Membangun Kerjasama Bisnis: Tips dan Strategi Yang Efektif

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Membangun hubungan kerjasama bisnis yang positif penting supaya tujuan dapat tercapai bersama-sama

Dalam dunia usaha atau bisnis, pasti mengenal yang namanya kerjasama. Kerjasama bisnis ini sangat penting karena bisnis akan berhubungan dan berkaitan dengan banyak pihak. Sejatinya, bisnis tidak dapat berdiri sendiri tanpa melakukan kerja sama yang baik dengan pihak-pihak tertentu. Dengan adanya kerjasama bisnis ini, maka sebuah perusahaan dapat beroperasi, mengalami perkembangan, dan mencapai tujuan.

Pengertian Kerjasama

Kerjasama merupakan suatu usaha untuk mencapai tujuan yang dalam prosesnya dilakukan dengan bersama-sama dalam kelompok. Ciri dari kerjasama yaitu adanya peran yang diberikan pada masing-masing anggota atau individu.

Peran yang diberikan tidak harus sama antara satu individu dengan individu yang lainnya. Akan tetapi, terdapat aturan atau tata cara dalam mengatur supaya kerjasama dapat berjalan dengan baik. 

Dalam melakukan kerjasama, terkadang sering terjadi perselisihan paham, akan tetapi hal ini bisa diselesaikan dengan cara melihat kembali apa tujuan utama yang ingin diraih sejak awal. Kerjasama dapat menyatukan berbagai perbedaan untuk dapat mencapai tujuan.

Manfaat Kerjasama Bisnis

Ada beberapa manfaat kerjasama bisnis yang dapat diperoleh oleh sebuah perusahaan, terutama untuk perkembangan bisnis itu sendiri. berikut beberapa manfaat kerjasama bisnis yang harus kamu tahu:

  1. Mampu menjangkau target pasar yang lebih luas

Salah satu manfaat dari kerjasama bisnis yaitu dapat membantu perusahaan dalam menjangkau target pasar yang lebih luas. Tentu saja hal ini menguntungkan perusahaan karena dapat berdampak pada perolehan keuntungan yang optimal.


Selain itu, perusahaan juga dapat memanfaatkan kerjasama bisnis sebagai strategi marketing untuk dapat mengakuisisi pelanggan yang relevan, yang telah ditentukan dari segmentasi pasar sebelumnya.

  1. Memperoleh bantuan dari pihak investor

Investor memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Dengan melakukan kerjasama bisnis, maka perusahaan dapat memperkenalkan usaha atau bisnisnya kepada pihak investor. 


Hal ini bertujuan untuk mendapatkan dana dari investor guna mengembangkan bisnis. Jika bisnis mendapatkan dana, maka urusan finansialnya akan sehat  sehingga mempermudah perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran.

  1. Proyek selesai tepat waktu

Jika bisnis yang kamu jalani tengah menggarap suatu proyek, misalnya seperti konstruksi bangunan serta sedang dikejar dengan deadline, maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan kerjasama bisnis dengan pihak lain supaya proyek dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai dan tepat waktu. 


Dengan demikian, perusahaan kamu akan tetap mempunyai nilai positif di mata masyarakat. Hal ini juga dapat membantu dalam perkembangan bisnis yang kamu jalani.

  1. Tidak perlu untuk memulai bisnis dari awal

Jika kamu melakukan kerjasama bisnis, maka tidak perlu untuk memulai usaha atau bisnis dari awal. Hal ini berlaku jika kamu melakukan kerjasama bisnis dalam bentuk waralaba.


Misalnya, jika kamu ingin membuka suatu usaha tanpa mau repot untuk mengelola semua manajemen bisnis sehingga dapat memilih bisnis waralaba. Nantinya, kamu akan balik modal dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati sejak awal. Bentuk kerjasama ini sangat cocok bagi pemula yang tidak mau mengambil resiko atas kegagalan dalam bisnis.


Baca Juga: Macam-Macam Contoh Surat Perjanjian Kerjasama 


Selain harus membangun hubungan kerjasama bisnis yang baik, kamu juga wajib untuk menggunakan aplikasi pendukung dalam bisnis untuk dapat memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis, contohnya yaitu aplikasi Owner Majoo. 

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap yang dapat membantu kamu dalam mengelola bisnis secara efektif dan efisien.


Aplikasi ini mempunyai dashboard karyawan dan dashboard penjualan. Hal ini akan membantu kamu dapat dengan mudah untuk mengawasi semua penjualan dan karyawan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. Kamu juga dapat mengirimkan pengumuman bisnis kepada seluruh cabang dengan mudah.


Upgrade level bisnis kamu dari sekarang dengan memanfaatkan fitur pada aplikasi Owner Majoo. Mudahkan dalam mengelola dan mengawasi setiap kegiatan bisnis dan bantu tingkatkan keuntungan secara optimal. 

Cara Membangun Hubungan Kerjasama Bisnis Yang Baik

Sebagai pelaku usaha, sudah sepatutnya kamu membangun hubungan kerjasama bisnis yang baik dengan berbagai pihak yang terlibat atau berhubungan dengan bisnis kamu. Hal ini supaya kerjasama dapat terus berlangsung dalam jangka panjang. Berikut beberapa cara membangun hubungan kerjasama bisnis yang baik:

  1. Buat visi misi bersama

Salah satu cara membangun hubungan kerja sama bisnis yang baik yaitu dengan menentukan visi misi terlebih dahulu

Untuk dapat membangun hubungan kerjasama bisnis yang baik, maka luangkan waktu untuk mendiskusikan visi dan misi dari perusahaan kamu dengan mitra bisnis. Cari beberapa hal yang bisa memberikan motivasi dan energi dalam menjalankan bisnis. 


Paparkan secara jelas tujuan serta bagaimana bisnis yang ideal bagi kamu dan juga mitra bisnis. Tulislah visi dan misi yang sudah disepakati bersama serta gunakan sebagai referensi untuk semua sesuatu yang akan dilakukan kedepannya.

  1. Ungkap kebutuhan dan harapan secara jelas

Dalam melakukan hubungan kerjasama bisnis perlu untuk mengungkapkan apa saja kebutuhan dan harapan secara jelas

Dalam melakukan hubungan kerjasama bisnis, cari tahu apa saja yang diharapkan mitra dari perusahaan kamu dan berusahalah untuk dapat memenuhinya. Miliki rencana untuk dapat berjaga-jaga saat kepentingan pribadi atau bisnis mengalami perubahan sehingga kamu dapat mengantisipasinya agar tidak terjadi hal buruk. 

  1. Identifikasi serta memanfaatkan kekuatan dari pihak mitra

Lakukan identifikasi terhadap mitra bisnis dan memanfaatkan kekuatannya guna memajukan perusahaan

Tunjukkan dan manfaatkan masing-masing kekuatan dari individu dalam kerjasama bisnis guna menambah energi, motivasi, dan meningkatkan kesempatan untuk dapat sukses jangka panjang. 


Kamu dapat membuat catatan mengenai kekuatan kamu dan juga kekuatan mitra bisnis, lalu diskusikan bagaimana langkah agar dapat menerapkannya dalam bisnis.

  1. Lengkapi kekurangan mitra

Identifikasi kekurangan mitra bisnis kamu supaya dapat mengantisipasinya secara cepat dan tepat

Kekurangan pada mitra dapat saja meliputi pengembangan produk/jasa, strategi, manajemen tim, operasional, administrasi, manajemen keuangan, dan penjualan. Lakukan identifikasi terhadap kekurangan mitra bisnis kamu sehingga dapat diantisipasi dengan cepat dengan cara merekrut tim yang tepat.

  1. Tetap tujuan dari individu dan perusahaan

Dalam melakukan hubungan kerjasama bisnis perlu untuk menetapkan tujuan dari individu dan juga perusahaan

Evaluasi dan terus perbaiki tujuan dari perusahaan kamu bersama-sama dengan mitra bisnis. Dalam kerjasama bisnis kamu dapat memberikan dukungan guna menentukan tujuan individu yang akan ikut mendukung tujuan bagi perusahaan dalam bidang keahlian masing-masing.

  1. Tangani perselisihan paham dan kekecewaan dengan baik

Jika terjadi perbedaan pendapat atau selisih paham maka lakukan diskusi dengan baik guna mencari solusinya

Dalam melakukan hubungan kerjasama bisnis tak jarang menimbulkan perbedaan pendapatan dan selisih paham. Untuk itu, segera tangani masalah ini dengan mencari solusi yang tepat. 


Jangan biarkan rasa benci terus tumbuh sehingga hubungan kerjasama menjadi renggang. Lakukan pendekatan dan diskusikan secara baik bagaimana solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

  1. Tentukan peran kerja pada masing-masing mitra

Baik itu mitra atau perusahaan kamu perlu mengetahui peran kerja masing-masing supaya proses pencapaian tujuan kerjasama dapat tercapai

Kamu harus menjelaskan secara rinci dan jelas mengenai peran kerja pada masing-masing mitra bisnis dan juga perusahaan kamu. Ketidakjelasan peran kerja dalam hubungan kerjasama dapat menimbulkan kekecewaan. Untuk itu, pastikan peran kerja diutarakan dengan jelas.

Cara Menjaga Hubungan Kerjasama Bisnis

Setelah terjalin hubungan kerjasama bisnis, maka kamu perlu untuk menjaga hubungan kerjasama tersebut supaya tetap awet dan langgeng dalam jangka panjang. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hubungan kerjasama bisnis yaitu sebagai berikut:

  1. Menghormati satu sama lain

Dalam melakukan kerjasama dengan mitra bisnis kamu, penting untuk menghormati satu sama lain. Hargai setiap pendapat dan masukan yang diberikan oleh mitra bisnis. Jika terjadi kesalahpahaman atau berbeda pendapat, maka diskusikan untuk mencari solusi yang tepat.

  1. Berkomunikasi

Komunikasi adalah salah satu hal penting yang berguna untuk menjaga hubungan kerjasama dalam bisnis. Lakukan komunikasi secara rutin dengan mitra bisnis kamu dan diskusikan mengenai proses berjalannya kerjasama. Dengan melakukan komunikasi yang baik dan tepat, maka hubungan kerjasama bisnis akan menjadi langgeng dalam jangka panjang.

  1. Berlaku adil

Sudah semestinya berlaku adil dalam menjalin hubungan kerjasama. Jangan membeda-bedakan mitra bisnis atau lebih dominan terhadap mitra bisnis yang menurut kamu lebih baik dari mitra bisnis yang lain. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan yang akan berpengaruh buruk pada kerjasama. Berlakulah secara adil pada seluruh mitra bisnis kamu dalam berbagai bidang.

  1. Bertanggung jawab

Kamu harus bertanggung jawab dengan peranan yang telah diberikan oleh mitra bisnis kamu. Kamu harus dapat membangun hubungan kerjasama yang positif dengan mitra bisnis. Semuanya harus memiliki tanggung jawab yang dilakukan dengan baik demi terwujudnya cita-cita dan tujuan bersama.

  1. Mengakui kesalahan

Dalam melakukan kerjasama bisnis, pasti setiap individu pernah melakukan kesalahan. Untuk itu, kamu harus berani mengakui kesalahan dan melakukan diskusi untuk dapat menyelesaikannya dengan solusi yang tepat. Hal ini tidak hanya berlaku bagi kamu saja, tetapi juga bagi mitra bisnis.

Melakukan kerjasama bisnis yang baik pasti akan menghasilkan hubungan kerjasama yang baik pula. Kerjasama akan menjadi lebih awet dan langgeng serta bersifat positif. Kamu harus dapat memahami karakteristik dari mitra bisnis kamu sehingga kamu dapat menyesuaikannya dalam melakukan hubungan kerjasama. 

Sumber: 

  • https://www.sodexo.co.id/apa-manfaat-kerja-sama/

  • https://www.studilmu.com/blogs/details/10-cara-membangun-hubungan-kerja-yang-positif

  • https://pkk.uma.ac.id/2022/10/13/7-tips-sukses-membangun-kerjasama-usaha-dengan-orang-lain/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo