Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    9 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang dan Jasa

    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran barang atau jasa.

    Apa yang kamu ketahui tentang penawaran? Dalam perspektif ilmu ekonomi, yang dinamakan penawaran adalah tersedianya sejumlah barang dan jasa untuk dijual maupun diserahkan kepada konsumen. Barang dan jasa tersebut umumnya ditawarkan dengan harga yang bervariasi dalam waktu tertentu. Pada praktiknya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran

    Hukum Penawaran

    Sebelum menilik lebih dalam mengenai faktor yang mempengaruhi penawaran, sebaiknya kamu juga memahami bahwa adanya penawaran berkaitan erat dengan hukum penawaran. Singkatnya, hukum penawaran merupakan teori lengkap tentang penawaran. 

    Bunyi hukum penawaran:

    “Kalau harga naik, penawaran meningkat, kemudian ketika harga turun, penawaran akan mengalami penurunan pula”. 

    Bila dijelaskan lengkap, hukum penawaran bisa digambarkan seperti berikut: apabila harga barang tinggi, jumlah barang yang tersedia untuk dijual akan lebih banyak. Sebaliknya, apabila harga barang rendah, jumlah barang yang disediakan untuk dijual akan semakin sedikit atau bisa menjadi langka.

    Hukum penawaran memiliki keterkaitan erat pada tingkatan harga dan barang yang ditawarkan. Keterkaitan ini sudah menjadi pakem dan hukum tidak tertulis yang paten serta tidak dapat dicegah. 

    Menurut hukum penawaran, harga sebuah barang atau jasa punya kaitan erat dengan tingkat penawaran. Harga barang dan jasa akan mengalami peningkatan seiring dengan tingginya angka penawaran. Di sisi lain, pihak produsen akan berupaya mengurangi penawaran ketika harga barang dan jasa mengalami penurunan.

    Bersama dengan hukum permintaan, hukum penawaran menjadi landasan yang sangat penting dalam ilmu ekonomi pasar. Kedua hukum tersebut mengatur tentang interaksi antara penjual dan pembeli berkaitan dengan transaksi dagang sumber daya tertentu. 

    Pemahaman tentang hukum penawaran bisa mendorong seorang pebisnis untuk mempertahankan agar harga barang dan jasa berada di angka yang menguntungkan. Namun, tentu saja hukum tersebut berlaku apabila faktor lain yang memengaruhi penawaran tidak terjadi.

    Baca Juga: Definisi dan Contoh Kurva Penawaran dalam Bisnis

    Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

    Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran dalam pergerakan ekonomi. Faktor-faktor tersebut bisa memicu tingkat penawaran barang atau jasa menurun maupun meningkat dalam kurun waktu tertentu.

    Adapun 9 faktor yang mempengaruhi penawaran tersebut adalah: 

    1. Harga Barang

    Harga barang adalah faktor yang mempengaruhi penawaran yang paling utama. Kenapa? Karena biaya yang lebih rendah akan memicu penawaran yang rendah pula. Sebaliknya, harga barang yang tinggi di pasaran, akan meningkatkan jumlah penawaran barang. 

    Peningkatan dan penurunan harga barang ini juga akan berpengaruh pada keuntungan yang didapat dari penjualan barang atau jasa. Selain itu, spekulasi tentang harga barang di masa depan juga dapat mempengaruhi penawaran suatu produk. 

    Baca juga: Belajar Menghitung Harga Pokok Produksi dengan Benar

    2. Biaya Produksi

    Biaya produksi merupakan salah satu faktor utama bagi penawaran, karena penawaran suatu produk akan berkurang dengan meningkatnya biaya produksi barang atau jasa dan sebaliknya. 

    Penawaran suatu produk dan biaya produksi memiliki hubungan berbanding terbalik satu sama lain. Biaya produksi barang atau jasa dapat naik karena pengaruh beberapa hal, seperti tingginya upah tenaga kerja, harga bahan baku, biaya transportasi, hingga tarif pajak.

    Banyaknya produsen yang ada juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi penawaran.

    3. Jumlah Produsen

    Jumlah produsen yang memproduksi suatu produk serupa juga bisa menjadi faktor yang dapat mempengaruhi penawaran. Alasannya, karena adanya peningkatan kuantitas produk di suatu wilayah tertentu. 

    4. Proyeksi Keuntungan

    Tujuan utama produsen atau perusahaan tentunya adalah mencari keuntungan tertinggi dari penjualan. Produsen yang ingin mendapat margin keuntungan besar, secara otomatis akan meningkatkan harga jual produk di pasaran. 

    Hal yang dilakukan ini bisa berjalan positif jika memang permintaan produk tinggi, namun akan berbalik negatif bila ternyata harga produk di pasar jauh lebih rendah daripada harga produk yang ditawarkan. 

    5. Persaingan Produk

    Kenapa persaingan produk bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran? Karena persaingan produk serupa di pasaran, secara otomatis akan membenturkan persoalan kualitas dan kuantitas barang. 

    Jika suatu produsen mematok harga tinggi untuk suatu produk, padahal sebenarnya di pasaran dapat dibeli dengan harga lebih murah, artinya ia perlu meningkatkan kualitas produknya agar dapat berkompetisi di pasaran. 

    6. Faktor Alam

    Disadari atau tidak, kondisi alam bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penawaran. Contohnya, perubahan cuaca dan iklim tertentu akan memungkinkan terjadinya bencana alam yang menyebabkan gagal panen, atau bahkan menyusutnya bahan baku alam dari suatu produk. 

    Baca juga: Langkah UMKM Go International dengan Go Digital

    7. Teknologi

    Teknologi menjadi salah satu faktor yang belakangan terus berkembang memengaruhi penawaran. Kemajuan teknologi ternyata dapat dengan mudah meningkatkan produksi suatu produk dan meningkatkan pasokan produk tertentu. 

    Adanya bisnis yang menjalankan proses produksinya dengan otomatisasi dan komputerisasi, tentunya juga mengakibatkan operasional perusahaan menjadi lebih ringkas dan murah. Inilah yang nantinya akan berpengaruh pada penetapan harga dan kuantitas produk di pasaran.

    8. Pajak

    Pajak yang telah ditetapkan oleh pemerintah terhadap suatu produk memang dapat mempengaruhi kuantitas produk di pasaran. Pengaruh ini disebabkan karena biaya yang dikeluarkan untuk suatu produk akan bertambah dengan adanya pajak. 

    Pajak akan berpengaruh pada penawaran, karena kuantitas produk yang tinggi tentunya berbanding lurus dengan pajak yang harus dibayarkan perusahaan. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara melakukan diversifikasi produk dan produksi atau distribusi produk di pasar atau wilayah lain.

    Baca juga: Sudah Tahu Apa Saja Contoh Pajak Langsung?

    9. Kebijakan Pemerintah

    Terakhir, faktor yang mempengaruhi penawaran adalah kebijakan pemerintah. Di beberapa negara dengan sistem ekonomi campuran, kondisi ini memang wajar terjadi. Kebijakan fiskal dan industri yang ditetapkan oleh pemerintah, sedikit banyak akan berdampak pada penawaran suatu produk. 

    Pengurangan harga suatu barang akibat adanya subsidi dari pemerintah, akan meningkatkan penawaran barang tersebut. Kenapa? Karena dengan adanya subsidi tersebut, konsumen dan pasar akan dapat dengan mudah mengakses suatu barang yang tadinya berharga mahal akibat kelangkaan bahan baku maupun tekanan ekonomi.

    Kesimpulan

    Untuk bisa mengembangkan suatu bisnis, ada berbagai unsur yang berperan penting, termasuk penawaran. Dalam ilmu ekonomi, penawaran diartikan sebagai keseluruhan jumlah barang yang bersedia produsen tawarkan kepada konsumen dengan tingkat harga dan waktu tertentu. Konsep penawaran dijelaskan dengan gamblang dalam hukum penawaran

    Penawaran dan produksi mempunyai hubungan yang sangat erat. Lantaran itulah, ada beberapa hal yang berhubungan dengan produksi menjadi faktor yang mempengaruhi penawaran

    Itulah tadi beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran dengan berbagai alasan dan kondisinya. Pemahaman ini perlu dikuasai oleh pemilik usaha atau seorang produsen dalam menentukan harga produk, cakupan pasar, hingga kuantitas produk yang akan mereka kerjakan. 

    Penawaran produk yang dilakukan dengan strategi baik akan menciptakan keuntungan yang signifikan. Sebaliknya, jika penawaran dilakukan tanpa memperhatikan beberapa faktor tersebut, bisa dipastikan produk yang ditawarkan akan sulit menembus pasar.

    Kamu yang aktif sebagai pelaku bisnis atau wirausahawan, bisa mencoba memahami hal tersebut. Sekaligus menambahkan aplikasi kasir majoo yang memberikan layanan fitur aplikasi inventory. Dengan begitu, kamu bisa melihat dan memantau catatan stok yang berhubungan dengan penawaran. Biaya berlangganan majoo yang sangat terjangkau pastinya bukan menjadi alasan untuk tidak berlangganan kan? 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.