Tips Cara Membuat Contoh Promosi Produk yang Menarik

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Seperti apa contoh promosi produk yang menarik?

Promosi produk adalah salah satu jenis upaya pemasaran yang dilakukan oleh pihak produsen atau penjual untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan produk mereka kepada konsumen sebagai calon pelanggan. Agar bisa berhasil, tentunya diperlukan contoh promosi produk yang menarik. 

Contoh promosi produk yang dibuat dengan menarik akan lebih mampu meningkatkan penjualan dan kesadaran merek (brand awareness) di mata konsumen bila dibandingkan dengan promosi produk yang dibuat dengan asal-asalan. 

Promosi produk biasanya dilakukan melalui berbagai media, mulai dari iklan di televisi, radio, atau media sosial, spanduk, brosur, sampai dengan menggelar event atau promosi di toko fisik dan online

Baca juga: Konsep Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

Tips Membuat Contoh Promosi Produk yang Menarik

Contoh promosi produk bisa dikatakan menarik bukan hanya dari tampilan visualnya, melainkan juga kemampuan untuk menyampaikan pesan yang jelas, menarik perhatian target pasar, dan menekankan manfaat serta keunggulan dari produk tersebut. 

Berikut beberapa tips untuk membuat contoh promosi produk yang menarik.

Tentukan Tujuan Promosi

Sebelum memulai promosi produk, pastikan kamu sudah menentukan tujuan promosi yang jelas, misalnya untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan kesadaran merek (brand awareness).

Kenali Target Audiens

Sebelum menggelar berbagai bentuk promosi, kamu harus memahami target audiens bisnismu, kebutuhan mereka, dan metode yang bisa diterapkan agar produk kamu dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Buat Pesan yang Menarik

Buatlah pesan singkat dan jelas yang mempromosikan manfaat produk kamu dengan menonjolkan fitur-fiturnya. Gunakan kalimat yang menarik dan kreatif dalam contoh promosi produk untuk memikat audiens.

Pilih Media Promosi yang Tepat

Pilih media promosi yang tepat untuk target pasar yang sudah kamu tentukan. Misalnya, jika target pasar bisnismu cenderung menggunakan media sosial, akan lebih baik bila promosi dilakukan secara gencar di media sosial. 

Gunakan Media Sosial

Gunakan media sosial untuk memajang contoh promosi yang sudah kamu buat. Buat akun bisnis di platform media sosial terkait, posting konten yang relevan dan menarik tentang produk tersebut, dan gunakan fitur iklan di platform dengan maksimal.

Kerja Sama dengan Influencer

Kerjasama dengan influencer yang sudah terkenal dan memiliki banyak followers pastinya dapat membantu menjangkau audiens baru yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Gunakan Testimoni

Testimoni dari pelanggan yang telah membeli dan menggunakan produk dari bisnismu dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkuat pesan promosi. Pastikan juga bahwa testimoni tersebut jujur dan autentik.

Pantau dan Evaluasi Hasil Promosi

Pantau efektivitas promosi dengan memantau kinerja penjualan dan respons pelanggan. Lakukan evaluasi atas hasilnya dan perbaiki strategi promosi yang telah dilakukan berdasarkan data yang kamu peroleh.

Baca juga: Worth to Try: Strategi FOMO Marketing pada Bisnis

 Salah satu cara untuk membuat promosi produk yang menarik adalah dengan menggunakan kalimat promosi yang juga menarik.

Contoh Kalimat Promosi Produk

Salah satu cara untuk membuat promosi produk yang menarik adalah dengan menggunakan kalimat promosi yang juga menarik. Beberapa contoh kalimat promosi produk yang bisa kamu gunakan sebagai referensi adalah::

  • "Beli sekarang dan dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian lebih dari Rp500.000!"
  • "Cicipi rasa baru produk kami, siapkan lidahmu untuk sensasi baru yang menggoda!"
  • "Kini hadir produk terbaru kami dengan resep yang unik dan bahan-bahan pilihan terbaik. Jadikan pengalaman makanmu semakin istimewa!"
  • "Beli produk kami sekarang dan dapatkan hadiah spesial untuk setiap pembelian di atas Rp1.000.000!"
  • "Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi produk kami, berkualitas tinggi dan terjamin kebersihannya, sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari!"

Bila dipasangkan dengan visual atau audio yang eye-catching dan enak didengarkan, akan lebih mudah rasanya menarik minat konsumen melalui promosi yang kamu buat. 

Contoh Promosi Produk yang Menarik

Lantas, apa saja sih bentuk contoh promosi produk yang menarik bagi konsumen? Berikut beberapa contohnya. 

Gelar Diskon Besar-besaran

Lakukan promosi produk dengan memberikan diskon besar-besaran, misalnya 50% atau 70%. Diskon besar-besaran ini dapat menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka lebih tertarik untuk membeli produk.

Berikan Free Gift

Berikan free gift atau hadiah gratis seperti produk tambahan atau hadiah menarik lainnya untuk setiap pembelian produk. Contoh promosi produk yang menarik ini dapat membuat pelanggan merasa senang dan merasa mendapatkan nilai tambah dari pembelian produk tersebut.

Sediakan Bundle Product

Tawarkan produk bundling, atau produk yang dibundel dengan produk lainnya dengan harga yang lebih murah dari jika dibeli secara terpisah. Misalnya, jika kamu menjual kamera, tawarkan paket bundling dengan lensa tambahan dan tripod dengan harga yang lebih murah daripada jika pembeli membeli semuanya secara terpisah.

Gelar Giveaway

Buatlah event giveaway di media sosial dan minta para followers untuk berpartisipasi. Berikan hadiah yang menarik, bisa produk kamu atau produk sejenis. Promosi semacam ini juga dapat berfungsi untuk memperkenalkan merek kepada lebih banyak orang.

Program Loyalitas (Loyalty Program)

Tawarkan program loyalitas untuk pelanggan setia dengan memberikan diskon khusus atau produk gratis setelah mereka membeli produk beberapa kali. Tujuannya agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat mereka lebih tertarik untuk terus membeli produk yang kamu jual.

Baca juga: Apa Sih Fungsi Linktree pada Bisnis Online?

Berbagai Contoh Promosi Penjualan Produk dalam Bisnis

Apakah contoh promosi penjualan produk yang tadi sudah disebutkan hanya berlaku untuk satu jenis produk? Tentu tidak. Contoh promosi produk tersebut bisa kamu terapkan dalam strategi pemasaran dan penjualan berbagai macam produk. 

Contoh Promosi Produk Makanan

Contoh promosi produk makanan bisa kamu lakukan dengan beberapa cara yang sudah disebutkan tadi. Mulai dari pemberian kupon diskon, sistem buy 2 get 1, menyediakan menu spesial untuk momen-momen tertentu (Misalnya Ramadan atau Imlek). 

Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan beberapa contoh kalimat promosi produk seperti berikut.

  • "Cicipi rasa baru produk kami yang menggoda dan buat pengalaman makanmu semakin istimewa!"
  • "Nikmati kelezatan produk kami, diproduksi dengan bahan-bahan segar dan diproses dengan standar kualitas yang tinggi untuk memastikan rasa yang luar biasa!"
  • "Beli produk kami sekarang dan nikmati kelezatan hidangan yang luar biasa dengan harga yang terjangkau!"
  • "Kami menawarkan berbagai macam produk makanan berkualitas tinggi yang cocok untuk segala jenis acara, mulai dari acara keluarga hingga acara bisnis."
  • "Rasakan sensasi kuliner yang baru dengan produk makanan terbaru kami, terinspirasi dari resep tradisional dengan sentuhan modern yang memukau!"

Contoh Promosi Produk Baju

Sama dengan yang bisa kamu terapkan pada promosi makanan, penerapan contoh promosi produk baju juga bisa dilakukan dengan berbagai metode. Misalnya, sistem buy 1 get 1, diskon 25% untuk item kedua, memajang display koleksi produk terbaru, sampai dengan menggunakan strategi endorsement

Contoh kalimat promosi produk baju yang bisa kamu gunakan, antara lain adalah:

  • "Ciptakan tampilan gaya terbaru Anda dengan koleksi baju kami yang trendy dan stylish!"
  • "Tawaran terbatas! Beli 2 baju dan dapatkan diskon 20% untuk pembelian Anda!"
  • "Baju kami tersedia dalam berbagai ukuran dan model, jadi Anda dapat memilih baju yang paling cocok untuk tubuh Anda dan gaya Anda!"
  • "Ciptakan tampilan yang chic dan modern dengan koleksi baju wanita terbaru kami, terinspirasi dari tren terbaru di dunia fashion."
  • "Buat penampilan kasual yang elegan dengan koleksi baju santai terbaru kami, diproduksi dengan bahan berkualitas tinggi dan desain yang nyaman."

Contoh Promosi Produk Online

Sesuai namanya, contoh promosi produk online dilakukan di media sosial, online shop, atau marketplace. Cara yang bisa kamu gunakan misalnya dengan menggelar promo diskon selamat datang bagi follower baru, potongan harga untuk pembelian pertama, flash sale, atau juga dengan referral program. 

Contoh kalimat promosi produk online yang bisa kamu tambahkan dalam promosi, yaitu: 

  • "Beli produk kami dan nikmati pengiriman gratis untuk pembelian di atas Rp200.000!"
  • "Temukan produk terbaru kami dan nikmati penawaran khusus untuk pembelian pertama Anda!"
  • "Dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian produk online selama promo berlangsung!"
  • "Buat pengalaman berbelanja online Anda semakin istimewa dengan promo dan diskon khusus untuk pelanggan setia kami!"
  • "Beli produk online kami sekarang dan nikmati garansi pengembalian dana 100% jika Anda tidak puas dengan produk yang diterima!"

Baca juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

Kesimpulan

Dari berbagai contoh promosi produk yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa promosi produk sangat penting dalam kegiatan pemasaran untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan produk kepada konsumen. 

Jika kamu masih bingung membuat dan menerapkan contoh promosi produk yang menarik, jangan khawatir! Sekarang semuanya sudah bisa dilakukan dengan lebih praktis. Selain menerapkan tips yang sudah dibagikan tadi, kamu bisa memanfaatkan fitur toko online dari majoo. Dengan begitu, kamu dapat mengatur jenis kampanye, jadwal iklan, atau promosi yang sesuai dengan bisnismu dalam satu aplikasi saja. Praktis kan? Tunggu apalagi? Upgrade level bisnismu dengan  aplikasi majoo, ya!

Referensi:

  • https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-strategi-pemasaran-produk-makanan 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo