Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Insight adalah Kunci Memahami Perilaku Konsumen. Apa Iya?

    Insight adalah Kunci Memahami Perilaku Konsumen. Apa Iya?

    Definisi Insight dan Manfaatnya dalam Pengembangan Usaha

    Dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali menyampaikan bahwa data merupakan ‘new oil’. Beliau mengatakan bahwa data merupakan suatu kekayaan baru yang bahkan lebih mahal dari harga minyak.

    Saat ini, data menjadi aset penting bagi perusahaan. Melalui data, kita dapat menggali insight. Apa yang dimaksud dengan insight?

    Insight adalah hasil analisis data yang menghasilkan berbagai pemahaman dan interpretasi. Insight disebut juga dengan wawasan yang memberikan gambaran detail tentang konsumen.

    Pemahaman dan interpretasi yang didapatkan akan menjadi dasar bagi sebuah bisnis untuk meningkatkan pengembangan produk dan layanan bagi pelanggan. Insight berisi informasi terkait kebiasaan dan perilaku pelanggan, umpan balik, kondisi ekonomi, dan lain-lain.

    Insight yang digunakan dalam kegiatan marketing dikumpulkan dari berbagai sumber, antara lain data layanan pelanggan, ulasan produk dan layanan, riset pasar, riwayat pembelian, dan sentimen pelanggan.

    Baca juga: Produk Viral 2022 yang Laris Manis dan Jadi Inspirasi Bisnis

    Insight adalah materi penting dalam pengambilan keputusan oleh manajemen dalam pengembangan usaha. Insight yang diperoleh dari data yang valid dan reliable akan membantu perusahaan saat ingin memperkenalkan produk ke pasar. Itulah peranan insight dalam kegiatan marketing. Sebab, pemilik usaha harus mengetahui sedalam-dalamnya hal yang paling dibutuhkan oleh konsumen sebelum melakukan penetrasi pasar.

    Untuk lebih jelas tentang penggunaan insight dalam marketing, mari simak detailnya berikut ini.

    Apa Itu Insight?

    Ketika sebuah perusahaan akan memasarkan produknya, mereka akan melakukan berbagai riset. Aktivitas riset ini digunakan untuk mendapatkan data terkait kebutuhan dan pola pikir konsumen dalam mengonsumsi suatu produk.

    Data tersebut akan dipelajari, dianalisis, dan diolah yang kemudian akan menghasilkan insight. Oleh karena itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki sumber daya manusia yang mampu mengolah data menjadi sebuah insight. Jika tidak, maka data itu akan berakhir menjadi sia-sia. 

    Dari ilustrasi di atas, dapat disimpulkan bahwa insight adalah sebuah wawasan terkait pola dan tren konsumen yang diperoleh dari analisis data sehingga dapat menjadi sebuah tujuan, acuan, dan data yang dapat dipercaya. Insight dapat digunakan untuk mengembangkan usaha karena membantu kita dalam mencari berbagai kesempatan dan peluang. Selain itu, insight dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melahirkan sebuah inovasi dan mengoptimalkan kualitas layanan dan penjualan.

    Baca juga: 5 Strategi dan Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis!

    Insight selalu menjadi patokan bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Melalui insight inilah maka perusahaan dapat mengetahui aspirasi dan motivasi yang ternyata menjadi dasar dari segala tindakan konsumen. Tindakan konsumen yang mengarah kepada pembelian produk dapat dipelajari lebih lanjut.

    Dengan adanya insight di dalam suatu perusahaan, maka produk yang dihasilkan dan dipasarkan oleh perusahaan akan menjadi lebih maksimal karena telah menjawab kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu, menggali insight adalah hal yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

    Untuk mendapatkan insight yang baik dan dapat mencapai tujuan bisnis, maka perlu melakukan pengumpulan data terlebih dahulu. Karena, tanpa data, insight tentu akan tiada. Kamu harus mengumpulkan data berupa informasi mengenai hal-hal yang paling diinginkan konsumen dari sebuah produk atau layanan.

    Setelah itu, data yang telah dikumpulkan dan disusun harus diteliti untuk mengekstraksi hal-hal yang paling dibutuhkan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengambil langkah yang tepat dan efektif. Kemudian, gunakanlah insight yang telah didapatkan untuk mempromosikan produk maupun layanan. Pada akhirnya, perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan secara maksimal untuk mendapatkan suatu respon yang diharapkan, yaitu penjualan atau pelayanan yang lebih baik.

    Manfaat Insight

    Manfaat paling utama dari insight adalah membantu pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu, melalui insight kamu dapat mengembangkan hubungan dengan pelanggan, lebih terkoneksi dengan mereka, dan menghasilkan data yang terukur. Berikut beberapa manfaat lain dari insight:

    • Memahami dan memprediksi pendapatan yang diharapkan di masa depan.
    • Mengidentifikasi area yang harus diperbaiki untuk meningkatkan layanan.
    • Memberikan personalisasi pengalaman kepada pelanggan, sebab dalam sebuah survei menemukan bahwa 80% responden menginginkan personalisasi.
    • Memperkirakan jumlah inventaris yang diperlukan dengan lebih akurat.
    • Menargetkan promosi khusus kepada pelanggan yang kemungkinan besar akan melakukan transaksi.
    • Membantu menentukan harga produk yang optimal untuk memberikan revenue tertinggi bagi perusahaan.
    • Memperluas pasar baru atau menjadi acuan untuk meninggalkan pasar yang berkinerja buruk dan cenderung tidak menguntungkan.

    Market Insight dan Personal Insight

     Contoh Insight dalam Bisnis

    Dalam membahas insight, ada juga yang disebut dengan market insight dan personal insight. Market insight adalah upaya untuk menggali lebih jauh konsumen yang kamu miliki.

    Secara detail, market insight adalah penemuan informasi berupa fakta tentang pasar yang relevan dan belum pernah ditemukan sebelumnya. Hasil dari market insight akan menjadi paduan bagi perusahaan untuk melakukan inovasi maupun penerapan strategi pemasaran yang tepat.

    Karena berdampak besar, market insight harus didasari oleh riset data yang subjektif. Data yang dikumpulkan untuk mendapatkan market insight adalah jumlah revenue, jumlah produk terjual, dan market share dari para penjual, serta analisis kompetitor.

    Baca juga: Analisis Kompetitor: Tujuan, Manfaat, dan Contoh

    Market insight dapat digunakan untuk menguji hasil kreativitas pengembangan produk atau layanan agar lebih mendekati kebutuhan konsumen. Selain itu, market insight dapat digunakan pula untuk menyusun strategi pemasaran dan komunikasi iklan atas produk atau layanan yang telah dikembangkan.

    Sementara itu, personal insight adalah penemuan wawasan atau informasi mengenai cara seseorang berpikir, bertindak, dan melakukan sesuatu. Personal insight menggunakan analisis linguistik dan teori kepribadian.

    Secara umum, personal insight adalah hasil penemuan yang mengungkap pemahaman yang lebih mendalam mengenai karakteristik kepribadian seseorang maupun masyarakat, dalam kebutuhan, dan nilai yang berkaitan untuk mendorong personalisasi. Karena erat kaitannya dengan bidang psikologi, personal insight atau wawasan kepribadian dilakukan dengan cara mengekstraksi dan menganalisis spektrum kepribadian.

    Contoh Insight

    Kata “insight” berasal dari bahasa Inggris. Menurut Cambridge Dictionary, insight adalah “the ability to have a clear, deep, and sometimes sudden understanding of a complicated problem or situation”.

    Dalam bahasa Indonesia, insight dapat diartikan sebagai wawasan. Dengan kata lain, insight adalah kemampuan untuk memiliki pemahaman yang mendalam terkait masalah atau situasi yang rumit.

    Lalu, seperti apa contoh insight? Mari kita simak berikut ini.

    Contoh Insight Instagram

    Jika kamu berprofesi sebagai seorang Social Media Specialist, dalam kehidupan sehari-hari pasti sering sekali mendengar istilah insight. Platform media sosial seperti Instagram menyediakan fitur insight di aplikasi mereka yang disebut dengan Instagram Insight.

    Instagram Insight adalah salah satu fitur penting yang disediakan Instagram untuk memberikan berbagai informasi mengenai konten yang diposting, mengetahui jumlah interaksi yang terjadi, serta mengetahui data diri pengikut (jenis kelamin, usia, dan geografi). Insight Instagram menjadi informasi berguna yang dibutuhkan untuk mengevaluasi performa konten yang telah diposting.

    Beberapa metrik dalam insight Instagram dapat menolongmu untuk menganalisis data perilaku akun serta keterlibatan para pengikut (followers) akun milikmu. Berikut beberapa contoh metriks pengukuran di insight Instagram:

    Follower count : untuk melihat jumlah orang yang mengikuti akun Instagram milik kamu dalam waktu 7 hari terakhir.

    • Impressions: untuk melihat jumlah postingan kamu dilihat oleh followers akun milikmu dalam jangka waktu tertentu.
    • Reach: untuk melihat jangkauan pengguna Instagram yang sudah melihat konten yang kamu posting.
    • Profile views: untuk melihat jumlah profil kamu dilihat oleh followers.
    • Website clicks: untuk melihat jumlah klik yang dilakukan oleh followers terhadap link website yang terdapat pada bio profile milikmu.
    • Email clicks: untuk melihat total pengguna yang mengirim email bisnis kepada kamu.
    • Posts: untuk memantau jumlah konten yang sudah kamu posting selama kurun waktu tertentu.

    Contoh Insight TikTok

    Tidak dapat dimungkiri, Tiktok adalah platform media sosial yang sangat populer belakangan ini. Semakin banyak konten kreator yang beralih dari Instagram ke TikTok.

    Seperti halnya Instagram Insight, konten kreator dapat memanfaatkan TikTok Analysis untuk melihat performa konten yang diposting dalam periode tertentu. TikTok Analysis atau insight TikTok akan membantumu mendapatkan wawasan mengenai kinerja video kamu.

    Jika performa salah satu video yang kamu posting berbeda dari video sebelumnya, bukan berarti video tersebut buruk dan tidak disukai. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi hal tersebut, salah satunya adalah kinerja algoritma TikTok.

    Berikut beberapa contoh insight TikTok yang tersedia di TikTok Analysis:

    • Engagement: menyajikan analisis terkait total penayangan (views), total suka (Likes), komentar, dan waktu tonton rata-rata.
    • Followers: menyajikan wawasan terkait komunitas yang berhasil kamu bangun di TikTok, seperti perkembangan jumlah pengikut, asal penonton, dan jam-jam aktif pengikut.
    • Gender: menampilkan persentase jumlah penonton di video tertentu berdasarkan gender dan lokasinya.

    Kesimpulan

    Jika kamu adalah seorang pemasar atau pemilik perusahaan, penting untuk mendapatkan insight. Apa yang dimaksud dengan Insight? Insight adalah wawasan dan informasi yang didapatkan dari pengumpulan data yang kemudian menjadi sebuah tujuan, acuan, ataupun data yang dapat dipercaya.

    Insight dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kita, selagi kita mencari berbagai kesempatan dan peluang. Selain itu, insight juga digunakan untuk mengenali segmen konsumen pengguna produk atau layanan yang telah dipasarkan.

    Penting bagi sebuah usaha untuk memiliki insight mengenai hal-hal yang dibutuhkan konsumen agar perusahaan bisa berkembang dan lebih maju. Tidak hanya data terkait konsumen, perusahaan juga wajib untuk menggali insight terkait dengan karyawan karena mereka merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan bisnis.

    Untuk mendapatkan insight mengenai karyawan, gunakan aplikasi karyawan dari majoo. Aplikasi ini sangat menarik, sebab mampu mengevaluasi performa karyawan dalam waktu relatif singkat.

    Selain itu, aplikasi karyawan dari majoo dapat mendata kehadiran karyawan sampai perhitungan komisi. Kamu dapat dengan mudah dan cepat menilai performa karyawan berdasarkan data penjualan, terutama karyawan mana yang banyak melakukan penjualan.

     

    Pertanyaan Terkait

    • Insight adalah wawasan dan informasi yang didapatkan dari pengumpulan data yang kemudian menjadi sebuah tujuan, acuan, ataupun data yang dapat dipercaya.
    • Sejumlah fakta yang diperoleh dari hasil analisis data riset yang biasa digunakan sebagai panduan perusahaan untuk menciptakan inovasi atau melakukan strategi marketing.
    • Tiktok insight adalah sebuah fitur yang membantu pengguna TikTok untuk mengetahui perilaku pengikut (followers) dan performa dari konten-konten yang telah diposting dalam suatu periode. Data yang diberikan oleh insight TikTok akan membantu dalam menyusun strategi konten.
    • Instagram insight adalah fitur di Instagram yang menyediakan data tentang demografi dan tindakan pengikut, serta performa konten. Informasi ini memudahkan untuk membandingkan konten, mengukur efektivitas kampanye, dan melihat kinerja masing-masing konten yang diposting. Insight di Instagram hanya tersedia untuk akun bisnis. Selain itu, untuk melihat metrik demografi seperti rentang usia dan jenis kelamin, akun bisnis Instagram setidaknya harus memiliki 100 pengikut.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.