Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • 10+ Rekomendasi Buku Bisnis, Cocok Untuk Pebisnis Pemula

    10+ Rekomendasi Buku Bisnis, Cocok Untuk Pebisnis Pemula

    Rekomendasi buku bisnis yang cocok untuk pemula.

    Membaca buku bisnis merupakan kegiatan yang penting untuk kamu lakukan jika kamu memiliki bisnis. Sebab, tidak hanya mempelajari praktiknya saja, tapi kamu juga harus paham akan teori yang dibutuhkan agar bisnismu sukses. Tidak ada salahnya membaca buku meskipun kamu bisa saja mengikuti seminar atau menonton video pembelajaran.

    Membaca buku tentang bisnis mempunyai beberapa manfaat antara lain dapat mengubah pola pikir dalam mencapai kesuksesan bisnis, menambah ilmu tentang konsep bisnis, meningkatkan konsentrasi sehingga dapat membantumu dalam menganalisis bisnis, serta menjadi bahan motivasi serta relaksasi.

    Di bawah ini terdapat rekomendasi buku bisnis yang bisa kamu baca untuk meningkatkan kemampuanmu dalam mengelola dan menjalankan bisnis. Selain itu, terdapat juga cara memilih buku bisnis agar kamu menemukan buku yang tepat.

    Cara Memilih Buku Bisnis

    Sebelum membaca rekomendasi buku bisnis, setidaknya ada lima poin yang perlu kamu perhatikan dalam memilih buku. Silakan jadikan poin-poin tersebut sebagai panduan jika ingin belajar bisnis atau membutuhkan rekomendasi buku bisnis terbaik untuk pemula. Yuk, scroll ke bawah untuk membaca penjelasan selengkapnya!

    1. Sesuaikan dengan Keahlian yang Ingin Kamu Kuasai

    Dalam menjalankan bisnis, ada banyak hal yang perlu kamu kuasai. Kamu harus bisa mengatur waktu, tim, rekan bisnis, dan banyak hal lainnya. Keahlian bernegosiasi, manajemen, serta kepemimpinan juga diperlukan. Berikut ini adalah beberapa topik dalam buku bisnis yang bisa kamu pilih, ya.

    Produktivitas Kerja: Membahas Operasional Bisnis

    Kerja sama tim sangat diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. Selain tim internal, kamu juga harus bisa menjalin kerja sama dengan supplier, reseller, investor, dan pihak-pihak lainnya. Semakin banyak pihak yang terlibat akan makin sulit juga tantangannya.

    Selain kerja sama tim, kamu juga harus bisa menentukan ide atau produk mana yang harus dieksekusi terlebih dahulu. Jika salah strategi, bisa-bisa akan menghabiskan modal tanpa timbal balik yang sesuai. Untuk itu, kamu bisa membaca buku The 80/20 Principle karya Robert Koch agar dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat.

    Manajemen: Mempelajari Cara Mengatur Tim yang Ideal

    Saat bisnis yang kamu jalani semakin berkembang, tentu kamu memerlukan tim agar bisa menyelesaikan proyek yang sedang berjalan. Di titik ini, pastinya kamu perlu merekrut orang untuk mengisi berbagai posisi, misalnya HRD, sales, atau kurir.

    Namun, dilema yang sering dihadapi para pebisnis adalah kesulitan mencari pegawai yang tepat. Karena itu, kamu harus bisa mengembangkan pegawai yang kamu miliki untuk mencapai potensi maksimalnya.

    Negosiasi: Memperlancar Segala Urusan Bisnis

    Negosiasi dalam berbisnis adalah salah satu keahlian yang harus kamu kuasai, lho! Negosiasi ini dibutuhkan ketika kamu menentukan gaji pegawai hingga mengajukan penawaran harga ke supplier atau pembeli. Karena itu, kamu perlu menguasai skill ini agar segala urusan bisnis menjadi lebih lancar.

    Masalahnya, tidak semua orang pandai dalam bernegosiasi, bahkan ada yang canggung untuk memulai percakapan dengan orang baru. Jika kamu termasuk di dalamnya, kamu tidak perlu berkecil hati. Kemampuan bernegosiasi adalah keahlian yang bisa dipelajari, kok! Salah satu caranya dengan membaca buku Never Split The Difference karya Chris Voss dan Tahl Raz.

    Kepemimpinan: Mempelajari Hal Dasar untuk Menjadi Seorang Pemimpin

    Skill kepemimpinan merupakan hal yang harus dimiliki seorang pebisnis, tetapi cukup kompleks untuk dipraktikkan. Pasalnya, menjadi seorang pebisnis tidak hanya memimpin diri sendiri, tapi juga memimpin semua karyawannya. Selain itu, untuk menjadi seorang pebisnis andal, kamu harus bisa mengambil keputusan dengan tepat.

    Karena itulah kamu perlu membaca buku yang membahas mengenai kepemimpinan secara mendalam agar dapat menguasai skill ini. Buku Zero to One bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempelajari kepemimpinan dalam bisnis.

    2. Tentukan Figur Mentor yang Ingin Kamu Teladani

    Mentor adalah elemen penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun, pada kenyataannya tidak semua pebisnis memiliki keberuntungan untuk mendapatkan mentor yang tepat. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut dengan memilih buku yang ditulis oleh pebisnis yang ingin kamu jadikan sebagai mentor.

    Beberapa buku tentang bisnis tidak melulu membahas keahlian teknis, tapi juga membahas tentang profil pebisnis yang sukses.

    Buku-buku seperti The Hard Thing About Hard Things wajib kamu baca. Di dalam buku tersebut dibahas suka duka menjadi seorang pebisnis sehingga kamu akan mendapatkan gambaran lebih nyata mengenai dunia bisnis yang sesungguhnya.

     

     Membaca buku bisnis bermanfaat untuk mengubah pola pikir seseorang dalam mencapai kesuksesan bisnis.

    3. Pilihlah Buku yang Laris di Pasaran

    Apakah kamu pernah melihat tulisan best seller terpampang pada cover sebuah buku? Label best seller ini mengindikasikan bahwa buku tersebut diminati dan telah dibaca oleh banyak orang. Bisa dikatakan bahwa buku best seller memiliki isi yang menarik sehingga laris terjual di pasaran.

    Karena itu, memilih buku best seller bisa menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan buku bisnis terbaik. Selain materinya menarik, buku-buku best seller juga mudah didapatkan di berbagai toko buku ataupun toko online.

    4. Cari Tahu Kredibilitas Penulis dan Review Bukunya

    Kamu harus selektif dalam memilih buku bisnis yang ingin kamu baca. Salah satu caranya dengan mengecek kredibilitas penulisnya. Cari tahu background penulis serta blurb dari buku tersebut. Buku yang laris dan berkualitas biasanya banyak diulas oleh para tokoh hebat. Untuk itu, kamu juga harus mengecek review­nya, ya!

    5. Cek Bahasa yang Digunakan Penulis

    Sama seperti buku-buku lainnya, kini buku tentang bisnis pun tersedia dalam berbagai bahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Jika kamu ingin belajar bisnis sekaligus meningkatkan kemampuan bahasamu, pilihlah buku impor berbahasa Inggris atau bahasa lainnya. Namun, jika kamu ingin lebih fokus pada materi bisnis, pilihlah buku yang ditulis oleh para pebisnis Indonesia.

    Alternatif lain dari kedua opsi di atas yaitu memilih buku impor yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dengan memilih buku bisnis yang paling kamu pahami bahasanya, isi buku pun akan tersampaikan dengan baik. Nah, silakan memilih buku sesuai dengan preferensi kamu, ya.

    Berikut ini terdapat rekomendasi buku bisnis yang wajib kamu baca, antara lain:

    The Magic of Thinking Big – David J. Schwartz


    Rekomendasi buku bisnis yang pertama berjudul The Magic of Thinking Big ditulis oleh David J. Schwartz. Ia berprofesi sebagai motivator dan trainer dan juga seorang profesor di Georgia State University. Di dalam buku ini, kamu akan diajarkan untuk berani berpikir besar dan membuat ide-ide berbeda dari yang lain.

    Kamu akan mendapatkan banyak inspirasi yang bisa membuat gebrakan baru sehingga membuatmu berani untuk berpikir besar dan yakin dengan idemu. Alhasil kamu akan bisa membuat inovasi yang berkualitas.

    Apabila kamu orang yang takut dan kurang yakin untuk berpikir besar, kamu akan kesulitan dalam menjalankan bisnis dan mencapai tujuan.

    Buku ini sangat cocok untuk kamu yang pemula dalam menjalankan bisnis dan ingin membuat bisnismu berkembang menjadi lebih besar.

    Zero to One – Peter Thiel with Blake Masters


    Buku bisnis yang satu ini ditulis oleh Peter Thiel bersama dengan Blake Masters. Peter Thiel sendiri adalah co-founder dari PayPal dan investor bagi beberapa perusahaan besar di dunia. PayPal adalah sebuah perusahaan penyedia jasa transfer uang secara elektronik yang sangat terkenal.

    Buku tentang bisnis ini membahas tentang filosofi bisnis, khususnya startup. Dalam buku ini, kamu akan diajak untuk memahami cara membangun startup yang sukses serta menjawab tantangan di masa depan yang penuh ketidakpastian.

    Berbagai tantangan, kemajuan, dan perubahan akan mendorong lahirnya startup baru. Namun, di sisi lain, terjadilah persaingan bisnis yang semakin ketat.

    Jika kamu sedang merintis startup khususnya dalam bidang teknologi, kamu bisa membaca buku bisnis untuk menjawab tantangan bisnis di masa depan, ya.

    The 80/20 Principle – Robert Koch


    The 80/20 Principle merupakan salah satu buku million copy bestseller, yang ditulis oleh Richard Koch.

    Bagi sebagian pengusaha pasti sudah pernah mendengar istilah tentang konsep pareto atau sering disebut aturan 80/20.

    Di buku ini, Robert Koch mengungkapkan tentang masih sedikit orang yang belum menerapkan pola 80/20 dalam kehidupan bisnisnya. Padahal, aturan pareto ini adalah salah satu konsep yang bisa diterapkan dalam bisnis, misalnya sebanyak 80% yang dihasilkan dari bisnis, berasal dari 20% usaha yang kamu lakukan.

    Baca juga: 14+ Tips Mengelola Keuangan untuk UMKM dan Bisnis Rumahan

    Mimpi Sejuta Dolar – Merry Riana


    Buku Mimpi Sejuta Dolar karya Merry Riana menjadi salah satu buku bisnis terbaik bahasa Indonesia yang mengajarkanmu pola pikir yang positif, kerja keras serta bagaimana merancang masa depan.

    Sosok Merry Riana menuangkan pelajaran berharga dari hidupnya di buku ini seperti cara ia bisa hidup cukup di Singapura saat ia duduk di bangku kuliahnya hingga cara ia mampu bertahan dalam keadaan sulit dan bersyukur dengan apa yang dimilikinya.

    Buku ini mengajak kamu khususnya kaum perempuan untuk berkontribusi di bidang apa pun yang diminati. Merry Riana juga mengajak agar wanita untuk berjuang mewujudkan mimpinya bersama-sama. Buku ini sangat cocok untuk para fresh graduate yang akan melamar pekerjaan atau memulai suatu bisnis.

    Never Split The Difference – Chris Voss with Tahl Raz


    Dalam menjalankan bisnis, kamu harus memiliki skill bernegosiasi. Negosiasi tidak hanya tentang penjual dan pembeli, tapi juga kepada supplier, karyawan, atau pihak bank.

    Never Split The Difference adalah buku negosiasi yang ditulis oleh Chris Voss dan Tahl Raz.  Rekomendasi buku bisnis ini mengajarkan taktik bernegosiasi dengan baik dan membuat kamu lebih berani dalam berbisnis. Di buku ini, Voss dan FBI mengatakan bahwa kualitas hidup itu tergantung dengan keterampilan dalam bernegosiasi. Jika orang membaca buku ini, besar harapannya keterampilan dalam negosiasi akan meningkat dan bisa mengubah hidup.

    The Hard Thing About Hard Things – Ben Horowitz


    Apabila kamu ingin mengetahui gambaran asli dari sebuah bisnis, bacalah buku yang satu ini. Ben Horowitz menceritakan tentang bagaimana seorang pebisnis menjalankan hari-harinya.

    Ben Horowitz adalah seorang entrepreneur sukses di Silicon Valley yang pernah menghadapi berbagai masalah hingga depresi tentang bisnis.

    Rekomendasi buku bisnis ini patut kamu jadikan bacaan wajib saat kamu menjalankan bisnis agar tidak kaget dengan situasi asli di dunia bisnis. Meskipun sulit dalam menjalankan bisnis, bukan berarti kamu tidak memiliki jalan keluarnya, bukan? Untuk itu, temukan jalan keluarnya melalui buku ini, ya!

    Baca juga: 10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

    Innovation! Praktik Terbaik Inovasi di Era Disrupsi – A.M. Lilik Agung


    Pandemi COVID-19 menjungkirbalikkan semua tatanan. Frasa Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA) mendominasi perbincangan bisnis. Semua tatanan tiba-tiba mengalami keadaan yang penuh gejolak, tidak pasti, dan rumit. Manusia dihadapkan pada dua pilihan yaitu menyerah atau beradaptasi.

    Adaptasi menjadi pilihan untuk bertahan, bahkan mengalahkan pandemi. Buku ini menjabarkan dua tema besar. Tema pertama yaitu praktik inovasi yang dilakukan oleh berbagai perusahaan selama disrupsi dan pandemi sehingga mereka sukses dalam berinovasi dalam bisnis. Tema kedua yaitu tentang kepemimpinan yang membahas berbagai macam teori dan praktik para pemimpin dalam menjalankan inovasi bisnisnya.

    Buku ini juga menawarkan model bisnis baru yaitu kolaborasi model baru antara bisnis konvensional dengan bisnis digital, yang istilah populernya hybrid. Buku ini patut dibaca karena membuatmu untuk melakukan inovasi bisnis terbaik sehingga mampu beradaptasi, terutama di era pandemi dan disrupsi.

    Seluk Beluk Perdagangan Ekspor Impor – Hamdani dan Haikal


    Buku ini sebagian besar berisikan aturan-aturan dan kebijakan pemerintahan di bidang ekspor-impor yang bersumber dari Keputusan Menteri Perdagangan, Menteri Perhubungan, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, dan aturan-aturan dari WTO serta dari Kadin Internasional (ICC).

    Buku tentang bisnis ini merupakan bagian dari upaya menyediakan bahan pelajaran ekspor-impor bagi peserta uji kompetensi dan masyarakat dalam usaha memperbanyak pelaku ekspor-impor.

    Shoe Dog: A Memoir by the Creator of NIKE – Phil Knight


    Selanjutnya ada buku Shoe Dog yang juga menjadi salah satu rekomendasi buku bisnis terbaik bagi pemula.

    Di buku ini, Phil Knight yang merupakan seorang co-founder NIKE membagi kisah perjuangannya dalam mendirikan perusahaan yang berevolusi menjadi sebuah perusahaan paling iconic di dunia yang bergerak di bidang sepatu olahraga.

    Dengan membaca buku ini, kamu bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi bahwa tidak ada bisnis yang bersifat instan dalam mencapai kesuksesan.

    Dalam buku yang ia tulis sendiri, Phil Knight mencoba untuk membeberkan rahasianya dalam menjalankan bisnis hingga bisa sukses seperti sekarang beserta kendala dan rintangan yang ia hadapi.

    Baca juga: 15+ Teknik Closing yang Super Efektif Tingkatkan Penjualan

    Think and Grow Rich – Napoleon Hill


    Buku karya Napoleon Hill ini fokus pada pola pikir seseorang untuk meraih suatu kesuksesan. Menurut Napoleon pada bukunya Think and Grow Rich, ia menyatakan bahwa kebanyakan orang gagal karena mereka tidak fokus dalam menjalankan suatu hal.

    Dengan membaca buku ini, kamu akan lebih memahami bagaimana fokus bisa membuat kamu yakin sehingga kesuksesan dapat kamu capai dengan mudah.

    Penutup

    Itulah beberapa rekomendasi buku bisnis yang wajib kamu baca untuk menambah pengetahuan.

    Dengan membaca buku, kamu dapat lebih mudah mendapatkan inspirasi tentang bisnis dengan mudah. Selain membaca, kamu juga harus tahu cara mengelola keuangan untuk mengembangkan bisnis milikmu.

    Jika kamu merasa kesulitan dalam mengelola keuangan dan operasional bisnis, kamu bisa menggunakan aplikasi majoo.

    Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat berbagai laporan keuangan, seperti laporan perubahan modal, secara lebih mudah dan cepat.

    Hal ini dibuktikan melalui ribuan pebisnis di Indonesia yang telah menggunakan aplikasi majoo untuk membantunya mencapai tujuan finansial.

    Aplikasi majoo memiliki fitur akuntansi yang menyediakan lebih dari 30 jenis laporan keuangan. Selain itu, aplikasi majoo juga mempunyai berbagai fitur menarik yang mudah untuk digunakan, dapat membantu segala operasional bisnis, dan dapat diakses secara fleksibel.

    Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga! Upgrade level bisnismu seperti #majoopreneurs lainnya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.