Tips dan Trik Manajemen Keuangan Untuk UMKM

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Ada beberapa tips dan trik dalam manajemen keuangan untuk UMKM supaya bisnis dapat berjalan dengan baik

Manajemen keuangan merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Bisa dibilang jika manajemen keuangan ini adalah pokok inti dari jalannya operasional bisnis. Tanpa manajemen keuangan yang baik, maka sebuah bisnis atau perusahaan dapat mengalami gangguan atau bahkan kebangkrutan. 

Apa Itu Manajemen Keuangan?

Manajemen keuangan merupakan sebuah proses perencanaan, mengatur, mengarahkan, serta mengendalikan aktivitas keuangan perusahaan atau bisnis. Dalam prosesnya, manajemen keuangan berarti penerapan prinsip-prinsip manajemen umum yang digunakan untuk sumber daya keuangan sebuah perusahaan.

Manajemen keuangan berhubungan dengan urusan finansial perusahaan, akan tetapi buka divisi akuntansi atau keuangan saja yang mempunyai kepentingan di dalamnya. Apalagi bagi bisnis UMKM dimana sumber dayanya masih terbatas.

Pemilik bisnis UMKM terkadang harus terlibat sepenuhnya dalam manajemen keuangan. Akan tetapi, tak jarang manajemen keuangan menjadi terabaikan dikarenakan saking banyaknya hal yang harus dilakukan oleh pemilik usaha.

Mengelola manajemen keuangan perusahaan memang bukan sesuatu yang mudah serta bisa memakan banyak waktu. Kegiatan ini juga harus dilakukan secara hati-hati dan penuh ketelitian supaya tidak terjadi kesalahan. 

Adanya kesalahan dalam manajemen keuangan dapat berdampak pada kesalahan dalam pengambilan keputusan sehingga dapat berpengaruh pada kegiatan bisnis perusahaan.

Baca Juga: Contoh Akuntansi dalam Bisnis, Ketahui juga Perbedaannya

Tips dan Trik Manajemen Keuangan Untuk UMKM

Bagi bisnis UMKM penting untuk dapat melakukan manajemen keuangan yang baik supaya bisnis dapat berkembang dan maju. Pengelolaan keuangan memiliki banyak aspek terhadap bisnis sehingga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Untuk itu, kamu dapat melihat beberapa tips dan trik manajemen keuangan untuk UMKM dibawah ini:

  1. Buat rencana keuangan secara jelas

Salah satu tips dalam manajemen keuangan yang baik adalah dengan membuat rencana keuangan yang jelas

Tips dan trik manajemen keuangan untuk UMKM yang pertama yaitu membuat rencana keuangan secara jelas. Banyak pemilik usaha yang kacau atau tidak pasti dalam merencanakan keuangannya sehingga berdampak pada usaha yang tidak lancar. 


Dalam sebuah bisnis memang dipenuhi oleh ketidakpastian, namun jika kamu mempunyai perencanaan keuangan yang jelas maka dapat menjadi panduan untuk mengambil langkah selanjutnya.

  1. Sisihkan uang pribadi dengan uang bisnis

Kamu harus menyisihkan antara uang pribadi dengan uang bisnis supaya lebih mudah untuk mengetahui aktivitas keuangan bisnis

Dalam melakukan sebuah usaha atau bisnis, kamu harus membedakan antara uang pribadi dengan uang bisnis. Banyak dari pelaku usaha yang tidak melakukan ini dan terkesan meremehkan, padahal memiliki dampak bagi usaha bisnis. 


Dengan menyisihkan antara uang pribadi dan uang bisnis, kamu akan menjadi lebih mudah untuk melihat berapa jumlah keuntungan, laba, atau modal usaha yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih mudah untuk melakukan manajemen keuangan untuk bisnis kamu. 


Buatlah rekening pribadi tersendiri dan terpisah dari rekening untuk keuangan bisnis. Jangan sampai kamu mencampurkan keduanya sehingga akan berdampak pada kekacauan keuangan bisnis.

Baca Juga: Cara Menghemat Biaya Produksi Bagi Bisnis UMKM

  1. Bayar tagihan sebelum jatuh tempo

Membayar tagihan sebelum jatuh tempo juga merupakan salah satu tips dan trik dalam manajemen keuangan bisnis UMKM

Tagihan adalah aspek yang dapat memiliki dampak pada keuangan bisnis pada akhir periode. Kamu juga dapat dirugikan dengan telat membayar kartu kredit dan pinjaman.


Untuk itu, cobalah untuk menghindari menunda pembayaran untuk tagihan. Sering menunda pembayaran tagihan dapat membuat manajemen keuangan menjadi semakin buruk. Hal ini juga berlaku untuk pembayaran pajak. Terlambat membayar pajak dapat menciptakan denda yang harus dibayar sehingga dapat mempengaruhi bisnis UMKM kamu.

  1. Penggajian dengan menggunakan cadangan kas

Siapkan cadangan kas guna memberikan upah atau gaji karyawan

Jika bisnis UMKM kamu sudah mempunyai pegawai atau karyawan, maka pelaku usaha wajib untuk membayar upah atau gaji karyawan tersebut secara konsisten dan lengkap dengan komponennya.


Manajemen keuangan untuk UMKM harus memiliki persiapan untuk penggajian dengan menggunakan cadangan kas yang tercukupi. Adanya ketersediaan kas menunjukkan jika bisnis UMKM tersebut memiliki keuangan yang sehat dan baik.

  1.  Pengendalian utang

Kendalikan utang dengan baik supaya keuangan pada bisnis dapat dalam keadaan sehat

Setiap usaha atau bisnis biasanya memiliki utang. Akan tetapi, kamu harus dapat melakukan pengelolaan dan pengendalian utang supaya keuangan bisnis kamu tetap dalam keadaan baik dan sehat. Pastikan kamu dapat mengendalikan utang dengan baik sampai semuanya berhasil dilunaskan.

  1. Mencatat semua transaksi keuangan pada bisnis

Semua jenis bisnis wajib untuk mencatat seluruh transaksi keuangan bisnis secara lengkap dan akurat

Ini adalah salah satu tips penting dan menjadi dasar utama dalam manajemen keuangan, baik itu bisnis kecil, menengah, atau besar. Setiap usaha pasti memiliki transaksi mengenai uang masuk dan keluar.


Karena itulah kamu harus mencatat semua transaksi tersebut secara lengkap dan rinci. Catat seluruh transaksi ini pada sebuah buku khusus laporan keuangan bisnis atau dapat juga menggunakan aplikasi akuntansi pendukung. 


Dengan begitu, kamu akan mudah untuk mengetahui aktivitas keuangan yang terjadi di dalam bisnis kamu. pencatatan seluruh transaksi ini juga akan memudahkan kamu dalam mengontrol dan mengawasi setiap aktivitas keuangan yang terjadi. 


Selain itu, kamu juga membutuhkan semua catatan transaksi ini guna melakukan analisis keuangan pada bisnis sehingga dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan guna penerapan strategi bisnis kedepannya.

Baca Juga: Mengintip Inspirasi Contoh UMKM Kreatif di Era Digital

Untuk memudahkan kamu dalam manajemen keuangan bisnis UMKM, gunakanlah aplikasi Akuntansi Majoo. Ini merupakan aplikasi keuangan terbaik bagi para pelaku usaha. Terdapat banyak sekali fitur yang dapat membantu kamu dalam manajemen keuangan secara cepat dan efisien.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, kamu dapat dengan mudah untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan akuntansi seperti faktur penjualan, biaya masuk dan keluar, kas dan bank, serta berbagai laporan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan buku besar, hingga laporan hutang piutang. 

Upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Akuntansi Majoo. Mudahkan dalam segala manajemen keuangan dan bantu tingkatkan keuntungan bisnis.

Manfaat Manajemen Keuangan Bagi Bisnis UMKM

Setelah mengetahui bagaimana cara manajemen keuangan untuk bisnis UMKM, kini saatnya kamu mengetahui manfaat dari manajemen keuangan itu sendiri.  Manfaat dari manajemen keuangan tidak hanya sebatas pada aspek finansial saja, melainkan lebih dari itu. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat beberapa manfaat manajemen keuangan bagi bisnis UMKM berikut ini:

  1. Rencana keuangan menjadi lebih jelas

Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik dalam bisnis maka rencana keuangan akan menjadi lebih jelas. Dengan adanya rencana keuangan yang jelas maka kamu dapat memprediksi jumlah pengeluaran dan pemasukan sehingga dapat melakukan analisa.

  1. Mampu mengendalikan keuangan 

Manfaat dari manajemen keuangan yang paling utama ialah mampu mengendalikan keuangan bisnis. Kamu lebih dapat mengendalikan keuangan jika terjadi suatu perubahan. Kamu juga dapat dengan mudah untuk mengatur pengeluaran dengan cara menyeleksi apa yang paling dibutuhkan dalam bisnis.

  1. Meminimalisir terjadinya kesalahan

Dengan adanya manajemen keuangan maka kamu dapat meminimalisir terjadinya kesalahan atau penyelewengan oleh pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab. Kamu dapat melakukan audit keuangan secara berkala untuk melihat segala aktivitas keuangan dalam bisnis.

  1. Mengetahui keuntungan

Salah satu manfaat dari adanya manajemen keuangan ini bagi bisnis yaitu supaya dapat mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh oleh bisnis. Kamu dapat melihat segala informasi yang berhubungan dengan laba, profit, atau omset dari bisnis yang kamu jalani.

  1. Memprediksi laba yang akan datang

Manajemen keuangan cenderung mengarah pada masa yang akan datang. Dengan begitu, kamu dapat meramalkan berapa laba yang mungkin akan diperoleh oleh bisnis kamu. Kamu dapat melihat aktivitas akuntansi serta melakukan analisa dan membuat perkiraan untuk kedepannya.

  1. Membantu mengatur perpajakan

Membayar pajak adalah sebuah kewajiban bagi pelaku usaha, baik itu usaha kecil, menengah, atau besar. Dengan adanya manajemen keuangan, kamu akan mudah untuk melihat berapa kisaran pajak yang harus kamu bayarkan. Besar atau kecilnya pembayaran pajak dapat mempengaruhi strategi dalam menetapkan harga suatu produk yang akan dijual.

Bagi pelaku bisnis UMKM dapat menerapkan tips dan trik di atas dalam manajemen keuangan. Sebenarnya, manajemen keuangan pada setiap bisnis hampir sama saja, hanya ada beberapa perbedaan yang disesuaikan dengan kebutuhan pada bisnis itu sendiri. 

Manajemen keuangan sangat penting dalam sebuah bisnis. Tidak hanya mencangkup seputar finansial saja, melainkan memiliki dampak yang lebih luas. Sebuah bisnis yang mempunyai manajemen keuangan yang baik pasti akan berdampak positif bagi bisnis itu sendiri. Bisnis akan lebih lancar, mampu berkembang, dan akan maju dengan cepat. 

Sumber: 

  • https://spenmo.id/blog/manajemen-keuangan-umkm

  • https://blog.skillacademy.com/6-tips-praktis-mengelola-keuangan-umkm-dengan-mudah

  • https://www.finansialku.com/fungsi-manajemen-keuangan-bisnis-umkm/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo