Manajemen Data: Efektivitas Bisnis Dengan Memanfaatkan Data

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Sangat penting untuk manajemen data dengan baik sehingga menghasilkan keputusan yang juga akurat

Dalam sebuah bisnis atau perusahaan, data merupakan salah satu hal yang cukup penting. Hal ini karena bisnis atau perusahaan tak pernah lepas dari yang namanya data. Untuk itu, diperlukan manajemen data yang baik supaya data tetap aman sehingga tidak terjadi kebocoran data kepada pihak luar. Pengelolaan data yang baik juga akan berdampak pada kelancaran bisnis karena data digunakan untuk strategi serta berperan penting dalam pengambilan keputusan.

Pengertian Manajemen Data

Manajemen data merupakan langkah yang dilakukan untuk mengelola data dengan memanfaatkan penggunaan teknologi sistem informasi. Hal ini supaya data dapat digunakan untuk keperluan informasi untuk segala pihak yang berwenang atasnya.

Manajemen data bertujuan untuk menjaga data supaya tetap akurat, aman, dan aktual sehingga dapat digunakan oleh seluruh pihak yang mempunyai akses terhadap data tersebut. Hal ini dilakukan supaya dapat mengumpul data, lalu menyimpannya sehingga dapat digunakan saat diperlukan.

Dengan adanya manajemen data, maka dapat membantu perusahaan untuk pengambilan keputusan guna menerapkan strategi yang tepat untuk ke depannya. Dengan demikian, data mempunyai banyak manfaat dalam perusahaan, salah satunya berperan penting dalam membuat kebijakan.   

Manfaat Manajemen Data

Data sangatlah penting dalam sebuah bisnis, organisasi, ataupun dalam perusahaan. Untuk itu, data akan selalu disimpan dengan aman supaya tidak bocor ke pihak luar. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat beberapa manfaat manajemen data berikut ini:

  1. Meningkatkan laba dan pendapatan

Salah satu manfaat manajemen data adalah mampu meningkatkan laba dan pendapatan

Manajemen data mempunyai manfaat mampu meningkatkan laba dan pendapatan pada perusahaan. Dengan melakukan manajemen data yang tepat maka dapat memberikan banyak informasi pada seluruh aspek bisnis. 


Hal ini dapat membantu mengurangi biaya serta mengoptimalkan operasional dalam bisnis. Manajemen data juga membantu dalam menerapkan strategi dalam bisnis sehingga bisnis akan mengalami perkembangan serta meningkatkan keuntungan.

  1. Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan

Manajemen data juga digunakan oleh perusahaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan

Data adalah salah satu hal penting dalam perusahaan yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Data juga berperan penting dalam pengambilan keputusan dalam bisnis. Keputusan yang baik berasal dari data yang akurat dan valid.


Tanpa adanya manajemen data yang baik maka dapat menghasilkan keputusan yang buruk sehingga dapat berdampak negatif bagi bisnis dan perusahaan.

Baca Juga: Tips dan Trik Manajemen Keuangan Untuk UMKM

  1. Membantu dalam merumuskan strategi marketing

Salah satu cara merumuskan strategi marketing adalah dengan manajemen data secara tepat

Strategi pemasaran memang membutuhkan data dalam penerapannya. Dengan melakukan manajemen data, maka perusahaan dapat menemukan ide maupun tren yang sedang berkembang serta dapat mempelajari pola perilaku pelanggan.


Perolehan data mengenai hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk campaign yang selanjutnya. Karena itulah, sangat perlu untuk melakukan manajemen data yang tepat sehingga dapat merumuskan strategi marketing.

Baca Juga: 9 Strategi Marketing Brand Lokal, Tingkatkan Omzet Bisnis

  1. Mengoptimalkan biaya dan waktu

Biaya dan waktu akan menjadi lebih optimal dengan adanya manajemen data

Manajemen data yang tepat juga dapat membantu mengoptimalkan biaya dan waktu. Setiap harinya, tentu saja perusahaan akan mengelola banyak data sehingga harus dikelola secara tepat dan efisien. Untuk itu, perusahaan dapat memberikan tanggung jawab ini kepada ahli profesional yang mempunyai keahlian di bidang manajemen data.

  1. Meningkatkan efisiensi operasi

Manajemen data yang baik dapat meningkatkan efisiensi operasi

Manajemen data yang tepat dapat berguna untuk meningkatkan efisiensi operasi dalam perusahaan. Data ini akan memberikan informasi yang akurat guna operasional dalam bisnis. 


Dengan demikian, berbekal data yang akurat maka dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasi sehingga akan mengurangi biaya pengeluaran untuk operasional serta memaksimalkan produktivitas.

  1. Meningkatkan pelayanan pelanggan

Pelayanan pelanggan akan mengalami peningkatan dengan adanya manajemen data

Pelayanan pelanggan juga akan meningkat dengan adanya manajemen data yang baik dan tepat. Dengan adanya manajemen data, maka perusahaan dapat mengetahui perilaku konsumen, memantau kebutuhan konsumen, hingga menawarkan pelayanan yang baik.


Untuk waktu dalam jangka panjang hal ini akan berdampak pada meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga tentu saja hal ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.


Baca Juga: 3 Komponen yang Menjadikan Kualitas Pelayanan Excellent

  1. Mencegah adanya kesalahan data

Manajemen data berguna untuk mencegah adanya kesalahan data di perusahaan

Manajemen data memang sangat dibutuhkan supaya dapat mencegah terjadinya kesalahan dalam data. Hal ini dikarenakan banyak hal dalam perusahaan yang mengandalkan data sebagai dasarnya sehingga jika terjadi kesalahan pada data tentu saja akan berdampak pada hal yang menggunakannya.


Adanya kesalahan dalam data juga dapat berdampak buruk bagi perusahaan, misalnya terjadinya kerugian. Untuk itu, manajemen data diperlukan untuk memastikan bahwa data sudah benar, akurat, dan valid. 

  1. Menjaga keamanan data

Manajemen data juga berguna untuk menjaga data tetap aman

Menjaga keamanan data merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini karena data dapat dikatakan sebagai isi dan juga informasi mengenai perusahaan tersebut. Terjadinya kebocoran data dapat membuat pihak luar mengetahui rahasia yang ada di dalam perusahaan.


Untuk itu, sangat penting untuk melakukan manajemen data yang baik supaya data perusahaan dapat terjaga keamanannya karena data dapat dikatakan sebagai jantung dari perusahaan. 

Data merupakan salah satu bagian penting guna melakukan analisis terhadap bisnis. Untuk itu kamu dapat menggunakan aplikasi analisa bisnis majoo Ini adalah aplikasi pendukung bisnis terbaik bagi para wirausaha. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan mudah dalam melakukan analisis terhadap data guna mengambil keputusan yang tepat.



Aplikasi ini dilengkapi dengan laporan penjualan secara lengkap. Di sini kamu dapat memantau seluruh transaksi yang terjadi pada semua cabang bisnis secara real time hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer saja. 


Selain itu, terdapat juga fitur laporan analisa bisnis, dimana kamu dapat mudah untuk melakukan analisis pada saat waktu penjualan teramai, analisis stok dan prediksi belanja modal, hingga analisa kepuasan pelanggan. Dengan demikian, kamu akan mudah untuk memantau seluruh data guna penerapan strategi bisnis yang efektif.


Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Analisis Bisnis Majoo. Mudah dalam melakukan analisis terhadap data dan bantu bisnis maju dan berkembang. 


Baca Juga: Kode Referral adalah Strategi Bisnis Makin Cuan

Cara Melakukan Manajemen Data Secara Efektif

Manajemen data pada sebuah perusahaan memang tidaklah mudah. Hal ini karena ada banyak tantangan dan juga rintangan yang harus dilewati guna mendapatkan data yang valid dan akurat. Berikut beberapa cara melakukan manajemen data secara efektif:

  1. Gunakan perangkat lunak

Di zaman yang serba canggih ini perusahaan dapat memanfaatkan penggunaan perangkat lunak supaya dapat mudah dalam melakukan manajemen data.


Perangkat lunak ini dapat membantu mengelola data secara efektif dan efisien dalam sebuah perusahaan serta akan membuat data menjadi lebih akurat dan tertata lebih rapi. Perusahaan bisa memilih untuk menggunakan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga manajemen data juga menjadi lebih baik.


  1. Kembangkan strategi untuk manajemen data

Untuk memastikan data dikelola secara tepat, maka perusahaan perlu untuk mengembangkan strategi untuk manajemen data perusahaan. Misalnya, dalam hal pengumpulan data, memproses data, menyimpan data, hingga penggunaan data.


Selain itu, strategi ini juga harus mengetahui apa saja tantangan dan rintangan yang dihadapi dalam melakukan manajemen data.

  1. Latih para staf

Dalam melakukan manajemen data, tentu saja membutuhkan beberapa orang dan tidak bisa melakukannya sendiri. Untuk itu, perusahaan dapat melatih staf mereka mengenai bagaimana cara manajemen data yang tepat.


Dalam pelatihannya, staf ini harus diajarkan tentang bagaimana cara mengumpulkan data, menjaga integritas data, melindungi data, memproses data, hingga menggunakannya dalam berbagai hal.

  1. Gunakan cloud computing

Di era teknologi yang semakin canggih perusahaan dapat memanfaatkan penggunaan cloud computing dalam manajemen data perusahaan. Dengan adanya teknologi ini, maka dapat membantu perusahaan dalam menyimpan data di server cloud, dimana data ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Hal ini dapat mengatasi permasalahan kapasitas penyimpanan data yang terbatas.

  1. Gunakan Big Data Analytics

Teknologi big data analytics berguna untuk melakukan analisa terhadap data sehingga mendapatkan informasi yang sangat penting. Dengan demikian, penggunaan teknologi ini bisa membantu perusahaan untuk melakukan analisa data yang banyak secara cepat dan efektif. 


Hal ini akan membuat perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam waktu yang singkat guna meningkatkan operasional dalam bisnis.

  1. Konsultasi dengan ahli

Jika terdapat masalah dalam manajemen data perusahaan, maka dapat meminta bantuan atau berkonsultasi kepada ahli yang profesional dalam manajemen data.


Dengan menggunakan ahli ini maka perusahaan bisa mengatasi tantangan, rintangan, dan masalah yang terdapat dalam manajemen data. Ahli ini juga dapat membantu dalam mengembangkan strategi manajemen data perusahaan secara efektif dan efisien.

Manajemen data memang sangat penting dalam sebuah perusahaan karena hampir seluruh operasional dalam perusahaan berpatok pada data. Data juga harus bersifat akurat sehingga menghasilkan keputusan yang benar. Manajemen data yang tepat juga akan membantu perusahaan dalam meningkatkan perkembangan bisnisnya. 

Sumber: 

  • https://accurate.id/marketing-manajemen/manajemen-data/

  • https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-data-management-adalah/

  • https://www.jurnal.id/id/blog/manajemen-data/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo