Menghadapi Tantangan Bisnis di Era Digital, Tak Perlu Cemas!

Ditulis oleh Ajar Pamungkas

article thumbnail

Tak hanya keuntungan saja, dalam mengelola dan membangun sebuah usaha, kita pun juga akan menemui beragam tantangan bisnis. Pusingnya, tantangan ini tak pernah sama, lho! Seperti zaman yang terus berkembang, tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku usaha pun ikut berkembang.

Tentu saja, setiap pelaku usaha jelas ingin agar bisnisnya dapat terus melewati rintangan yang ada, kan? Namun, sebenarnya, tantangan seperti apa, sih, yang harus diwaspadai oleh pelaku usaha di era yang sudah serba modern seperti sekarang ini? Apakah ada perbedaan antara tantangan yang dihadapi dulu dengan kini?

Hmm, bagaimana jika langsung saja kita bahas bersama-sama? Siapa tahu, kan, dengan memahami setiap tantangan yang berpotensi menjadi rintangan dalam mengelola bisnis, kita bisa lebih siap lagi? Yuk, langsung saja kita ulas!

Mengenali Setiap Tantangan dalam Bisnis

Langkah pertama untuk menghadapi setiap tantangan dalam bisnis tentu saja dengan mengenalinya terlebih dahulu. Melalui identifikasi masalah yang baik, kita dapat memperkirakan apa saja yang dapat menjadi penghambat saat mengelola bisnis, sehingga kita pun bisa lebih siap jika sewaktu-waktu ancaman tersebut datang menghadang.

Eits, jangan terlalu menyepelekan, lho! Meskipun terdengar sederhana, mengenali setiap tantangan yang mungkin terjadi sangat membantu kita dalam mengelola bisnis dengan mudah, memastikan bisnis dapat terus berjalan, dan bahkan terus berkembang. Pasalnya, dengan mengenali potensi risiko yang mungkin terjadi tersebut, kita pun bisa lebih dahulu mencari solusi atau bahkan mencegahnya agar tidak terjadi.

Dengan alasan tersebut, tak heran apabila mengenali setiap potensi risiko dan juga tantangan dalam bisnis pun menjadi salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh pelaku usaha. Jika tidak, bisnis tak akan siap ketika tantangan tersebut muncul, dan bukan tidak mungkin pula kita harus dengan terpaksa gulung tikar karena kerugian yang besar.

Baca Juga: 5 Tantangan Bisnis di Tahun 2023, Bersiaplah!

Perubahan Tantangan Bisnis di Era Digital

Tantangan bisnis di era digital tak bisa serta merta disamakan dengan tantangan-tantangan yang umum dihadapi oleh pelaku usaha di era sebelum produk-produk teknologi digital digunakan dalam dunia bisnis.

Di satu sisi, produk teknologi di era digital memang banyak membantu pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya dengan lebih mudah. Mulai dari kegiatan pemasaran, penjualan, bahkan proses penyusunan strategi bisnis pun bisa dibuat lebih efektif dan efisien dengan beragam produk teknologi digital. Namun, di sisi lain, penggunaan produk-produk teknologi digital ini juga menjadi tantangan baru yang harus bisa dihadapi oleh pelaku usaha jika ingin bisnisnya dapat terus bertahan.

Dulu, misalnya saja, saat ingin melakukan kegiatan pemasaran, pelaku usaha hanya perlu memikirkan biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan di media-media konvensional seperti papan reklame, surat kabar, radio, maupun televisi. Di era digital, biaya beriklan sudah tak lagi menjadi masalah dengan adanya platform digital yang lebih terjangkau.

Namun, muncul berbagai masalah baru seperti menentukan segmentasi audiens yang ingin ditarget, kemudian menyesuaikannya dengan segmentasi pengguna platform digital yang ingin dijadikan media beriklan.

Situasi yang sama juga terjadi pada aspek-aspek pengelolaan bisnis lainnya. Kegiatan penjualan, contohnya saja, bisa menjadi suatu tantangan bisnis di era digital yang perlu dipertimbangkan dengan baik, begitu pula dengan pengembangan serta kompetisi bisnis.

  • Tantangan Pengembangan Bisnis

Tantangan pengembangan bisnis yang saat ini dihadapi oleh pelaku usaha jelas jauh berbeda dengan yang dulu harus dihadapi. Jika dulu pengembangan bisnis dilakukan dengan ekspansi, misalnya saja dengan mengeluarkan produk baru atau membangun cabang tempat usaha baru yang memakan banyak biaya, era digital menawarkan tantangan yang cukup unik dan berbeda.

Di era digital, keran informasi terbuka dengan deras. Hampir semua orang memiliki akses terhadap setiap informasi cukup dengan mengoperasikan telepon genggamnya. Artinya, pengembangan bisnis bukan lagi perkara mencari tempat yang bisa digunakan untuk membangun cabang saja, tetapi juga perkara bagaimana agar informasi terkait ekspansi bisnis yang baru saja dibangun tersebut bisa dengan jelas tersampaikan kepada pelanggan di tengah derasnya informasi yang beredar.

Untuk menjawab tantangan tersebut, pemasaran digital mungkin bisa menjadi jawabannya. Namun, ini artinya pelaku usaha tidak hanya harus memahami pemasaran secara umum, tetapi juga harus memiliki pemahaman yang baik pula terkait karakteristik pelanggan di platform digital. Secara asal menjalankan kegiatan pemasaran digital bisa jadi justru akan membawa kerugian, kan?

Baca Juga: Inilah Tantangan Bisnis yang Mungkin Kamu Hadapi pada 2023!

Evaluasi tantangan bisnis dapat membantu pelaku usaha untuk mempersiapkan bisnisnya dengan lebih baik.    

  • Tantangan Kompetisi Bisnis

Selain tantangan pengembangan bisnis, kompetisi bisnis di era digital juga ikut meningkat. Dengan adanya platform digital, memang ada banyak peluang bisnis baru yang bisa digarap. Namun, kemudahan ini pun harus diakui membuat kompetisi semakin panas.

Ketika pelanggan bisa dengan mudah menemukan segala informasi seputar produk atau jasa yang kita tawarkan, menonjolkan nilai tambah yang bisa membuat bisnis kita terlihat unik di antara banyaknya kompetitor pun bukanlah perkara yang mudah.

Oleh karena itu, platform digital tak bisa dianggap sebatas sebagai etalase untuk memajang produk atau jasa yang kita tawarkan saja, tetapi juga sebagai media untuk membangun brand awareness dengan tepat. Dari citra yang dibangun, pelanggan akan lebih mudah untuk melihat keunggulan bisnis kita jika dibandingkan dengan kompetitor, dan peluang memenangkan kompetisi pun akan semakin besar.

Pun demikian, dengan banyaknya pesaing yang juga memanfaatkan platform digital untuk membangun citra bisnisnya, menampilkan nilai tambah bisnis yang unik juga bukanlah perkara yang mudah. Apabila kita tak benar-benar memahami tantangan yang dihadapi ini, niscaya sulit pula bagi kita untuk memenangkan persaingan bisnis.

Baca Juga: Risiko Likuiditas Adalah Tantangan Bisnis, Maksudnya?

Waspada dengan Meneliti Beragam Contoh Tantangan Bisnis

Sebagai pelaku usaha, tak perlu ragu untuk meriset beragam contoh tantangan bisnis, baik yang dihadapi saat mengelola bisnis sendiri maupun melakukan studi kasus terhadap bisnis yang dijalankan oleh pelaku usaha lain.

Meneliti setiap tantangan dan mempelajari praktik terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasinya dapat membantu kita untuk mempersiapkan bisnis dengan lebih baik agar mampu mengatasi setiap tantangan yang muncul.

Ingat selalu bahwa akan selalu muncul tantangan baru ketika kita mengelola bisnis. Namun, bukan berarti tantangan-tantangan baru tersebut tak bisa diprediksi, lho! Dengan mempelajari setiap masalah serta tantangan bisnis yang telah terjadi dan juga praktik terbaik untuk mengatasinya, kita dapat memperkirakan potensi masalah yang mungkin akan dihadapi.

Meneliti beragam contoh tantangan bisnis bisa memberikan kita banyak pilihan dalam menyikapi masalah pengelolaan bisnis. Dengan demikian, pengelolaan bisnis pun bisa dibuat lebih efektif dan efisien.

Bagaimana Cara Menghadapi Tantangan dalam Bisnis?

Dari penjabaran di atas, tentunya tidak sulit untuk memahami bahwa identifikasi potensi risiko merupakan langkah pertama yang harus diambil sebagai cara menghadapi tantangan dalam bisnis. Tidak susah, kok, secara rutin melakukan evaluasi bisnis sebenarnya bisa menjadi metode identifikasi masalah yang baik.

Dengan melakukan evaluasi performa bisnis, kita dapat mengetahui masalah apa saja yang terjadi dalam pengelolaan bisnis kita di suatu periode. Berangkat dari sana, pelaku usaha dapat mencoba menggali penyebab terjadinya masalah-masalah tersebut, kemudian secara tepat mengidentifikasi kemungkinan terjadinya masalah serupa maupun masalah lanjutan di kemudian hari.

Tak berhenti sampai di sana, melalui evaluasi yang sama, pelaku usaha juga dapat mengidentifikasi potensi yang dimiliki oleh bisnisnya, kemudian mengukur apakah potensi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kemungkinan terjadinya masalah.

Tanpa adanya evaluasi ini, cara menghadapi tantangan dalam bisnis akan terasa sulit untuk dilakukan karena kita tidak benar-benar mengenal potensi kekuatan serta risiko yang dimiliki oleh bisnis yang dijalankan. Itulah mengapa secara rutin melakukan evaluasi terhadap performa bisnis kerap menjadi suatu keharusan dalam pengelolaan bisnis.

Baca Juga: Trik Atasi Tantangan Bisnis yang Dihadapi Usaha Kecil

aplikasi wirausaha

Tenang, tidak sulit, kok, manfaatkan saja dasbor aplikasi majoo yang dapat dengan ringkas menjabarkan performa bisnis yang dikelola secara menyeluruh. Dengan demikian, tantangan bisnis pun bisa diproyeksikan dengan lebih mudah, dan persiapan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut pun bisa dilakukan.

Tak perlu menunggu terlalu lama, segera gunakan aplikasi majoo sekarang juga!


Sumber Data:

https://toffeedev.com/blog/tantangan-dalam-bisnis-dan-bagaimana-strategi-menghadapinya/ 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo