Tips dan Trik Manajemen Gudang

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Ada beberapa tips dan trik manajemen gudang yang harus kamu ketahui guna kelancaran operasional bisnis

Dalam sebuah perusahaan atau bisnis, tentu harus mempunyai sistem manajemen gudang yang baik supaya operasional bisnis menjadi lancar dan tidak terganggu. Akan tetapi, meskipun ini adalah poin penting dalam bisnis tetap saja terkadang luput dari pelaku bisnis. 

Dalam sistem manajemen gudang memiliki peran penting dalam perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan persediaan atau stok barang. Hal ini dikarenakan gudang adalah sebagai tempat penyimpanan barang yang tentu saja harus dikelola dengan baik supaya operasional bisnis dapat berjalan dengan lancar. 

Saat terjadi masalah atau gangguan pada sistem manajemen gudang dapat mempengaruhi semua operasional dalam bisnis. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja tips dan trik manajemen gudang yang baik supaya bisnis dapat beroperasi dengan lancar.

Pengertian Manajemen Gudang

Manajemen gudang merupakan cara atau teknik dalam mengelola dan mengontrol barang atau produk yang ada di dalam gudang. Sistem manajemen gudang memiliki peranan penting dalam berjalannya suatu proses penyimpanan barang. Semua informasi mengenai barang dan stok akan terekam dengan teratur berkat adanya sistem manajemen gudang yang baik.

Dalam proses kegiatan bisnis, penyimpanan barang di gudang penting supaya proses distribusi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sebelum barang didistribusikan, informasi dari persediaan barang di gudang harus dipastikan dengan baik terlebih dahulu. 

Manajemen gudang juga berfungsi untuk mengontrol masuk atau keluarnya barang supaya tidak terjadi kelebihan atau kekurangan persediaan atau stok. Dengan manajemen gudang yang baik maka dapat dipastikan operasional bisnis juga akan menjadi baik. 

Tips dan Trik Manajemen Gudang

Sistem manajemen gudang yang baik akan membawa dampak yang baik pula bagi suatu bisnis atau perusahaan. Hal ini dikarenakan manajemen gudang berguna untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan barang atau produk. Salah dalam manajemen gudang akan berdampak negatif bagi bisnis. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja tips dan trik manajemen gudang yang baik berikut ini:

  1. Buat data secara akurat


Salah satu cara dalam manajemen gudang yaitu membuat data seakurat mungkin

Tips dan trik manajemen gudang yang pertama yaitu membuat data seakurat mungkin. Data yang akurat harus mencangkup informasi seperti jumlah stok barang, penjualan, serta data pembelian.

Kamu juga harus mempunyai informasi mengenai data penjualan yang berguna untuk periode sebelumnya dan saat ini. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa kamu telah mengetahui seperti apa target pasar dan forecast penjualan pada waktu yang akan datang.


Pembuatan data yang akurat ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam menentukan forecast dari penjualan. Dari data ini dapat mengetahui seperti apa target dan juga rencana pemasaran yang akan digunakan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Gudang: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

  1. Buat forecast persediaan


Membuat forecast persediaan juga menjadi salah satu tips dan trik dalam manajemen gudang

Membuat forecast persediaan juga menjadi salah satu tips dan trik dalam manajemen gudang yang baik. Kamu dapat membuat forecast persediaan yang berhubungan dengan stok barang.


Kamu harus menaklukkan tantangan yakni mendapatkan item dari jumlah yang mencapai ratusan ribu. Untuk bisa membuat forecast persediaan memang tidaklah mudah. Banyak orang yang tidak mampu untuk mengerjakan tugas ini.


Forecast persediaan ini nantinya akan berkaitan dengan pengecekan alur stok barang. Forecast ini juga memiliki kaitan dengan prosedur pengambilan barang di gudang penyimpanan.


Karena itulah, pastika kamu membuat forecast persediaan dengan benar. Jika salah, maka kerugian akan dialami oleh bisnis dikarenakan kamu dapat kehilangan stok barang, baik dalam jumlah yang kecil atau dalam jumlah besar.

  1. Lakukan pengecekan

Kegiatan pengecekan barang bertujuan untuk mengetahui kondisi barang apakah mengalami kerusakan atau hilang

Setelah kamu selesai membuat forecast persediaan, maka selanjutnya adalah melakukan pengecekan. Untuk melakukan tugas ini, kamu harus menugaskan orang yang mempunyai tingkat ketelitian yang baik dan tinggi serta tidak suka terburu-buru.


Kegiatan pengecekan disini sangat penting untuk dilakukan sebelum barang akan dimasukkan ke dalam gudang penyimpanan. Kamu juga dapat melakukan pengecekan ulang semua barang sebelum barang diberi kode untuk menyesuaikan dengan yang sudah dicatat.


Sistem manajemen gudang seperti ini berguna supaya perusahaan dapat mudah untuk mengetahui informasi mengenai kondisi dari barang-barang tersebut.


Perusahaan dapat memperoleh informasi mengenai barang yang mengalami kecacatan, rusak, salah produksi, atau kondisi yang lainnya. Dengan begitu, jika terdapat barang yang tidak sesuai maka dapat langsung dipisah sehingga tidak akan terbawa ke dalam gudang.


Barang-barang yang teridentifikasi sebagai barang cacat atau rusak biasanya akan disimpan atau diletakkan pada tempat khusus dengan diberi tanda.

Baca Juga: Apa Itu Warehouse Management System? Pahami di Sini!

  1. Pisahkan stok lama dengan stok baru

Salah satu cara dalam manajemen gudang adalah dengan memisahkan stok lama dengan stok baru

Memisahkan barang stok lama dengan yang baru tidak boleh kamu abaikan karena merupakan hal cukup penting dalam manajemen gudang. Kamu tidak boleh mencampur barang lama dengan barang baru dikarenakan dapat berisiko menimbulkan masalah.


Hal ini dapat terjadi dikarenakan barang lama dapat menurun kualitasnya sehingga dapat mempengaruhi barang yang baru. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk memisahkan antara barang lama dan barang baru. 


Memisahkan barang lama dengan barang baru juga berguna supaya kamu dapat dengan mudah dalam melakukan pengecekan dan pemasukan barang. Nantinya kamu dapat mengetahui ada berapa banyak barang stok lama dan berapa stok baru.

  1. Jadwalkan persediaan barang

Buat jadwal persediaan barang guna melakukan kegiatan forecast

Tips dan trik manajemen gudang berikutnya adalah dengan penjadwalan persediaan barang. Perusahaan harus membuat jadwal pembelian barang atau produk dari pemasok. Dengan demikian, perusahaan akan menjadi lebih mudah untuk melakukan kegiatan forecast.


Jika perusahaan telah selesai membuat jadwal pembelian barang, maka langkah berikutnya bisa memulai mengerjakan membuat jadwal pengiriman barang.


Dengan adanya sistem yang seperti ini maka dapat memudahkan kamu saat ingin mengetahui berapa banyak barang yang masih tersedia serta berapa banyak yang telah dikirimkan kepada konsumen atau pelanggan.

Baca Juga: Serba-serbi Profesi Stocker Gudang yang Perlu Kamu Tahu

  1. Sesuaikan tata letak barang

Sesuaikan tata letak barang dalam gudang penyimpanan supaya tata letak barang menjadi lebih optimal

Dalam sistem manajemen gudang, kamu harus tahu bagaimana cara untuk menyesuaikan tata letak barang supaya menjadi lebih optimal. 


Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengetahui karakter dari barang tersebut. Kemudian, perusahaan dapat mengatur layout gudang, baik itu gudang sewa atau gudang miliki perusahaan.


Menyesuaikan tata letak barang seperti ini bertujuan supaya kamu dapat menjalankan bisnis ritel dimana akan berhadapan dengan barang mudah mengalami kadaluarsa.

Untuk memudahkan kamu dalam mengatur manajemen gudang, menggunakan Aplikasi Inventory Majoo. Ini merupakan aplikasi manajemen gudang terbaik bagi para wirausaha guna meningkatkan operasional bisnis.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung guna memudahkan kamu untuk mengelola gudang. Beberapa fitur yang tersedia diantara seperti produk dan varian, bahan baku, stok masuk dan purchase order, stok produksi, terbuang, opname, hingga mutasi antar cabang dan gudang.

Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Inventory Majoo. Bantu mudahkan dalam manajemen gudang dan tingkatkan keuntungan bisnis secara signifikan. 

Fungsi Manajemen Gudang

Gudang memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk penyimpanan barang. Akan tetapi, dalam dunia bisnis fungsi dari gudang lebih dari sekedar untuk penyimpanan barang. Berikut fungsi manajemen gudang yang harus kamu ketahui:

  1. Menyimpan barang dengan aman

Manajemen gudang merupakan sistem yang berguna untuk mengontrol barang di gudang sehingga keamanan barang menjadi terjamin. 

  1. Mengurangi biaya transportasi

Letak gudang yang strategis dapat memudahkan pengiriman barang dari satu tempat ketempat yang lainnya sehingga mampu mengurangi biaya transportasi.

  1. Memantau stok barang

Dengan adanya manajemen gudang maka akan memudahkan dalam memantau stok barang, baik itu barang keluar atau barang masuk. Selain itu, manajemen gudang ini juga membantu dalam membuat perencanaan mengenai kebutuhan barang.

  1. Data inventaris menjadi lebih akurat 

Dalam melakukan manajemen pergudangan diperlukan sebuah proses yang mengandalkan pendataan inventaris. Hal ini berguna untuk mendapatkan data yang akurat dan tepat.

Manajemen gudang merupakan salah satu hal terpenting dalam proses operasional bisnis. Tanpa adanya manajemen gudang yang baik, maka dapat menyebabkan terganggunya operasional bisnis. Perusahaan juga tidak dapat melakukan pemantauan secara akurat mengenai persediaan barang.

Untuk itu, kamu perlu menerapkan manajemen gudang yang bagi bisnis kamu supaya operasional dapat berjalan dengan lancar. Lancarnya proses operasional bisnis juga akan berdampak positif bagi perkembangan bisnis yang lebih luas. 

Sumber: 

  • https://jendela360.com/info/cara-mengelola-gudang/

  • https://crewdible.com/edukasi/topik/manajemen-gudang/manajemen-pergudangan-adalah

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo