Table of Content

    Mengenal Lebih Dalam Sistem Payment Gateway

    Payment gateway adalah metode yang memudahkan transaksi online.

    Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, payment gateway merupakan salah satu metode yang cukup sering digunakan dalam proses transaksi bisnis. Bukan hanya pihak pembeli atau konsumen yang menyukainya, namun juga pihak penjual atau produsen.

    Harus diakui bahwa payment gateway adalah salah satu bidang fintech yang saat ini memang sedang sangat populer. Di Indonesia, dari beberapa bidang fintech yang berkembang pesat, salah satunya adalah payment gateway. Adanya sistem payment gateway Indonesia ini dapat memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran, penjualan, dan pembelian terutama di dunia bisnis seperti, toko online atau e-commerce.

    Sesuai dengan namanya, payment gateway adalah bidang fintech yang menjembatani transaksi antara konsumen dan penyedia barang. Tapi bagaimana cara kerjanya? 

    Pengertian Payment Gateway

    Payment gateway adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berasal dari kata payment dan gateway. Payment artinya pembayaran dan gateway berarti gerbang. Bila digabungkan artinya gerbang pembayaran adalah teknologi yang mampu membuat seluruh bisnis menerima transaksi pembayaran dari berbagai tempat dan waktu tak terbatas melalui pemanfaatan internet.

    Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi,  baik perbankan, kartu kredit, transfer bank maupun secara langsung dari konsumen.

    Baca Juga: Payment Gateway dan Kemudahan Transaksi Nontunai

    Sistem Payment Gateway

    Transaksi yang dilakukan secara online rentan akan ancaman untuk penipuan atau beberapa aktivitas pencurian data pelanggan. Untuk mengantisipasi hal ini, payment gateway sudah memiliki prosedur standar dalam melindungi transaksi pelanggannya melalui tiga sistem pelacakan

    Sistem payment gateway adalah sebagai berikut:

    • Address Verification System, yaitu sistem verifikasi tagihan otomatis pada pihak penagih sesuai data dimasukkan, bisa ke nomor telepon, email, kartu kredit, atau alamat penagihan lainnya.
    • Security Code, yakni sistem yang membuat transaksi hanya bisa diproses jika diselesaikan melalui alamat penagihan terdaftar.
    • 3D Secure Password, yaitu sistem keamanan berlapis untuk memastikan hanya pemilik alamat penagihan bisa melakukan transaksi.

    Manfaat yang Didapat dengan Payment Gateway

    Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan payment gateway. Baik itu manfaat bagi para pebisnis, maupun bagi para konsumen.. 

    Pelaku Bisnis Tidak Perlu Membuat Banyak Rekening

    Manfaat yang didapat dengan adanya sistem pembayaran online adalah pelaku bisnis tidak perlu menyediakan semua rekening dari seluruh bank di Indonesia. Payment gateway membuat para pebisnis secara otomatis terjaring dengan bank-bank di Indonesia hanya dalam satu kali integrasi.

    Memudahkan Rekap Pembayaran dan Pembelian

    Salah satu kegiatan yang seringnya memusingkan para pebisnis adalah merekap transaksi pembayaran dan penjualan. Salah melakukan perhitungan, hasil rekapan akan berantakan. Bahkan tak jarang harus mengulang rekapan dari awal. 

    Dengan adanya payment gateway, kamu tidak perlu merekap karena adanya laporan keuangan harian yang dikirim otomatis dan statistik penjualan yang dapat diakses real-time.

    Jangkauan Lebih Luas

    Payment gateway adalah metode yang akan memperluas jangkauan bisnis kamu hingga ke mancanegara. Pelanggan nantinya bisa membeli barang dagangan kamu meski keberadaannya tidak di Indonesia. Hal ini akan membuat bisnis yang kamu jalankan jadi lebih berkembang. Nilai produkmu juga akan mengalami peningkatan karena telah berhasil menembus pasar asing. 

    Baca Juga: Jangkauan Pasar Makin Luas dengan Integrasi Marketplace

    Terjaminnya Keamanan Transaksi 

    Salah satu alasan orang enggan menggunakan transaksi online karena adanya anggapan bahwa hal tersebut kurang aman. Hal ini tak lepas dari masih adanya kasus penipuan dalam transaksi jual beli online yang mengakibatkan konsumen jadi rugi. 

    Hadirnya payment gateway dapat membangun kepercayaan (trust) atas reputasi bisnis online kamu di mata pelanggan. Keamanan payment gateway terjamin karena umumnya sudah diawasi dan memperoleh lisensi dari lembaga keuangan di serta sertifikasi keamanan berstandar Internasional. 

    Transaksi Tidak Terbatas

    Layanan payment gateway dapat digunakan untuk transaksi dalam jumlah besar. Di waktu yang sama, kamu bahkan bisa melakukan puluhan, ratusan, hingga ribuan transaksi online yang diminta oleh konsumen. 

    Transaksi Lebih Cepat Selesai

    Salah satu manfaat yang juga dirasakan baik oleh pebisnis maupun konsumen adalah transaksi bisa lebih cepat diselesaikan. Kamu tidak perlu menunggu beberapa hari untuk membeli suatu produk karena proses transaksi lama. 

    Dengan adanya payment gateway, proses transaksi bisa selesai dalam waktu cepat karena terintegrasi langsung ke asosiasi penerbit/bank dan tempat transaksi barang.

    Melayani Pertukaran Kurs dengan Mudah

    Melayani pertukaran kurs dengan mudah merupakan manfaat payment gateway bagi kamu yang mungkin akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Kamu tidak perlu mengantri secara offline untuk menukarkan kurs. Hanya melalui payment gateway secara online, keperluan pertukaran kurs dapat terpenuhi.

    Ada beberapa manfaat dari payment gateway yang bisa didapatkan.

    Cara Kerja Payment Gateway

    Tidak sedikit orang yang belum menggunakan sistem payment gateway karena belum paham dengan cara kerja payment gateway

    Berikut cara kerja payment gateway sebagai metode yang memudahkan kamu dalam melakukan transaksi online

    Konsumen Melakukan Transaksi

    Cara kerja payment gateway yang pertama adalah dimulai dengan konsumen melakukan window shopping, kemudian memutuskan untuk membeli suatu produk sehingga muncul opsi pembayaran, salah satunya adalah payment gateway

    Penerusan Informasi ke Prosesor Pembayaran

    Berikutnya, informasi pembayaran tersebut akan diteruskan oleh koneksi sumber payment gateway kepada pelaku proses pembayaran yang dipilih konsumen. Misalnya, konsumen memilih transaksi pembayaran melalui bank, maka payment gateway akan menyampaikan informasi ke bank tersebut.

    Informasi Diterima oleh Asosiasi Penerbit

    Selanjutnya, pelaku prosesor pembayaran akan menyampaikan informasi terjadinya payment gateway kepada asosiasi penerbit kartu, seperti Visa atau Mastercard. Payment gateway juga dapat menghubungkan ke bank-bank yang bekerjasama dan  bersangkutan.

    Pemberian Kode Khusus

    Setelah itu, asosiasi penerbit akan memberikan balasan berupa kode khusus ke prosesor pembayaran. Kode khusus ini sifatnya mirip dengan OTP, tapi hanya diketahui oleh penerbit kartu dan prosesor payment gateway.

    Keberhasilan Transaksi

    Setelah kode pembayaran diterima dan dikonfirmasi, payment gateway akan mengubah status pembayaran konsumen menjadi lunas. Setelah itu, payment gateway akan meneruskan informasi ke merchant pemasang, dan transaksi jual beli pun sukses dilakukan.

    Baca Juga: Mari Tinggalkan Uang Tunai dan Jadilah Generasi Cashless!

    Perkembangan Payment Gateway di Indonesia

    Payment gateway di Indonesia diresmikan pada tanggal 4 Desember 2017 di jakarta oleh Bank Indonesia. Sistem payment gateway di Indonesia diberi nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang disahkan dalam Peraturan BI No. 19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

    Di dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur mengatur sistem payment gateway di Indonesia untuk mengintegrasikan berbagai instrumen pembayaran secara nasional dan membuat lokal pembayaran perbankan di Indonesia.

    Dukungan pemerintah terhadap perkembangan payment gateway di Indonesia sangat tinggi. 

    Pemerintah menilai bahwa payment gateway adalah metode yang sangat bermanfaat. Agar Gerbang Pembayaran Nasional sukses, pemerintah membentuk tiga pihak khusus, meliputi Lembaga Standard, Lembaga Switching, dan Lembaga Service dalam mengelola dan mengembangkan payment gateway di Indonesia.

    Contoh Payment Gateway 

    Saat ini payment gateway sudah semakin populer di tanah air. Beberapa contoh payment gateway yang cukup populer, yaitu:

    1. FinPay

    Finpay merupakan anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pembayaran online sejak 30 Mei 2012. FinPay sudah bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia, termasuk dengan provider kartu kredit, seperti VISA dan MasterCard. Juga telah berkolaborasi dengan website ecommerce besar, seperti LivingSocial, Plasa.com, Apps Foundry, Telkomsel, dan TelkomVision.

    2. IPaymu

    IPaymu memudahkan pengguna dalam bertransaksi menggunakan layanan internet untuk pembayaran produk, belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, dan penarikan uang dengan tiga model bisnis, yakni solusi bisnis ecommerce, payment gateway, dan layanan merchant.

    3. Veritrans

    Veritrans bisa menerima berbagai channel pembayaran kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer dan pembayaran melalui minimarket yang sudah terintegrasi melalui VT-Web, VT-Direct, dan VT-Link 

    Payment Gateway Telah Mampu Mengubah Model Bisnis Masa Depan

    Hadirnya teknologi payment gateway dengan berbagai manfaat bagi penjual dan pembeli telah mengubah model bisnis ke arah transaksi online. Mekanisme yang dijalankan yang serba otomatis memudahkan pihak yang bertransaksi dalam melakukan transaksi online

    Dengan kemudahan yang ditawarkan tersebut, masyarakat yang berminat makin bertambah dan menjadikan payment gateway sebagai cara lazim dalam bertransaksi pada masa depan. Hal ini juga disebabkan karena meningkatnya rasa percaya masyarakat pada payment gateway

    Dengan konsep yang sama, majoo hadir bersama salah satu fiturnya yaitu majoopay yang dapat dimanfaatkan untuk menyediakan pilihan pembayaran dengan cicilan melalui platform-platform mitra paylater majoo. Pelaku bisnis yang menggunakan layanan majoopay pun dapat memenuhi kebutuhan transaksi pelanggan secara maksimal. 

    Bagaimana? Cukup menarik kan? Tunggu apa lagi? Langganan majoo sekarang! 

    Pertanyaan Terkait

    • Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi, baik perbankan, kartu kredit, transfer bank maupun secara langsung dari konsumen.
    • Saat ini payment gateway sudah semakin populer di tanah air. Beberapa contoh payment gateway yang cukup populer, yaitu: (1) FinPay, (2) IPaymu, (3) Veritrans.
    • Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan payment gateway, baik itu bagi para pebisnis, maupun bagi para konsumen: (1) pelaku bisnis tidak perlu membuat banyak rekening, (2) memudahkan rekap pembayaran dan pembelian, (3) jangkauan lebih luas, (4) terjaminnya keamanan transaksi, (5) transaksi tidak terbatas, (6) transaksi lebih cepat selesai, (7) melayani pertukaran kurs dengan mudah.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Metode Penyusutan Aktiva Tetap!
    Seiring waktu, aset tetap akan mengalami depresiasi. Untuk mengetahui biaya penggunaan aset, perlu metode penyusutan aktiva tetap. Ketahui caranya di sini!
    Negosiasi adalah: Pengertian, Contoh, Jenis, Ciri-Ciri
    Negosiasi adalah proses interaksi antara pihak-pihak yang berusaha menemukan titik temu. Pahami pengertian, tujuan, contoh negosiasi.
    Rumus Persentase, Cara Menghitung Beserta Contoh Penggunaanya
    Cara menghitung persen merupakan metode untuk mendapatkan sebuah nilai atau data. Pelajari juga tentang rumus persentase di excel, rumus persentase keuntungan.
    PT adalah: Menilik Pengertian dan Cara Membuat Perseroan Terbatas
    PT adalah kepanjangan dari perseroan terbatas, yaitu bentuk badan usaha yang dilindungi oleh hukum dengan modal yang terdiri dari saham.