Apa Saja Tantangan dan Strategi Promosi Penjualan Di Era Digital

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail




Strategi promosi penjualan adalah salah satu strategi dalam bisnis yang digunakan agar bisa meningkatkan minat pelanggan untuk membeli suatu produk perusahaan.

Ini penting sekali dilakukan supaya penjualan meningkat dan perusahaan pun akan mendapatkan keuntungan. Promosi penjualan juga dipakai untuk mengenalkan produknya pada para pelanggan.

Menurut Ben M.Enis, dlam bukunya Marketing Principles dan Marketing Classic, yang dimaksud promosi adalah sebuah komunikasi yang menginformasikan target pasar akan adanya produk. Selain itu juga untuk ‘membujuk’ calon pelanggan bahwa produk tersebut bisa memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Promosi termasuk strategi dan usaha yang dilakukan oleh seorang pemasar.

Tantangan dalam Menerapkan Strategi Promosi

Marketer melakukan strategi promosi dengan cara melakukan komunikasi terhadap audiens target



Marketer melakukan strategi promosi dengan melakukan komunikasi terhadap audiens target mereka. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada target pasar mengenai produk yang dipromosikan.

Dalam melakukan proses promosi, marketer harus menggunakan pendekatan yang tepat supaya sesuai dengan pelanggannya. Namun hal ini sering menjadi dilema yang harus dihadapi oleh staf pemasaran di perusahaannya terutama mengenai besarnya anggaran untuk melakukan kampanye dan promosi produk

Marketer merasa memiliki keterbatasan dalam berkreativitas dengan anggaran yang terbatas. Hal ini membuatnya harus bisa  memutar otak untuk mendapatkan ide-ide cemerlang agar mendapatkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Sebenarnya tantangan anggaran ini bukanlah sesuatu hal yang perlu ditakuti, karena saat ini ada beberapa strategi promosi yang efektif dalam menawarkan duo formula untuk menjalankan kampanye pemasaran tanpa khawatir lagi kehabisan anggaran.


Baca Juga: Tips Cara Membuat Contoh Promosi Produk yang Menarik

Inilah 8 Strategi Promosi penjualan yang Paling Efektif di Era Penjualan

Di era digital seperti sekarang ini, strategi promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Tentunya caranya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelum era digital.

Pada promosi era digital membutuhkan strategi khusus untuk menjangkau pelanggan. Dibawah ini 9 strategi promosi penjualan yang paling efektif di era digital : 

  1. Membuat website atau toko online

Membuat website merupakan salah satu cara dalam strategi promosi



Di era digital ini, membuat website merupakan suatu keharusan. Mempunyai situs web itu seperti miliki toko maupun tempat usaha tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyewa beserta memikirkan lokasi yang strategis. Blog gratis ataupun domain web murah adalah salah satu alternatif strategi promosi yang cocok bagi kamu dengan anggaran yang ketat.

Melalui situs internet, kamu bisa  memanfaatkan blog gratis dan menggunakan fasilitas gratis  untuk mempromosikan produk layanan. Kamu juga bisa membeli domain dengan harga yang relatif murah agar bisa mendapatkan akses yang lebih besar dari penyedia layanan dan mulai mengelolanya.

Saat ini juga sudah ada Majoo yang merupakan Aplikasi Wirausaha lengkap dengan ratusan fitur reliable. Salah satu produknya yaitu aplikasi toko online yang terintegrasi dengan website.

Aplikasi Majoo.id juga menyediakan berbagai pilihan antara lain, pembayaran online dan kurir pengiriman, serta memiliki tampilan layar yang responsif baik terhadap layar handphone maupun komputer. Aplikasi Toko Online juga terintegrasi dengan beberapa marketplace terbesar di Indonesia. Jadi ini akan semakin mempermudah untuk melakukan strategi promosi.


Baca Juga: Tujuan, Komponen, dan Contoh Strategi Promosi

  1. Memanfaatkan media sosial, penjualan dengan  menggunakan strategi ini sangat efektif

Semakin berkembangnya teknologi komunikasi global, menggunakan media sosial merupakan alat komunikasi serta strategi promosi produk yang perlu dimiliki oleh pengusaha. Hal Ini dikarenakan untuk menjembatani kesenjangan antara pengusaha dan pembeli. Tujuannya adalah agar komunikasi bisa berjalan dengan mudah, cepat dan efisien.

  1. Membuat vlog

Strategi promosi produk dengan memakai teknik gambar dan video



Saat ini moto yang berkembang seiring dengan kebiasaan orang-orang yang mengunggah kesehariannya baik melalui gambar maupun video di beberapa situs web dan media sosial dinamika dengan visual speaks louder. Hal inilah yang mengilhami strategi promosi produk dengan memakai teknik gambar dan video  dalam bentuk gambar vlog.

Dalam strategi promosi bisnis, membuat iklan produk dalam tampilan visual menjadi sesuatu yang baru. Video bisa menampilkan produk yang ditawarkan kepada pengguna atau dalam bentuk tutorial yang secara tak langsung berkaitan dengan penawaran produk.

  1. Membuat iklan gratis, strategi promosi dengan minim biaya

Saat beberapa bisnis merasa bahwa kegiatan promosi membutuhkan uang yang tidak sedikit, internet bisa memberikan solusi. Kamu bisa menemukan banyak hal di internet termasuk beriklan secara gratis.

  1. Manfaatkan iklan mobil

Kegiatan promosi bisa dilakukan melalui berbagai media. Salah satu yang paling banyak dipakai adalah iklan mobil. Melalui cara ini  maka kamu bisa memasarkan produk yang memiliki jangkauan lebih luas.

Iklan mobil sangat cocok dipakai untuk promosi penjualan yang targetnya masyarakat Jakarta. Iklan mobil bisa dipakai keliling Jakarta untuk memasarkan produk yang dijual.

Yang perlu kamu tahu adalah jalanan ibu kota yang ramai bisa dijadikan alasan menggunakan media ini.


Baca Juga: Mau Pasang Iklan Elektronik? Ketahui Dulu Jenisnya di Sini!

  1. Personal selling

Strategi personal selling dilakukan untuk mengkomunikasikan informasi kepada konsumen secara langsung


Strategi personal selling ini dilakukan untuk mengkomunikasikan informasi kepada calon konsumen secara langsung untuk merangsang niat langsung membeli produk tersebut. Di era digital saat jini komunikasi secara secara langsung tersebut dilakukan melalui berplatform seperti whatsApp dan lainnya.

  1. Advertising atau periklanan

Strategi promosi penjualan lainnya yang cukup sederhana yaitu membuat iklan. Dengan periklanan merupakan cara yang termudah untuk mempromosikan produk pada pelanggan. Kamu hanya perlu mengetahui cara mengiklankan produk dengan baik. Di era digital seperti saat ini dilakukan dengan cara memasang iklan di media sosial, Google dan lain-lain.

  1. Sales Promotion


Strategi promosi penjualan merupakan cara untuk meningkatkan penjualan dalam jangka waktu yang pendek.

Dan untuk jenisnya unik, diantaranya dalam bentuk diskon, bonus hadiah, perlombaan dan lainnya. Meskipun strategi ini dilakukan untuk jangka waktu pendek, akan tetapi cukup bisa membujuk pelanggan agar membeli produknya.

Pada Aplikasi CRM dari Majoo kamu bisa mengatur penggunaan voucher  serta pelaksanaan diskon serta harga promosi. Tentunya hal ini akan makin mempermudah para pemilik usaha.


  1. Direct marketing

Strategi marketing membutuhkan biaya yang rendah. Karena proses direct marketing dilakukan dengan cara mempromosikan produknya kepada pelanggan secara langsung.

Proses ini di era digital biasanya dilakukan melalui telepon oleh telemarketing. Selain itu bisa juga melalui email.

  1. Brand Ambassador / Endorser

Efek sosial media yang makin besar saat ini, berpengaruh terhadap penggunaan brand ambassador atau endorser yang digunakan untuk strategi marketing menjadi semakin besar.

Biasanya endorser mempunyai fanbase kuat yang  akan sukses menjadi salah satu manfaat platform marketing untuk produk.

Strategi promosi dan penjualan saling berkaitan erat. Pada dasarnya promosi merupakan pemberian informasi kepada pelanggan dalam mengenal produk.

Dan untuk penjualan merupakan aksi yang dilakukan setelah promosi. Walaupun tidak semua pelanggan melakukan pembelian setelah  produksi dilakukan. Sehingga antara promosi dengan penjualan berkaitan sangat erat.

Proses promosi yang tepat juga membawa banyak pelanggan dalam membeli produk sehingga akan meningkatkan penjualan. Dan ini juga akan berimbas terhadap keuntungan perusahaan yang menjadi semakin tinggi dengan adanya strategi promosi yang tepat di era digital.


Bagi kamu yang ingin lebih banyak menjangkau pelanggan bisa juga dengan kampanye digital. Saat ini sudah ada Majoo DigiAds yang memberikan layanan kampanye digital yang diperlukan sehingga penjualan akan meningkat. Jadi meskipun kamu tidak paham cara kampanye digital, dengan Majoo DigiAds semuanya begitu mudah dengan budget yang fleksibel.


Baca Juga: Cari Tahu Sasaran Promosi Bisnis yang Paling Tepat, di Sini!


Sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/5-strategi-promosi-penjualan-yang-efektif-di-era-digital/


Sumber: Freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo