Pentingnya Jenis Metode Pembayaran di Era Digital

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Dalam era digital ada banyak pilihan dan jenis metode pembayaran yang dapat digunakan

Seiring berkembangnya dunia teknologi dan digital ada banyak bidang yang mengalami perubahan, salah satunya dalam metode pembayaran. Setiap harinya jutaan orang melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan metode pembayaran digital. Metode ini memiliki banyak manfaat seperti tidak perlu lagi membawa dompet dan uang tunai, lebih cepat dan efisien, serta menghindari resiko pencurian.

Pengertian Metode Pembayaran Berbasis Digital

Metode pembayaran berbasis digital seringkali disebut dengan pembayaran online atau elektronik, merupakan suatu proses transfer nilai atau transaksi dari satu akun pembayaran ke akun pembayaran yang lainnya dengan memanfaatkan perangkat digital, contohnya seperti smartphone, sistem POS, atau menggunakan komunikasi digital, seperti data nirkabel seluler datau komputer.

Sedangkan definisi sistem pembayaran digital secara umum yakni pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan metode transfer bank, uang digital, atau kartu pembayaran.

Jadi, pembayaran digital merupakan jenis pembayaran yang sifatnya paperless, cashless, dan juga contactless. Dengan hadirnya metode pembayaran digital ini dapat membantu dunia dalam melakukan transaksi secara nyaman dan aman.

Jenis-Jenis Metode Pembayaran Digital

Metode pembayaran digital juga memiliki berbagai jenis. Hal ini dikarenakan ada banyak cara untuk melakukan transaksi secara online. Penggunaannya yang mudah dan praktis membuat banyak orang beralih ke metode pembayaran digital. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat berbagai jenis metode pembayaran di era digital berikut ini:

  1. Kartu Perbankan

Kartu perbankan telah digunakan sejak dahulu dan bertahan hingga sekarang

Penggunaan kartu perbankan sudah banyak digunakan oleh banyak orang sejak dahulu, contohnya seperti penggunaan kartu debit atau kartu debit sebagai pilihan metode pembayaran. Metode pembayaran digital dengan menggunakan kartu perban ini sudah ada sejak tahun 80-an di Indonesia.


Banyak yang menyukai menggunakan metode pembayaran ini dikarenakan berbagai alasan, seperti kenyamanan, keamanan, keselamatan, serta probabilitas yang terdapat didalamnya.


Jenis metode pembayaran ini sangat terkenal dalam aktivitas transaksi online dan juga transaksi fisik. Hingga sekarang pun sudah banyak aplikasi yang menyediakan metode pembayaran menggunakan kartu perbankan.

  1. Dompet digital

Dompet digital adalah salah satu metode pembayaran yang populer di era digital

Jenis metode pembayaran digital yang berikutnya dan juga cukup populer yaitu dompet digital. Sesuai dengan namanya, dompet digital merupakan suatu dompet yang berbentuk virtual atau tidak ada secara fisik, namun kamu dapat menggunakannya untuk menyimpan uang dan melakukan pembayaran atau transaksi secara online.


Banyak orang yang menghubungkan rekening banknya dengan dompet digital supaya lebih mudah untuk melakukan transaksi digital. Kamu juga dapat melakukan transfer uang untuk menambahkan saldo ke akun dompet digital kamu.


Di era digital seperti sekarang telah banyak bank yang menawarkan fasilitas dompet digital. Banyak juga perusahaan swasta terkenal yang juga menyediakan fasilitas ini, contohnya seperti OVO, DANA, Gopay, dan lain-lain.

Baca Juga: Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya

  1. Terminal POS

Terminal POS juga dianggap sebagai kasir yang menjadi tempat untuk melakukan pembayaran

Sistem pembayaran POS lebih dikenal sebagai suatu segmen dimana tempat terjadinya penjualan. Terminal POS dianggap sebagai kasir di mall atau toko yang menjadi tempat untuk dilakukan pembayaran.


Jenis mesin POS yang paling banyak digunakan yaitu kartu kredit dan kartu debit, dimana pelanggan dapat melakukan pembayaran hanya dengan menggesekkan kartu serta memasukkan PIN saja.


Metode pembayaran dengan terminal POS merupakan suatu terminal yang bekerja dari tablet atau smartphone, sementara sistem virtual POS merupakan terminal yang menggunakan aplikasi berbasis web untuk melakukan proses pembayaran.

  1. Internet banking

Untuk menggunakan internet banking dibutuhkan internet yang stabil agar dapat melakukan pembayaran

Internet banking atau lebih dikenal juga dengan e-banking atau perbankan online, merupakan suatu metode pembayaran yang dapat membantu nasabah bank tertentu untuk dapat melakukan kegiatan transaksi serta melakukan kegiatan keuangan lainnya melalui situs website resmi dari bank tersebut.


Internet banking membutuhkan koneksi internet yang stabil guna melakukan atau menerima pembayaran melalui situs website bank. 


Saat ini, sudah banyak bank di Indonesia yang telah meluncurkan layanan perbankan internet. Hal ini juga menjadi sarana pembayaran online yang banyak digunakan oleh masyarakat. 

  1. Mobile banking

Mobile banking merupakan jenis metode pembayaran online yang dapat digunakan pada perangkat seluler

Selain internet banking, terdapat juga metode pembayaran mobile banking. Mobile banking merupakan kegiatan transaksi atau aktivitas perbankan yang dilakukan melalui perangkat seluler, biasanya melalui aplikasi seluler bank.


Sebagian besar bank di Indonesia sudah telah menyediakan aplikasi mobile banking yang dapat digunakan pada tablet, smartphone, atau komputer nasabah. 

  1. Micro ATM

Micro ATM dapat digunakan untuk melakukan transaksi online secara instan

Micro ATM merupakan suatu perangkat BC (Business Correspondent) yang memberikan layanan perbankan penting bagi nasabahnya. Koresponden ini dapat menjadi pemilik toko lokal, dimana fungsinya berguna sebagai ATM Mikro untuk melakukan transaksi online secara instan.


Mereka memanfaatkan suatu perangkat yang dapat membantu untuk mempermudah dalam melakukan aktivitas transfer uang melalui rekening bank yang telah dihubungkan sebelumnya hanya dengan meng autentikasi sidik jari.


Koresponden dalam sistem ATM ini umumnya berguna sebagai bank untuk para pelanggan. Hal ini bertujuan supaya pelanggan tidak lagi perlu untuk melakukan verifikasi keasliannya.




  1. Kode QR

Salah satu metode pembayaran yang mudah dan cepat adalah menggunakan kode QR

Jenis metode pembayaran berikutnya adalah kode QR. Kode QR merupakan suatu kode 2 dimensi atau kode yang berbentuk persegi dimana didalamnya telah diisi dengan data penting.


Metode pembayaran ini menjadi sangat populer karena prosesnya yang sangat cepat dan mudah dalam melakukan pertukaran informasi serta mampu mengurangi biaya penerimaan pembayaran secara substansial. 

Untuk memudahkan kamu dalam menggunakan metode pembayaran online pada bisnis, gunakanlah layanan Majoo Pay. Ini merupakan layanan metode pembayaran online terbaik bagi bisnis.

Layanan ini adalah layanan pembayaran digital yang telah terintegrasi. Kamu akan mudah untuk menerima jenis metode pembayaran digital wallet dan EDC yang telah terintegrasi dengan laporan penjualan dan settlement. 


Layanan ini juga dapat menerima sistem pembayaran dengan pay later serta telah mengikuti aturan bank Indonesia. Layanan pembayaran ini juga tidak mengenakan biaya transfer dan mudah untuk digunakan. 


Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan layanan Majoo Pay. Mudahkan dalam melakukan transaksi secara online dan buatlah perubahan maju untuk bisnismu. 

Keuntungan Menggunakan Metode Pembayaran Digital

Penggunaan metode pembayaran digital memang sangat memudahkan dalam banyak sektor, baik itu sektor bisnis maupun pada sektor pelanggan. Hal ini dikarenakan metode pembayaran digital dianggap lebih cepat, mudah, aman, dan efisien. Berikut beberapa keuntungan menggunakan metode pembayaran digital:

  1. Pembayaran lebih mudah dan cepat

Sebagai bisnis yang mengikuti perkembangan zaman, tentu saja kamu harus menyediakan metode pembayaran digital. Sistem pembayaran digital ini akan memudahkan kamu dalam melakukan setiap transaksi dengan pelanggan serta berlangsung dengan cepat.


Kamu dapat memberikan pelayanan yang efisien bagi pelanggan sehingga berdampak pada kepuasan pelanggan. Penggunaan sistem pembayaran ini juga lebih akurat dibandingkan dengan sistem pembayaran konvensional. Selain itu, penggunaannya sangat mudah hanya dari smartphone yang telah terkoneksi di jaringan internet.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Dengan menggunakan metode pembayaran digital maka pelayanan akan menjadi lebih cepat dan akurat sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan saat bertransaksi.


Selain itu, terdapat berbagai pilihan uang elektronik di internet yang memudahkan pelanggan untuk lebih leluasa saat akan memilih metode pembayaran yang akan digunakan.

  1. Keamanan terjamin

Dengan memanfaatkan metode pembayaran digital maka transaksi akan berjalan dengan aman dan nyaman. Sistem akan mencatat serta menunjukkan apakah transaksi tersebut sudah benar atau belum sehingga dapat meminimalisir resiko terjadinya pencurian atau penipuan pada transaksi jual beli.


Aplikasi pembayaran digital umumnya juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik contohnya seperti kode verifikasi atau PIN yang harus dimasukkan guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. 


Untuk itulah, pastikan kamu menggunakan aplikasi pembayaran yang sudah dilengkapi dengan lisensi BI (Bank Indonesia) supaya transaksi kamu menjadi lebih aman dan lancar. 

  1. Bisnis lebih terkontrol

Perusahaan yang menggunakan metode pembayaran digital dapat dengan mudah untuk melakukan pemeriksaan mengenai alur keuangan yang dimiliki. Karena itulah, seluruh riwayat pengeluaran dan pemasukan dapat dikontrol dengan baik.


Metode pembayaran digital juga menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu perusahaan untuk dapat mengontrol pengeluaran setiap bulannya dengan mudah. Dengan membawa uang tunai, keinginan untuk berbelanja tentu akan semakin besar. 

  1. Bisnis jadi lebih efisien

Dengan adanya metode pembayaran digital maka bisnis juga dapat menjadi lebih efisien. Bisnis dapat mengurangi pengeluaran untuk upah para pekerja atau karyawan. Proses pembayaran dengan uang elektronik juga terbilang lebih mudah dan cepat sehingga lebih efisien.


Untuk melakukan transaksi menggunakan digital payment tidak ada batasan waktu dan juga tempat. Semua orang dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga sehingga dapat lebih fokus pada kepentingan yang lainnya. 

Ada beragam jenis metode pembayaran yang dapat dipilih untuk melakukan transaksi di era digital. Kamu dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Penggunaan metode pembayaran digital memiliki banyak manfaat, baik bagi bisnis maupun pelanggan.

Metode pembayaran digital juga memudahkan semua orang untuk dapat mengelola dan melihat semua transaksi yang dilakukan sehingga bersifat transparan. Selain itu, penggunaannya juga aman, mudah, cepat, dan efisien. 

Sumber: 

  • https://accurate.id/ekonomi-keuangan/pembayaran-digital/

  • https://www.paper.id/blog/bisnis/7-keuntungan-menggunakan-digital-payment-untuk-bisnis/

  • https://www.oyindonesia.com/blog/keuntungan-pakai-pembayaran-digital-buat-bisnis-online

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo