Prinsip-prinsip Akuntansi Sektor Publik, Laporan Keuangan, dan Audit

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Akuntansi sektor publik merupakan sistem akuntansi yang diterapkan oleh entitas pemerintah serta organisasi non-profit.

Akuntansi sektor publik merupakan sistem akuntansi yang diterapkan oleh entitas pemerintah serta organisasi non-profit. Sistem ini mencakup pengelolaan keuangan, pencatatan transaksi, dan penyusunan laporan keuangan. Berbeda dari akuntansi sektor swasta, fokus utama akuntansi sektor publik adalah pada penggunaan sumber daya dan pencapaian tujuan publik. Sistem ini memiliki beberapa perbedaan dengan akuntansi sektor swasta, terutama dalam hal tujuan dan penggunaan laporan keuangan. Berikut ini penjelasan mengenai akuntansi sektor publik dan komponen-komponennya.

Prinsip-prinsip Dasar Akuntansi Sektor Publik

Prinsip Anggaran

Prinsip ini menekankan pentingnya perencanaan dan pengendalian anggaran dalam sektor publik. Perencanaan anggaran harus transparan, akuntabel, dan mencerminkan prioritas masyarakat.

Prinsip Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah kewajiban entitas publik untuk menjelaskan penggunaan sumber daya publik. Prinsip ini mencakup penyusunan laporan keuangan yang akurat dan transparan.

Prinsip Pengukuran Kinerja

Entitas publik harus mengukur kinerjanya dalam mencapai tujuan dan sasaran. Pengukuran ini mencakup evaluasi efisiensi, efektivitas, dan ekonomi penggunaan sumber daya.


Komponen Laporan Keuangan Sektor Publik