Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    RTGS adalah Metode Transfer Antar Bank. Apa Contohnya?

    RTGS adalah singkatan dari Real Time Gross Statement.

    Kamu yang sering berurusan dengan transaksi perbankan, pasti sudah akrab dengan istilah RTGS. RTGS adalah salah satu metode transfer antar bank yang nominalnya cukup besar. Selain RTGS, mungkin kamu juga mengenal beberapa metode transfer lainnya, seperti kliring, real time, dan LLG.

    Pihak bank menyediakan berbagai jenis layanan transfer tersebut berdasarkan pada nominal dana yang ditransfer dan juga jangka waktu penyelesaian proses transfer. Nasabah bisa memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

    Pengertian RTGS adalah …

    RTGS adalah singkatan dari Real Time Gross Statement. Dari namanya, bisa disimpulkan bahwa pengertian RTGS adalah suatu jenis metode pembayaran atau pengiriman uang dalam jumlah besar. Umumnya, RTGS merupakan solusi bagi para nasabah yang ingin melakukan transaksi pembayaran dengan cara transfer atau pengiriman uang, yang nominalnya lebih dari Rp100 juta.

    Sesuai dengan namanya, fungsi utama RTGS adalah mentransfer atau mengirimkan uang ke rekening tujuan secara real time. Meskipun disebut real time, bukan berarti dana yang dikirimkan akan datang di saat itu juga, tetap diperlukan adanya waktu untuk menyelesaikan proses pengiriman. Biasanya, maksimal dalam 4 jam ke depan, pemindahan dana sudah sukses dilakukan sampai ke rekening pihak penerima. 

    Baca juga: Apa Itu Nasabah? Ketahui Pengertian dan Jenisnya di Sini!

    Cara Kerja RTGS

    Bagaimana cara kerja RTGS? Nasabah bisa memilih untuk melakukan layanan transfer RTGS melalui mobile banking atau langsung mendatangi kantor cabang bank terdekat. 

    Penggambarannya adalah sebagai berikut, bila kamu melakukan transfer RTGS di pagi hari, bank akan memprosesnya pengiriman uang dan akan diperkirakan sampai di rekening penerima beberapa jam setelahnya, bisa di siang atau sore hari, namun tetap pada hari yang sama.

    Namun, jika kamu melakukan transfer RTGS di atas jam 3 sore atau mendekati jam operasional bank berakhir di hari tersebut, bisa dipastikan uang akan sampai di rekening penerima pada keesokan harinya. 

    Perlu kamu ketahui juga, bila kamu melakukan transfer dengan metode RTGS pada akhir bulan, entah di tanggal 30 atau 31, proses pengiriman uang akan mengalami delay atau penundaan selama satu hari kerja, karena adanya proses tutup buku dari bank yang terkait. Jadi, dana yang kamu kirimkan akan sampai pada rekening penerima di tanggal 2 bulan berikutnya.

    Apa perbedaan RTGS dan kliring?

    Perbedaan RTGS dan Kliring

    Tadi sudah disebutkan bahwa selain RTGS, ada beberapa metode transfer uang lainnya dalam transaksi perbankan, yaitu kliring, LLG, dan juga real time. Berikut perbedaan RTGS dan kliring agar kamu bisa membedakannya dengan mudah.

    LLG adalah singkatan dari Lalu Lintas Giro, yang merupakan salah satu metode transfer uang menggunakan fasilitas kliring. Inilah sebabnya, LLG juga lebih dikenal dengan sebutan Sistem Kliring Nasional (SKN) atau kliring. Saat kamu mengirim uang melalui LLG atau kliring, biasanya uang akan ditampung dulu di sistem BI (Bank Indonesia), sebelum dikirimkan ke penerima dalam beberapa hari..

    Perbedaan RTGS dan kliring ada pada waktu pengirimannya. LLG biasanya membutuhkan waktu lebih lama sampai uang yang dikirimkan masuk ke rekening penerima. Kliring memang dikenal sebagai metode pengiriman uang yang memerlukan waktu sekitar 2-3 hari, karena pihak bank perlu memeriksa dan memastikan dulu saldo yang akan ditransfer mencukupi atau tidak.

    Baca juga: Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?

    Perbedaan RTGS dan Real Time

    Jika RTGS adalah metode transfer atau pengiriman uang yang memerlukan waktu beberapa jam sampai transaksi selesai, LLG atau kliring membutuhkan waktu berhari-hari, tidak demikian dengan metode transfer real time. 

    Sesuai dengan namanya, real time atau yang juga dikenal dengan istilah transfer online, bisa menyelesaikan proses transaksi dalam waktu jauh lebih cepat. Sederhananya, metode transfer real time merupakan mekanisme yang biasa kita gunakan saat melakukan transfer atau pengiriman uang melalui mobile banking, internet banking, atau ATM.

    Dengan kecepatan proses transaksi tersebut, wajar bila metode ini menjadi metode transfer favorit banyak nasabah. Melalui transfer real time, uang yang sudah dikirim akan segera sampai di rekening penerima pada jam dan menit yang sama. Singkatnya, saat saldo di rekening pengirim berkurang, saat itu pula saldo di rekening penerima akan bertambah.

    Biaya Transfer RTGS

    Dengan jenis layanan dan kecepatan seperti yang sudah dijelaskan tadi, berapakah biaya transfer RTGS yang dikenakan oleh pihak bank? 

    Sebenarnya, besaran biaya transfer dengan metode RTGS adalah menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank terkait. Namun, secara umum, biaya transfernya berkisar antara Rp25 ribu sampai dengan Rp50 ribu. 

    Contohnya, BCA menetapkan biaya transfer RTGS sebesar Rp30 ribu jika transaksi dilakukan langsung di kantor cabang bank BCA. Sementara, bila dilakukan melalui KlikBCA Bisnis (KBB), biaya transfer yang berlaku adalah sebesar Rp25 ribu. 

    Contoh lainnya, biaya transfer RTGS antar bank dari BCA ke BNI, misalnya, akan dikenakan biaya sebesar Rp35 ribu per transaksi. Sedangkan, pada jaringan ATM Bersama, biaya transfer yang berlaku antar bank adalah sebesar Rp25 ribu untuk setiap transaksi.

    Limit Transfer RTGS

    Selain mengetahui tentang biaya transfer yang dikenakan pada layanan RTGS, informasi apa lagi yang perlu dipahami oleh nasabah? Jawabannya adalah limit atau batas minimal jumlah uang yang ditransfer atau dikirimkan. 

    Seperti tadi sudah disebutkan RTGS memang merupakan layanan yang menjadi pilihan nasabah bila ingin mengirimkan uang dalam jumlah besar. Bank Indonesia mengatur dan menetapkan bahwa limit transfer RTGS minimal adalah sebesar Rp100.000.001. Jadi, pengiriman uang memang harus di atas angka tersebut. 

    Sedangkan, untuk limit atau batas maksimal jumlah uang yang dikirimkan, biasanya ditetapkan berdasarkan kebijakan masing-masing bank. 

    Contoh RTGS

    Berikut beberapa contoh RTGS yang biasa dilakukan oleh para nasabah. 

    PT Bahagia Sejahtera melakukan pembelian sejumlah bahan baku produksi dari PT Bahan Alami. Karena jumlah uang yang harus dibayarkan cukup besar, PT Bahagia Sejahtera memilih untuk melakukan pembayaran melalui RTGS. 

    PT Bahagia Sejahtera mentransfer uang pembayaran sejumlah Rp120.000.000. Untuk transaksi tersebut, dikenakan biaya transfer sebesar antar bank sebesar Rp35.000. 

    Lantaran melakukan proses transfer uang pembayaran pada pagi hari, uang tersebut sudah masuk ke rekening PT Bahan Alami sebelum sore hari, di hari dan tanggal yang sama. 

    Baca juga: Mari Mengenal Pengertian dan Fungsi Rekening Koran

    Kesimpulan

    RTGS adalah singkatan dari Real Time Gross Statement. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengertian RTGS adalah suatu jenis metode pembayaran atau pengiriman uang dalam jumlah besar, tepatnya di atas Rp100 juta.

    Sebagai pelaku bisnis, kamu harus paham benar memilih metode transfer uang yang paling sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Selain itu, pembuatan laporan keuangan yang baik dan benar juga diperlukan, agar kondisi keuangan bisnis bisa tetap dalam kendali. 

    Jika kamu merasa membuat laporan keuangan secara manual merupakan hal yang cukup merepotkan, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan berlangganan majoo. Dengan memanfaatkan aplikasi akuntansi keuangan majoo yang sudah terintegrasi dengan berbagai jenis laporan keuangan, proses membuat laporan keuangan bulanan maupun tahunan pun akan menjadi lebih mudah, praktis, namun tetap akurat. Tidak ada alasan untuk tidak berlangganan majoo kan?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!