Table of Content

    Financial Statement: Pengertian dan Tujuan Pembuatannya

    Financial statement adalah laporan keuangan bisnis dalam satu periode akuntansi.


    Dalam menjalankan suatu bisnis, kondisi kesehatan finansial bisa terlihat dari laporan keuangannya, atau yang biasa dikenal dengan financial statement. Laporan ini dibuat dengan tujuan utama agar kondisi keuangan bisnis bisa diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan cepat dan transparan. Pihak-pihak yang dimaksud bisa jadi adalah tim auditor, manajemen, bahkan investor.

    Pengertian Financial Statement

    Menurut pengertian sederhana, financial statement adalah sebuah catatan yang berisikan informasi formal dari aktivitas keuangan dan posisi keuangan bisnis dalam satu periode akuntansi. Terdapat beragam periode akuntansi, seperti per 3 bulan, per 6 bulan, hingga per tahun. 


    Sementara dari segi bisnis, financial statement adalah informasi keuangan yang disediakan oleh suatu bentuk usaha atau perusahaan. Perusahaan biasanya melaporkan laporan keuangan mereka pada waktu tertentu dalam kurun waktu 6 bulan atau setahun sekali untuk memperlihatkan kondisi keuangan. Proses pelaporan financial statement tersebut  dikenal dengan istilah financial reporting


    Bagi para investor, laporan keuangan atau financial statement adalah salah satu indikator penting ketika ingin atau bahkan sudah menanamkan saham pada suatu bisnis atau perusahaan. Para investor umumnya lebih memilih bisnis yang sehat secara finansial dengan melihat laporan keuangannya demi mendapatkan keuntungan. 


    Laporan ini sangat berpengaruh bagi sebuah bisnis atau perusahaan karena  tersusun dari banyak informasi penting mengenai kondisi finansial perusahaan, seperti transaksi, pendapatan, kerugian, perubahan modal, dan juga cash flow. 

    Komponen Financial Statement

    Seperti sudah disebutkan di atas, financial statement atau laporan keuangan berisikan banyak informasi dari komponen lainnya. Berikut adalah beberapa komponen kegiatan keuangan yang umumnya terdapat dalam financial statement

    Neraca Keuangan

    Neraca keuangan atau balance sheet adalah komponen penting dalam laporan keuangan. Balance sheet berisi laporan posisi keuangan secara umum yang memperlihatkan beberapa komponen, seperti aset, hutang atau kewajiban, dan ekuitas perusahaan. Istilah lain dari balance sheet adalah laporan posisi keuangan.

    Laporan Laba Rugi

    Income statement atau laporan laba rugi juga merupakan bagian dari financial statement. Melalui income statement ini informasi penjualan hingga beban perusahaan dalam periode akuntansi tertentu dapat diketahui.

    Laporan Perubahan Ekuitas

    Laporan perubahan ekuitas bisa dijadikan sebagai gambaran yang menunjukkan  perkembangan dari modal bisnis. Dalam laporan perubahan ekuitas, dapat diketahui bagaimana modal bertambah atau malah berkurang tergantung keuntungan atau tambahan modal yang diperoleh. Laporan ini juga biasanya disertai dengan informasi laba ditahan dan informasi lain dalam periode tertentu.

    Ada beberapa komponen penting yang terdapat dalam financial statement.

    Laporan Arus Kas

    Laporan arus kas atau yang selama ini lebih dikenal dengan istilah cash flow adalah laporan yang berisikan setiap aktivitas keuangan mulai dari aktivitas operasional hingga aktivitas lainnya. Dalam konteks akuntansi, bisnis atau perusahaan melaporkan laporan arus kas dan sumber pendanaannya pada setiap periode yang ditentukan.

    Tujuan Financial Statement

    Tujuan utama setiap pembuatan laporan keuangan atau financial statement adalah  untuk menyediakan informasi yang relevan mengenai aktivitas keuangan, posisi keuangan, kinerja, serta perubahannya. Dengan adanya laporan tersebut, perusahaan dan stakeholder lain dapat menjadikannya sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Berikut beberapa tujuan dari financial statement baik bagi perusahaan maupun pihak lain:

    Pengambilan Keputusan

    Dalam dunia bisnis, semua pihak, baik itu pemilik, tim manajemen, atau investor selalu menjadikan laporan keuangan sebagai landasan dalam proses pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan memang merupakan hal yang penting karena memiliki pengaruh pada perkembangan bisnis tersebut. Proses ini biasanya sangat bergantung pada kinerja dan kegiatan keuangan yang tertera di laporan keuangan. 

    Analisis Keuangan

    Selain memiliki peran sebagai bahan pengambilan keputusan, financial statement atau laporan keuangan juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama dalam analisis keuangan bisnis. Umumnya, hal-hal yang termasuk dalam komponen analisis tersebut antara lain adalah kondisi keuangan, nilai perusahaan, juga keuntungan dan kerugian. Hasil analisis inilah yang biasanya dijadikan sebagai pertimbangan utama untuk membuat keputusan penting seperti ekspansi hingga investasi.

    Pemberian Modal/Pinjaman

    Kebutuhan akan tambahan modal dibutuhkan oleh para pemilik bisnis untuk keperluan mengembangkan usahanya. Dalam hal ini, peran laporan keuangan adalah sebagai media atau bahan yang bisa diserahkan pada lembaga keuangan atau bank untuk mengajukan pinjaman modal. Modal yang didapatkan akan disertai dengan surat perjanjian yang mewajibkan perusahaan membayar dengan kondisi tertentu sesuai kesepakatan.


    Baca Juga: Kenali Kapasitas Bisnis Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal!

    Pengguna Financial Statement

    Dari penjelasan di atas, bisa dilihat bahwa ternyata ada banyak pelaku bisnis yang menggunakan financial statement untuk berbagai macam kebutuhan pengelolaan keuangan bisnisnya, antara lain: 

    • Pemilik bisnis

    • Kreditor

    • Pemasok

    • Lembaga keuangan pemberi pinjaman

    • Pihak akuntan bisnis

    • Investor/pemegang saham

    Perbedaan dan Persamaan antara Financial Statement dan Financial Report

    Jika dalam penjelasannya, definisi financial statement adalah laporan yang menampilkan informasi mengenai kondisi keuangan bisnis dalam periode tertentu, maka financial report adalah output sampingan yang mendukung financial statement tersebut. 


    Secara lengkap, financial report adalah suatu laporan keuangan yang ditambah dengan informasi-informasi lain yang berhubungan, baik itu yang langsung maupun yang tidak langsung dengan informasi yang disediakan oleh sistem akuntansi keuangan, misalnya informasi mengenai sumber daya perusahaan. Financial report ini biasanya dibuat hanya untuk tujuan internal dan terkadang terdapat pada annual report atau laporan tahunan karena memang masih ada orang yang menganggap financial report adalah annual report.

     

    Perbedaan berikutnya ada pada jenisnya. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa financial statement terdiri dari beberapa komponen, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan cash flow. Sementara pada financial report tidak terdapat adanya jenis-jenis, hal ini dikarenakan financial report sifatnya lebih fleksibel. Financial report biasanya berisi hal-hal seperti: 

    • Profil bisnis atau perusahaan

    • Ikhtisar saham

    • Pembahasan hasil kinerja keuangan

    • Laporan keuangan konsolidasi

    • Data bisnis atau perusahaan, seperti jumlah dan nama anak perusahaan, tata kelola perusahaan, jumlah karyawan perusahaan dan lain-lain.


    Bila dilihat dari tujuan, ternyata juga terdapat perbedaan antara 2 laporan ini. Tujuan financial statement adalah untuk memudahkan pihak-pihak yang terkait untuk memeriksa kondisi keuangan suatu bisnis atau perusahaan. Sedangkan pada financial report, tujuannya selain menyediakan informasi untuk mengambil keputusan bisnis, juga bisa untuk menyediakan informasi mengenai sumber daya ekonomi, klaim atas sumber daya tersebut dan perubahannya, dan juga agar bisa menaksir arus kas yang masuk pada bisnis tersebut. 


    Kemudian, bila bicara mengenai sifatnya, financial statement bersifat lebih terbuka, dengan kata lain, apa yang ada di dalam laporan tersebut boleh diketahui oleh pihak-pihak luar yang masih berkepentingan dengan perusahaan. Isinya pun sudah disusun dengan rapi agar mudah dimengerti. Sedangkan financial report sifatnya agak lebih tertutup. Pihak yang bisa mengakses laporan ini umumnya hanya orang-orang internal perusahaan. 


    Namun, ternyata financial statement dan financial report juga memiliki persamaan. Salah satunya yang paling utama adalah tujuannya untuk dapat menjadi sebuah landasan bagi pebisnis atau pemilik perusahaan dalam mengambil keputusan akan langkah penting dalam bisnisnya. 


    Selain pemilik bisnis, 2 laporan ini juga penting bagi para investor yang ingin atau malah sudah menanamkan sahamnya. Investor perlu mengetahui bagaimana sebenarnya kondisi finansial sebuah bisnis sebelum memutuskan membeli saham perusahaan tersebut atau tidak. Ini karena kondisi kesehatan finansial suatu bisnis atau perusahaan tidak bisa hanya tampak di neraca saldo saja.


    Financial statement dan financial report mampu memberikan data yang lengkap mengenai kemampuan pendanaan dan operasi perusahaan.

    Kesimpulan

    Ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan dari penjelasan mengenai financial statement tersebut. Pertama, bahwa financial statement adalah laporan keuangan yang tersusun dari setiap informasi penting mengenai aktivitas keuangan suatu bisnis atau perusahaan, mulai dari transaksi, pendapatan, kerugian, perubahan modal, cash flow, hingga pengelolaan keuangan secara menyeluruh. 


    Dalam financial statement terdapat beberapa komponen yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas.


    Dalam konteks bisnis, financial statement merupakan informasi keuangan yang disediakan oleh suatu perusahaan dan perusahaan akan melaporkan laporan keuangan pada waktu tertentu memperlihatkan kondisi keuangan dan kinerja perusahaan. Laporan keuangan perusahaan ini dikenal dengan istilah financial report.


    Agar laporan penting tersebut dapat tercatat dengan rapi, teratur, dan terperinci, maka dalam melaporkan financial statement, sebaiknya pemilik bisnis atau perusahaan menggunakan aplikasi atau software yang mampu menyajikan data secara lengkap dan cepat tanpa perlu repot.


    Aplikasi seperti majoo memiliki peran penting karena bisa membantu proses pembuatan financial statement ini menjadi lebih efektif dan efisien, selain itu juga bisa meminimalisir kesalahan atau human error yang biasa terjadi pada proses pencatatan dan pelaporan manual. 


    Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi majoo bukan hanya bisa membantu proses pencatatan laporan, melainkan juga dapat membantu mengelola bisnis kamu hanya dengan sentuhan jari. 


    So, bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis tapi masih bingung dan takut melakukan kesalahan, kenapa tidak memanfaatkan fitur canggih dari majoo saja?  Yuk, segera berlangganan! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Debt to Equity Ratio (DER): Definisi dan Rumus Menghitungnya
    Debt to Equity Ratio adalah rasio utang terhadap ekuitas, yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan atas komposisi utang dan ekuitas perusahaannya.
    Pengertian dan Contoh Pasar Bebas sebagai Bentuk Globalisasi
    Tidak asing dalam dunia perdagangan, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pasar bebas? Benarkah pasar bebas adalah salah satu bentuk globalisasi?
    Cashback adalah: Arti dan Bedanya dengan Diskon
    Cashback adalah salah satu program promosi dan impact-nya membuat loyalitas pelanggan. Adakah keuntungan dan kekurangan lainnya? Simak di sini!
    Ekspor Adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Contohnya
    Singkatnya, ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri. Lalu, apa manfaat, tujuan, serta contoh ekspor? Cari tahu selengkapnya di artikel ini!