Konsep Data Warehouse dan Manfaat Dalam Pengambilan Keputusan

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Salah satu cara untuk menyimpan data dan informasi penting sebuah perusahaan adalah menggunakan sistem komputer data warehouse. Penggunaan data Warehousememungkinkan perusahaan untuk dapat mengakses serta melakukan analisis terhadap seluruh data guna memperoleh business insight serta model forecasting yang akurat. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk dapat berkembang dan maju mencapai tujuannya.


Pengertian Data Warehouse

Data warehouse merupakan sebuah sistem yang menggabungkan data dari berbagai sumber untuk menjadi satu dalam penyimpanan data tunggal, konsisten, dan terpusat guna mendukung data mining, analisis bisnis, AI dan machine learning.


Dalam penggunaannya, data warehouse akan banyak menyimpan data yang berasal dari berbagai sumber operasional dalam perusahaan yang ditempatkan ke dalam satu database komprehensif dimana nantinya data warehouse ini akan digunakan untuk analisa data.


Misalnya dalam sebuah bisnis, data warehouse mungkin saja menggabungkan informasi pelanggan yang berasal dari point of sale perusahaan, mailing list, situs, dan lain-lain. Data warehouse juga dapat menggabungkan informasi mengenai karyawan, data demografi, waktu kehadiran, informasi gaji, dan lain-lain.


Dengan menggabungkan seluruh informasi ini ke dalam data warehouse, maka perusahaan dapat menggunakannya untuk melakukan analisis dengan pendekatan yang menyeluruh dengan mempertimbangkan seluruh informasi yang tersedia.


Dalam perusahaan, data warehouse juga digunakan untuk melakukan data mining supaya dapat melihat pola dalam data. Misalnya, saat ingin merancang strategi yang bisa mendorong peningkatan penjualan serta profit dalam perusahaan. Sedangkan pada tingkat teknis, data warehouse secara teratur akan mengambil data dari aplikasi dan juga sistem, kemudian akan melewati pemformatan dan proses impor guna mencocokkan data yang telah ada di dalam warehouse.


Data warehouse selanjutnya akan menyimpan data yang sudah diproses sehingga siap untuk digunakan oleh data engineer, business analyst, data scientist atau pembuat keputusan dalam sebuah perusahaan. Bagaimana data akan diformat atau seberapa sering pengambilan data yang terjadi, semuanya bergantung pada kebutuhan organisasi.

Manfaat Data Warehouse

Data warehouse atau gudang data merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Biasanya data warehouse ini berguna untuk melakukan analisa untuk berbagai bidang di perusahaan guna mendapatkan keuntungan yang optimal. Berikut beberapa manfaat data warehouse bagi perusahaan:

  1. Membantu pengambilan keputusan

Salah satu manfaat dari data warehouse pada perusahaan adalah membantu dalam pengambilan keputusan

Manfaat dari data warehouse yang pertama yaitu dapat membantu dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan. Data warehouse dapat membantu sebuah perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat untuk kedepannya. 


Informasi yang terdapat pada data warehouse haruslah kredibel serta didasarkan pada fakta yang sebenarnya. Hal ini bertujuan supaya dapat membuat keputusan dalam segmen pasar, manajemen inventaris, dan manajemen keuangan.  

  1. Cepat dan mudah dalam mengakses data

Dengan adanya data warehouse maka mengakses data dapat lebih mudah dan cepat

Adanya data warehouse juga dapat memudahkan perusahaan untuk mengakses data, dimana penggunanya bisa berinteraksi dengan sumber secara cepat dan efisien. Hal ini juga dapat memberikan impact pada pengambilan keputusan yang lebih cepat dibandingkan dengan kompetitor bisnis kamu.

  1. Menciptakan konsistensi data

Data warehouse juga dapat menciptakan konsistensi data yang diambil dari berbagai platform

Data warehouse adalah sistem yang bisa mengumpulkan berbagai macam informasi dari berbagai platform yang berbeda sehingga bisa diubah dalam bentuk format tunggal supaya bisa digunakan dengan baik.


Hal ini supaya untuk kedepannya perusahaan kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal serta konsisten antara satu dengan yang lainnya. Saat standarisasi data terbentuk, maka kamu bisa menaruh kepercayaan tinggi pada tingkat keakuratan data warehouse supaya bisa membuat keputusan bisnis yang jelas dan juga tepat.

  1. ROI yang dihasilkan lebih optimal

ROI yang dihasilkan oleh perusahaan juga akan lebih optimal dengan adanya data warehouse

ROI (Return of Investment) merupakan tingkat rasio antara jumlah laba bersih dengan biaya investasi yang diperoleh dari berbagai investasi pada sumber daya yang ada. Jika dihubungkan dengan gudang data, maka mempunyai fungsi secara khusus untuk dapat memberikan pengembalian investasi yang jauh lebih menguntungkan.

  1. Menyediakan Historical Intelligence

Historical data pada data warehouse berguna untuk melakukan analisa terhadap tiap periode atau tren waktu

Manfaat dari data warehouse yang berikutnya yaitu sebagai penyedia mayoritas historical data supaya kamu bisa melakukan analisa pada setiap periode atau tren waktu yang berbeda pula. Hal ini supaya kamu dapat membuat prediksi atau perkiraan terhadap bisnis (forecasting) untuk masa yang akan datang.

  1. Menghemat biaya dan meningkatkan pendapatan

Perusahaan juga dapat menghemat biaya dengan adanya data warehouse sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan

Dengan adanya data warehouse maka dapat dilakukan analisis terhadap berbagai segmen untuk pembuatan keputusan kedepannya. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan dan bisnis. Bahkan, riset menyebutkan jika perusahaan yang menggunakan keputusan yang berdasarkan data bisa mengalami pertumbuhan rata-rata lebih dari 30% per tahunnya.

Untuk memudahkan kamu dalam mengambil keputusan dalam  bisnis, gunakanlah aplikasi Analisa Bisnis Majoo. Ini adalah aplikasi pendukung bisnis terbaik bagi para wirausaha. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan mudah dalam melakukan analisis terhadap data warehouse perusahaan guna menerapkan strategi pasar yang tepat.


Aplikasi ini dilengkapi dengan laporan penjualan secara lengkap. Di sini kamu dapat memantau seluruh transaksi yang terjadi pada semua cabang bisnis secara real time hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer saja. 


Selain itu, terdapat juga fitur laporan analisa bisnis, dimana kamu dapat mudah untuk melakukan analisis pada saat waktu penjualan teramai, analisis stok dan prediksi belanja modal, hingga analisa kepuasan pelanggan. Dengan demikian, kamu akan mudah untuk melakukan analisis perusahaan guna menerapkan strategi bisnis guna tercapainya tujuan.


Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Analisis Bisnis Majoo. Analisis strategi secara tepat dan bantu tingkatkan keuntungan. 

Karakteristik Data Warehouse

Data warehouse memiliki karakteristik yang terdiri dari 4 karakteristik. Karakteristik ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berorientasi pada objek

Data yang berorientasi pada subjek mempunyai dimensi waktu yang saling berhubungan. Hal ini nantinya akan dapat mendukung pada proses saat pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para manajer di setiap jenjangnya.

  1. Data terintegrasi

Karakteristik data warehouse yang berikutnya yaitu data yang telah terintegrasi. Hal ini dikarenakan data warehouse adalah berbagai sistem informasi yang ada sehingga informasi ini juga dapat terintegrasi dengan baik. Hal ini juga dapat membantu dapat mempercepat pengambilan keputusan secara efektif dan juga efisien.

  1. Data bersifat data

Data yang digunakan dalam data warehouse bersifat tetap. Hal ini maksudnya yaitu informasi yang digunakan tidak berganti serta tidak diubah, karena data tersebut biasanya berisi kumpulan informasi yang sudah ada serta adanya jangka waktu yang sudah ditetapkan.

  1. Memiliki rentang waktu tertentu

Sistem database yang digunakan pastinya mempunyai rentang waktu tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini akan berpengaruh pada pemakaian setiap strategi bisnis yang dijalankan sehingga basis data yang tercipta akan terus diikuti dengan interval waktu penggunaannya.

Komponen Data Warehouse

Selain mempunyai beberapa karakteristik, data warehouse juga mempunyai beberapa komponen utama sebagai penyusun database. Berikut beberapa komponen data warehouse:

  1. Gudang

Komponen pertama data warehouse yaitu gudang yang menjadi tempat penyimpanan data tersebut. Bentuknya dapat berbeda-beda serta disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan, diantaranya yaitu data warehouse appliance, cloud-hosted, analytics, dan typical relational database.

  1. Manajemen gudang data

Fungsi dari manajemen data sangatlah kompleks, dimana harus ada pihak yang bisa untuk melakukan manajemen terhadap gudang data secara baik. Ada hal yang harus diperhatikan saat mengelola gudang data ini yaitu pembaharuan data, segi keamanan, pemilihan prioritas, mengelola backup, dan recovery jika terdapat keadaan yang mendesak.

  1. Metadata

Komponen data warehouse berikutnya yaitu metadata, dimana ini merupakan sebuah keterangan ringkas dalam data tersebut. Fungsi dari metadata yaitu memberikan konteks atau gambaran tentang sebuah informasi supaya tampak lebih jelas dan relevan.

  1. Tools akses

Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan dalam mendukung strategis bisnis kamu menggunakan data warehouse. Kamu bisa menggunakan konsep data mining dan OLAP. 

Untuk mendapatkan informasi secara jelas, kamu dapat mencari beberapa referensi dari internet. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan query reporting atau mengembangkan tools analytics sendiri jika kamu mempunyai tim developer atau pengembang aplikasi. 

Data warehouse adalah salah satu bagian penting dalam sebuah perusahaan karena berfungsi untuk menganalisa semua bidang yang ada di dalam perusahaan. Dengan adanya data warehouse, maka dapat membantu dalam manajemen semua proses operasional dalam bisnis dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan. 

Sumber: 

  • https://www.binaracademy.com/blog/pengertian-data-warehouse

  • https://www.sekawanmedia.co.id/blog/data-warehouse/

  • https://www.ekrut.com/media/data-warehouse-adalah

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo