bahwa kamu sudah tidak memiliki sangkut paut lagi dengan hal-hal yang ada di perusahaan sejak surat tersebut kamu buat dan serahkan.

    Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Resign Kerja

    Ketika kamu sudah lama bekerja di suatu perusahaan, tentu membuat surat pengunduran diri tidaklah mudah.

    Memang tidak ada yang salah dengan keputusan untuk mengundurkan diri dari tempat bekerja. Akan tetapi, mengundurkan diri dari tempat bekerja bisa menjadi suatu masalah ketika kamu tidak dapat membangun kesan baik di mata atasan dan partner kerjamu setelah memutuskan untuk resign.

    Baca juga: Sejauh Mana Kita Perlu Mengenal Karyawan Kita? 

    Supaya hal-hal buruk tidak terjadi, cobalah perhatikan cara resign yang baik di bawah ini.

    1. Menulis Surat Pengunduran Diri

    Apabila kamu ingin meninggalkan kesan baik pada perusahaan lama, maka sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri, sebaiknya kamu membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

    2. Mencari Waktu yang Tepat untuk Berbicara dengan Atasan

    Untuk dapat berbicara dengan atasan secara langsung terkait pengunduran diri dari tempat bekerja memang bukan perkara yang mudah untuk kamu lakukan. Solusinya yaitu mencari waktu yang tepat untuk berbicara langsung dengan atasan.

    Carilah waktu untuk berbicara terkait resign ini ketika atasanmu tidak sibuk, memiliki emosi atau mood yang bagus, atau tidak memiliki janji meeting dengan seseorang.

    Upaya lain yang bisa kamu lakukan ketika ternyata atasanmu sibuk yaitu membuat janji dengan atasan via email atau telepon. Ketika waktunya sudah tiba, kamu bisa mengungkapkan alasan resign kepada atasanmu.

    Respons yang mungkin terjadi ketika kamu mengutarakan ingin mengundurkan diri dari perusahaan adalah sebagai berikut:

    • Respon baik, atasanmu menerima alasan atas resign yang kamu ajukan.
    • Respon buruk, atasanmu menolak, marah, atau merasa dikhianati atas keputusan resign yang kamu utarakan. Respons dari atasanmu buruk, usahakan untuk tetap profesional.
    • Respon membujuk, atasanmu akan menawarkan kenaikan gaji yang lebih besar daripada gaji di perusahaan baru. Jika respons atasanmu seperti ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk tetap bekerja di perusahaan lama atau resign.

    3. One month notice Sebelum Meninggalkan Kantor

    Permohonan pengunduran diri sudah diatur oleh pemerintah melalui peraturan Undang-Undang. Seperti tertuang dalam UU Pasal 26 ayat 2 Kepmen Tenaga Kerja terkait syarat mengundurkan diri dari tempat kerja yang bunyinya:

    “Pekerja atau buruh mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis dengan disertai alasannya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri:

    • Pekerja atau buruh tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri
    • Pekerja atau buruh tidak terikat dalam ikatan dinas
    • Mengacu pada peraturan pemerintah, sebaiknya mengikuti aturan one month notice sebelum resign dari perusahaan lama.

    Pemberitahuan one month notice ini dibutuhkan perusahaan untuk mencari dan mendapatkan karyawan baru.

    4. Cek Kontrak

    Sebelum kamu resign, cek kontrak yang sudah kamu tanda tangani dan setujui di awal masa kerja.

    Hal ini untuk melihat apakah ada denda yang harus kamu bayar bila mengundurkan diri sebelum kontrak habis.

    Konsekuensi yang akan kamu dapat ketika resign sebelum kontrak habis biasanya berupa pengganti gaji dalam periode tertentu atau senilai gaji di sisa masa kontrak.

    5. Periksa Kebijakan Pengunduran Diri di Perusahaan

    Setiap perusahaan tentu mempunyai kebijakan pengunduran diri yang berbeda-beda, termasuk waktu pengunduran diri.

    Sebisa mungkin berikanlah informasi jauh-jauh hari sebelum kamu resmi resign dari tempatmu bekerja.

    6. Memberitahukan Kepada Rekan Kerja

    Keluarnya kamu dari tempat bekerja tentu akan memberikan kesan kepada teman atau partner kerjamu.

    Khusus untuk partner kerja terdekat, yang bisa kamu lakukan adalah berpamitan langsung kepada mereka seperti mengajak mereka makan bersama. Hal ini sebagai bentuk perpisahan.

    Sementara untuk beberapa partner kerja yang tidak terlalu dekat, kamu dapat memberikan ucapan perpisahan melalui email atau telepon.

    7. Delegasi Pekerjaan

    Bila kamu sudah tahu siapa yang akan menggantikan posisimu nanti, sediakanlah waktu untuk membantu penggantimu mempelajari job desk yang kamu kerjakan selama ini. Hal ini akan memudahkan transisi penggantimu dan membantu tim agar produktivitasnya tidak hilang.

    Bila kamu tidak bisa langsung memberikan panduan , kamu bisa membuat panduan alur kerja hingga kontak yang bisa dihubungi ketika mereka mempunyai pertanyaan.

    Memberikan panduan ini memang bukan suatu keharusan. Namun hal ini akan meninggalkan kesan baik dan profesional kepada partner kerja kamu.


    Perhatikan Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Resign ( Pengunduran Diri )

    Sebelum kamu resign dari tempat kerjamu jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini, seperti:

    Hal yang harus dilakukan:

    • Tetap menjalin silaturahmi dengan partner kerja dari perusahaan lama.
    • Tetap semangat dan bekerja keras hingga hari terakhir kerja di perusahaan lama.
    • Membawa barang pribadi dari tempat kerja lama dan menghapus beberapa file pribadi di perangkat yang digunakan di tempat kerja.

    Hal yang tidak boleh dilakukan:

    • Tidak membicarakan hal-hal negatif terkait atasan.
    • Rencana resign-mu harus diketahui atasan terlebih dahulu, jangan sampai atasan tahu dari orang lain perihal resign yang kamu ingin ajukan.
    • Tidak melakukan hal-hal negatif sampai hari terakhir bekerja di perusahaan lama.

    Baca Juga: 18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru

    Jenis-Jenis Surat Pengunduran Diri ( Resign )

    Sudah dijelaskan di atas tadi tentang Undang-Undang yang membahas pengunduran karyawan dari sebuah perusahaan. Jenis surat pengunduran diri dari tempat kerja ini dibagi menjadi dua, yaitu:

    1. One Month Notice

    One month notice adalah pemberitahuan satu bulan sebelum kamu resmi resign dari perusahaan.

    Memberitahukan perihal resign kepada atasan satu bulan sebelumnya, berarti kamu memberikan atasan waktu untuk mencari pengganti posisimu. Maka dari itu, one month notice adalah waktu pengunduran diri yang menjadi standar di banyak perusahaan.

    2. Two weeks notice

    Selain one month notice, ada juga two weeks notice. Two weeks notice adalah pemberitahuan dua minggu sebelum kamu resmi resign dari perusahaan. Pemberitahuan ini terkesan mendadak dan bila kamu ingin benar-benar resign, kamu harus memiliki alasan yang logis ke perusahaan tempatmu bekerja. Bila tidak memiliki alasan yang logis, besar kemungkinan permohonan pengunduran dirimu akan ditolak oleh atasanmu.

    Format Surat Pengunduran Diri

    Ketika kamu menulis surat pengunduran diri, penggunaan gaya bahasa yang resmi, sopan, dan formal adalah suatu keharusan. Surat resign sebaiknya tidak ditulis terlalu panjang, alasan, dan tujuan yang jelas.

    Semua ini kamu lakukan supaya image yang kamu dapatkan tetap baik dan profesional walaupun kamu akan meninggalkan perusahaan tempat kamu kerja tersebut. Berikut ini format surat resign yang baik dan benar.

    • Nama kota dan tanggal
    • Nama perusahaan dan alamat perusahaan
    • Salam pembuka
    • Alasan mengapa kamu ingin resign
    • Mencantumkan tanggal kapan kamu akan resign
    • Mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih
    • Salam penutup dan tanda tangan


    Contoh Surat Resign ( Pengunduran Diri )

    Setelah mengetahui beberapa hal tentang surat pengunduran diri dari arti hingga formatnya, berikut ini contoh surat pengunduran diri tulis tangan dan ketik dengan berbagai alasan dan tujuan.

    1. Contoh Surat Resign Simple ( Pengunduran Diri )

    Jakarta, 1 Januari 2022

     

    Kepada Yth,

    HRD PT Lingkar Senja

    di Jl. Alam Sutera, Jakarta

     

    Dengan hormat,

     

    Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama Pramudya Pragiswara bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Lingkar Senja yang mana saya memiliki posisi sebagai Accounting.

    Saya melakukan permohonan ini karena ingin menjadi seorang freelancer. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 8 tahun ini. Saya mohon maaf jika selama bekerja banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

    Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga PT Lingkar Senja akan semakin berkembang dan maju.

     

    Hormat saya,

     

    Pramudya Pragiswara

     

    2. Contoh Surat Resign Resmi (Pengunduran Diri)

    Jakarta, 1 Januari 2022

     

    Kepada Yth,

    Kepala PT Lingkar Senja

    di Jl. Alam Sutera, Jakarta

     

    Dengan hormat,

     

    Nama                         : Pramudya Pragiswara

    Departemen              : Accounting

    Jabatan                      : Staf Accounting

    No Induk Karyawan : 6639993

     

    Saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Karya Abadi, ingin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari pekerjaan dengan alasan ingin menjadi freelancer.

    Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada surat kesepakatan bersama antara karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan dengan Undang-undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial PT Lingkar Senja tanpa ada tendensi apapun yang tersembunyi di dalamnya.

    Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

     

    Hormat saya,

     

    Pramudya Pragiswara

     

    3. Contoh Surat Resign Bahasa Indonesia 

    Jakarta, 1 Januari 2022

     

    Kepada

    Yth. Pimpinan PT Lingkar Senja

    Jakarta

     

    Yang bertanda tangan di bawah ini:

     

    Nama             : Pramudya Pragiswara

    Alamat            : Jalan Waru No.2A, Jakarta

    Jabatan          : Accounting

    Nomor ID       : 663999032

     

    Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Accounting di perusahaan Lingkar Senja. Terhitung pada tanggal 1 /1 /2022 bersama dengan karena kontrak yang telah berakhir.

    Saya memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Lingkar Senja. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja di Lingkar Senja.

    Dengan rasa syukur saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Lingkar Senja selama 6 tahun. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.

    Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

     

    Hormat saya,

     

    (Pramudya Pragiswara)

     

    4. Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

    January 1st, 2022

     

    John Ricardo

    CEO Lingkar Senja Inc.

    Alam Sutera Street, Jakarta

     

    Dear Sir,

    It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I no longer will be working at Lingkar Senja Inc. as an Accounting.

    I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as an Accounting. It is therefore in the best interest of all parties that I resign.

    I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at Lingkar Senja Inc. Thank you so much for your guidance and support during the last ten years.

    Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at Lingkar Senja Inc. the very best and your company is always growing.

     

    Sincerely,

     

    Pramudya Pragiswara

     

    5. Contoh Surat Resign Masa Percobaan ( Pengunduran diri )

    Jakarta, 1 Januari 2022

     

    Yth. Ibu HRD

    PT Lingkar Senja

    di tempat

     

    Dengan hormat,

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

     

    Nama                       : Pramudya Pragiswara

    Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 10 November 1990

    Jabatan                       : Staf Accounting

    Departemen                : Accounting

    Bekerja sejak              : 2020

     

    Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT Lingkar Senja, karena adanya masalah pribadi yang tidak bisa dijelaskan. Namun saya berterima kasih karena Selama saya bekerja di PT Lingkar Senja ini, saya menerima banyak ilmu dan pengalaman kerja. Sehingga saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh rekan kerja yang ada. Sekian surat pengunduran diri saya. Tak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya perbuat.

     

    Hormat saya,

     

    Pramudya Pragiswara

     

    6. Contoh Surat Resign Pindah Domisili

    Jakarta, 1 Januari 2022

     

    Yth. HRD

    PT Lingkar Senja

    Jakarta

     

    Yang bertanda tangan di bawah ini:

     

    Nama             : Pramudya Pragiswara

    Alamat            : Jalan Waru No.2A, Jakarta

    Jabatan          : Staf Accounting

     

    Melalui surat ini, saya menyatakan pengunduran diri dari jabatan saya selaku Staf Accounting di PT Lingkar Senja terhitung mulai tanggal 1 Februari 2022. Surat pengunduran diri ini saya buat karena saya harus melakukan perpindahan domisili dari tempat tinggal saya sekarang ke kota Semarang. Tentunya, ini akan menyulitkan saya untuk mengikuti kebijakan perusahaan dan bekerja di kantor.

    Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak perusahaan yang telah mengizinkan saya untuk belajar dan juga memajukan perusahaan ini. Ilmu yang saya dapatkan di perusahaan ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi saya dan karier saya di masa yang akan datang.

    Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan semakin sukses. Saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan dan atasan saya jika saya berbuat kesalahan, baik disengaja maupun tidak.

    Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Jika ada salah kata, saya mohon maaf. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

     

    Hormat saya,

     

    (Pramudya Pragiswara)

     

    7. Contoh Surat Resign Melanjutkan Sekolah

    Jakarta , 1 Januari 2022

    Kepada

    Yth. HRD PT Lingkar Senja

    di tempat

     

    Yang bertanda tangan di bawah ini:

     

    Nama             : Pramudya Pragiswara

    Alamat            : Jalan Waru No.2A, Jakarta

    Jabatan          :  Staf Accounting

     

    Dengan adanya surat ini saya bermaksud  untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Lingkar Senja. Adapun alasan atas pengunduran  diri saya, yaitu dikarenakan saya akan meneruskan  kuliah saya ke jenjang  magister S2. Agar ke depan lebih bisa berkontribusi dengan maksimal dibarengi dengan ilmu yang saya miliki.

    Tak lupa saya sampaikan terima kasih karena PT Lingkar Senja sudah menerima saya sebagai karyawan di sini. Dan juga saya telah diberikan kesempatan untuk bergabung dan belajar bersama rekan-rekan yang berada di perusahaan  ini. Semoga ke depannya perusahaan  ini semakin berkembang dan semakin jaya, serta rekan karyawan di perusahaan ini sejahtera.

    Saya mohon maaf jika semasa saya bekerja di perusahaan ini masih banyak kekurangan dan juga kekhilafan yang saya lakukan.

    Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat tanpa adanya paksaan dan juga tekanan dari pihak manapun, serta saya membuatnya dengan penuh kesadaran. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

     

    Hormat saya,

     

    (Pramudya Pragiswara)

     

    8. Contoh Surat Resign Masalah Kesehatan (Pengunduran Diri)

    Jakarta, 1 Januari 2022

     

    Kepada,

    HRD Manager PT. Karya Abadi

    JI. Alam Sutera, Jakarta

     

    Dengan  hormat,

     

    Berdasarkan  Surat Kesepakatan  Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan  dan Undang-undang yang melingkupinya, yang bertanda tangan di bawah ini saya:

     

    Nama             : Pramudya Pragiswara

    Departemen  : Accounting

    Jabatan          : Staf Accounting

    Nomor  ID      : 6639993

    Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri kepada PT Lingkar Senja dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan  bisa memahami kondisi saya dan memberikan  hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

    Demikian surat pengunduran  diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan  terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

     

    Hormat saya,

     

    (Pramudya Pragiswara)

     

    9. Contoh Surat Resign Ingin Membuka Bisnis Sendiri

    Jakarta, 1 Januari 2022

     

    Kepada,

    HRD PT Lingkar Senja

    JI. Alam Sutera, Jakarta

     

    Dengan hormat,

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

     

    Nama                         : Pramudya Pragiswara

    Tempat,tanggal lahir: 1 Juni 1990

    Alamat                       : Jl. Waru No.2A, Jakarta

    Jabatan                      : Staf Accounting

     

    Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran  diri terhitung tanggal  1 Februari 2022 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai staf accounting di perusahaan ini akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

    Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan. Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Lingkar Senja dan mohon maaf atas segala kesalahan saya selama bekerja.

    Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

     

    Hormat saya,

     

    (Pramudya Pragiswara)

     

    10. Contoh Surat Resign di Pabrik ( Pengunduran Diri )

    Jakarta, 1 Januari 2022

     

    Yth.

    HRD PT Lingkar Senja

    di Jl. Alam Sutera, Jakarta

     

    Dengan hormat,

     

    Berdasarkan Kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

     

    Nama             : Pramudya Pragiswara

    NIK                 : 111030899120473789

    Departemen  : Accounting

    Jabatan          : Staf Accounting

     

    Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Lingkar Senja sebagai staf marketing. Terhitung dari 30 hari sejak dibuat, yaitu pada tanggal 1 Januari 2022. Adapun alasan saya untuk pengunduran diri adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga.

    Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman kerja yang selama ini di PT Lingkar Senja. Saya juga mohon maaf yang kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan PT LIngkar Senja yang disengaja maupun tidak.

    Demikian surat ini saya buat tanpa ada paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

     

    Hormat saya,

     

    Pramudya Pragiswara

     

    Baca juga: 5 Alasan Karyawan Merupakan Aset Perusahaan yang Nomor Satu

    Kesimpulan

    Surat pengunduran diri ini merupakan hal yang penting kamu buat ketika kamu ingin resign dari tempatmu bekerja. Apapun alasannya kamu keluar dari tempatmu bekerja, beritahukan ke pimpinan perusahaanmu dengan menggunakan surat pengunduran diri.

    Disamping untuk memberi tahu kepada pimpinan terkait pengunduran dirimu di perusahaan, surat resign ini juga membuatmu terlihat profesional dan ingin mempertahankan hubungan baik.  Hal ini akan memudahkanmu jika ke depannya kamu membutuhkan bantuan dari perusahaan lama atau sebaliknya.

    Ketahui juga beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu membuat dan mengajukan resign, seperti memeriksa kontrak dan kebijakan dalam pengunduran diri.

    Contoh surat pengunduran diri di atas bisa kamu jadikan referensi bila kamu ingin resign dari kantormu sekarang.

    Memang dalam menjalankan bisnis sangat membutuhkan orang atau karyawan dalam membantu operasional bisnis. Untuk kamu memiliki bisnis dan staf accounting-mu resign, kamu sudah tidak perlu pusing lagi handle kerjaan dia untuk sementara waktu. Bila kamu sudah berlangganan dan menggunakan aplikasi majoo, semua laporan penjualan dan transaksi akan mudah dibuat.

    Di dalam aplikasi majoo terdapat fitur akuntansi. Fitur ini untuk mencatat aktivitas membuat invoice dan faktur, mencatat biaya dan pengeluaran, kas dan bank, daftar akun dan buku besar, laporan keuangan seperti neraca, rugi laba, arus kas, serta dilengkapi lebih dari 30 jenis laporan penjualan dan keuangan detail dengan grafik dan tabel. Laporan keuangan juga dapat diunduh dalam bentuk Excel.

    Aplikasi majoo juga memiliki fitur analisa bisnis yang di dalamnya terdapat dashboard penjualan, 30 jenis laporan penjualan, dan email laporan harian otomatis. Dari laporan analisa bisnis ini dapat dilihat kapan waktu penjualan teramai, stok dan modal yang diperlukan, dan kepuasan pelanggan. Dari sinilah kamu bisa merencanakan inovasi baru untuk bisnismu.

    Kemudahan dalam pengoperasian aplikasi sangatlah terasa, yang mana kamu dapat memantau, mengontrol, dan mencatat semua operasional bisnis dari mana saja menggunakan komputer atau handphone melalui dashboard aplikasi majoo.

    Apakah kamu sudah siap membuat suatu perubahan dalam operasional bisnis yang lebih mudah? Selain operasional bisnis lebih mudah dilakukan, aplikasi majoo juga biaya berlangganannya cukup terjangkau, sehingga tidak membebani beban biaya operasional bisnismu. Tunggu apalagi! Segera gunakan aplikasi majoo agar bisnismu semakin maju dan berkembang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.